SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk komentar dan laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai
karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
|
Cara mengkritik karya dan implementasi- nya
|
o
Mengamati karya seni/produk
o
Mendata kekurangan dan keunggulan karya seni/produk
o
Mendiskusikan kekurangan dan keunggulan karya seni
o
Mengamati pemodelan dalam mengkritik dan memuji karya
seni/produk
o
Mendiskusikan kelugasan bahasa dan kesantunan
pengungkapan yang dilakukan oleh model
o
Mengkritik dan memuji karya seni/produk dengan bahasa
yang lugas dan santun
|
·
Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
·
Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas
dan santun
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
· Bahasa yang
digunakan untuk mengunkapakn kekurangan karya: lugas, berbelit-belit
· Bahasa yang
digunakan untuk mengungkapan keunggulan karya: lugas, berbelit-belit.
|
4 X 40’
|
Karya seni atau produk
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Ketulusan ( Honesty )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
|
|
|
|
|
|
|||
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan
mengguna-kan kalimat yang jelas
|
Pelaporan berbagai peristiwa
|
o
Mencermati beberapa laporan peristiwa
o
Menentukan sistematika laporan peristiwa
o
Menentukan peristiwa yang terjadi di sekeliling yang
akan dilaporkan
o
Menentukan pokok-pokok peristiwa sebagai dasar
penyusunan kerangka laporan
o
Menyusun
pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan
o
Melaporkan secara lisan peristiwa yang terjadi di lingkungan siswa dengan kalimat
yang jelas.
|
·
Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci
·
Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang
jelas
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik
kerja
|
· Laporkanlah peristiwa
yang ada di lingkunganmu secara lisan!
|
6 X 40’
|
Media cetak
Fenomena alam
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan
membaca memindai
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Membeda-kan antara fakta
dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
|
Cara membedakan fakta dan opini
serta implementasi- nya
|
o
Mengkliping satu iklan yang memuat fakta dan opini
o
Mencermati iklan
o
Mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam iklan
o
Mendiskusikan pengungkapan yang berupa fakta dan
pengungkapan yang berupa opini dalam iklan
o
Membedakan fakta dan opini dalam teks iklan
|
·
Mampu mendata fakta yang ada dalam teks
·
Mampu mendata opini yang ada dalam teks
·
Mampu membedakan
fakta dan opini
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
§ Tulislah pernyataan
yang merupakan fakta dan opini!
§ Bedakan antara fakta
dan opini dalam suatu teks!
|
2 X 40’
|
Media cetak
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
3.2 Menemukan informasi yang
diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca
memindai
|
Cara menemukan informasi secara cepat dan implementasi- nya
|
o
Membaca sekilas sebuah buku yang berindeks
o
Membaca indeks
buku yang dibaca
o
Bertanya jawab secara kelompok untuk menemukan kata
dalam buku yang dirujuk dalam indeks secara cepat dan tepat
o
Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari
kata-kata yang dirujuk dalam indeks
|
·
Mampu menemukan kata
dalam buku yang dirujuk dalam
indeks
·
Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks
|
Observasi
Tes tulis
|
Lembar observasi
Uraian
|
§ Temukan secara cepat dan
tepat kata X dalam buku ....! Teman dalam satu
kelompok harus menulis jumlah waktu yang diperlukan temanmu untuk menemukan
kata itu!
§ Tuliskanlah informasi
mengenai kata itu dalam kertas kosong yang tersedia di di kelompokmu!
|
2 X 40’
|
Stopwatch
Buku yang berindeks
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,
resensi, dan karangan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Menulis iklan baris dengan
bahasa yang sigkat, padat dan jelas
|
Penulisan iklan baris
|
o
Mencermati iklam baris
o
Mebahasakan secara lengkap iklan baris
o
Mendiskusikan model-model penyingkatan dalam iklan
baris
o
Menentukan objek yang akan diiklankan
o
Menulis iklan baris suatu objek dengan bahasa yang
singkat, padat, dan jelas
o
Menyunting iklan baris
|
·
Mampu menentukan objek yang akan diiklankan
·
Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris
·
Mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat
dan jelas
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah
objek yang akan kamu iklankan berikut dengan ciri-cirinya!
