Contoh Program Tahunan






PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Nama Sekolah     : SMP Negeri O Mangunharjo
Kelas/Semester    : VII/1
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
ALOKASI
WAKTU
KETERANGAN


Aspek : Mendengarkan

1.   Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat


·    Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan

2
        


      3 jampel         



·    Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea


1
         





1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat
·    Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan

      
         
2





 

·    Mampu menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi


2

         



4 jampel


Aspek : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman




2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif


·    Mampu menulis
kerangka  cerita  pengalaman


2




·    Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif


2


4 jampel

2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

·    Mampu menulis kerangka pengumuman
2


·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

1


3 jampel

Aspek : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai
·    Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat


1


·    Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan




1



2 jampel

3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

·    Mampu membaca cepat 200 kata per menit


2


·    Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan



1


·    Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan

1


4 jampel

3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

·    Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara


1


·    Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara  dengan intonasi yang tepat

1


2 jampel

Aspek : Menulis
4.  Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar

·    Mampu menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!





2


·    Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!







2






4 jampel

4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

·    Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·    Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif


1







2










3 jampel

4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

·    Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman



1


·    Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif




2



3 jampel

Aspek : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
·    Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng


2


·    Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng


2


4 jampel

5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

·    Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan


1


·    Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang




1


2 jampel

Aspek : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita


2


·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik



2


·    Mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat






2





6 jampel


6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita



1


·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik



1


·    Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita


1



3 jampel

Aspek : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca



1


·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita



2


·    Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.





2





5 jampel

7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

·    Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari




2


·    Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun




2





4 jampel

Aspek : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

·    Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks



1


·    Mampu menulis pantun



1

2 jampel

8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
·    Mampu menentukan pokok-pokok dongeng



1


·    Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng



1



2 jampel

Ulangan harian



Ulangan tengah semester
Ulangan akhir semester
Remedial  / Pengayaan
A .Jumlah Hari Efektif
B .Jumlah Hari tdk Efektif / Hari Libur







                                                                                                  Mangunharjo, Agustus 2016
  Mengetahui                                                                                    Mahasiswa
   Guru Pamong,                                                                                 



   RINA AGUSTININGSIH,S.Pd.                                                 Bustomi Ariyanto
   NIP : 19700828 199802 2 001                                                      NPM : 2013073

   
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo





SUNARNO,S.Pd.,M.Pd.
NIP : 19670907 199703 1 003


Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar