Desgin Silabus Media Pembelajaran MATA PELAJARAN IPA TERPADU
di TULIS OLEH ''MEY LANASARI''
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri Mangunharjo
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk
mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembela-jaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1
Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
|
Besaran dan satuan
|
o Mencari informasi
tentang besaran dan satuannya
o Merumuskan pengertian
besaran dan satuan
o Melakukan percobaan
dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional
o Melakukan percobaan
untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga
konversi
o Memecahkan masalah
tentang besaran pokok dan besaran turunan
|
-
Mengindentifikasikan
besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian
megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
-
Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
-
Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana
|
Tes tertulis
Tes tulis
Tes tertulis
|
PG
Isian
isian
|
Pasangan besaran fisika yang benar ....
a. berat dan kilogram
b. kecepatan dan kg/jam
c. usaha dan joule sekon
d. massa dan newton
Satuan panjang dalam SI adalah
....
Panjang meja 100 cm seta dengan
..... m dan massa 100 gram setara dengan ....... kg
|
4x40’
|
Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
1.2.
Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
|
Suhu dan pengukuran
|
- Mencari informasi
caramenggunakan termometer
- Melakukan eksperimen
cara membuat termometer sederhana berdasarkan sifat perubahan volum
- Melakukan percobaan
untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain.
|
- Menggunakan termometer
untuk mengukur suhu zat
- Membuat termometer sederhana, berskala berdasarkan
sifat perubahan volume
- Membandingkan skala
termometer Celcsius dengan termometer yang lain
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
Isian
Uji petik kerja produk
PG
|
Untuk mengukur suhu zat adalah ....
Buatlah termometer dengan menggunakan termometer tak berskala, air dan es
Termometer C menunjuk angka 45 0,
ttermometer Fahrenheit menunjuk angka
a. 25 c. 81
b. 57 d. 113
|
4x40’
|
Buku siswa, LKS, termometer
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti
dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pengukuran
|
· Melakukan eksperimen
dengan satuan baku dan tak baku
· Mengaplikasikan
keselamatan kerja dalam pengukuran
|
- Mengukur dengan satuan
baku dan tak baku secara baik dan benar
- Memperhatikan dan
menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
Uji petik kerja prosedur dan
produk
|
Ukurlah Panjang dan lebar meja yang kamu gunakan
Pilihlah alat yang sesuai untuk mengukur meja yang ada di hadapanmu
|
2 x 40’
|
Buku siswa, LKS, Alat-alat ukur
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri Mangunharjo
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 2. Memahami
kalsifikasi zat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1
Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui
alat dan Indikator Pencapaian Kompetensi yang tepat
|
Asam, Basa, Garam
|
o Melalui pengamatan
untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam
o Mengelompokkan zat-zat
yang bersifat asam, basa, garam
o Melakukan percobaan
dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH
stik
|
-
Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan
menggunakan Indikator Pencapaian Kompetensi yang sesuai
-
Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar
berdasarkan konsep asam, basa dan garam
-
Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala
keasaman dan kebasaan
|
Tes tertulis
Tes Unjuk kerja
Tes Unjuk kerja
|
PG
Tes identifikasi
Uji petik kerja prosedur
|
Berikut ini yangmerupakan
Sifat asam adalah ....
a. bersifat korosif
b. berasa pahit
c. kertas lakmus menjadi
biru
d. kertas lakmus tidak
berubah
Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa, dan
garan dari bahan-bahan yang tersedia
Tentukan besar, kecilnya keasaman suatu zat dengan
menggunakan alat!
|
4x40’
|
Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
2.2 Melakukan percobaan
sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
|
Sifat asam, basa pada bahan makanan
|
-
Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan
|
-
Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa
di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur
|
Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan dengan menggunakan bunga kembang sepatu
|
2 x 40’
|
Buku siswa, LKS, alam sekitar
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
|
Unsur kimia
|
-
Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya
-
Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus
kimianya
|
-
Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
-
Menuliskan nama dan lambang unsur
-
-
Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
-
Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
PG
Tes isian
Tes uraian
PG
|
Lambang K merupakan nama unsur ....
a. Kalium
c. Karbon
b. Kalor
d. Kalsium
Tuliskan satu nama dan lambang sebuah unsur
Tuliskan satu nama dan rumus kimianya
Rumus kimia asam sulfat adalah ....
a. H2SO4 c.
H4SO2
b. HS2O4 d.
H4S2O
|
3 x 40’
|
Buku siswa, dan
referensi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
2.4 membanding-kan
sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
Unsur, senyawa dan
campuran
|
-
Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran
-
Mengklasifikasikan materi secara sederhana
-
Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran
heterogen
|
-
Membandingkan
sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
-
Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
-
Mengelompokkan zat-zat
kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
Tes uraian
Tes identifikasi
|
Tentukan zat yang bersifat unsur , senyawa, dan campuran dari bahan yang
disediakan
Buatlah bagan materi secara sederhan
Disediakan macam-macam zat, kelompokkan zat-zat
tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran heterogen
|
3 x 40’
|
Buku siswa, contoh zat
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
Desgin ipa Terpadu
0 komentar:
Posting Komentar