Dwonloand Desgin Silabus Media Pembelajaran IPA Terpadu Mey Lanasari

          Desgin Silabus Media Pembelajaran MATA PELAJARAN IPA TERPADU 

                                                   di TULIS OLEH  ''MEY  LANASARI''  



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                : SMP Negeri Mangunharjo
Kelas / Semester                : VII / 1
Mata  Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi         : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembela-jaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

Besaran dan satuan
o Mencari informasi tentang besaran dan satuannya
o Merumuskan pengertian besaran dan satuan
o Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional
o Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga konversi
o Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan
-  Mengindentifikasikan    besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
-   Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
-   Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana

Tes tertulis





Tes tulis


Tes tertulis
PG






Isian



isian
Pasangan besaran fisika yang benar ....
a. berat dan kilogram
b. kecepatan dan kg/jam
c. usaha dan joule sekon
d. massa dan newton

 Satuan panjang dalam SI adalah ....

 Panjang meja 100 cm seta dengan ..... m dan massa 100 gram setara dengan ....... kg

4x40’
Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur
v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.2. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya



Suhu dan pengukuran
-   Mencari informasi caramenggunakan termometer
-   Melakukan eksperimen cara membuat termometer sederhana berdasarkan sifat perubahan volum
-   Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain.
-   Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
-   Membuat  termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume
-   Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain
Tes tertulis

Tes unjuk kerja

Tes tertulis
Isian


Uji petik kerja produk

PG


Untuk mengukur suhu zat adalah ....
Buatlah termometer dengan menggunakan termometer tak berskala, air dan es
  Termometer C menunjuk angka 45 0, ttermometer Fahrenheit menunjuk angka
a. 25           c. 81
b. 57           d. 113
4x40’
Buku siswa, LKS, termometer




v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Pengukuran
·  Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan tak baku
·  Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran
-   Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
-   Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran

Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
Ukurlah Panjang dan lebar meja yang kamu gunakan


Pilihlah alat yang sesuai untuk mengukur meja yang ada di hadapanmu
2 x 40’
Buku siswa, LKS, Alat-alat ukur
v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                : SMP Negeri Mangunharjo
Kelas / Semester                : VII / 1
Mata  Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi       : 2. Memahami kalsifikasi zat


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan Indikator Pencapaian Kompetensi yang tepat

Asam, Basa, Garam
o Melalui pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam
o Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam
o Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH stik




-   Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan Indikator Pencapaian Kompetensi yang sesuai
-   Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
-   Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan




Tes tertulis







Tes Unjuk kerja


Tes Unjuk kerja
PG








Tes identifikasi



Uji petik kerja prosedur

Berikut ini yangmerupakan
Sifat asam adalah ....
a. bersifat korosif
b. berasa pahit
c. kertas lakmus menjadi
    biru
d. kertas lakmus tidak
    berubah

Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa, dan garan dari bahan-bahan yang tersedia

Tentukan besar, kecilnya keasaman suatu zat dengan menggunakan alat!
4x40’
Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur
v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

Sifat asam, basa pada bahan makanan
-        Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan


-        Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu
Tes unjuk kerja



Uji petik kerja prosedur
Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan dengan menggunakan bunga kembang sepatu
2 x 40’
Buku siswa, LKS, alam sekitar
v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

Unsur kimia
-        Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya
-        Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya
-        Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
-        Menuliskan nama dan lambang unsur
-         
-        Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
-        Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
Tes tulis

Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis
PG

Tes isian


Tes uraian


PG
Lambang K merupakan nama unsur ....
a. Kalium    c. Karbon
b. Kalor       d. Kalsium
Tuliskan satu nama dan lambang sebuah unsur
Tuliskan satu nama dan rumus kimianya
Rumus kimia asam sulfat adalah ....
a. H2SO4    c. H4SO2
b. HS2O4    d. H4S2O
3 x 40’
Buku siswa, dan referensi
v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.4 membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan campuran

Unsur, senyawa dan campuran

-        Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran

-        Mengklasifikasikan materi secara sederhana
-        Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen
-        Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
-        Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
-        Mengelompokkan zat-zat   kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
Tes unjuk kerja

Tes tulis


Tes unjuk kerja
Tes identifikasi


Tes uraian


 Tes identifikasi
Tentukan zat yang bersifat unsur , senyawa, dan campuran dari bahan yang disediakan
 Buatlah  bagan materi secara sederhan

Disediakan macam-macam zat, kelompokkan zat-zat tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran heterogen
3 x 40’
Buku siswa, contoh zat
v  Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Desgin ipa Terpadu

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar