RPP - SILABUS - BAHAN AJAR - Google - Portal Tomy Okes Putra Linggau



Mengungkapkan  kembali  pikiran, perasaan, dan  pengalaman  dalam  cerita  pendek / cerpen
Cerpen merupakan jenis karya sastra yang cukup diminati oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan mudahnya kita menemukan cerpen di kalangan Koran atau majalah maupun di perpustakaan, miskipun tempat yang lain. Minat masyarakat cerpen yang begitu banyak, termasuk manfaat menulis cerpen. Kisah atau perjalanan hidup seseorang atau kisah si pengarang sendiri mau pun kisah orang lain. Termasuk manfaat menulis cerpen atau Novel.


Manfaat  cerpen
Banyak  ahli yang mengeutarakan  berbagikan manfaat cerpen, berikut ini pembahasan mengenaikan manfaat karya sastra, termasuk cerpen atau novel, menurut beberapa FiLsuf yunani kuno, selain itu, akan di kemukan beberapa manfaat menulis cerpen secara umum yang mungkin juga sudah pernah kalian rasakan.


Menentukan topik tentang kehidupan orang lain dalam mengarang tersebut
-          Penokohan , konfilik , sudut pandadang, alur , tema , amanat

Ada  dampak elemen dalam mengarang
-          Menarik perhatian para pembaca
-          Pemilihan kosa kata dalam mengarang
-          Menggunakan bahasa baku baik dan benar mudah di pahami para pembaca

Sinopsis – Cerpen – Cerita Pendek
Sebuah desa di daerah kota lubuklinggau Provinsi  Sumatra Selatan tinggal seorang gadis cantik ayu  jelita yang bernama  Heni Puspita  dia tidak hanya cantik tapi juga memiliki hati yang mulia dan soleha luar biasa.lelaki ini membuat hati Heni  terkesan kepada Andi 

Pada saat itu  awal dari pertemuan nya  yaitu padangan pertama melihat Andi,  Sosok lelaki yang sederhana dan mandiri  yang berasal dari sebuah
Desa  Karang  Dapo Musi Rawas ilir, Namun hati Heni berkata dia la orang yang ku cari selama ini Lelaki imipian nya.  

Saat itu  Andi berkata berlahan – lahan dan sambil bercanda pada Heni pada sebuah tempat untuk mengadu isi hati nya kepada Heni.  

Lalu  Andi  berkata   kepada  Heni  kau  memberikan  harapan kepada aku, kau telah berikan aku kekuatakan  kepada  ku  untuk  berani  menyatakan  hal yang sebenarnya, ini la kejujuran aku – aku memberanikan diri untuk menyatakan aku mencintaimu, saya berharap kau akan sudi menjadi kawan dalam hidupku untuk selamanya, aku telah jatuh hati kepada mu mudah – mudahan kau sudi jadi pasangan ku dunia maupun di akhirat nanti.

Heni - Andi  berusahan mencari Heni. tapi Heni  tidak menjadi batas waktu. saat itu setiap kali Andi  merindukan Heni  dia datang di sebuah tempat di mana kali dia bertemu lalu membicarakan  dengan Heni  ada  sebuah Kesan – Pesan sebuah cinta Heni  kepada Andi tersebut.  Andi berkata kepada Heni Seluruh Raga jiwa nya menyerahkan hanya untuk Heni sampai akhir hayat nya hidup bersama heni sampai waktu nya tiba nanti.

Namun ada lelaki Asing ingin masuk ke hati Heni yang  ingin mengodah hati nya Heni tapi hati Heni  tidak bergoyang sedikit pun  pada lelaki tersebut karena hati Heni hanya untuk Andi Seorang tak ada yang lain Selain Andi di Lubuk hati kecil  Heni  yang paling dalam  

Terseyum la di saat kau mengiatkan ku karena  di saat itu aku tak ada di sampingmu dan aku saat merindukanmu dan menangislah disaat kau merindukan ku di saat itu aku  tak ada di sampingmu tetapi pejamkan la matamu yang saat  indah kamu itu karena  di saat itu aku ada rasa di dekatmu karena aku ada berada di  hati  aku  untuk  selamanya  tak ada

Lagi tersisah  lagi untukmu selain kenangan indah   bersama mu mata  indah dengan  mu dan  ku merasa biasa melihatmu dan mata indah dahulu jadi milikku kini merasa jauh meninggalkan ku hidupan merasa kosong  tampahmu  keindahan mu hatimu, jiwa, raga ,ku hanya untuk kamu sosok orang  yang  aku cintai sekarang yaitu kamu karena kamu adalah

Segalanya bagiku dan sebagian  dalam  hidup dan cinta mu tak akan pernah membebaskan ku bagaimana  mungkin  aku bisa terbang mencari cinta yang lain saat sayap-sayap ku patah  karena mu dan cinta mu akan tinggal bersama ku hingga akhir hayatku hanya untuk  bersama mu

Kau tak akan pernah terganti di dalam hidupku ibaratkan kau  bagaikan logam  dan emas  permata bagi  ku, kenanganmu selalu ku kenangan di dalam hidupku untuk selamanya, karena  kau wanita   yang  bisa membangunkan ku disaat aku ada masalah dan kamu memberi semangatku dan selalu mengiatku,kamu adalah segalanya bagi ku yang tak pernah ku lupakan untuk selamanya dalam hidupku di mana kali kita bertemu,

cintamu tak akan pernah hilang dalam hidupku yang selalu ada di hatiku, karena sosok  dirimu saat berarti dalam kehidupan ku , karena kamu adalah segalanya bagiku dan sebagian dalam hidup    hanya untuk kamu, dan kamu tak bisa tergantikan dalam hidupku hanya untuk bersama mu sampai akhir riwayat ku hanya untuk bersama mu.satu perminta”an ku kepada dirimu jangan pernah kecewakan hati orang lain. Orang yang ingin berlindung kepada dirimu 

Kau    Bagikan Bintang
Aku adalah Bumi
Dalam  gelap  aku  terang
Jadikan’’ lah  kau  senjah
Karena   gelap   kau  selalu  ada
Karena   gelap   Kau selalu bersinar 
Aku   hanya’’ lah   Bintang 
Kau   hanya   Bumi    dalam   gelap
Kita   berbagi   dalam  gelap
Kita   abadi   untuk   selama’’nya  

Mungkin  banyak  orang berkata  ini  adalah  kisah  cinta  Andi  dan  Heni Puspita

Hal ini untuk menjaga kesetiaan cintanya selamanya  




SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
                                     8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek
                                 


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca

Penulisan cerpen
o Membaca cerita pendek
o Bertanya jawab untuk menentukan ide-ide pokok cerpen sesuai  dengan alur cerpen
o Mengembangkan ide-ide  pokok dengan kalimat sendiri  menjadi cerpen kembali
o Menyunting cerpen yang sudah ditulis.
·         Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur dalam cerpen

·        Mampu mengembangkan  ide-ide pokok menjadi cerpen


Penugasan individual/ke-lompok








Pekerjaan rumah (PR)







§ Tulislah ide-ide pokok cerpen yang sudah kau baca sesuai dengan alurnya.
§ Kembangkanlah ide-ide pokok itu menjadi cerpen lagi dengan kalimatmu sendiri!lah
§ Suntinglah cerpenmu itu!
4 X 40’
Media cetak
Buku teks


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

Penulisan cerpen
o Mendata peristiwa yang mengesankan yang pernah dialami
o Memilih peristiwa yang paling mengesankan
o Menentukan konflik cerita
o Merangkai peristiwa menjadi alur/kerangka cerita
o Mengembangkan alur/kerangka cerita menjai cerpen
o Menyunting cerpen karya sendiri dan teman
·   Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
·   Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih
·   Menentukan alur cerita
·   Mampu menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

Tes praktik/kinerja








Uji petik kerja






·    Tulislah cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah kamu alami dengan langkah: datalah peristiwa yang pernah kamu alami, pilihlah satu peristiwa yang berkonflik, tentukan alur cerita, kembangkan menjadi sebuah cerpen, dan suntinglah cerpen itu!
6 X 40’
Pengalaman pribadi
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )






Keterangan :
Sesuai dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.                                                   
    Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.

..........., ......................20 ...
Mengetahui,                                                                                                     Guru mata pelajaran
Kepala ...................                                                                                                                       



............................................                                                                                                                        ..................................................
NIP/NIK                                                                                                          NIP/NIK






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                : SMP Negri 2 Lubuklinggau
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : IX/1
Alokasi Waktu                : 6 x 40 ( 3x pertemuan )
Standar Kompetensi : 8.   Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman
dalam cerita pendek
Kompetensi Dasar        : 8.2.Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
- menentukan tema cerita;
- menentukan tokoh dan penokohan;
- menentukan alur dan latar cerita;
- menulis cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh, alur, dan latar.
- menggunakan tanda petik dan petik tunggal.

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

II. Materi Ajar
- Cerpen yang bertolak dari peristiwa yang dialami

III. Metode Pembelajaran
- Contoh - Latihan
- Tanya jawab - Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
A. Kegiatan Awal
    Apersepsi :
- Bertanya jawab tentang pengalaman menulis cerpen
- Bertanya jawab tentang tema cerita yang disukai
    Memotivasi :
- Salah satu siswa diminta menceritakan pengalamannya ketika menulis
   cerpen. Siswa lain menyimak dan menanggapi dengan pertanyaan atau pernyataan.

B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat  menentukan tema cerita;
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menentukan tokoh dan penokohan;
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menentukan alur dan latar cerita;
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menulis cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh, alur, dan latar.
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menggunakan tanda petik dan petik tunggal.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Merumuskan tema, tokoh, latar, dan alur cerita. Kemudian, siswa mendiskusikannya dalam diskusi kelas.
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

V. Sumber/Bahan/Alat
- Ide untuk menulis cerpen
- Nara sumber Buku Bahasa Indonesie.

VI. Penilaian
·     Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam  alur
·  Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya.

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·    Ceritakan kembali isi cerpen sesuai dengan alur aslinya!

Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
Mengidentifikasi tema, tokoh, latar, alur untuk pedoman
menyusun cerpen dengan memerhatikan keaslian ide
dan kreativitas
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
5

2
Mengembangkan tema, tokoh, latar, dan alur dalam sebuah
cerpen dengan memerhatikan gaya bahasa yang menarik
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
5

3
Membacakan cerpen dengan memerhatikan lafal, intonasi,
dan ekspresi
a. Menarik (3)
b. Kurang menarik (2)
c. Tidak menarik (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Perhitungan nilai akhir
Nilai akhir :     Skor yang diperoleh       X   100  
                                                Skor maksimak


Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  2016
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................





Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar