Dwonloand Contoh Desgin Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Di Tulis Oleh Mey Lanasari





Desgin Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi 
Di Tulis Oleh Mey Lanasari 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 RPP 

Sekolah                       : SMP N O Mangunharjo
Mata Pelajaran           : IPA Terpadu
Kelas/semester           : VIII / 1
Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )

Standar Kompetensi           : 1.  Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar          : 1.3  Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya   dengan kesehatan.
Tujuan                                      
1.     Siswa dapat membedakan antara tulang rawan dengan tulang keras.
2.     Siswa dapat mendiskripsikan rangka tubuh manusia.
3.     Siswa dapat menyebutkan fungsi rangka tubuh manusia.

  
Nilai yang ditanamakan :
Jujur, kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan.

Karakter siswa yang diharapkan :  ( Jujur, kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan ).


AMateri Pembelajaran
      1. Rangka Tubuh Manusia
            Rangka merupakan komponen penting penunjang tubuh.
      
Adapun fungsi dari kerangka bagi tubuh yaitu :

a.      Menegakkan dan memberikan  bentuk tubuh
b.     Tempat lekatnya otot-otot
c.      Sebagai alat gerak pasif
d.     Melindungi alat-alat tubuh yang lunak, seperti tengkorak yang melindungi  otak, mata, hidung, dan telingan ,tulang rusuk yang melindungi hati, jantung, paru-paru, dan pembuluh darah
e.      Tempat pembentukan sel-sel darah merah dan sel-sel  darah putih, terutama pada tulang pipih
f.      Tempat penimbunan zat kapur.
      
Berdasarkan bentuknya tulang dapat  dibagi menjadi  tulang pipa,tulang pipih, dan tulang pendek
a.      Tulang pipa berbentuk bulat panjang seperti pipa.didalam tulang pipa terdapat sumsum kuning dan lemak,
contoh : tulang lengga atas, paha, betis, tulang ruas jari tangan.
b.     Tulang pipih berbentuk pipih dan di dalamnya terdapat sumsum merah yang berfungsi sebagai tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih.
Contoh : tulang rusuk,tulang dada,tulang belikat,
c.      Tulang pendek berbentuk bulat dan pendek di dalamnya terdapat sumsum merah
Contoh : tulang telapak tangan, tulang pergelangan tangan dan kaki, ruas-ruas tulang belakang.
                        

                       Berdasarkan vahan pembentukan, tulang dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras.  tulang   rawan  tersusun dari jaringan tulangan rawan bersifat lentur, sedangkan tulang keras merupakan tulang yang bersifat padat, rapat, dan banyak dan banyak mengandung zat kapur,protein dan sedikit kolagen.tulang keras tersusu dari sel-sel tulang yang sudah dewasa.
     

2. Hubungan Antartulang
                  

Hubungan antartulang disebut persendian ,Berdasarnya sifat geraknya, persendian dapat  dibedakan menjadi tiga, yaitu :

a.      Sendi Mati hubungan anatartulang yang tidak dapat digerakkan . contohnya tulang tengkorak
b.     Sendi  kaku hubungan antartulang yang dapat digerakkan.contohnya tulang pergelangan tangan, pergelangan kaki,
c.      Sendi Gerak hubungan yang memungkinkan gerakan dapat bergerak secara babas. Contohnya sendi engsel  dapat dengan bergerak satu arah seperti siku dan lutut.  

B.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi, eksperimen dan  observasi
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung dan pembelajaran Direct Instruction

 C.  Langkah-langkah Pembelajaran
      1.  Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan awal (10 menit)
·           Memberikan salam  sebagai perwujudan nilai religious.
·       Menyiapkan kondisi kelas disertai pembiasaan nilai disiplin, agar perserta didik  tertib mengikuti proses pembelajaran.
·            Memotivasi
 Mengajak siswa untuk mejaga kebersihan tubuh terutama pada rangka tubuh  supaya tidak terkena kelainan atau penyakit.
·             Apersepsi
  Mengaitkan pentingnya menjaga tubuh  pada setiap sistem gerak tubuh
·              Menuliskan topik yang akan dipelajari: “Rangka Tubuh Manusia”

      2.  Kegiatan Inti (100 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatab Inti :
·    Guru mendemonstrasikan fungsi dari kerangka tubuh manusia serta macam-macam sendi. ( Nilai yang ditanamkan:  Jujur, kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan ).
· 
      Guru bersama siswa mendiskusikan tentang struktur dan fungsi kerangka tubuh  manusia serta macam-macam sendi. ( Jujur, kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·       Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
·       Guru memberi tugas rumah.

D.  Media Pembelajaran
          Alat dan Bahan : Spidol dan Buku IPA Terpadu
      
            E. Sumber Pembelajaran
                  1.  Buku IPA Terpadu
                  2.  Buku IPA yang relevan

 F. Penilaian

·        Uji kompetensi Tertulis

1.     Bergerak merupakan salah satu cirri dari makhluk hidup. Sebukan 5 contoh   dari bergerak yang kalian lakukan sehari-hari ? (20)

2.       Didalam tubuh manusia terdapat tulang, berdasarkan bentuknya tulang dibagi  menjadi 3 buatlah tabel dari tulang tersebut berupa contohnya masing-        masing   ? (20)

3.     Mengapa daun telinga dan batang hidungmu dapat dibengkokkan sedangkan  lengan atas dan pahamu tidak dapat  ? ( 20)

4.     Bagaimana akibatnya jika tubuh kita tidak terdapat rangka ? (20)


5.     Apakah tulang tengkorak kita hanya terdiri dari satu tulang yang utuh saja,    Berikan alasanmu ?( 20 )

Mengetahui,                                                
Guru Pamong




LASMIYATI, S.Pd
NIP. 19630723 198411 2 001

                                                                                                     Mangunharjo,       Agustus  2016
                                                                                                     Mahasiswa P3




                                                                                                     MEY LANASARI
                                                                                                     NPM. 4213100          
          

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar