Contoh RPP K-13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(01)


Satuan Pendidikan     
:
SMA Negeri 3 Lubuklinggau
Kelas/Semester
:
X/1
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Topik
:
Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
Teks Anekdot
Jumlah Pertemuan
:
1 Pertemuan

A
Kompetensi Inti

1.
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.
Memahami,  menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.
Kompetensi Dasar

1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan.
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot  baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan.

C.
Indikator Pencapaian Kompetensi

a.
Memahami isi teks anekdot.

b.
Memahami struktur teks anekdot.

c.
Memahami kaidah teks anekdot.

d.
Menginterpretasi makna kata dalam teks anekdot.

e.
Menginterpretasi makna istilah dalam teks anekdot.

f.
Menginterpretasi makna ungkapan dalam teks anekdot.

g.
Menginterpretasi makna teks anekdot.




D.
Tujuan Pembelajaran

Setelah membaca beberapa contoh teks anekdot, mendiskusikannya, dan berlatih siswa dapat :

a.
Memahami isi teks anekdot yang diba-canya.

b.
 Memahami struktur teks anekdot.

c.
 Memahami kaidah teks anekdot.

d.
 Menginterpretasi makna kata dalam teks anekdot.

e.
 Menginterpretasi makna istilah dalam teks anekdot.

f.
Menginterpretasi makna ungkapan dalam teks anekdot.

g.
 Menginterpretasi makna teks anekdot.

E.
Materi Pembelajaran

a.
Pengenalan teks anekdot dan pemahaman isinya.

b.
Pemahaman struktur teks anekdot.

c.
Pemahaman kaidah teks anekdot.

d.
Interpretasi makna kata dalam teks anekdot

e.
Interpretasi makna istilah dalam teks anekdot.

f.
Interpretasi makna ungkapan dalam teks anekdot.

g.
Interpretasi makna teks anekdot.

F.
Alokasi Waktu

4 x 45 Menit

G.
Metode Pembelajaran

Metode diskusi kelompok dan Penugasan

H.
Kegiatan Pembelajaran



Tahapan
Kegiatan
Waktu

Pendahuluan

10’


1.
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.

2.
Siswa menerima informasi  tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang  akan dilaksanakan.

4.
Siswa menerima pengarahan bahwa melalui tema pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerjasama, tanggung jawab, dan cinta damai.



Kegiatan Inti

150’




Mengamati
20’
5.
Siswa membaca contoh  teks anekdot.

6.
Siswa secara kelompok mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda).
7.
Siswa mendengarkan pembacaan  contoh teks anekdot yang lain.
8.
Siswa secara kelompok mencermati ciri-ciri teks anekdot berdasarkan isi dan strukturnya.
Mempertanyakan
25’
9.
Siswa secara kelompok mempertanyakan struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda).

10.
Siswa secara kelompok mempertanyakan ciri-ciri teks anekdot berdasarkan isi dan strukturnya.
11.
Siswa secara kelompok membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks anekdot.

Mengeksplorasi
35’
12.
Siswa secara kelompok berdiskusi untuk menemukan struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda).


13.
Siswa secara kelompok berdiskusi untuk menemukan ciri teks anekdot berdasarkan isi dan strukturnya.
14.
Siswa secara kelompok berdiskusi untuk menjelaskan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anekdot.
Mengasosiasikan
30’

15.
Siswa secara kelompok berdiskusi untuk menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda) dan ciri teks anekdot dalam diskusi kelas dengan saling menghargai, bekerja sama, dan bertanggung jawab.


16.
Siswa secara kelompok berdiskusi untuk menyimpulkan hasil temuan terkait makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anedot, dalam diskusi kelas dengan saling menghargai, bekerja sama, dan bertanggung jawab.

Mengomunikasikan
40’
17.
Siswa secara kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok terkait dengan struktur (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda) dan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).

18.
Siswa lain menanggapi presentasi teman/ kelompok lain secara santun, kritis, dan bertanggung jawab.
19.
Siswa secara kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok terkait dengan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anedot dengan rasa percaya diri.
20.
Siswa lain menanggapi presentasi teman/ kelompok lain secara santun, kritis, dan bertanggung jawab.



Penutup

20’


21.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran terkait dengan teks anekdot.

22.
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
23.
Siswa menjawab pertanyaan tentang teks anekdot yang diberikan oleh guru.
24.
Siswa mengerjakan tugas-tugas tambahan terkait dengan teks anekdot yang diberikan oleh guru. (Pekerjaan Rumah)
25.
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.





I.
Penilaian

1.
Penilaian Proses


Lembar Pengamatan Sikap





No
Nama
Perilaku yang diamati pada proses pembelajaran
Kerjasama
Tanggung jawab
Santun
Disiplin
Menghargai orang lain
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






10.











Pedoman Penilaian:


Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka : 1. sangat kurang, 2. kurang, 3. cukup, 4. baik, 5. amat baik




Nilai Akhir Siswa:






2.
Penilaian Hasil



Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Struktur teks anekdot (tulis)
Tertulis
Laporan
1. Bacalah teks anekdot yang berjudul “ Anekdot Hukum Peradilan” dalam Buku Paket Bahasa Indonesia kelas X, kemudian tentukan struktur teks tersebut!
2. Tulis ulanglah anekdot “Anekdot Hukum Peradilan” tersebut dalam bentuk uraian monolog dengan mengubah semua kalimat tidak langsung pada dialog menjadi kalimat langsung!
3. Bandingkan teks yang kalian buat dengan milik teman kalian . Setelah itu, perbaikilah pekerjaan kalian agar menjadi sempurna dalam hal struktur dan ragam bahasa yang diisyaratkan.
Struktur teks anekdot (lisan)
Unjuk kerja
Keterampilan berbicara
4.   Presentasikan di depan kelas, hasil diskusi kelompok terkait ciri dan struktur teks anekdot!
5.   Komentarilah hasil penampilan temanmu secara santun, kritis, dan bertanggung jawab!
Menginterpretasi makna teks (tulis)
Tertulis
menulis
6.   Jelaskan makna kata, istilah, dan ungkapan bercetak miring dalam teks anekdot yang berjudul “Anekdot Hukum Peradilan” di Buku Paket Bahasa Indonesia kelas X!
7.   Bandingkan penjelasan yang kalian buat dengan milik teman kalian . Setelah itu, perbaikilah pekerjaan kalian agar menjadi sempurna dalam hal interpretasi makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot!
Menginterpretasi makna teks (lisan)
Unjuk kerja
Keterampilan berbicara
8.   Presentasikan di depan kelas, hasil diskusi kelompok terkait dengan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot!
9.   Komentarilah hasil penampilan temanmu secara santun, kritis, dan bertanggung jawab!







Pedoman  Penilaian:

1.
Tulis Ulang Teks Anekdot


Nama
Kelas
Judul
:Susilazuardi,S.pd
:X
:’’ANEKDOT’’



Skor
Kriteria
Komentar
Isi
27-30
Sangat baik-sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda;relevan dengan topik yang dibahas




22-26
Cukup-baik:cukup menguasai permasalahan; cukup memadai;pengembangan tesis terbatas;relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci




17-21
Sedang-cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai

13- 16
Sangat kurang-kurang:tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai

Struktur  Teks
27-30
Sangat baik-sempurna: ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; uritan logis(abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda) kohesif

22-26
Cukup-baik:kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis; tetapi tidak lengkap

17-21
Sedang-cukup:tidak lancar; gagasan kacau atau ytidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

13- 16
Sangat kurang-kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

Kosa Kata
18-20
Sangat baik-sempurna: penguasaan kata canggih;pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan register tepat

14-17
Cukup-baik: penguasaan kata memadai;pilihan, bentuk,dan penggunaan kata /ungkapan kadang-kadang salah; tetapi tidak mengganggu

10-13
Sedang-cukup: penguasaannkata terbatas sering terjadi kesalahan bentuk pilihan dan penggunaan kosa kata/ungkapan makna membingungkan atau tidaj jelas

7-9
Sangat kurang-kurang:pengetahuan tentang kosakata/ungkapan dan pembentukan kata rendah; tidak layak dinilai

Mekanik
18-20
Sangat baik-sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf

14-17
Cukup-baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna

10-13
Sedang-cukup:sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur

7-9
Sangat kurang-kurang:tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan; tanda baca; penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak dinilai





Nilai Akhir Siswa:






2.
Presentasi Kelompok



Skor
Kriteria
Komentar
Argumen
27-30
Sangat baik-sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^krisis^ reaksi^koda;relevan dengan topik yang dibahas.



22-26
Cukup-baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai;pengembangan tesis terbatas;relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci.




17-21
Sedang-cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13- 16
Sangat kurang-kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.

Penampilan
27-30
Sangat baik-sempurna: ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; uritan logis(abstraksi^orientasi^krisis ^reaksi^koda) kohesif.

22-26
Cukup-baik: cukup lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis; tetapi tidak lengkap

17-21
Sedang-cukup: tidak lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

13- 16
Sangat kurang-kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

Bahasa
18-20
Sangat baik-sempurna: penguasaan kata canggih;pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan diksi tepat.

14-17
Cukup-baik: penguasaan kata memadai;pilihan, bentuk,dan penggunaan kata /ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu, cukup cermat dalam memilih diksi dan kosa kata.

10-13
Sedang-cukup: penguasaan kata terbatas sering terjadi kesalahan bentuk pilihan dan penggunaan kosa kata/ungkapan makna membingungkan atau tidak jelas, kurang cermat memilih diksi dan kosa kata.

7-9
Sangat kurang-kurang: pengetahuan tentang kosakata/ungkapan dan pembentukan kata rendah; tidak cermat memilih diksi dan kosa kata.

Isi
18-20
Sangat baik-sempurna: sangat  menguasai materi penulisan; sudah menunjukkan kemampuan berpikir logis yang baik, sudah mencantumkan pendapat narasumber secara benar, terhindar cari unsur plagiat.

14-17
Cukup-baik: cukup  menguasai materi penulisan; sudah menunjukkan kemampuan berpikir logis, sudah mencantumkan pendapat narasumber, terhindar cari unsur plagiat.

10-13
Sedang-cukup: kurang  menguasai materi penulisan; terdapat kesalahan berpikir, sumber bacaan kurang lengkap, logika kadang-kadang  kurang dapat dipertanggungjawabkan.

7-9
Sangat kurang-kurang: tidak menguasai materi penulisan; terdapat banyak kesalahan berpikir, tidak mencantumkan sumber bacaan, logika membingungkan.






Nilai Akhir Siswa:



J.
Sumber Belajar:

1.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X

2.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X

3.
Media Elektronik (internet).

4.
Media cetak lainnya.











Mengetahui                                                           Muara Beliti, 1 Agustus 2016
            Kepala Sekolah,                                                             Guru Mata Pelajaran,



          Siti Dahniar,S.pd                                                     Susilazuardi,S.pd
        NIP 196910061994121002                                                 NIP 1977061020006042009

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar