KATA PENGANTAR
Syukur alhamdulia merupakan salah
satu kata yang sangat pantas saya ucapkan kepada Allah SWT sehingga penulis
dapat menyelesaikan laporan individu P3 dengan adanya P3 dapat memberikan
gambaran langsung dari sekolah yang menjadi tempat berlangsung P3. Laporan ini
disusun berdasarkan data-data yang ada di sekolah penerapan perangkat
pembelajaran.
Adapun
maksud penyusunan laporan ini adalah untuk memenuhi Penerapan Perangkat
Pembelajaran (P3) disekolah SMP NEGERI 0. Mangunharjo. Tersusunya laporan ini
tidak terlepas dari batuan serta bimbingan pihak baik secara langsung maupun
tidak langsung. Tidak lupa penyusun mengucapkan terimah kasih kepada
pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini.
Penyusun
menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh kesempurnaan hal ini
disebabkan karena keterbatasan penyusun tetapi, penyusun telah berupaya
semaksimal mungkin untuk membuat yang terbaik. Untuk itu penulis mengharapkan
kritis dan saran dari pembaca yang bersifatnya membangun. Semoga laporan ini
berguna dan bermanfaat bagi pembaca pada umumnya.
Mangunharjo,01
Oktober 2016
Penulis,
BUSTOMI ARIYANTO
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kegiatan
Penerapan Perangkat Pembelajaran ini
dilaksanakan untuk melatih mahasiswa STKIP-PGRI Lubuklinggau agar bisa menjadi
guru yang profesional dan berkompetensi sesuai dengan bidangnya. Setelah
mendapatkan berbagai macam teori pendidikan dan teori belajar mengajar di
kampus, maka mahasiswa melaksanakan praktik langsung di sekolah untuk
mendapatkan pengalaman mengajar.
Mahasiswa
calon guru juga diharapkan untuk menjadi guru yang mampu mengatasi semua
permasalahan yang dihadapi siswa dalam kegiatan
belajar mengajar. Sebelum praktik mengajar di
kelas, mahasiswa yang melakukan penerapan
perangkat pembelajaran (P3) harus terlebih dahulu membuat
perangkat pembelajaran karena perangkat pembelajaran itulah yang menjadi dasar
untuk kegiatan pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi
: rincian minggu efektif, silabus, program tahunan, program semester,
identifikasi aspek kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja
siswa, analisis soal, analisis hasil belajar, dan kriteria ketuntasan minimal.
Selain
itu, mahasiswa diharapkan untuk belajar dan memperoleh pengalaman dalam
mendidik siswa secara langsung, baik dan benar. Mahasiswa juga mampu mendidik
siswa dalam kegiatan
belajar mengajar di kelas sesuai dengan pedoman
dan peraturan di sekolah tempat melaksanakan program pengalaman lapangan tersebut, dalam hal ini penulis
melaksanakannya di SMP Negeri O
Mangunharjo.
B.
Rumusan
Masalah
Bagaimana penerapan perangkat pembelajaran di
SMPNegeri 0. Mangunharjo ?
Apa saja
materi yang di berikan dalam kegiatan P3 di SMP Negeri 0. Mangunharjo ?
Model pembelajaran apa saja yag telah diterapkan
dalam kegiatan P3 SMP Negeri 0. Mangunharjo ?
C. Ruang lingkup dalam pelaksanaan P3
ini adalah :
1. Subjek
pelaksanaan P3 adalah siswa kelas VII SMP Negeri 0. Mangunharjo yaitu kelas
VII. B, VII.E dan kelas VII. A.
2. Materi
yang dibahas dalam pelaksanaan P3 ini adalah Penyimpulan isi berita, Membahas
berbagai Teks Perangkat Upacara dan Menceritakan Pengalaman yang Menarik.
3. Jenis
model pembelajaran yang digunakan yaitu : simuslasi, cooperatifve/ Group
Learning, Direct, Intruction.
D. Tujuan
P3
Pelaksanaan P3
a. Untuk
menerapkan perangkat pembelajaran di SMP Negeri O. Mangunharjo.
b. Untuk
menyampaikan beberapa materi pembelajaran di SMP Negeri O. Mangunharjo.
c. Untuk
menerapkan metode atau strategi penerapan perangkat pembelajaran di SMP Negeri
O. Mangunharjo
E. Manfaat P3
Pelaksanaan
P3 ini diharapkan bermanfaat bagi :
1.
Siswa, pelaksanaan P3 ini harapkan membantu siswa dalam menambah
wawasan ilmu bahasa indonesia.
2.
Guru, sebagai mentransportasikan
pengetahuannya serta bahan masukan penerapan model – model Direct Intruction
yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ilmu bahasa Indonesia.
3.
Sekolah, memberikan masukan serta
sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan disekolah tersebut.
4.
Pelaksanaan P3 hasil dari
pelaksanaan P3 ini mampu memberikan perubahan pola pemikiran dan dapat menambah
pengetahuan serta mampu menerapkan ilmu yang dimliki yang dimilki penelitian
terutama dalam menyelesaikan masalah yang terkaitan dengan ilmiah guna
meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu.
Website : www.okes.co.id
Facebook : Goresan Pena Sang Penulis
0 komentar:
Posting Komentar