RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah
:SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang
belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah
atau melarang
Jenis teks :
Transactional / Interpersonal
Tema :
My name is
Aspek/Skill :
Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
1.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.
Merespon makna dalam percakapan
dengan menyapa orang yang belum / sudah dikenal/sudah kenal
b.
Merespon makana dalam percakapan
dengan memperkenalkan diri sendiri/oranglain.
c.
Merespon makna dalam percakapan
dengan memerintah atau melarang
2.
Materi Pembelajaran ( Hal 2 & 4 LKS )
a.
Greeting Expressions Responses
·
Hello -
Hi
·
Good morning -
Good morning
·
Good afternoon -
Good afternoon
·
Good evening -
Good evening
·
Good night -
Good night
·
Good bye -
Good bye
·
How are you ? -
Fine thanks
·
How are you doing ? - I’m very well. Thank
·
How’s life ? -
I’m ok
·
How are things ? -
Fine
·
How is everything with you ? - Not too bad
b. Introducing one self
·
Let me introduce myself
My name is…
Please call me...
·
Hello/Hi
I am…
You can call me…
c. Introducing
others
·
Expressions Reponding
-this is … -
How do you do ?
-
I’d like
to introduce … -
Glad to meet you
-
It’s my
pleasure to introduce … to you -
Nice to meet you
-
I’d like to meet -
pleased to meet you
d. Giving
commands ( Hal 56 buku English in focus)
-
Close the door
-
Open the book , please
Expressing prohibition
-
Don’t come late
-
Don’t be lazy
3.
Metode Pembelajaran:
-
Three-phase technique
-
Tanya jawab
4.
Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
a.
Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.
Apersepsi dan motivasi
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
b.
Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
c.
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d.
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
siswa:
a.
Melakukan tanya jawab
yang terkait dengan materi.
b.
Membahas kosa kata dan
tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau
melarang.
c.
Memperdengarkan
percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau
melarang.
d.
Menjawab / merespon
pertanyaan tentang percakapan yg didengar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
b.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.
Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.
Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·
Membantu menyelesaikan masalah;
·
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
·
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
·
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.
bersama-sama
dengan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan
pelajaran
b.
melakukan
penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c.
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.
Sumber belajar
a. Intisari dan Bank soal
b. English in Focus
c. LKS
6.
Media
a.
Cartoon
7.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Merespon
Ungkapan-ungkapan :
- sapaan
orang yang sudah / belum dikenal
- Perkenalan diri sendiri / orang lain
-Perintah / larangan
|
Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan
tertulis
|
Melengkapi
|
Complete the dialogues ! page 4 LKS
1.
Sari :
Fanny, (1)……………….
She is from
Yogyakarta. She is my cousin.
Fanny : (2) …………………..
Naila : (3) ……………………
2. Roy
: Hi, Jio ! I’d like you (4) ….
He is exchange students from America. He is our new friend.
Jio : Hello,
Mark ! (5) …………
Mark : (6) …………………..
|
§
Pedoman Penilaian
Ø
Untuk
tiap jawaban benar skor 10
Ø
Jumlah
skor maksimal 6 x 10 = 60
Ø
Nilai
maksimal = 100
Nilai Siswa =
Mengetahui, Lubuklinggau, Agustus 2015
Guru Pamong, Mahasiswa P3,
Erma Kusumah, S.Pd. Okta
Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002 NPM
: 2112008
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah
: SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional
daninterpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 1.2
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,
dan mengungkapkan kesantunan
Jenis teks :
Transactional / Interpersonal
Tema :
He is my
Aspek/Skill :
Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
1.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, peserta didik mampu:
a.
Merespon makna dalam percakapan
dengan tindak tutur meminta dan memberi informasi.
b.
Merespon makna dalam percakapan dengan
tindak tutur mengucapkan terima kasih.
c.
Merespon dalam percakapan dengan
tindak tutur meminta maaf.
2.
Materi Pembelajaran
a.
Asking for information (Hal 16 & 19 LKS)
·
Who is your headmaster ?
·
What is your name ?
·
Where do you live ?
·
What is your phone number ?
Giving information
·
My headmaster is Mr.Sri Muladi
·
My name is saskiakadarwati
·
I live in jl mawar No.15 klaten
·
My phone number is0272897717
b. Expressing
to Gratitude ( Hal 16 Buku Intisari dari Bank )
-
Thanks ( very much )
-
Thank you ( very much )
-
I Want to thank…
Responding
-
You are ( very ) Welcome
-
Don’t mention it
-
No problem
c. Asking
Apology ( Hal 32 & 35LKS )
· Apology Responeses
-
Sorry -
Never mind
-
I am very sorry -
That’s all right
-
I apologize for -That’t
ok
-
Please excuse me -
Please don’t be sorry
d. “Excuse
me” ( Hal 45 LKS )
- Menarik perhatian seseorang
- Menarik perhatian seseorang
Excuse me, can you tell me where the bank
is ?
-
Berpamitan
Eccuse me, Mr. Brown, but I have to attend
the meeting soon
3.
Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.
Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
a.
Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.
Apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
b.
Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
c.
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d.
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
siswa:
a.
Melakukan tanya jawab
yang terkait dengan materi.
b.
Membahas kosa kata dan
tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau
melarang.
c.
Memperdengarkan
percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau
melarang.
d.
Menjawab / merespon
pertanyaan tentang percakapan yang didengar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
c. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
d. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
·
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·
Membantu menyelesaikan masalah;
·
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
·
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
·
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
a.
bersama-sama
dengan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan pelajaran
b.
melakukan
penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c.
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.
Sumber belajar
a. Intisari dan Bank soal
b. English
in Focus
c. LKS
6.
Media
a.
Carton
7.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Merespon ungkapan-ungkapan :
Ø
Meminta
dan memberi informasi
Ø
Ungkapan
terima kasih
Ø
Permintaan
maaf
Ø
Kesantunan
|
Tes tulis
|
Menjawab pertanyaan secara tertulis
|
Task five page 19 LKS
1. What
is your name ?
2. Where
do you study ?
3. Who
is your close friend ?
4. Your
friend say “ thank you “ you must say ?
5. Your
friend say “ how do you do” your answer is ?
Task five page
35. What do you say if ?
1. You
make a mistake ?
2. You
drop your teacher book ?
3. You
come late ?
4. You
breake your’s mother’s plate ?
5. You
make the baby cry ?
|
§
Pedoman Penilaian
Ø
Untuk
tiap jawaban benar skor 100
Ø
Jumlah
skor maksimal 10 x 10 = 100
Ø
Nilai
maksimal = 100
Nilai Siswa =
Mengetahui, Lubuklinggau, Agustus 2015
Guru Pamong, Mahasiswa
P3,
Erma Kusumah S.Pd Okta
syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002 NPM. 2112008
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah
: SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami makna dalam
teks lisan fungsional pendek sangatsederhana untuk berinteraksi
denganlingkungan terdekat
Kompetensi Dasar
: 2.1
Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Jenis teks :
teks lisan fungsional
Tema :
Don’t be noisy
Aspek/Skill :
Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Setelah Mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat:
a. Merespon makna tindak tutur yang sangat sederhana secara
akurat, lancar
b. Merespon makna tindak tutur untuk berinterkasi dangan
lingkungan terdekat
2. Materi
Pembelajaran
a. Giving
instruction ( Hal 32 & 34 LKS )
-
Switch on the lamp, please
-
Stand up, please
-
Open your book
-
Hold your ears
b. Shopping
list
No
|
Things
|
1
|
Bag
|
2
|
Uniform
|
3
|
Shoes
|
4
|
Sock
|
b. Congratulation ( Hal 29 Buku Intisari dan Bank soal )
Expressing
·
Please accept my warmest congratulations.
·
May I congratulate you on …
·
I must congratulate you.
·
It was great to hear about …
·
Congratulations on …
·
Well done
Responding
- Thank you very much for saying so.
- I’m glad you think so.
- Thank you
- Oh, thanks
c.
Announcement ( Hal 35 LKS )
3. Metode
Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah
Kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
a.
Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.
Apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
b. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
c. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
a.
Tanya jawab yang
terkait dengan materi
b.
Membahas kosakata
& tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat
,
c.
Mendengarkan berbagai
contoh teks fungsional pendek
d.
Menjawab/merespon
pertanyaan tentang :
- Isi teks
- Tujuan teks fungsional
- Bentuk teks fungsional
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
c. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
·
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·
Membantu menyelesaikan masalah;
·
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
·
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
·
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
a.
Bersama-sama dengan peserta didik sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b.
Melakukan penilaian dan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
d.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
e.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
5. Sumber
belajar
a.
English
In focus
b.
LKS
c.
Intisari
dan Bank soal
6.
Media
1.
Carton
7.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1. merespon makna dalam teks lisan
fungsional pendek berupa:
- Instruksi
- Shopping list
- Ucapan selamat
- Pengumuman
|
Tes tulis
|
Tes tertulis
|
Task
Eight page 36 LKS
1.
Who writes the card ?
Answer : ………
2.
What does Cakka hope for Ashilla ?
Answer : ……………..
3.
Why does Cakka write the card?
Ansewer : ……………….
Announcement, Page 42 LKS
For :1.………..
I will be 2 ………, so, the
3…..
Activity on, 4 …….will be free. We will meet 5. …….Thank
you
English tacher.
Mr.smith
|
§
Pedoman Penilaian
Ø
Untuk
tiap jawaban benar skor 10
Ø
Jumlah
skor maksimal 8 x 10 = 80
Ø
Nilai
maksimal = 100
Nilai Siswa =
Mengetahui, LubuklinggauAgustus 2015
Guru Pamong, Mahasiswa P3,
Erma Kusumah, S.Pd Okta Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002 NPM.2112008
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana untuk berinteraksi
denganlingkungan terdekat
Kompetensi Dasar
: 2.2
Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
Jenis teks :
Transactional / Interpersonal
Tema :
Don’ be noisy
Aspek/Skill :
Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
1.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
a. Merespon makna gagasan teks pendek sangat sederhana akurat,
lancer
b. Merespon makna gagasan untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
2. Materi
Pembelajaran
a. Giving
Instruction ( Hal 32 & 34LKS )
-
Please, be calm
-
Close the door
-
Raise your right hand
b. Shopping list
No
|
Things
|
1
|
Shoes
|
2
|
Uniform
|
3
|
Sock
|
c. Greeting
Cards ( Hal 14 buku English in focus )
Hello, Felix
How’s going ?
We’re waiting for your coming…
Please, go home soon.
Miss you so much
Hana, your beloved
sister
Mum and Dad
|
d.
Announcement ( Hal 42 LKS )
Mr. Smith
is your English teacher. He will be in paris for a week. So. The English club
on Wednesday will be postphoned until next week. Write an announcement for all the member of English
club.
Announcement
3.
Metode Pembelajaran:
three-phase technique
4.
Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
a.
Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.
Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari.
b. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
c. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
- Mendengarkan dan merespon percakapan tentang makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement.
- Memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement
- Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait
- Mengidentifikasi makna gagasan /interpersonal teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi
- Menjawab pertanyaan- pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam materi teks.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
c. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
d. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
·
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·
Membantu menyelesaikan masalah;
·
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
·
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
·
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
a. Bersama-sama
dengan peserta didik dan sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. Melakukan
penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.
Sumber belajar
a.
Intisari
dan Bank soal
b.
English
in Focus
c.
LKS
6.
Media
a.
Carton
, words card
7.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan
fungsional pendek berupa:
-
Instruksi
-
Shopping list
-
Greeting card
-
Announcement
|
Tes
tulis
Unjuk
kerja
|
Tes tertulis
|
- Make a shopping list in your activity ?
- Answer the question page 14, Book English
in focus
1.
Who is Felix ?
2.
Do you know where Felix is ?
3.
What is Hana writing about ?
4.
Who missesmFelix much ?
|
a.
Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 20
2. Jumlah skor maksimal 5 X 20 = 100
3. Nilai maksimal = 100
4. Nilai Siswa =
Mengetahui, Lubuklinggau Agustus 2015
Guru Pamong, Mahasiswa
P3,
Erma Kusumah, S.Pd Okta Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002 NPM.2112008
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah
: SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional daninterpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar : 3.1 Melakukan
interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang
menyapa yang belum dikenal / orang lain, dan memerintah atau melarang.
Jenis teks : transactional/interpersonal
Tema :
My name is
Aspek/Skill :
Berbicara
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
1.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, peserta didik mampu:
a. Melakukan
interaksi dengan lingkungan terdekat dengan menyapa
orang yang belum dikenal / orang lain
b. Melakukan
interaksi dengan lingkungan terdekat dengan
memerintah atau melarang.
2. Materi Pembelajaran ( Hal 2 & 4 LKS )
a.
Greeting Expressions Responses
·
Hello -
Hi
·
Good morning -
Good morning
·
Good afternoon -
Good afternoon
·
Good evening -
Good evening
·
Good night -
Good night
·
Good bye -
Good bye
·
How are you ? -
Fine thanks
·
How are you doing ? - I’m very well. Thank
·
How’s life ? -
I’m ok
·
How are things ? -
Fine
·
How is everything with you ? - Not too bad
b. Introducing
one self
·
Let me introduce myself
My name is…
Please call me...
·
Hello/Hi
I am…
You can call me…
c.
Introduceing someone
·
Expressions Responses
- Let me introduce you to … - Glad to meet you
- Please meet.. - Hello
- This is…. - Nice to meet you
- Let me introduce you to … - Glad to meet you
- Please meet.. - Hello
- This is…. - Nice to meet you
-
How do you do ?
d. Formal
Prohibition ( hal 32 LKS )
·
Please, don’t throw away only the rubbish
·
Could you please don’t smoke in this room
Informal
Prohibition
·
Don’t come here
·
Don’t use my pen
·
Donn’t be noisy in the library
3. Metode Pembalajaran
Three-phase technique dan Tanya
jawab
4. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
a.
Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.
Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber.
b. Mendengarkan
penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara
lisan
c. Melakukan
tanya jawab dalam pair
work.
d. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
e. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
f.
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
- Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
- Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi.
- Latihan percakapan dalam bentuk dialog.
- Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan secara berterima.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan.
c. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
·
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar.
·
Membantu menyelesaikan masalah.
·
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi.
·
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh.
·
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. Bersama-sama
dengan peserta didik dan sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. Melakukan
penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber
belajar
a.
Intisari
dan Bank soal
b.
English
in Focus
c.
LKS
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
1.
Menyapa yang belum/sudah dikenal
2.
Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
3.
Memerintah/melarang
|
Tes lisan
|
Performance
|
Introduce their selves in front of the class
|
Fluency
|
Intonation
|
Pronunciation
|
Expression
|
Score
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Score : 4 = Tidak ada kesalahan
3 = Sedikit kesalahan
2 = Banyak kesalahan
1 = Salah Semua
Mengetahui, Lubuklinggau, Agustus 2015
Guru Pamong, Mahasiswa
P3,
Erma Kusumah,
S.Pd Okta
Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002 NPM.2112008
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah
: SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi Dasar
: 3.2 Melakukan
interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan
memberi informasi, mengucapkan terima kasih,meminta maaf dan mengungkapkan
kesantunan
Jenis teks :
transaksional dan
interpersonal
Tema :
Don’t be Noisy
Aspek/Skill :
Berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, peserta didik mampu:
a.
Melakukaninteraksi
dengan lingkungan terdekat untuk meminta dan memberi informasi,
b.
Melakukaninteraksi
dengan lingkungan terdekat untuk mengucapkan terima kasih
c.
Melakukaninteraksi
dengan lingkungan terdekat untuk meminta maaf
d.
Melakukaninteraksi
dengan lingkungan terdekat untuk mengungkapkan kesantunan
2.
Materi
Pembelajaran
a. Asking
for information (Hal 16& 19 LKS)
·
Who is your headmaster ?
·
What is your name ?
·
Where do you live ?
·
What is your phone number ?
Giving information
·
My headmaster is Mr.Sri Muladi
·
My name is saskiakadarwati
·
I live in jl mawar No.15 klaten
·
My phone number is0272897717
b.
Gratitude ( Hal 16 Buku Intisari dan Bank soal )
Expressing Responding
-
Thanks very much - You are very
welcome
-
I am grateful
to.. - Don’t
mention
-
I want to thank - No problem
c. Asking
Apology( Hal 32& 35 LKS )
·
Apology Responeses
·
Sorry -
Never mind
·
I am very sorry -
That’s all right
·
I apologize for -
That’s ok
·
Please excuse me -
Please don’t be sorry
d. “ Excuse me” adalah ungkapan kesantunan ( Hal 45 LKS )
1.
Menarik perhatian
orang
Excuse me,
can you tell me where the bank is ?
2.
Menyampaikan maaf
ketika membuuat kesalahan kecil
Oh, Excuse me, did I make a mistake ?
3.
Metode
Pembelajaran
Three-phase technique.
4.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
a.
Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.
Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari.
b. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
c. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
d. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
- Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
- Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan.
- Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi.
- Latihan percakapan dalam bentuk dialog.
- Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
a. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
c. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
·
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·
Membantu menyelesaikan masalah;
·
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
·
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
·
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
a. bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan
penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c. memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e. menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber
belajar
a.
Intisari
dan Bank soal
b.
English
in Focus
c.
LKS
6.
Media
: Carton
7.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Bertanya dan menjawab
tentang :
|
Tertulis
|
Tertulis
|
Answer the question orally
1.
Where
is your teacher ? ( in front of the class )
2.
Where
is your school library ? ( between laboratory and the teacher’s office )
3.
Where
is the class? ( behind the school yard )
4.
Where
is the car ? ( in the garage )
5.
Where
is your dictionary ? ( on the table )
6.
Where
is your seat ? ( beside anton )
7.
Where
is the ball ? ( under the table )
8.
Where
do the students ? ( in the classs room )
|
þ
Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap soal diberi nilai 10
2. Jumlah soal 8 x 10 point = 80
3. Nilai maksimal = 100
5.
Nilai
Siswa =
Mengetahui, Lubuklinggau, Agustus 2015
Guru Pamong, Mahasiswa P3,
Erma Kusumah, S.Pd Okta Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002 NPM.
2112008
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII
(Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan makna dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi Dasar
: 4.1 Mengungkapkan
makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Jenis teks : teks lisan fungsional
Tema : Don’t be noisy
Aspek/Skill :
Berbicara
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
1.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, peserta didik mampu:
a.
Mengungkapkan makna tindak tutursecara akurat,
b.
Mengungkapkan makna tindak tutursecara lancar
c.
Mengungkapkan makna tindak tuturuntuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
2.
Materi
Pembelajaran
a.
Giving Instruction (
Hal 32 & 34 LKS )
Formal instruction
-
Switch on the lamp,
please
-
Could younopen the
door ?
-
Please, be calm
Informal
instruction
-
Close the door
-
Read the dialogue
carefully
-
Be carefull
b.
Shopping list
No
|
Things
|
1
|
Uniform
|
2
|
Shoes
|
3
|
Sandal
|
c.
Gratitude ( Hal 16 Buku Intisari dan Bank soal )
Expressing Responding
-
Thanks very much - You are very
welcome
-
I am grateful
to.. - Don’t
mention
-
I want to thank - No problem
d.
Announcement ( hal 42 task seventeen. LKS )
|
3.
Metode
Pembalajaran
Three-phase technique
4.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
a.
Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.
Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber.
b. Mendengarkan
penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikan secara oral.
c. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
d. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
e. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
a.
Tanya jawab yang
berkaitan dengan materi.
b.
Menirukan
ungkapan- ungkapan sesuai materi.
c.
Membahas kosakata dan
struktur percakapan.
d.
Latihan memberi
perintah, mengucapkan selamat, mengumumkan dengan singkat.
e.
Menggunakan ungkapan
percakapan dalam situasi nyata.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
a. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b. melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
c. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
·
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·
Membantu menyelesaikan masalah;
·
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
·
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
·
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
a. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. Melakukan
penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.
Sumber belajar
a.
English
in Focus
b.
Intisari
dan Bank Soal
c.
LKS
6.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1.Memberi instruksi
2.Menyebut daftar benda
3.Mengucapkan selamat
4.Mengumumkan dengan
singkat
|
Tes tertulis
|
Tes tertulis
|
Task
four page 46, answer the question based the dialogue above
1.
Who are in the dialogue ?
2.
Where do they go ?
3.
When do they go shopping?
4.
What does Reza make firstly before shopping ?
5.
Mention the goods they will buy ?
|
§
Pedoman Penilaian
Ø
Untuk
tiap jawaban benar skor 20
Ø
Jumlah
skor maksimal 5 x 20 = 100
Ø
Nilai
maksimal = 100
Nilai Siswa =
Mengetahui, Lubuklinggau, Agustus 2015
Guru Pamong, Mahasiswa P3,
Erma Kusumah, S.Pd Okta
Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002 NPM.
2112008
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs : SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 4.2 Mengungkapkan makna gagasan dalam
teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Jenis teks :
teks lisan fungsional
Tema :
don’t be Noisy
Aspek/Skill :
Berbicara
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
1.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, peserta didik mampu:
- Mengungkapkan makna gagasan secara akurat
- Mengungkapkan makna gagasan secara lancer
- Mengungkapkan makna gagasan untuk berinteraksi dengan lingkunag terdekat
2.
Materi
Pembelajaran
a. Giving
instruction ( Hal 32 & 34 LKS )
-
Switch on the lamp, please
-
Stand up, please
-
Open your book
-
Hold your ears
e. Shopping
List
No
|
Things
|
1
|
Shoes
|
2
|
Uniform
|
3
|
Sock
|
f.
Congratulation (
hal 29 Book Intisari dan Bank soal )
-
Congratulation ! Responding
-
Well done ! Thank
you
-
That’s great ! Thanks
-
That’s wonderful
g.
Announcement
( Page 35 LKS )
3.
Metode
Pembelajaran
Three-phase technique
4.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
a.
Mengawali pelajaran dengan berdoa.
b.
Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber.
b. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
c. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
d. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
e. Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
a. Memberi
respon tentang makna gagasan teks lisan fungsional pendek sesuai topik materi
yang akan disampaikan
b. Memberi
respon penjelasan tentang kosakata, tatabahasa: noun, noun phrase, adj, verb,
adverbs, short answer, istilah-istilah dalam teks fungsional pendek.
c.
Memahami
model teks-teks lisan fungsional pendek
d.
Menggunakan
teks-teks fungsional pendek dalam simulasi
e.
Mengidentifikasi
makna gagasan teks-teks lisan fungsional pendek
f.
Menjawab
pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
a. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
c. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
d. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
·
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·
Membantu menyelesaikan masalah;
·
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
·
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
·
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
a. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. Melakukan
penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
e. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber
belajar
a. Intisari dan Bank soal
b. English in Focus
c. LKS
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1.
Memberi insruksi secara lisan.
2.
Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan.
3.
Memberi ucapan selamat
4.
Mengumumkan sesuatu
|
Tertulis
|
Tes
tertulis
|
Short message
page 35 LKS
1. Who is the sender of the short message ?
2. With
whom does Tomy want to study ?
3. When
will they study ?
4. The
synonym of “ Be on time “ is ?
5. Where
will they study ?
|
§
Pedoman Penilaian
Ø
Untuk
tiap jawaban benar skor 20
Ø
Jumlah
skor maksimal 5 x 20 = 100
Ø
Nilai
maksimal = 100
Nilai Siswa =
Mengetahui, Lubuklinggau, September 2015
Guru Pamong, Mahasiswa
P3,
Erma Kusumah, S.Pd Okta
Syaputra
NIP. 19740910 200604 2 002 NPM.
2112008
0 komentar:
Posting Komentar