Desgin Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi
Di Tulis Oleh Mey Lanasari
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah : SMP N O Mangunharjo
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas/semester : VIII / 1
Alokasi
Waktu : 3 x 40 menit ( 1 x
pertemuan )
Standar Kompetensi
: 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi
Dasar :
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
Tujuan
1. Siswa
dapat membedakan antara tulang rawan dengan tulang keras.
2. Siswa
dapat mendiskripsikan rangka tubuh manusia.
3. Siswa
dapat menyebutkan fungsi rangka tubuh manusia.
Nilai yang ditanamakan :
Jujur, kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli terhadap
diri sendiri dan lingkungan.
Karakter siswa yang diharapkan
: ( Jujur,
kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan ).
A. Materi
Pembelajaran
1. Rangka Tubuh Manusia
Rangka
merupakan komponen penting penunjang tubuh.
Adapun fungsi
dari kerangka bagi tubuh yaitu :
a.
Menegakkan
dan memberikan bentuk tubuh
b.
Tempat
lekatnya otot-otot
c.
Sebagai
alat gerak pasif
d.
Melindungi
alat-alat tubuh yang lunak, seperti tengkorak yang melindungi otak, mata, hidung, dan telingan ,tulang rusuk
yang melindungi hati, jantung, paru-paru, dan pembuluh darah
e.
Tempat
pembentukan sel-sel darah merah dan sel-sel
darah putih, terutama pada tulang pipih
f.
Tempat
penimbunan zat kapur.
Berdasarkan
bentuknya tulang dapat dibagi menjadi tulang pipa,tulang pipih, dan tulang pendek
a.
Tulang
pipa berbentuk bulat panjang seperti pipa.didalam tulang pipa terdapat sumsum
kuning dan lemak,
contoh
: tulang lengga atas, paha, betis, tulang ruas jari tangan.
b.
Tulang
pipih berbentuk pipih dan di dalamnya terdapat sumsum merah yang berfungsi
sebagai tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih.
Contoh
: tulang rusuk,tulang dada,tulang belikat,
c.
Tulang
pendek berbentuk bulat dan pendek di dalamnya terdapat sumsum merah
Contoh
: tulang telapak tangan, tulang pergelangan tangan dan kaki, ruas-ruas tulang
belakang.
Berdasarkan
vahan pembentukan, tulang dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang
keras. tulang rawan tersusun dari jaringan tulangan rawan bersifat lentur,
sedangkan tulang keras merupakan tulang yang bersifat padat, rapat, dan banyak
dan banyak mengandung zat kapur,protein dan sedikit kolagen.tulang keras
tersusu dari sel-sel tulang yang sudah dewasa.
2. Hubungan Antartulang
Hubungan
antartulang disebut persendian ,Berdasarnya sifat geraknya, persendian
dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu :
a.
Sendi
Mati hubungan anatartulang yang tidak dapat digerakkan . contohnya
tulang tengkorak
b.
Sendi kaku hubungan antartulang yang dapat
digerakkan.contohnya tulang pergelangan tangan, pergelangan kaki,
c.
Sendi
Gerak hubungan yang memungkinkan gerakan dapat bergerak secara babas. Contohnya
sendi engsel dapat dengan bergerak satu
arah seperti siku dan lutut.
B. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi, eksperimen dan observasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan
pembelajaran Direct
Instruction
C.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
awal (10 menit)
· Memberikan
salam sebagai perwujudan nilai religious.
· Menyiapkan
kondisi kelas disertai pembiasaan nilai
disiplin, agar perserta didik tertib
mengikuti proses pembelajaran.
· Memotivasi
Mengajak siswa untuk
mejaga kebersihan tubuh terutama pada rangka tubuh supaya tidak terkena
kelainan atau penyakit.
· Apersepsi
Mengaitkan pentingnya
menjaga tubuh pada setiap sistem gerak
tubuh
· Menuliskan
topik yang akan dipelajari: “Rangka Tubuh Manusia”
2.
Kegiatan Inti (100 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatab Inti :
· Guru
mendemonstrasikan fungsi dari kerangka tubuh manusia serta macam-macam sendi. (
Nilai yang ditanamkan: Jujur, kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli terhadap diri
sendiri dan lingkungan ).
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan tentang struktur dan fungsi kerangka tubuh manusia serta macam-macam sendi. ( Jujur,
kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Dalam
kegiatan penutup, guru:
· Dengan
bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
· Guru
memberi tugas rumah.
D. Media Pembelajaran
Alat dan Bahan : Spidol dan Buku IPA Terpadu
E. Sumber
Pembelajaran
1. Buku IPA
Terpadu
2. Buku IPA yang
relevan
F.
Penilaian
· Uji
kompetensi Tertulis
1. Bergerak
merupakan salah satu cirri dari makhluk hidup. Sebukan 5 contoh dari bergerak
yang kalian lakukan sehari-hari ? (20)
2. Didalam
tubuh manusia terdapat tulang, berdasarkan bentuknya tulang dibagi menjadi 3
buatlah tabel dari tulang tersebut berupa contohnya masing- masing ? (20)
3. Mengapa
daun telinga dan batang hidungmu dapat dibengkokkan sedangkan lengan atas dan
pahamu tidak dapat ? ( 20)
4. Bagaimana
akibatnya jika tubuh kita tidak terdapat rangka ? (20)
5. Apakah
tulang tengkorak kita hanya terdiri dari satu tulang yang utuh saja, Berikan
alasanmu ?( 20 )
Mengetahui,
Guru Pamong
LASMIYATI, S.Pd
NIP.
19630723 198411 2 001
Mangunharjo,
Agustus 2016
Mahasiswa P3
MEY LANASARI
NPM. 4213100
0 komentar:
Posting Komentar