· Tulislah
iklan baris sesuai objek yang kamu
identifikasi!
|
4 X 40’
|
Media cetak
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
4.2 Meresensi buku pengetahuan
|
Cara meresensi buku pengetahuan dan implemenasinya
|
o
Menentukan buku pengetahuan yang akan dibaca
o
Mencermati dan membaca buku pengetahuan
o
Mengidentifikasi
bentuk fisik dan isi buku
o
Berdiskusi untuk menentukan kelebihan dan kekurangan buku
o
Menyusun rangkuman isi buku
o
Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan terhadap
buku
o
Meresensi buku
o
Menyunting resensi buku
|
·
Mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta
menunjukkan kelebihan serta kekurangannya
·
Mampu merangkum isi buku
·
Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan
atas isi buku
·
Mampu meresensi buku pengetahuan
·
Mampu menyunting resensi
|
Penugasan individual/kelompok
|
Proyek
|
· Bacalah buku pengetahuan, kemudian tentukanlah satu
buku untuk diresensi! Perhatikanlah langkah-langkah penulisan resensi buku!
Waktu: 2 minggu
|
6 X 40’
|
Perpustaka-an
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
|
|
|
|
|
|||
4.3 Menyunting karangan dengan
berpedoman pada ketepatan ejaan,
pilihan kata, keefektifan kalimat,
keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
Penyuntingan karangan
|
o
Membaca teks karangan
o
Mendiskusikan teks
untuk menandai kesalahan ejaan,
pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan
wacana
o
Menentukan bentuk yang benar
o
Memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpadiuan paragraf, dan kebulatan wacana
dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar.
|
·
Mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan
paragraf, dan kebulatan wacana
·
Mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan
paragraf, dan kebulatan wacana
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
· Suntinglah teks berikut
dengan memperhatikan kaidah-kaidah penyuntingan!
(pilih teks yang menarik)
· Kumpulkan suntinganmu
pada pertemuan berikutnya!
|
6 X 40’
|
Media cetak
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan
mendengarkan syair
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
|
Cara menemukan tema dan pesan syair serta implementasi- nya
|
o
Mendengarkan pembacaan syair dari narasumber
o
Mendiskusikan tema dan pesan syair
o
Menyimpulkan
tema syair
o
Menyimpulkan pesan syair
|
· Mampu menemukan tema
syair berdasarkan inti pengungkapan syair
· Mampu menangkap pesan
syair dengan bukti yang meyakinkan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah
tema dan pesan syair yang
diperdengarkan!
|
2 X 40’
|
Buku teks, Buku referensi
Narasumber
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
|
Penganalisisan unsur-unsur syair
|
o
Mendengarkan pembacaan beberapa syair dari narasumber
o
Mengidentifikasi syarat-syarat syair
o
Menganalisis syair berdasarkan unsur-unsur syair
|
· Mampu menyimpulkan
syarat-syarat syair
· Mampu menganalisis
syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur syair
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah
sayarat-syarat syair berdasarkan syair terjasi!
· Analisislah
syair X yang kamu dengarkan
berdasarkan unsur-unsur syair!
|
2 X 40’
|
Buku kumpulan syair
Buku referensi
Buku Teks
Narasumber
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
6.
Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
|
Penceritaan cerpen
|
o
Memilih cerpen yang disukai
o
Membaca cerpen
o
Mendiskusikan bagian-bagian alur
o
Mendiskusikan isi cerita yang merupakan bagian alur
o
Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
sesuai dengan alur aslinya
|
·
Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan
tahap-tahap dalam alur
·
Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai
dengan alur aslinya
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Ceritakan kembali isi
cerpen sesuai dengan alur aslinya!
|
4 X 40’
|
Buku teks, media cetak, perpustakaan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
|||
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
suasana/irima yang dibangun
|
Musikalisasi Puisi
|
o
Mencermati beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi
o
Berdiskusi untuk menentukan puisi yang akan dinyanyikan
o
Menentukan suasana puisi lewat diskusi
o
Menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi yang akan
dinyanyikan
o
Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
suasana/irima yang dibangun
|
·
Mampu menentukan suasana puisi
·
Mampu menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi
·
Mampu menyanyikan puisi
yang sudah dimusikalisasi dengan
berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun
|
Tes praktik/kinerja
|
Tes identifikasi
Uji petik kerja
|
§ Identifikasilah
suasana
puisi yang akan dinyanyikan!
§ Praktikkanlah beberapa
nada dalam musikalisasi puisi sekaligus dengan penjiwaan suasana puisinya!
§ Nyanyikanlah secara
utuh puisi yang sudah dimusikalisasi!
|
6 X 40’
|
Buku Teks
Buku Puisi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita
pendek (cerpen)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Menemukan tema, latar, dan
penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen
|
Cara menemukan unsur-unsur cerpen dan implementasi- nya
|
o
Membaca buku kumpulan
cerpen
o
Berdiskusi untuk menentukan tema, latar, dan penokohan dalam tiap-tiap
cerpen
o
Menunjukkan keterkaitan antarunsur cerpen sebagai dasar
pembulatcermatan makna cerpen secara utuh.
|
·
Mampu menyimpulkan tema cerpen
·
Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual
·
Mampu menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Proyek
|
· Bacalah buku kumpulan
cerpen yang terdapat di perpustakaan
kemudian tentukanlah tema, latar, dan
penokohan dalam cerpen-cerpennya dengan bukti-bukti pendukungnya!
· Analisislah keterkaitan
antarunsur (tema, latar, dan penokohan) untuk memaknai cerpen-cerpen itu!
(Waktu: 2 minggu).
|
4 X 40’
|
Perpustakaan
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
|||
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen
|
Penganalisisan nilai-nilai kehidupan pada cerpen
|
· Membaca buku kumpulan
cerpen
· Berdiskusi untuk
menemukan nilai kehidupan yang positif
dan negatif dalam kumpulan cerpen
· Membandingkan nilai
kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
· menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat
menjadi teladan siswa
|
·
Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif
maupun negatif dalam kumpulan cerpen
·
Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan
nilai kehidupan siswa
·
Mampu menyimpulkan
nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Proyek
|
· Bacalah sebuah buku
kumpulan cerpen kemudian analisislah nilai kehidupan yang ada dalam kumpulan
cerpen tersebut, bandingkan dengan
nilai kehidupan siswa, dan tentukan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat
menjadi teladan siswa! Waktu: 2 minggu.
|
4 X 40’
|
Perpustakan, Buku kumpulan cerpen
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan
pengalaman dalam cerita pendek
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah
dibaca
|
Penulisan cerpen
|
o
Membaca cerita pendek
o
Bertanya jawab untuk menentukan ide-ide pokok cerpen
sesuai dengan alur cerpen
o
Mengembangkan ide-ide
pokok dengan kalimat sendiri
menjadi cerpen kembali
o
Menyunting cerpen yang sudah ditulis.
|
·
Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur
dalam cerpen
·
Mampu mengembangkan
ide-ide pokok menjadi cerpen
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
§ Tulislah ide-ide pokok
cerpen yang sudah kau baca sesuai dengan alurnya.
§ Kembangkanlah ide-ide
pokok itu menjadi cerpen lagi dengan kalimatmu sendiri!lah
§ Suntinglah cerpenmu
itu!
|
4 X 40’
|
Media cetak
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
|||
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Penulisan cerpen
|
o
Mendata peristiwa yang mengesankan yang pernah dialami
o
Memilih peristiwa yang paling mengesankan
o
Menentukan konflik cerita
o
Merangkai peristiwa menjadi alur/kerangka cerita
o
Mengembangkan alur/kerangka cerita menjai cerpen
o
Menyunting cerpen karya sendiri dan teman
|
·
Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
·
Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih
·
Menentukan alur cerita
· Mampu menulis cerita
pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah cerpen
berdasarkan peristiwa yang pernah kamu alami dengan langkah: datalah
peristiwa yang pernah kamu alami, pilihlah satu peristiwa yang berkonflik,
tentukan alur cerita, kembangkan menjadi sebuah cerpen, dan suntinglah cerpen
itu!
|
6 X 40’
|
Pengalaman pribadi
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sesuai dengan standar
proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup.
Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan
pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
..........., ......................20 ...
Mengetahui, Guru
mata pelajaran
Kepala ...................
............................................ ..................................................
NIP/NIK
NIP/NIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah :..............................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 1.
Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar : 1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif
beberapa narasumber pada tayangan
televis / siaran radio.
Alokasi
waktu : 2 / 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
a.
Mendengarkan dialog interaktif
b.
Membuat kesimpulan isi dialog interaktif
3. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
4. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1. Peserta
didik mencermati tampilan gambar yang sudah disediakan guru
2. Peserta didik dan guru bertanya jawab
tentang gambar yang ditampilkan
Memotivasi :
Menyimpulkan isi dialog interaktif
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat membuat kesimpulan
isi dialog interaktif beberapa narasumber.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik.
F Peserta didik dan guru menyimpulkan cara memberikan
komentar yang baik
5. Sumber Belajar
a,.
Gambar
b.
Rekaman dialog interaktif
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Menentukan
tema dialog interaktif
·
Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang
logis
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Tulislah tema dialog interaktif
yang diperdengarkan ini!
§ Simpulkan isi dialog
yang kamu dengar!
|
Pedoman
Penilaian
1. Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam
dialog interaktif tersebut !
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik menulis hal-hal penting dengan lengkap
|
2
|
Peserta didik menulis sebagian saja bagian
penting dalam dialog
|
1
|
Peserta didik tidak dapat menuliskan sama sekali
|
|
2. Tuliskan informasi yang terdapat dalam dialog interaktif !
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Penyusunan struktur kalimat
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
3. Tuliskan
kesimpulan setelahh mendengrkan dialog interaktif tersebut !
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Ketepatan merumuskan kesimpulan
|
|
|
|
|
Kelogisan penulisan kesimpulan
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
4.
Tuliskan komentarmu terhadap pendapat para narasumber dalam dialog
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Ketepatan merumuskan komentar
|
|
|
|
|
Kelogisan penulisan komentar
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
Skor
maksimal :
No. 1 : 2
No. 2 : 8
No. 3 : 12
No. 4 : 12
34
Perhitungan
nilai akhir
Nilai
akhir : Skor yang diperoleh
X 100
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami dialog
interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi
Dasar : 1.2, Mengomkentari pendapat
narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan
televisi/siaran radio.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2. Materi
Pembelajaran
Cara mengomentari pendapat dalam dialog dan implementasi-
nya
3. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
4. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama dan kedua :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1.
Peserta didik Bertanya jawab mengenai pendapat para narasumber
Memotivasi :
1.
Peserta didik Mendata pendapat tiap-tiap narasumber
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat Mendengarkan
rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif
F memfasilitasi Peserta didik dapat Mendata pendapat
tiap-tiap narasumber.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Mengomentari pendapat
tiap-tiap narasumber dengan alasan yang meyakinkan
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik.
5. Sumber Belajar
a. Gambar
b.
Rekaman dialog interaktif
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mendata pendapat tiap-tiap narasumber
·
Mengomentari
pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Tuliskan kembali
pokok-pokok pemikiran narasumber!
§ Berilah komentar
terhadap pendapat narasumber!
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi
: 2. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk klomentar dan laporan
Kompetensi Dasar
: 2.1. Mengkritik / memuji berbagai karya ( seni atau produk )
dengan komentar dan laporan. tayangan
televise / siaran radio
Alokasi waktu : 4
x 40 menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat mengkritik dan memuji suatu karya seni atau produk dengan bahasa
yang lugas dan santun
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Ketulusan ( Honesty
)
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
2. Materi Pembelajaran
a.
Mengamati karya seni / Produk
b.
Menentukan bagus atau tidak bagus suatu krya seni / produk
c.
Mengkritik atau memuji suatu karya seni / produk
3. Metode Pembelajaran
a. Inkuiri
b.
Demonstrasi
4. Langkah-lngkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuabn
Pertama Dan Kedua :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta
didik memperhatikan suatu karya yang ditunjukkan guru
2. Peserta
didik dan guru bertanya jawab tentang kelebihan dan kekurangan dari karya
tersebut
Memotivasi :
1. Peserta didik menulsikan pujiannya bila hasil kerja temannya menarik
dan kritikkan bila hasil kerja temannya
kurang baik disertai dengan alas an logis
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal,
intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat mengkritik dan memuji
suatu karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
F Peserta didik dan guru menyimpulkan cara
memberikan pujian dan kritikan terhadap suatu hasil karya dengan bahasa yang lugas dan sederhana
5. Sumber Belajar
a.
Hasil karya seni
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
·
Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas
dan santun
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
· Bahasa yang
digunakan untuk mengunkapakn kekurangan karya: lugas, berbelit-belit
· Bahasa yang
digunakan untuk mengungkapan keunggulan karya: lugas, berbelit-belit.
|
Pedoman
Penskoran
1.
Tuliskan pujianmu terhadap hasil karya temanmu jika Anda nilai bagus dan
tuliskan kritikan jika penilaian Anda kurang bagus, disertai alas an
yang logis !
Isi
|
Deskrip si
|
Skor
( 10 – 100 )
|
Penalaran
|
Apakah alas an yng dituliskan sudah logis ?
|
|
Bahasa
|
Apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami ?
Apakah klimatnya sudah runtut ?
|
|
Organisasi
|
Apakah pujian sudah menunjukkan kelebihan dari hasil karya ?
|
|
|
Apakah kritikan sudah menunjukkan kekurangan dari hasil
|
|
2.
Sampaikan dengan bahasa lisan pujian dan kritikanmu terhadap salah satu hasil karya temanmu !
No
|
Nama Siswa
|
Alasan Logis
Skor 10-100
|
Bahasa runtut
Skor 10-100
|
Bahasa Mudah Dipahami
Skor 10 - 100
|
Kelancaran
Skor 10-100
|
1
|
Tuti
|
|
|
|
|
2
|
Dani
|
|
|
|
|
3
|
Brian
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
IX/1
Standar Kompetensi :
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk klomentar dan laporan
Kompetensi Dasar :2.2.
Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang logis
Alokasi
waktu : 6 x 40 menit ( 3x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang
logis’
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
a.
Peristiwa yang terjadi
b. Waktu,
tempat, mengapa, bagaimna peristiwa terjadi
c.
Mendeskripsikan suatu peristiwa
3. Metode Pembelajaran
a. Inkuiri
b.
Demonstrasi
4. Langkah-lngkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama, Kedua Dan ketiga :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang
peristiwa yang sering terjadi di Indonesia
Memotivasi :
1. Peserta didik dan guru
membicarakan kapan, di mna, mengapa, dan bagaimana terjadinya peristiwa
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat menceritakan berbagai
peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang logis.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Secara individu Peserta didik menyebutkan
beberapa peristiwa yang diketahuinya
F Peserta didik mendeskripsikan satu peristiwa
yang diketahuinya secara rinci dengan kalimat yang jelas
F Secara bergiliran Peserta
didik bercerita tentang peristiwa yang diketahuinya dengan menggunakan kalimat yang jelas
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
5. Sumber Belajar
a.
Peristiwa / kejadian
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci
·
Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang
jelas
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik
kerja
|
·
Laporkanlah peristiwa yang ada di lingkunganmu secara
lisan!
|
1. Tuliskan beberapa peristiwa /
kejadian yang Anda ketahui !
Kegiatan
|
Skor
|
Menuliskan lebih dari dua peristiwa
|
2
|
Menuliskan satu sampai dua peristiwa
|
1
|
Tidak menuliskan sama sekali
|
0
|
2. Deskripsikan satu peristiwa yang Anda ketahui
secara rinci dengan kalimat yang jelas dibuku kerjamu!
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Kelogisan penulisan peristiwa
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan kalimat
|
|
|
|
|
3.
Ceritakan satu peristiwa yang Anda ketahui secara rinci di depan kelas dengan
bahasa yang baik !
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Keserasian antara ekpresi wajah, gerak, sikap
dan ucapan
|
|
|
|
|
Apakah ada variasi bahasa yang menarik
|
|
|
|
|
Kejelasan melafalkan kata
|
|
|
|
|
Kelancaran menyampaikan cerita
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah :
..............................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 3.
Memahami ragam wacna tulis dengan
membaca intensif dan membaca memindai kegiatan membaca intensif.
Kompetensi Dasar : 3.1. Membedakan antara fakta dan opini
dalam teks iklan di surat kabar dan mendata fakta yang ada.
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik Dapat membedakan antara fakta dan opini
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
a.
Daftar pengalaman siswa
b.
Teks tek berita dalam surat kabar
3. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Inkuiri
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik diajak melihat Koran dan mencermati iklan yang
memuat fakta dan opini
Memotivasi :
1. Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang berbagai isi teks iklan yang memuat fakta dan opini
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat membedakan antara fakta dan opini.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Secara kelompok Peserta didik mendiskusikan
fakta dan opini yang ada dalam teks iklan
F Peserta didik
diajak membahas dan mengkelompokkan mana yang berupa fakta dan opini
F Peserta didik menyi8mpulkan dan membedakan
fakta dan opini dalam teks iklan
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
5. Sumber
Belajar
a. Media cetak / surat kabar
b. Buku pelajaran bahasa Indonesia
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu mendata fakta yang ada dalam teks
·
Mampu mendata opini yang ada dalam teks
·
Mampu membedakan
fakta dan opini
|
Penugasan
individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
§ Tulislah pernyataan
yang merupakan fakta dan opini!
§ Bedakan antara fakta
dan opini dalam suatu teks!
|
1.
Tulislah minimal empat pernyataan yn g berupa fakta dan pendapat !
Pedoman penskoran
Kegiatan
|
Skor
|
1. Peserta didik menulis 4 atau lebih fakta dan opini
|
2
|
2. Peserta didik menulis 1 – 2 fakta dan opini
|
1
|
3. Peserta didik tidak menulis apa-apa
|
0
|
2.
Bedakan apa yang dimaksud fakta dan opini
Kegiatan
|
Skor
|
1. Peserta didik dapat membedakan
|
1
|
2. Peserta didik tidak dapat membedakan
|
0
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi
: 3. Memahami
ragam wacna tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai kegiatan membaca intensif.
Kompetensi Dasar : 3.2. Menemukan informasi yang
diperlukan secara cepat dantepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca mimindai.
Alokasi
waktu : 2 / 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat merujuk dan menemukan informasi dalam buku dengan panduan teks
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
a.
Buku yang berindeks
3. Metode
Pembelajaran
a.
Obervasi
b.
Tanya jawab
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1. Mambaca
sekilas sebuah buku yang berindeks
Memotivasi :
Peserta didik dapat Menemukan informasi yang
diperlukan secara cepat dantepat
b. Kegiatan
Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat merujuk dan menemukan informasi
dalam buku dengan panduan teks.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Peserta didik saling bertanya jawab secara
berkelompok untuk menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks secara cepat dan tepat
F Peserta didik disuruh
mencari informasi secara cepat dan tepat dari kata-kata yang dirujuk dalam
indeks
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
5. Sumber Belajar
a.
Buku pelajaran bahasa Indonesia
b.
Buku yang berindeks
c.
Stopwocth
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu menemukan kata
dalam buku yang dirujuk dalam
indeks
·
Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks
|
Observasi
Tes tulis
|
Lembar observasi
Uraian
|
§ Temukan secara cepat dan
tepat kata X dalam buku ....! Teman dalam satu
kelompok harus menulis jumlah waktu yang diperlukan temanmu untuk menemukan
kata itu!
§ Tuliskanlah informasi
mengenai kata itu dalam kertas kosong yang tersedia di di kelompokmu!
|
·
Pedoman penskoran
Kegiatan
|
Skor
|
1. Peserta didik yang menemukan kata lebih dari
5 dalam, waktu singkat
|
2
|
2. Peserta didik yang menemukan kata 1 – 4
|
1
|
3. Peserta didik yang tidak dapat menemukan
|
0
|
2. Tuliskan
informasi yang terdapat dalam buku berindeks !
Kegiatan
|
Skor
|
1. Peserta didik yang dapat menuliskan informasi
|
1
|
2. Peserta didik yang tidak dapat menemukan informasi
|
0
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi
: 4. Mengungkapkan informasi
dalam bentuk iklan baris, resensi, dan
karangan
Kompetensi Dasar : 4.1. Menulis iklan baris dengan bahasa singkat, padat dan jelas
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit ( 2
pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
- Pertemuan Pertama:
o
Peserta didik dapat Mencermati iklam baris
o
Peserta didik dapat Mebahasakan secara lengkap iklan
baris
o
Peserta didik dapat Mendiskusikan model-model
penyingkatan dalam iklan baris
- Pertemuan
Kedua :
o
Peserta didik dapat Menentukan objek yang akan diiklankan
o
Peserta didik dapat Menulis iklan baris suatu objek
dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
o
Peserta didik dapat Menyunting iklan baris
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
Penulisan
Iklan
a.
Dafatar pengalaman siswa
b.
Cara menulis iklan siswa
3. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Inkuiri
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1.
Mencermati iklan baris
Memotivasi :
1.Mebahasakan
secara lengkap iklan baris
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat Mambahas secara lengkap iklan baris.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Peserta didik mendiskusikan model-model
penyingkatan dalam iklan baris
F Peserta didik menentukan obyek yang akan
diiklankan
F Peserta didik menulis iklan baris suatu obyek
dengan
bahasa yang singkat, padat dan jelas
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
Pertemuan Kedua.
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1.
Peserta didik dan guru bertanya jawab membuat iklan baris yang
dikerjakan siswa
Memotivasi :
1. Menentukan objek yang
akan diiklankan
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat menulis atau membacakan iklan baris yang deibuatnya.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Peserta didik mengoreksi iklan baris yang dibuat sudah
sesuai atau belum dengan kreteria penulisan
iklan yang baik.
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
5. Sumber
Belajar
a. Media cetak
b. Buku teks
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu menentukan objek yang akan diiklankan
·
Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris
·
Mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat
dan jelas
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
·
Tulislah objek yang akan kamu iklankan
berikut dengan ciri-cirinya!
·
Tulislah iklan baris sesuai objek yang kamu identifikasi!
|
1.
Buatlah iklan baris sebanyak 3 buah
Kegiatan
|
Skor
|
1. Mampu membuat tiga buah atau lebih
|
2
|
2. Mampu membuat 1 – 2 buah
|
1
|
3. Tidak mampu membuat
|
0
|
2.
Buatlah iklan baris yang sesuai dengan kreteria iklan yng baik !
Kegiatan
|
Skor
|
1. Mampu membuat tiga buah atau lebih
|
2
|
2. Mmpu membuat iklan tidak baik
|
1
|
3. Tidak mampu membuat
|
0
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 komentar:
Posting Komentar