RPP - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama  Sekolah                    :  SMA Nusa dan Bangsa  Lubuklinggau
Mata  pelajaran                  :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                 :  XII
Alokasi  waktu                    :  4X45 Menit
Aspek pembelajaran          :   Jurnalistik

Standar kompetensi  :
v  8. Mengukapkan pendapat. Sumber informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar    :
v  8.1 Menulis  berita
Indikator   :
v   
Mampu merangkai kata – kata  yang  indah
Tujuan   Pembelajaran
v  Peserta didik mampu membuat berita
v  Peserta didik mampu merangkai kata – kata yang indah dalam bahasa Jurnalistik
Karakter siswa yang diharapkan
v  Tekun
v  Tanggung  jawab


B.     Nilai Berita (Ukuran Layak Berita)
        Setiap berita yang ada di hapadan seorang wartawan mempunyai kadar layak berita yang berbeda, tergantung seberapa banyak dari syarat–syarat berikut ini yang bisa di penuhi.
a.       Arti penting, yaitu kejadian yang mempunyai kemungkinan memengaruhi kehidupan orang banyak
b.      Besarnya sesuatu atau kuantitas, yaitu, kejadian yang menyangkut angka–angka yang berarti bagi kehidupan orang banyak, atau kejadian yang dapat mempunyai akibat yang dapat di jumlahkan bentuk angka yang menarik bagi pembaca.
c.       Tepat waktu, yaitu yaitu yang menyangkut hal  -hal yang baru saja terjadi atau baru saja di temukan.
d.      Kedekatan, yaitu kejadian dekat dengan pembaca, baik dekat secara geografis maupun dekat secara emosional.
e.       Ketenaran, yaitu kejadian yang menyangkut tokoh atau hal – hal yang terkenal atau dikenal oleh pembaca (public figure)
f.       Segi manusiawi (human inters), yaitu kejadian yang menyentuh perasaan pembaca  (mengharukan), atau kejadian yang menyangkut orang biasa dan situasi luar biasa, atau orang besar (terkenal) dalam situasi biasa.
g.      Objektif: berdasarkan fakta.  Benar  terjadi
h.      Aktual: terbaru, belum “basi”.


Contoh  Berita
            EVAKUASI TERHAMBAT MEDAN
BANDUNG, KOMPAS – Evakuasi korban tanah longsor di Perkebunan Teh Dewata, Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terhambat medan berat berupa jalan menanjak berliku-liku dan berbatu.
Pukul 16.00, Rabu (24/2), evakuasi terpaksa dihentikan karena khawatir longsor susulan akan terjadi setelah hujan deras kembali mengguyur kawasan perkebunan tersebut.


III.  Metode  Pembelajaran
v  Tangung  jawab
v  Ceramah
v  Penugasan

IV. Langkah – Langkah  Pembelajaran
A . Kegiatan Awal


Apersiapsi  : 
v  Tukar  pendapat

Motivasi     :
v  Mampu membuat  merangkaikan  kata – kata  dalam  dunia  jurnalistik




B. Kegiatan Inti


Eksplorasi 
Dalam kegiatan, eksplorasi, guru   :
v  Peserta  didik  memperhatikan  contoh   berita
v  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, sumber media yang lain


Konfermasi
Dalam kegiatan konfermasi , guru
v  Memberikan konfermasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik  melaluai  sumber


C. Kegiatan  Akhir 
v  Mempelajari materi kebahasaan, kemudian  mengerjakan  latihan
v  Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan  terprogram


V. Sumber  Bahan  dan  Alat
v  Buku panduan
v  Media



             S.Damawati,Uti,Wendi Widya R.D. Dan Y.Budi Arti. 2010 . Buku  panduan  Pendidikan  Bahasa Indonesia .   Klaten :   PT  Intan Pariwara.   Somad.  Adi  Adu dan Yudi Irawan. 2008.Aktif   dan  Kreatif  Berbahasa    Indonesia   3.Jakarta   :  Pusat   Perbukuan , Departemen Pendidikan Nasioanl .Tim   Kreatif  Bahasa Indonesia . 2008 . Bahasa dan Sastra Indonesia . Jakarta : PT Bumi  Aksara


VI .  Penilaian
v  Teknik  penilian  tes  tertulis
v  Soal / instrusment, bentuk lisan atau tertulis


Keterangan
Skor maksimum 3( 3 X 5 ) 45
Nilai  akhir  :  Skor yang di peroleh    x  100
                            Skor  maksimal 




       

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar