RRP - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PDF



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             :SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi  : 1.   Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal  sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar     : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa    lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
Jenis teks                      : Transactional / Interpersonal
Tema                            : My name is
Aspek/Skill                   : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.    Merespon makna dalam percakapan dengan menyapa orang yang belum / sudah dikenal/sudah kenal
b.    Merespon makana dalam percakapan dengan memperkenalkan diri sendiri/oranglain.
c.    Merespon makna dalam percakapan dengan memerintah atau melarang

2.      Materi Pembelajaran ( Hal 2 & 4 LKS )
a.     Greeting Expressions                            Responses
·        Hello                                             - Hi                                         
·        Good morning                               - Good morning
·        Good afternoon                             - Good afternoon
·        Good evening                                - Good evening
·        Good night                                    - Good night
·        Good bye                                      - Good bye
·        How are you ?                               - Fine thanks
·        How are you doing ?                     - I’m very well. Thank
·        How’s life ?                                   - I’m ok
·        How are things ?                            - Fine
·        How is everything with you ?          - Not too bad

b.   Introducing one self
·        Let me introduce myself
My name is…
Please call me...
·        Hello/Hi
I am…
You can call me…
c.  Introducing others
·        Expressions                                                           Reponding
-this is …                                                  - How do you do ?
-   I’d like to introduce …                                       - Glad to meet you
-  It’s my  pleasure to introduce … to you   - Nice to meet you
-  I’d like to meet                                                    - pleased to meet you

d.  Giving commands ( Hal 56 buku English in focus)
-         Close the door
-         Open the book , please
Expressing prohibition
-         Don’t come late
-         Don’t be lazy

3.      Metode Pembelajaran:
-         Three-phase technique
-         Tanya jawab

4.      Langkah-langkah Kegiatan
a.      Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
a.       Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.      Apersepsi dan motivasi

b.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.    Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
b.    Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
c.    Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d.    Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

Elaborasi
            Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
a.       Melakukan tanya jawab yang terkait dengan materi.
b.      Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
c.       Memperdengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
d.      Menjawab / merespon pertanyaan tentang percakapan yg didengar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.         Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.         Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.         Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·           Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·           Membantu menyelesaikan masalah;
·           Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·           Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
·           Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.    bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan  pelajaran
b.    melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.    menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Intisari dan Bank soal
b.      English in Focus
c.       LKS

6.        Media
a.       Cartoon
7.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon Ungkapan-ungkapan :
- sapaan orang yang sudah / belum dikenal

- Perkenalan diri sendiri / orang lain

-Perintah / larangan

Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tertulis
Melengkapi
Complete  the dialogues ! page 4 LKS
1.  Sari  : Fanny, (1)……………….
 She is from Yogyakarta. She is my cousin.
Fanny : (2) …………………..
Naila : (3) ……………………

2.    Roy : Hi, Jio ! I’d like you (4)  ….
He is exchange students from       America. He is our new friend.
Jio  : Hello, Mark ! (5) …………
Mark : (6) …………………..

§         Pedoman Penilaian
Ø      Untuk tiap jawaban benar skor 10
Ø      Jumlah skor maksimal 6 x 10 = 60
Ø      Nilai maksimal =  100

Nilai Siswa =


Mengetahui,                                                           Lubuklinggau,  Agustus 2015
Guru Pamong,                                                       Mahasiswa P3,




Erma Kusumah,  S.Pd.                                        Okta Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002                             NPM : 2112008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah              : SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional daninterpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar     : 1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Jenis teks                      : Transactional / Interpersonal
Tema                            : He is my
Aspek/Skill                   : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
a.    Merespon makna dalam percakapan dengan tindak tutur meminta dan memberi informasi.
b.    Merespon makna dalam percakapan dengan tindak tutur mengucapkan terima kasih.
c.    Merespon dalam percakapan dengan tindak tutur meminta maaf.
d.    Merespon dalam percakapan dengan tindak tutur mengungkapkan kesantunan.

2.    Materi Pembelajaran
a.     Asking for information (Hal 16 & 19 LKS)
·        Who is your headmaster ?
·        What is your name ?
·        Where do you live ?
·        What is your phone number ?

Giving information
·        My headmaster is Mr.Sri Muladi
·        My name is saskiakadarwati
·        I live in jl mawar No.15 klaten
·        My phone number is0272897717

b.  Expressing to Gratitude ( Hal 16 Buku Intisari dari Bank )
-         Thanks ( very much )
-         Thank you ( very much )
-         I Want to thank…
Responding
-         You are ( very ) Welcome
-         Don’t mention it
-         No problem


c.  Asking Apology ( Hal 32 & 35LKS )
·      Apology                                               Responeses
-         Sorry                                             - Never mind
-         I am very sorry                              - That’s all right
-         I apologize for                               -That’t ok
-         Please excuse me                           - Please don’t be sorry
d.  “Excuse me” ( Hal 45 LKS )
- Menarik perhatian seseorang
Excuse me, can you tell me where the bank is ?
-       Berpamitan
Eccuse me, Mr. Brown, but I have to attend the meeting soon

3.    Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.    Langkah-langkah Kegiatan
a.       Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
a.       Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.      Apersepsi dan motivasi.

b.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
b.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
c.       Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
            Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
a.       Melakukan tanya jawab yang terkait dengan materi.
b.      Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
c.       Memperdengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
d.      Menjawab / merespon pertanyaan tentang percakapan yang didengar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.    Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.    Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.    Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.    Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·      Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·      Membantu menyelesaikan masalah;
·      Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·      Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
·      Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan  pelajaran
b.      melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.        Sumber belajar
a.  Intisari dan Bank soal
b.  English in Focus
c.  LKS

6.        Media
a.       Carton
7.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon ungkapan-ungkapan :
Ø        Meminta dan memberi informasi
Ø        Ungkapan terima kasih
Ø        Permintaan maaf
Ø        Kesantunan









Tes tulis












Menjawab pertanyaan secara tertulis


Task five page 19 LKS
1.    What is your name ?
2.    Where do you study ?
3.    Who is your close friend ?
4.    Your friend say “ thank you “ you must say ?
5.    Your friend say “ how do you do” your answer is ?
Task five page 35. What do you say if ?
1.    You make a mistake ?
2.    You drop your teacher book ?
3.    You come late ?
4.    You breake your’s mother’s plate ?
5.    You make the baby cry ?



§         Pedoman Penilaian
Ø      Untuk tiap jawaban benar skor 100
Ø      Jumlah skor maksimal 10 x 10  = 100
Ø      Nilai maksimal = 100

Nilai Siswa =


Mengetahui,                                                           Lubuklinggau,  Agustus 2015
Guru Pamong,                                                       Mahasiswa P3,




Erma Kusumah S.Pd                                           Okta syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002                             NPM. 2112008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 2.    Memahami makna dalam  teks lisan fungsional pendek sangatsederhana untuk berinteraksi denganlingkungan terdekat
Kompetensi Dasar   : 2.1   Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional  pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Jenis teks                      : teks lisan fungsional
Tema                            : Don’t be noisy
Aspek/Skill                   : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah Mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat:
a.       Merespon makna tindak tutur yang sangat sederhana secara akurat, lancar
b.      Merespon makna tindak tutur untuk berinterkasi dangan lingkungan terdekat
2.      Materi Pembelajaran
a.       Giving instruction ( Hal 32 & 34 LKS )
-         Switch on the lamp, please
-         Stand up, please
-         Open your book
-         Hold your ears

b.      Shopping list
No
Things
1
Bag
2
Uniform
3
Shoes
4
Sock

b.      Congratulation  ( Hal 29 Buku Intisari dan Bank soal )
Expressing                                           
·        Please accept my warmest congratulations.          
·        May I congratulate you on …                              
·        I must congratulate you.                           
·        It was great to hear about …                               
·        Congratulations on …
·        Well done

Responding
- Thank you very much for  saying so.
- I’m glad you think so.
- Thank you
- Oh, thanks


c.       Announcement ( Hal 35 LKS )
Rounded Rectangle: Dear Anjas,
Anjas, don’t forget to study together in my house at 4.00. p.m.
Be punctual, thanks.
							Yours,

