RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMP
Kelas/Semester : VIII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Teks Moral/Fabel
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan , mengurai , merangkai ,
memodifikasi dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis , membaca, menghitung,
menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1 Memiliki
perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit.
3.1 Memahami teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi
baik melalui lisan maupun tulisan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.
Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
3.
Memiliki perilaku
jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau
kejadian berdasarkan teks moral.
4.
Mengungkapkan kembali isi teks cerita moral/fabel.
5.
Menjelaskan struktur teks moral/fabel.
6.
Menjelaskan ciri bahasa teks moral/fabel.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.
Selama dan setelah
proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan
informasi lisan dan tulis.
3.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan sikap jujur,
tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia.
4.
Setelah membaca
teks dan mendiskusikannya siswa dapat mengungkapkan kembali isi
teks moral/fabel baik secara
lisan maupun tulisan.
5.
Setelah membaca
teks moral/fabel dan mendiskusikannya
siswa dapat menjelaskan struktur teks moral/fabel baik secara lisan maupun tulisan.
6.
Setelah membaca
teks moral/fabel dan
mendiskusikannya siswa dapat menjelaskan
ciri bahasa teks moral/ fabel baik secara
lisan maupun tulisan.
E.
Materi Pembelajaran
·
Teks Moral/Fabel
·
Struktur Teks Moral/Fabel
·
Ciri bahasa Teks Moral/Fabel
F.
Alokasi Waktu
1 x 45 Menit
G.
Metode Pembelajaran
Metode Inkuiri, Diskusi, Tanya
jawab, Penugasan
H.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa
menerima informasi kompetensi, materi,
tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4) Untuk menarik minat, siswa dikenalkan
dengan teks fabel yang berjudul “ Kura-
Kura dan Seekor Burung Elang “
5) Siswa diberi pemahaman tentang pesan teks moral/fabel yang dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di sekitar siswa.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Siswa mengamati tentang sikap-sikap baik dan buruk yang
terjadi di sekitar
2) Siswa menjawab pertanyaan tentang
hal-hal yang berkaitan dengan teks cerita moral/fabel
Elaborasi
1)
Siswa mendapatkan contoh teks cerita moral/fabel
secara berkelompok
2)
Siswa membaca teks cerita moral/fabel dengan cermat
3)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca
dan menjawab pertanyaan tentang isi teks moral/fabel.
4)
Salah satu kelompok melaporkan hasil diskusinya
5)
Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan
santun.
6)
Siswa mengisi latihan berupa mencocokan kalimat dan kata
yang isinya berkaitan dengan teks.
7)
Siswa bersama guru membahas hasil latihan.
Konfirmasi
1) Bersama guru, siswa
mengidentifikasi hambatan-hambatan yang
dialami saat memahami isi teks moral/fabel
2) Siswa mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru atas pernyataan
mereka tentang hambatan dalam memahami isi teks
fabel/moral
3) Siswa terbaik mendapatkan
penghargaan dari guru.
c. Kegiatan Penutup
1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan
3) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Penilaian Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil penilaian nomor 1 dan 2
untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
a.
Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Mengetahui
isi teks moral/fabel
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Bacalah
dengan saksama teks moral/fabel!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
|
Mengetahui struktur teks moral/fabel
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
2. Identifikasikanlah dan jelaskan
struktur teks moral/fabel!
|
Mengetahui ciri-ciri
bahasa teks
moral/fabel
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
3. Identifikasikanlah dan jelaskan
cirri-ciri bahasa teks moral/fabel!!
|
PedomanPenskoran :
Soal no. 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa
menjawab pertanyaan
|
|
·
Jawaban betul
|
1
|
Soal no. 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa
mengidentifikasi struktur teks observasi
|
|
·
Jawaban sempurna
|
5
|
·
Jawaban kurang
sempurna
|
3
|
·
Jawaban tidak
sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
Soal
no. 3
Aspek
|
Skor
|
Siswa
mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks
laporan hasil observasi
|
|
·
Jawaban sempurna
|
5
|
·
Jawaban kurang
sempurna
|
3
|
·
Jawaban tidak
sempurna
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
J.
Sumber Belajar
Buku
Pedoman Guru
Buku Teks Ajar Siswa
LKS
LubukLinggau,
Juli 2014
Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
FIKRI
Lampiran
Lembar
Pengamatan
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran
:..................................................................................................
Kelas/Semester:....................................................................................................
Tahun Ajaran :....................................................................................................
Waktu Pengamatan:
............................................................................................
Sikap yang
diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku
religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku
religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
1. BT (belum tampak) jika
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2. MT (mulai tampak) jika
menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3. MB (mulai berkembang) jika
menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4. MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar