PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Nama Sekolah : SMP Negeri O Mangunharjo
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
|
Aspek : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkan isi
berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
|
·
Mampu
menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
|
2
|
3 jampel
|
|
·
Mampu
menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
|
1
|
|
|||
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
|
·
Mampu
menemukan isi/sari berita yang didengarkan
|
2
|
|
||
·
Mampu
menuliskan kembali berita yang
didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
2
|
4 jampel
|
|||
Aspek : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan
menyampaikan pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan
pilihan kata dan kalimat efektif
|
· Mampu menulis
kerangka cerita pengalaman
|
2
|
|
|
·
Mampu
menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan kerangka
cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
|
2
|
4 jampel
|
|||
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi
yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
|
·
Mampu
menulis kerangka pengumuman
|
2
|
|
||
·
Mampu
mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas
dan sederhana
|
1
|
3 jampel
|
|||
Aspek : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai
cara membaca
|
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan
tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
|
·
Mampu
menemukan lema secara cepat dan tepat
|
1
|
|
|
·
Mampu
menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan
|
1
|
2 jampel
|
|||
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca
cepat 200 kata per menit
|
·
Mampu
membaca cepat 200 kata per menit
|
2
|
|
||
·
Mampu
menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
|
1
|
|
|||
·
Mampu
menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
|
1
|
4 jampel
|
|||
3.3 Membacakan
berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
·
Mampu
memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
|
1
|
|
||
·
Mampu
membacakan berbagai teks untuk upacara
dengan intonasi yang tepat
|
1
|
2 jampel
|
|||
Aspek : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan
pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan
cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
·
Mampu
menulis pokok-pokok pengalaman pribadi
yang terjadi dalam suatu hari!
|
2
|
|
|
·
Mampu
secara rutin menulis kan pengalaman dalam
buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
|
2
|
4 jampel
|
|||
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi, dan bahasa
|
·
Mampu
menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·
Mampu
menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
|
1
2
|
3 jampel
|
||
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik, dan benar
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok pengumuman
|
1
|
|
||
·
Mampu
menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
|
2
|
3 jampel
|
|||
Aspek : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
|
5.1 Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng
yang diperdengar kan
|
·
Mampu
menemukan ide-ide menarik dalam
dongeng
|
2
|
|
|
·
Mampu
merangkai ide-ide menarik menjadi
hal-hal menarik dari dongeng
|
2
|
4 jampel
|
|||
5.2
Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan
situasi sekarang
|
·
Mampu
menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
|
1
|
|
||
·
Mampu
merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang
|
1
|
2 jampel
|
|||
Aspek : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara,
lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
|
2
|
|
|
·
Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
|
2
|
|
|||
·
Mampu
bercerita dengan urutan yang baik,
suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
2
|
6 jampel
|
|||
|
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
|
1
|
|
|
·
Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
|
1
|
|
|||
·
Mampu
bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan kerangka cerita
|
1
|
3 jampel
|
|||
Aspek : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang
dibaca
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
|
1
|
|
|
·
Mampu
merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
|
2
|
|
|||
·
Mampu
menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara
lisan maupun tulis.
|
2
|
5 jampel
|
|||
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
·
Mampu
menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
|
2
|
|
||
·
Mampu
mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
2
|
4 jampel
|
|||
Aspek : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan
dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
·
Mampu
menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
|
1
|
|
|
·
Mampu
menulis pantun
|
1
|
2 jampel
|
|||
8.2 Menulis
kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok dongeng
|
1
|
|
||
·
Mampu
menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng
|
1
|
2 jampel
|
|||
Ulangan harian
|
|
|
|||
Ulangan tengah
semester
Ulangan akhir
semester
Remedial / Pengayaan
A .Jumlah Hari
Efektif
B .Jumlah Hari
tdk Efektif / Hari Libur
|
|
|
Mangunharjo, Agustus 2016
Mengetahui
Mahasiswa
Guru Pamong,
RINA
AGUSTININGSIH,S.Pd. Bustomi Ariyanto
NIP : 19700828 199802 2
001 NPM : 2013073
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMP N O Mangunharjo
SUNARNO,S.Pd.,M.Pd.
NIP : 19670907
199703 1 003
0 komentar:
Posting Komentar