							Tomy







3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
a.       Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
a.       Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.      Apersepsi dan motivasi.
b.   Kegiatan Inti
      Eksplorasi
      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
b.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
c.       Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
      Elaborasi
      Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
a.       Tanya jawab yang terkait dengan materi
b.      Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat ,
c.       Mendengarkan berbagai contoh teks fungsional pendek
d.      Menjawab/merespon pertanyaan tentang :
    • Isi teks
    • Tujuan teks fungsional
    •  Bentuk teks fungsional

Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
c.       Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·           Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·           Membantu menyelesaikan masalah;
·           Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·           Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
·           Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


      Kegiatan akhir
      Dalam kegiatan akhir, guru:
a.       Bersama-sama dengan peserta didik sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       English In focus
b.      LKS
c.       Intisari dan Bank soal

6.        Media
1.      Carton

7.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1. merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
 - Instruksi
 - Shopping list
- Ucapan selamat
- Pengumuman

Tes tulis




Tes tertulis



Task Eight page 36 LKS
1.      Who writes the card ?
Answer : ………
2.      What does Cakka hope for Ashilla ?
Answer : ……………..
3.      Why does Cakka write the card?
Ansewer : ……………….

Announcement, Page 42 LKS
For :1.………..
I will be 2 ………, so, the 3…..
Activity on, 4  …….will be free. We will meet 5. …….Thank you

English tacher.
Mr.smith


§         Pedoman Penilaian
Ø      Untuk tiap jawaban benar skor 10
Ø      Jumlah skor maksimal 8 x 10  = 80
Ø      Nilai maksimal = 100

Nilai Siswa =


Mengetahui,                                                           LubuklinggauAgustus 2015
Guru Pamong,                                                       Mahasiswa P3,



Erma Kusumah,  S.Pd                                         Okta Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002                             NPM.2112008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami makna dalam  teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  untuk berinteraksi denganlingkungan terdekat
Kompetensi Dasar    : 2.2  Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional    pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Jenis teks                      : Transactional / Interpersonal
Tema                            : Don’ be noisy
Aspek/Skill                   : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
a.       Merespon makna gagasan teks pendek sangat sederhana akurat, lancer
b.      Merespon makna gagasan untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

2.      Materi Pembelajaran
a.       Giving Instruction ( Hal 32 & 34LKS )
-         Please, be calm
-         Close the door
-         Raise your right hand

b.        Shopping list
No
Things
1
Shoes
2
Uniform
3
Sock

c.       Greeting Cards ( Hal 14 buku English in focus )
Hello, Felix
How’s going ?
We’re waiting for your coming…
Please, go home soon.
Miss you so much
Hana, your beloved sister
Mum and Dad

d.  Announcement ( Hal 42 LKS )
Mr. Smith is your English teacher. He will be in paris for a week. So. The English club on Wednesday will be postphoned until next week. Write an  announcement for all the member of English club.
Announcement
Rounded Rectangle: For : ………………..

   I .will be ………… ,  so, the ………………………
Activity on, …………………… will be free. We will meet …………….. thank you

							English teacher,							
						                Mr. Smith


 










3.      Metode Pembelajaran:
three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Pendahuluan
            Apersepsi :
a.       Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.      Apersepsi dan motivasi.

      Kegiatan Inti
      Eksplorasi
      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
b.       Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
c.       Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
      Elaborasi
      Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
  1. Mendengarkan dan merespon percakapan tentang makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement.
  2. Memperhatikan  kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement
  3. Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait 
  4. Mengidentifikasi makna gagasan /interpersonal teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi
  5. Menjawab pertanyaan- pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam materi teks.

Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.       Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·        Membantu menyelesaikan masalah;
·        Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
·        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      Kegiatan akhir
      Dalam kegiatan akhir, guru:
a.       Bersama-sama dengan peserta didik dan sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



5.      Sumber belajar
a.       Intisari dan Bank soal
b.      English in Focus
c.       LKS

6.      Media
a.       Carton , words card

7.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.   Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
-    Instruksi
-    Shopping list
-    Greeting card
       -  Announcement

Tes tulis       



Unjuk    
kerja
Tes tertulis

- Make a shopping list in your activity ?

- Answer the question page 14, Book English in focus

1.      Who is Felix ?
2.      Do you know where Felix is ?
3.      What is Hana writing about ?
4.      Who missesmFelix much ?

a.       Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 20
2. Jumlah skor maksimal 5 X 20 =  100           
3. Nilai maksimal = 100
4. Nilai Siswa =


Mengetahui,                                                           Lubuklinggau   Agustus 2015
Guru Pamong,                                                       Mahasiswa P3,




Erma Kusumah,  S.Pd                                         Okta Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002                             NPM.2112008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional daninterpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar        : 3.1 Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal / orang lain, dan memerintah atau melarang.
Jenis teks                      : transactional/interpersonal
Tema                            : My name is
Aspek/Skill                   : Berbicara
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
a.      Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat dengan menyapa orang yang belum dikenal / orang lain
b.     Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat dengan memerintah atau melarang.
2.   Materi Pembelajaran  ( Hal 2 & 4 LKS )
a.      Greeting Expressions                            Responses
·        Hello                                             - Hi                                         
·        Good morning                               - Good morning
·        Good afternoon                             - Good afternoon
·        Good evening                                - Good evening
·        Good night                                    - Good night
·        Good bye                                      - Good bye
·        How are you ?                               - Fine thanks
·        How are you doing ?                     - I’m very well. Thank
·        How’s life ?                                   - I’m ok
·        How are things ?                            - Fine
·        How is everything with you ?          - Not too bad
b.     Introducing one self
·        Let me introduce myself
My name is…
Please call me...
·        Hello/Hi
I am…
You can call me…
c.       Introduceing someone
·        Expressions                                               Responses
- Let me introduce you to …                      - Glad to meet you
- Please meet..                                           - Hello             
- This is….                                                - Nice to meet you
                                                                                    - How do you do ?

d.      Formal Prohibition ( hal 32 LKS )
·        Please, don’t throw away only the rubbish
·        Could you please don’t smoke in this room
Informal Prohibition
·        Don’t come here
·        Don’t use my pen
·        Donn’t be noisy in the library


3.   Metode Pembalajaran
      Three-phase technique dan Tanya jawab

4.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
      Kegiatan Awal
a.       Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.      Apersepsi dan motivasi.

      Kegiatan Inti
      Eksplorasi
      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
b.      Mendengarkan penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara lisan
c.       Melakukan tanya jawab dalam pair work.
d.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
e.       Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
f.        Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
      Elaborasi
      Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
  1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
  2. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi.
  3. Latihan percakapan dalam bentuk dialog.
  4. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan secara berterima.

Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
c.       Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
·        Membantu menyelesaikan masalah.
·        Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
·        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
·        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      Kegiatan akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Bersama-sama dengan peserta didik dan sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.  Intisari dan Bank soal
b.  English in Focus
c.  LKS

6.      Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
1.      Menyapa yang belum/sudah dikenal
2.      Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
3.      Memerintah/melarang

Tes lisan
Performance
Introduce their selves in front of the class



Fluency
Intonation
Pronunciation
Expression
Score
















Score : 4 = Tidak ada kesalahan
            3  = Sedikit kesalahan
            2  = Banyak kesalahan
            1  = Salah Semua


Mengetahui,                                                      Lubuklinggau,  Agustus 2015
Guru Pamong,                                                  Mahasiswa P3,




Erma Kusumah,  S.Pd                                          Okta Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002                              NPM.2112008


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan      interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar    : 3.2  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih,meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan
Jenis teks                      : transaksional dan interpersonal
Tema                            : Don’t be Noisy
Aspek/Skill                   : Berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
a.       Melakukaninteraksi dengan lingkungan terdekat untuk meminta dan memberi informasi,
b.      Melakukaninteraksi dengan lingkungan terdekat untuk mengucapkan terima kasih
c.       Melakukaninteraksi dengan lingkungan terdekat untuk meminta maaf
d.      Melakukaninteraksi dengan lingkungan terdekat untuk mengungkapkan kesantunan
2.      Materi Pembelajaran
a.    Asking for information (Hal 16& 19 LKS)
·        Who is your headmaster ?
·        What is your name ?
·        Where do you live ?
·        What is your phone number ?
Giving information
·        My headmaster is Mr.Sri Muladi
·        My name is saskiakadarwati
·        I live in jl mawar No.15 klaten
·        My phone number is0272897717

b.    Gratitude  ( Hal 16 Buku Intisari dan Bank soal )
     Expressing                                       Responding
-       Thanks very much                            - You are very welcome
-       I am grateful to..                               - Don’t mention
-       I want to thank                                 - No problem

c.    Asking Apology( Hal 32& 35 LKS )
· Apology                                               Responeses
· Sorry                                                    - Never mind
· I am very sorry                         - That’s all right
· I apologize for                                       - That’s ok
· Please excuse me                                  - Please don’t be sorry

d.  “ Excuse me” adalah ungkapan kesantunan ( Hal 45 LKS )
1.      Menarik perhatian orang
Excuse me, can you tell me where the bank is ?
2.      Menyampaikan maaf ketika membuuat kesalahan kecil
Oh, Excuse me, did I make a mistake ?

3.      Metode Pembelajaran
      Three-phase technique.

4.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
      Kegiatan Awal
a.       Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.      Apersepsi dan motivasi.

      Kegiatan Inti
      Eksplorasi
      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
b.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
c.       Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
      Elaborasi
      Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
  1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
  2. Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan.
  3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi.
  4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog.
  5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata.
           
      Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
c.       Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·        Membantu menyelesaikan masalah;
·        Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
·        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      Kegiatan akhir
      Dalam kegiatan akhir, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e.       menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.    Sumber belajar
a.       Intisari dan Bank soal
b.      English in Focus
c.       LKS
6.      Media : Carton

7.      Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Bertanya dan menjawab
tentang :
  1. Meminta dan memberi informasi
  2. Mengucapkan terima kasih
  3. Meminta maaf
  4. Mengungkapkan dan merespons kesantunan





Tertulis






Tertulis


Answer the question orally
1.      Where is your teacher ? ( in front of the class )
2.      Where is your school library ? ( between laboratory and the teacher’s office )
3.      Where is the class? ( behind the school yard )
4.      Where is the car ? ( in the garage )
5.      Where is your dictionary ? ( on the table )
6.      Where is your seat ? ( beside anton )
7.      Where is the ball ? ( under the table )
8.      Where do the students ? ( in the classs room )









þ     Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap soal diberi nilai 10
2. Jumlah soal 8 x 10 point   = 80
3. Nilai maksimal = 100

5.      Nilai Siswa =


Mengetahui,                                                           Lubuklinggau,        Agustus 2015
Guru Pamong,                                                       Mahasiswa P3,




Erma Kusumah,  S.Pd                                         Okta Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002                             NPM. 2112008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah             : SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar   : 4.1    Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Jenis teks                      : teks lisan fungsional
Tema                            : Don’t be noisy
Aspek/Skill                   : Berbicara
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
a.       Mengungkapkan makna tindak tutursecara akurat,
b.      Mengungkapkan makna tindak tutursecara lancar
c.       Mengungkapkan makna tindak tuturuntuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

2.      Materi Pembelajaran
a.       Giving Instruction ( Hal 32 & 34 LKS )
Formal instruction
-          Switch on the lamp, please
-          Could younopen the door ?
-          Please, be calm
            Informal instruction
-          Close the door
-          Read the dialogue carefully
-          Be carefull

b.      Shopping list

No
Things
1
Uniform
2
Shoes
3
Sandal


c.       Gratitude  ( Hal 16 Buku Intisari dan Bank soal )
     Expressing                                       Responding
-       Thanks very much                            - You are very welcome
-       I am grateful to..                               - Don’t mention
-       I want to thank                                 - No problem

d.      Announcement ( hal 42 task seventeen. LKS )


As tomorrow is
New year
Library
Free for 3 days
 
 









3.      Metode Pembalajaran
      Three-phase technique


4.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
      Kegiatan Awal
a.       Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.      Apersepsi dan motivasi.

      Kegiatan Inti
      Eksplorasi
      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
b.      Mendengarkan penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikan secara oral.
c.       Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
d.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
e.       Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

      Elaborasi
      Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
a.    Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
b.    Menirukan ungkapan-  ungkapan sesuai    materi.
c.    Membahas kosakata dan struktur percakapan.
d.    Latihan memberi perintah, mengucapkan selamat, mengumumkan dengan singkat.
e.    Menggunakan ungkapan percakapan dalam situasi nyata.          

       Konfirmasi
       Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.    Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.    melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
c.    Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·      Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·      Membantu menyelesaikan masalah;
·      Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·      Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
·      Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
      Kegiatan akhir
      Dalam kegiatan akhir, guru:
a.       Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.     English in Focus
b.    Intisari dan Bank Soal
c.     LKS


6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.Memberi instruksi
2.Menyebut daftar benda
3.Mengucapkan selamat
4.Mengumumkan dengan
   singkat


Tes tertulis



Tes tertulis

Task four page 46, answer the question based the dialogue above

1.    Who are in the dialogue ?

2.    Where do they go ?

3.    When do they go shopping?

4.    What does Reza make firstly before shopping ?

5.    Mention the goods they will buy ?






§         Pedoman Penilaian
Ø      Untuk tiap jawaban benar skor 20
Ø      Jumlah skor maksimal 5 x 20  = 100
Ø      Nilai maksimal = 100

Nilai Siswa =



Mengetahui,                                                           Lubuklinggau,        Agustus 2015
Guru Pamong,                                                       Mahasiswa P3,



Erma Kusumah, S.Pd                                          Okta Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002                             NPM. 2112008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTs                   : SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi     : 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat  sederhana  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar        : 4.2 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Jenis teks                      : teks lisan fungsional
Tema                            : don’t be Noisy
Aspek/Skill                   : Berbicara
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
  1. Mengungkapkan makna gagasan secara akurat
  2. Mengungkapkan makna gagasan secara lancer
  3. Mengungkapkan makna gagasan untuk berinteraksi dengan lingkunag terdekat
2.      Materi Pembelajaran
a.       Giving instruction ( Hal 32 & 34 LKS )
-         Switch on the lamp, please
-         Stand up, please
-         Open your book
-         Hold your ears
e.       Shopping List
No
Things
1
Shoes
2
Uniform
3
Sock



f.        Congratulation ( hal 29 Book Intisari dan Bank soal )
-         Congratulation !                             Responding
-         Well done  !                                  Thank you
-         That’s great !                                 Thanks
-         That’s wonderful


g.         Announcement (  Page 35 LKS )


Reserved: Dear anjas,
Njas, don’t forget to study together in  my house at 04.00. p.m 
Be punctual, thanks.

							Yours,

							Tomy
 












3.      Metode Pembelajaran
      Three-phase technique

4.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
      Kegiatan Awal
a.       Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.      Apersepsi dan motivasi.

      Kegiatan Inti
      Eksplorasi
      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
b.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
c.       Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
d.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
e.       Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

      Elaborasi
      Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
a.       Memberi respon tentang makna gagasan teks lisan fungsional pendek sesuai topik materi yang akan disampaikan
b.      Memberi respon penjelasan tentang kosakata, tatabahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverbs, short answer, istilah-istilah dalam teks fungsional pendek.
c.       Memahami model teks-teks lisan fungsional pendek
d.      Menggunakan teks-teks fungsional pendek dalam simulasi
e.       Mengidentifikasi makna gagasan teks-teks lisan fungsional pendek
f.        Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan
                                                                       
       Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.       Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·        Membantu menyelesaikan masalah;
·        Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
·        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      Kegiatan akhir
      Dalam kegiatan akhir, guru:
a.       Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.  Intisari dan Bank soal
b.  English in Focus
c.  LKS

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.      Memberi insruksi secara lisan.

2.      Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan.

3.      Memberi ucapan selamat

4.      Mengumumkan sesuatu


Tertulis
Tes tertulis
Short message page 35 LKS

1.       Who is the sender of the short message ?
2.      With whom does Tomy want to study ?
3.      When will they study ?
4.      The synonym of “ Be on time “ is ?
5.      Where will they study ?


§         Pedoman Penilaian
Ø      Untuk tiap jawaban benar skor 20
Ø      Jumlah skor maksimal 5 x 20  = 100
Ø      Nilai maksimal = 100

Nilai Siswa =


Mengetahui,                                                           Lubuklinggau,   September 2015
Guru Pamong,                                                       Mahasiswa P3,




Erma Kusumah, S.Pd                                          Okta Syaputra                       
NIP. 19740910 200604 2 002                             NPM. 2112008


                                                                                               



























Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar