RPP - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan        : SMP
Kelas/Semester            : VIII/1
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Topik                            : Teks Moral/Fabel
Jumlah Pertemuan        : 1 x Pertemuan

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan , mengurai , merangkai , memodifikasi dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis , membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.     Kompetensi Dasar
1.2        Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1   Memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit.
3.1  Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita   biografi baik melalui lisan maupun tulisan.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
3.    Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan teks moral.
4.    Mengungkapkan kembali isi teks cerita moral/fabel.
5.    Menjelaskan struktur teks moral/fabel.
6.    Menjelaskan ciri bahasa teks moral/fabel.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
3.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia.
4.      Setelah membaca teks  dan mendiskusikannya siswa dapat mengungkapkan kembali isi teks moral/fabel baik secara lisan maupun tulisan.
5.      Setelah membaca teks moral/fabel dan mendiskusikannya siswa dapat menjelaskan  struktur teks moral/fabel baik secara lisan maupun tulisan.
6.      Setelah membaca teks moral/fabel dan mendiskusikannya siswa dapat menjelaskan ciri bahasa teks moral/ fabel baik secara lisan maupun tulisan.
E.     Materi Pembelajaran
·                  Teks Moral/Fabel
·                  Struktur Teks Moral/Fabel
·                  Ciri bahasa Teks Moral/Fabel
F.     Alokasi Waktu
1 x 45 Menit
G.    Metode Pembelajaran
Metode Inkuiri, Diskusi,  Tanya jawab, Penugasan
H.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
a.      Kegiatan Pendahuluan
1)    Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)    Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4)    Untuk menarik minat, siswa dikenalkan dengan teks fabel yang berjudul “ Kura- Kura dan Seekor Burung Elang “
5)    Siswa diberi pemahaman tentang pesan teks  moral/fabel yang dikaitkan dengan   fenomena yang terjadi di sekitar siswa.
b.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
1)      Siswa mengamati  tentang sikap-sikap baik dan buruk yang terjadi di sekitar
2)      Siswa menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks cerita moral/fabel
Elaborasi
1)      Siswa mendapatkan contoh teks cerita moral/fabel secara berkelompok
2)      Siswa membaca teks cerita moral/fabel dengan cermat
3)      Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks moral/fabel.
4)      Salah satu kelompok melaporkan hasil diskusinya
5)      Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
6)      Siswa mengisi latihan berupa mencocokan kalimat dan kata yang isinya berkaitan dengan teks.
7)      Siswa bersama guru membahas hasil latihan.
Konfirmasi
1)    Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami isi teks moral/fabel
2)    Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami isi teks fabel/moral
3)    Siswa terbaik mendapatkan penghargaan dari guru.


   c.  Kegiatan Penutup
1)    Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)    Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)    Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun

a.    Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Mengetahui isi teks moral/fabel
Tes tertulis
Tes uraian
1.      Bacalah dengan saksama teks  moral/fabel! Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Mengetahui struktur teks moral/fabel
Tes tertulis

Tes uraian


2.      Identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks moral/fabel!
Mengetahui ciri-ciri bahasa teks moral/fabel
Tes tertulis

Tes uraian


3.      Identifikasikanlah dan jelaskan cirri-ciri bahasa teks moral/fabel!!

         
 PedomanPenskoran :
Soal no. 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab pertanyaan

·         Jawaban betul
1

Soal no. 2
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi struktur teks observasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal no. 3
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri  bahasa teks laporan hasil observasi

·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL
5

J.      Sumber Belajar
Buku Pedoman Guru
Buku Teks  Ajar Siswa
LKS
LubukLinggau,   Juli  2014
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

FIKRI
             

Lampiran
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN  SIKAP
Mata Pelajaran  :..................................................................................................
Kelas/Semester:....................................................................................................
Tahun Ajaran  :....................................................................................................
Waktu Pengamatan: ............................................................................................
Sikap  yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
1.      BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.      MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.      MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.      MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















..



















Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar