Laporan P-3 Smp Negeri O. Mangunharjo

KATA  PENGANTAR

Syukur alhamdulia merupakan salah satu kata yang sangat pantas saya ucapkan kepada Allah SWT sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan individu P3 dengan adanya P3 dapat memberikan gambaran langsung dari sekolah yang menjadi tempat berlangsung P3. Laporan ini disusun berdasarkan data-data yang ada di sekolah penerapan perangkat pembelajaran.

Adapun maksud penyusunan laporan ini adalah untuk memenuhi Penerapan Perangkat Pembelajaran (P3) disekolah SMP NEGERI 0. Mangunharjo. Tersusunya laporan ini tidak terlepas dari batuan serta bimbingan pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidak lupa penyusun mengucapkan terimah kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini.

Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh kesempurnaan hal ini disebabkan karena keterbatasan penyusun tetapi, penyusun telah berupaya semaksimal mungkin untuk membuat yang terbaik. Untuk itu penulis mengharapkan kritis dan saran dari pembaca yang bersifatnya membangun. Semoga laporan ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca pada umumnya.  
                                                            Mangunharjo,01 Oktober 2016
                                                   
                                            Penulis,
                                                                                   
                                                                       
                                                                             BUSTOMI  ARIYANTO                                                      

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang

Kegiatan Penerapan Perangkat Pembelajaran  ini dilaksanakan untuk melatih mahasiswa STKIP-PGRI Lubuklinggau agar bisa menjadi guru yang profesional dan berkompetensi sesuai dengan bidangnya. Setelah mendapatkan berbagai macam teori pendidikan dan teori belajar mengajar di kampus, maka mahasiswa melaksanakan praktik langsung di sekolah untuk mendapatkan pengalaman  mengajar.

Mahasiswa calon guru juga diharapkan untuk menjadi guru yang mampu mengatasi semua permasalahan yang dihadapi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sebelum praktik mengajar di kelas, mahasiswa yang melakukan penerapan perangkat pembelajaran (P3) harus terlebih dahulu membuat perangkat pembelajaran karena perangkat pembelajaran itulah yang menjadi dasar untuk kegiatan pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi : rincian minggu efektif, silabus, program tahunan, program semester, identifikasi aspek kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, analisis soal, analisis hasil belajar, dan kriteria ketuntasan minimal.

Selain itu, mahasiswa diharapkan untuk belajar dan memperoleh pengalaman dalam mendidik siswa secara langsung, baik dan benar. Mahasiswa juga mampu mendidik siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas sesuai dengan pedoman dan peraturan di sekolah tempat melaksanakan program pengalaman lapangan tersebut, dalam hal ini penulis melaksanakannya di SMP Negeri O Mangunharjo.



B.     Rumusan Masalah

Bagaimana penerapan perangkat pembelajaran di SMPNegeri 0. Mangunharjo   ?

Apa  saja materi yang di berikan dalam kegiatan P3 di SMP Negeri 0. Mangunharjo  ?

Model pembelajaran apa saja yag telah diterapkan dalam kegiatan P3 SMP Negeri 0. Mangunharjo ?

C.    Ruang lingkup dalam pelaksanaan P3 ini adalah :
1.      Subjek pelaksanaan P3 adalah siswa kelas VII SMP Negeri 0. Mangunharjo yaitu kelas VII. B, VII.E dan kelas VII. A.
2.      Materi yang dibahas dalam pelaksanaan P3 ini adalah Penyimpulan isi berita, Membahas berbagai Teks Perangkat Upacara dan Menceritakan Pengalaman yang Menarik.
3.      Jenis model pembelajaran yang digunakan yaitu : simuslasi, cooperatifve/ Group Learning, Direct, Intruction.

D.    Tujuan P3
Pelaksanaan P3
a.       Untuk menerapkan perangkat pembelajaran di SMP Negeri O. Mangunharjo.
b.      Untuk menyampaikan beberapa materi pembelajaran di SMP Negeri O. Mangunharjo.
c.       Untuk menerapkan metode atau strategi penerapan perangkat pembelajaran di SMP Negeri O. Mangunharjo




E.     Manfaat  P3

Pelaksanaan P3 ini diharapkan bermanfaat bagi :
1.      Siswa, pelaksanaan P3  ini harapkan membantu siswa dalam menambah wawasan ilmu bahasa indonesia.
2.      Guru, sebagai mentransportasikan pengetahuannya serta bahan masukan penerapan model – model Direct Intruction yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ilmu bahasa Indonesia.
3.      Sekolah, memberikan masukan serta sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan disekolah tersebut.
4.      Pelaksanaan P3 hasil dari pelaksanaan P3 ini mampu memberikan perubahan pola pemikiran dan dapat menambah pengetahuan serta mampu menerapkan ilmu yang dimliki yang dimilki penelitian terutama dalam menyelesaikan masalah yang terkaitan dengan ilmiah guna meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu. 


Website     :  www.okes.co.id
Facebook  :  Goresan Pena Sang Penulis 


    

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar