RPP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SERTA SILABUS



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
                                     2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun

Cara mengkritik karya dan implementasi- nya
o Mengamati karya seni/produk
o Mendata kekurangan dan keunggulan karya seni/produk
o Mendiskusikan kekurangan dan keunggulan karya seni
o Mengamati pemodelan dalam mengkritik dan memuji karya seni/produk
o Mendiskusikan kelugasan bahasa dan kesantunan pengungkapan yang dilakukan oleh model
o Mengkritik dan memuji karya seni/produk dengan bahasa yang lugas dan santun
·         Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
·         Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun

Observasi



Lembar observasi



·  Bahasa yang digunakan untuk mengunkapakn kekurangan karya: lugas, berbelit-belit
·  Bahasa yang digunakan untuk mengungkapan keunggulan karya: lugas, berbelit-belit.
4 X 40’
Karya seni atau produk
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Ketulusan ( Honesty )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )





2.2 Melaporkan  secara lisan berbagai peristiwa dengan mengguna-kan kalimat yang jelas
Pelaporan berbagai peristiwa
o Mencermati beberapa laporan peristiwa
o Menentukan sistematika laporan peristiwa
o Menentukan peristiwa yang terjadi di sekeliling yang akan dilaporkan
o Menentukan pokok-pokok peristiwa sebagai dasar penyusunan  kerangka laporan
o Menyusun  pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan
o Melaporkan secara lisan peristiwa yang  terjadi di lingkungan siswa dengan kalimat yang jelas.

·         Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci
·         Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang jelas

Tes praktik/kinerja
Uji petik
kerja 
·    Laporkanlah peristiwa yang ada di lingkunganmu secara lisan!
6 X 40’
Media cetak
Fenomena alam
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )







SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
                                    3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Membeda-kan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif

Cara membedakan  fakta dan opini serta implementasi- nya
o Mengkliping satu iklan yang memuat fakta dan opini
o Mencermati  iklan
o Mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam iklan
o Mendiskusikan pengungkapan yang berupa fakta dan pengungkapan yang berupa opini dalam iklan
o Membedakan fakta dan opini dalam teks iklan
·         Mampu mendata fakta yang ada dalam teks
·         Mampu mendata opini yang ada dalam teks
·          Mampu membedakan fakta dan opini

Penugasan individual/ke-lompok
Pekerjaan rumah (PR)
§ Tulislah pernyataan yang merupakan fakta  dan  opini!
§ Bedakan antara fakta dan  opini dalam suatu teks!
2 X 40’
Media cetak
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai

Cara menemukan informasi secara cepat dan implementasi- nya
o Membaca sekilas sebuah buku yang berindeks
o Membaca indeks  buku yang dibaca
o Bertanya jawab secara kelompok untuk menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks secara cepat dan tepat
o Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari kata-kata yang dirujuk dalam indeks

·            Mampu menemukan kata  dalam buku yang dirujuk dalam  indeks
·            Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks

Observasi



Tes tulis
Lembar observasi


Uraian
§ Temukan secara cepat dan tepat  kata X dalam buku ....! Teman dalam satu kelompok harus menulis jumlah waktu yang diperlukan temanmu untuk menemukan kata itu!
§ Tuliskanlah informasi mengenai kata itu dalam kertas kosong yang tersedia di di kelompokmu!
2 X 40’
Stopwatch
Buku yang berindeks
Buku Teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )







SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
                                   4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas


Penulisan iklan baris
o Mencermati iklam baris
o Mebahasakan secara lengkap iklan baris
o Mendiskusikan model-model penyingkatan dalam iklan baris
o Menentukan objek yang akan diiklankan
o Menulis iklan baris suatu objek dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
o Menyunting iklan baris
·            Mampu menentukan objek yang akan diiklankan
·            Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan  iklan baris
·            Mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·    Tulislah objek yang akan kamu iklankan berikut dengan ciri-cirinya!
·    Tulislah iklan baris  sesuai objek yang kamu identifikasi!
4 X 40’
Media cetak
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





4.2 Meresensi buku pengetahuan

Cara meresensi buku pengetahuan dan implemenasinya
o Menentukan buku pengetahuan yang akan dibaca
o Mencermati dan membaca buku pengetahuan
o Mengidentifikasi  bentuk fisik dan isi buku
o Berdiskusi untuk menentukan  kelebihan dan kekurangan buku
o Menyusun rangkuman isi buku
o Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan terhadap buku
o Meresensi buku
o Menyunting resensi buku

·            Mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan serta kekurangannya
·            Mampu merangkum isi buku
·            Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku
·            Mampu meresensi buku pengetahuan
·            Mampu menyunting resensi

Penugasan individual/kelompok








Proyek







·    Bacalah  buku pengetahuan, kemudian tentukanlah satu buku untuk diresensi! Perhatikanlah langkah-langkah penulisan resensi buku! Waktu: 2 minggu



6 X 40’
Perpustaka-an
Buku Teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana

Penyuntingan  karangan
o Membaca teks karangan
o Mendiskusikan teks  untuk menandai kesalahan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
o Menentukan bentuk yang benar
o Memperbaiki kesalahan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpadiuan paragraf, dan kebulatan wacana dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar.
·            Mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
·            Mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana

Penugasan individual/ke-lompok






Pekerjaan rumah (PR)





·    Suntinglah teks berikut dengan memperhatikan kaidah-kaidah penyuntingan! 
(pilih teks yang menarik)
·    Kumpulkan suntinganmu pada pertemuan berikutnya!
6 X 40’
Media cetak
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )










SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
                                    5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair                                  


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan

Cara menemukan tema dan pesan syair serta implementasi- nya
o Mendengarkan pembacaan syair dari narasumber
o Mendiskusikan tema dan pesan syair
o Menyimpulkan  tema syair
o Menyimpulkan pesan syair

·    Mampu menemukan tema syair berdasarkan inti pengungkapan syair
·    Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang meyakinkan

Tes tulis
Uraian
·    Tulislah tema dan pesan syair yang  diperdengarkan!
2 X 40’
Buku teks, Buku referensi
Narasumber
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan

Penganalisisan unsur-unsur syair
o Mendengarkan pembacaan beberapa syair  dari narasumber
o Mengidentifikasi syarat-syarat syair
o Menganalisis syair berdasarkan unsur-unsur syair
·    Mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
·    Mampu menganalisis syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur syair
Tes tulis


Uraian


·  Tulislah sayarat-syarat syair berdasarkan syair terjasi!

·  Analisislah syair X yang  kamu dengarkan berdasarkan unsur-unsur syair!
2 X 40’
Buku kumpulan syair
Buku referensi
Buku Teks
Narasumber
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )







SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
                                    6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain
                                 

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen

Penceritaan cerpen
o Memilih cerpen yang disukai
o Membaca cerpen
o Mendiskusikan bagian-bagian alur
o Mendiskusikan isi cerita  yang merupakan bagian alur
o Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai  dengan  alur aslinya
·   Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam  alur
·   Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·    Ceritakan kembali isi cerpen sesuai dengan alur aslinya!
4 X 40’
Buku teks, media cetak, perpustakaan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun
Musikalisasi Puisi
o Mencermati beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi
o Berdiskusi untuk menentukan puisi yang akan dinyanyikan
o Menentukan suasana puisi lewat diskusi
o Menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan
o Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun
·   Mampu menentukan suasana puisi

·   Mampu menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi

·    Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun
Tes praktik/kinerja
Tes identifikasi

Uji petik kerja
§ Identifikasilah suasana puisi yang akan dinyanyikan!

§ Praktikkanlah beberapa nada dalam musikalisasi puisi sekaligus dengan penjiwaan suasana puisinya!
§ Nyanyikanlah secara utuh puisi yang sudah dimusikalisasi!
6 X 40’
Buku Teks
Buku Puisi
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )







SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
                                    7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
                                 

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Menemukan tema, latar,  dan penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen

Cara menemukan unsur-unsur cerpen dan implementasi- nya
o Membaca buku kumpulan  cerpen
o Berdiskusi untuk menentukan  tema, latar, dan penokohan dalam tiap-tiap cerpen
o Menunjukkan keterkaitan antarunsur cerpen sebagai dasar pembulatcermatan makna cerpen secara utuh.
·        Mampu menyimpulkan tema cerpen
·        Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual
·        Mampu menemukan karakter tokoh cerpen  dengan bukti yang meyakinkan

Penugasan individual/ke-lompok
Proyek
·    Bacalah buku kumpulan cerpen  yang terdapat di perpustakaan kemudian tentukanlah  tema, latar, dan penokohan dalam cerpen-cerpennya dengan bukti-bukti pendukungnya! 
·    Analisislah keterkaitan antarunsur (tema, latar, dan penokohan) untuk memaknai cerpen-cerpen itu! (Waktu: 2 minggu).
4 X 40’
Perpustakaan
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen

Penganalisisan nilai-nilai kehidupan pada cerpen
·  Membaca buku kumpulan cerpen
·  Berdiskusi untuk menemukan  nilai kehidupan yang positif dan negatif dalam kumpulan cerpen
·  Membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
·  menyimpulkan  nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan  siswa
·            Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen
·            Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
·            Mampu menyimpulkan  nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan  siswa
Penugasan individual/ke-lompok
Proyek
·    Bacalah sebuah buku kumpulan cerpen kemudian analisislah nilai kehidupan yang ada dalam kumpulan cerpen tersebut,  bandingkan dengan nilai kehidupan siswa, dan tentukan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa! Waktu: 2 minggu.
4 X 40’
Perpustakan, Buku kumpulan cerpen
Buku Teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )








SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
                                     8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek
                                 


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca

Penulisan cerpen
o Membaca cerita pendek
o Bertanya jawab untuk menentukan ide-ide pokok cerpen sesuai  dengan alur cerpen
o Mengembangkan ide-ide  pokok dengan kalimat sendiri  menjadi cerpen kembali
o Menyunting cerpen yang sudah ditulis.
·         Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur dalam cerpen

·        Mampu mengembangkan  ide-ide pokok menjadi cerpen


Penugasan individual/ke-lompok








Pekerjaan rumah (PR)







§ Tulislah ide-ide pokok cerpen yang sudah kau baca sesuai dengan alurnya.
§ Kembangkanlah ide-ide pokok itu menjadi cerpen lagi dengan kalimatmu sendiri!lah
§ Suntinglah cerpenmu itu!
4 X 40’
Media cetak
Buku teks


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

Penulisan cerpen
o Mendata peristiwa yang mengesankan yang pernah dialami
o Memilih peristiwa yang paling mengesankan
o Menentukan konflik cerita
o Merangkai peristiwa menjadi alur/kerangka cerita
o Mengembangkan alur/kerangka cerita menjai cerpen
o Menyunting cerpen karya sendiri dan teman
·   Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
·   Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih
·   Menentukan alur cerita
·   Mampu menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

Tes praktik/kinerja








Uji petik kerja






·    Tulislah cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah kamu alami dengan langkah: datalah peristiwa yang pernah kamu alami, pilihlah satu peristiwa yang berkonflik, tentukan alur cerita, kembangkan menjadi sebuah cerpen, dan suntinglah cerpen itu!
6 X 40’
Pengalaman pribadi
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )






Keterangan :
Sesuai dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.                                                   
    Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.

..........., ......................20 ...
Mengetahui,                                                                                                     Guru mata pelajaran
Kepala ...................                                                                                                                       



............................................                                                                                                                        ..................................................
NIP/NIK                                                                                                          NIP/NIK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             :..............................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi   : 1.    Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar      : 1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan  televis / siaran radio.
Alokasi waktu             : 2 / 40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.   Materi Pembelajaran
      a. Mendengarkan dialog interaktif
      b. Membuat kesimpulan isi dialog interaktif

3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Diskusi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
    1. Peserta didik mencermati tampilan gambar yang sudah disediakan guru
          2. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan
Memotivasi :
       Menyimpulkan isi dialog interaktif

b. Kegiatan Inti.  
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik dan guru menyimpulkan cara memberikan komentar yang baik

5.   Sumber Belajar
      a,. Gambar
      b. Rekaman dialog interaktif

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Menentukan tema dialog interaktif
·    Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis

Tes tulis
Uraian
§ Tulislah tema dialog interaktif yang  diperdengarkan ini!
§ Simpulkan isi dialog yang kamu dengar!

      Pedoman Penilaian
      1. Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut !
Kegiatan
Skor
Peserta didik menulis hal-hal penting dengan lengkap
2
Peserta didik menulis sebagian saja bagian penting dalam dialog
1
Peserta didik tidak dapat menuliskan sama sekali


      2.   Tuliskan informasi yang terdapat dalam dialog interaktif !
Deskriptor
1
2
3
4
Penyusunan struktur kalimat




Ketepatan penggunaan bahasa





      3. Tuliskan kesimpulan setelahh mendengrkan dialog interaktif tersebut !
Deskriptor
1
2
3
4
Ketepatan merumuskan kesimpulan




Kelogisan penulisan kesimpulan




Ketepatan penggunaan bahasa





      4. Tuliskan komentarmu terhadap pendapat para narasumber dalam dialog
Deskriptor
1
2
3
4
Ketepatan merumuskan komentar




Kelogisan penulisan komentar




Ketepatan penggunaan bahasa





      Skor maksimal       :

      No. 1         : 2
      No. 2         : 8
      No. 3         : 12
      No. 4         : 12
                          34

      Perhitungan nilai akhir

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100  
                                    Skor maksimak


Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :..............................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi    : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar      : 1.2, Mengomkentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Alokasi waktu             : 4 x  40 menit ( 2x pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2.   Materi Pembelajaran
Cara mengomentari pendapat dalam dialog dan implementasi- nya

3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Diskusi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
       1.  Peserta didik Bertanya jawab mengenai pendapat para narasumber
Memotivasi :
           1. Peserta didik Mendata pendapat tiap-tiap narasumber

      b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif
F  memfasilitasi Peserta didik dapat Mendata pendapat tiap-tiap narasumber.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mengomentari pendapat tiap-tiap narasumber dengan alasan yang meyakinkan
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

5.   Sumber Belajar
      a. Gambar
      b. Rekaman dialog interaktif

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mendata pendapat tiap-tiap narasumber
·   Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan

Tes tulis
Uraian
§ Tuliskan kembali pokok-pokok pemikiran narasumber!
§ Berilah komentar terhadap pendapat narasumber!


Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : ..............................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi    : 2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk klomentar dan laporan
Kompetensi Dasar        : 2.1. Mengkritik / memuji berbagai karya ( seni atau produk ) dengan  komentar dan laporan. tayangan televise / siaran radio
Alokasi waktu             : 4  x  40 menit ( 2x pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat mengkritik dan memuji suatu karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Ketulusan ( Honesty )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )

2.   Materi Pembelajaran
      a. Mengamati karya seni / Produk
      b. Menentukan bagus atau tidak bagus suatu krya seni / produk
      c. Mengkritik atau memuji suatu karya seni / produk

3.   Metode Pembelajaran
      a. Inkuiri
      b. Demonstrasi

4.   Langkah-lngkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuabn Pertama Dan Kedua :          
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
  1. Peserta didik memperhatikan suatu karya yang ditunjukkan guru
  2. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut
Memotivasi :
   1. Peserta didik menulsikan pujiannya bila hasil kerja temannya menarik dan kritikkan bila hasil kerja  temannya kurang baik disertai dengan alas an logis
     
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat mengkritik dan memuji suatu karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
F  Peserta didik dan guru menyimpulkan cara memberikan pujian dan kritikan terhadap suatu hasil karya  dengan bahasa yang lugas dan sederhana

5.   Sumber Belajar
      a. Hasil karya seni
6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·        Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
·        Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun

Observasi



Lembar observasi



·  Bahasa yang digunakan untuk mengunkapakn kekurangan karya: lugas, berbelit-belit
·  Bahasa yang digunakan untuk mengungkapan keunggulan karya: lugas, berbelit-belit.
      Pedoman Penskoran
      1. Tuliskan pujianmu terhadap hasil karya temanmu jika Anda nilai bagus dan tuliskan kritikan jika  penilaian Anda kurang bagus, disertai alas an yang logis !
Isi
Deskrip si
Skor
( 10 – 100 )
Penalaran
Apakah alas an yng dituliskan sudah logis  ?

Bahasa
Apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami  ?
Apakah klimatnya sudah runtut ?

Organisasi
Apakah pujian sudah menunjukkan kelebihan dari hasil karya ?


Apakah kritikan sudah menunjukkan kekurangan dari hasil

      2. Sampaikan dengan bahasa lisan pujian dan kritikanmu terhadap  salah satu hasil karya temanmu !
         
No
Nama Siswa
Alasan Logis
Skor 10-100
Bahasa runtut
Skor 10-100
Bahasa Mudah Dipahami
Skor 10 - 100
Kelancaran
Skor 10-100
1
Tuti




2
Dani




3
Brian





Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : ..............................
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           : IX/1
Standar Kompetensi     : 2.     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam   bentuk klomentar dan laporan
Kompetensi Dasar        :2.2. Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan   kalimat yang logis
Alokasi waktu               : 6 x  40 menit ( 3x pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang logis’

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.   Materi Pembelajaran
      a. Peristiwa yang terjadi
      b. Waktu, tempat, mengapa, bagaimna peristiwa terjadi
      c. Mendeskripsikan suatu peristiwa

3.   Metode Pembelajaran
      a. Inkuiri
      b. Demonstrasi

4.   Langkah-lngkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama, Kedua  Dan ketiga :           
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang peristiwa yang sering terjadi di Indonesia
Memotivasi :
1. Peserta didik dan guru membicarakan kapan, di mna, mengapa, dan bagaimana terjadinya peristiwa

      b. Kegiatan Inti       
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang logis.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Secara individu Peserta didik menyebutkan beberapa peristiwa yang diketahuinya
F  Peserta didik mendeskripsikan satu peristiwa yang diketahuinya secara rinci dengan kalimat yang jelas
F  Secara bergiliran Peserta didik bercerita tentang peristiwa yang diketahuinya dengan menggunakan   kalimat yang jelas
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.   Sumber Belajar
      a. Peristiwa / kejadian

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·        Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci
·        Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang jelas

Tes praktik/kinerja
Uji petik
kerja 
·    Laporkanlah peristiwa yang ada di lingkunganmu secara lisan!

1. Tuliskan beberapa peristiwa / kejadian yang Anda ketahui !
Kegiatan
Skor
Menuliskan lebih dari dua peristiwa
2
Menuliskan satu sampai dua peristiwa
1
Tidak menuliskan sama sekali
0
     
2. Deskripsikan satu peristiwa yang Anda ketahui secara rinci dengan kalimat yang jelas dibuku kerjamu!
Deskriptor
1
2
3
4
Kelogisan penulisan peristiwa




Ketepatan penggunaan kalimat





      3. Ceritakan satu peristiwa yang Anda ketahui secara rinci di depan kelas dengan bahasa yang baik !
Deskriptor
1
2
3
4
Keserasian antara ekpresi wajah, gerak, sikap dan ucapan




Apakah ada variasi bahasa yang menarik




Kejelasan melafalkan kata




Kelancaran menyampaikan cerita






                                                                                               
Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             : ..............................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia    
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi  : 3.  Memahami  ragam wacna tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai kegiatan membaca intensif.
Kompetensi Dasar      : 3.1. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar dan mendata fakta yang ada.
Alokasi waktu             : 2 x  40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik Dapat membedakan antara fakta dan opini

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.   Materi  Pembelajaran
      a. Daftar pengalaman siswa
      b. Teks tek berita dalam surat kabar

3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Inkuiri

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik diajak  melihat Koran dan mencermati iklan yang memuat fakta dan opini
Memotivasi :
1. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang berbagai isi teks iklan yang memuat fakta dan opini

      b. Kegiatan Inti   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat membedakan antara fakta dan opini.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Secara kelompok Peserta didik mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam teks iklan
F  Peserta didik  diajak membahas dan mengkelompokkan mana yang berupa fakta dan opini
F  Peserta didik menyi8mpulkan dan membedakan fakta dan opini dalam teks iklan
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.   Sumber Belajar
      a. Media cetak / surat kabar
      b. Buku pelajaran bahasa Indonesia

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·        Mampu mendata fakta yang ada dalam teks
·        Mampu mendata opini yang ada dalam teks
·         Mampu membedakan fakta dan opini

Penugasan individual/ke-lompok
Pekerjaan rumah (PR)
§ Tulislah pernyataan yang merupakan fakta  dan  opini!
§ Bedakan antara fakta dan  opini dalam suatu teks!

      1. Tulislah minimal empat pernyataan yn g berupa fakta dan pendapat !
      Pedoman penskoran
Kegiatan
Skor
1. Peserta didik menulis 4 atau lebih fakta dan opini
2
2. Peserta didik menulis 1 – 2 fakta dan opini
1
3. Peserta didik tidak menulis apa-apa
0

      2. Bedakan apa yang dimaksud fakta dan opini
Kegiatan
Skor
1. Peserta didik dapat membedakan
1
2. Peserta didik tidak dapat membedakan
0
                       


     
Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : ..............................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi  :  3.  Memahami  ragam wacna tulis dengan membaca intensif dan membaca   memindai kegiatan membaca intensif.
Kompetensi Dasar      : 3.2. Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dantepat dari indeks  buku melalui kegiatan membaca mimindai.
Alokasi waktu             : 2 / 40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat merujuk dan menemukan informasi dalam buku dengan panduan teks

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.   Materi  Pembelajaran
      a. Buku yang berindeks

3.   Metode Pembelajaran
      a. Obervasi
      b. Tanya jawab

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
    1. Mambaca sekilas sebuah  buku yang berindeks
Memotivasi :
Peserta didik dapat Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dantepat
      b. Kegiatan Inti.    
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat merujuk dan menemukan informasi dalam buku dengan panduan teks.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik saling bertanya jawab secara berkelompok untuk menemukan kata dalam buku yang  dirujuk dalam indeks secara cepat dan tepat
F  Peserta didik disuruh mencari informasi secara cepat dan tepat dari kata-kata yang dirujuk dalam indeks
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.   Sumber Belajar
      a. Buku pelajaran bahasa Indonesia
      b. Buku yang berindeks
      c. Stopwocth

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·           Mampu menemukan kata  dalam buku yang dirujuk dalam  indeks
·           Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks

Observasi



Tes tulis
Lembar observasi


Uraian
§ Temukan secara cepat dan tepat  kata X dalam buku ....! Teman dalam satu kelompok harus menulis jumlah waktu yang diperlukan temanmu untuk menemukan kata itu!
§ Tuliskanlah informasi mengenai kata itu dalam kertas kosong yang tersedia di di kelompokmu!
·       Pedoman penskoran
Kegiatan
Skor
1. Peserta didik yang menemukan kata lebih dari 5 dalam, waktu singkat
2
2. Peserta didik yang menemukan kata 1 – 4
1
3. Peserta didik yang tidak dapat menemukan
0

      2. Tuliskan informasi yang terdapat dalam buku berindeks !
Kegiatan
Skor
1. Peserta didik yang dapat menuliskan informasi
1
2. Peserta didik yang tidak dapat menemukan informasi
0
                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             :  ..............................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi   : 4.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan  karangan
Kompetensi Dasar       : 4.1. Menulis iklan baris  dengan bahasa singkat, padat dan jelas
Alokasi waktu             : 4 x 40 menit ( 2 pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama:
o  Peserta didik dapat Mencermati iklam baris
o  Peserta didik dapat Mebahasakan secara lengkap iklan baris
o  Peserta didik dapat Mendiskusikan model-model penyingkatan dalam iklan baris
       - Pertemuan Kedua :
o  Peserta didik dapat Menentukan objek yang akan diiklankan
o  Peserta didik dapat Menulis iklan baris suatu objek dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
o  Peserta didik dapat Menyunting iklan baris

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.   Materi  Pembelajaran
      Penulisan Iklan
      a. Dafatar pengalaman siswa
      b. Cara menulis iklan siswa

3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Inkuiri

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      Pertemuan pertama :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
   1. Mencermati  iklan baris
Memotivasi :
    1.Mebahasakan secara lengkap iklan baris

      b. Kegiatan Inti     
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat            Mambahas secara lengkap  iklan baris.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik mendiskusikan model-model penyingkatan dalam iklan baris
F  Peserta didik menentukan obyek yang akan diiklankan
F  Peserta didik menulis iklan baris suatu obyek dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
          
   Pertemuan Kedua.
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
         1.  Peserta didik dan guru bertanya jawab membuat iklan baris yang dikerjakan siswa
Memotivasi :
1.  Menentukan objek yang akan diiklankan

      b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat            menulis atau membacakan iklan baris yang deibuatnya.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik mengoreksi iklan baris yang dibuat sudah sesuai atau belum dengan kreteria penulisan  iklan yang baik.
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.   Sumber Belajar
      a. Media cetak
      b. Buku teks

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·           Mampu menentukan objek yang akan diiklankan
·           Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan  iklan baris
·           Mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·    Tulislah objek yang akan kamu iklankan berikut dengan ciri-cirinya!
·    Tulislah iklan baris  sesuai objek yang kamu identifikasi!

      1. Buatlah iklan baris sebanyak 3 buah
Kegiatan
Skor
1. Mampu membuat tiga buah atau lebih
2
2. Mampu membuat 1 – 2 buah
1
3. Tidak mampu membuat
0

      2. Buatlah iklan baris yang sesuai dengan kreteria iklan yng baik !
Kegiatan
Skor
1. Mampu membuat tiga buah atau lebih
2
2. Mmpu membuat iklan tidak baik
1
3. Tidak mampu membuat
0

                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................











Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar