Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman
dalam cerita pendek / cerpen
Cerpen merupakan jenis karya sastra yang cukup diminati
oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan mudahnya kita menemukan cerpen di
kalangan Koran atau majalah maupun di perpustakaan, miskipun tempat yang lain.
Minat masyarakat cerpen yang begitu banyak, termasuk manfaat menulis cerpen.
Kisah atau perjalanan hidup seseorang atau kisah si pengarang sendiri mau pun
kisah orang lain. Termasuk manfaat menulis cerpen atau Novel.
Manfaat cerpen
Banyak ahli yang
mengeutarakan berbagikan manfaat cerpen,
berikut ini pembahasan mengenaikan manfaat karya sastra, termasuk cerpen atau
novel, menurut beberapa FiLsuf yunani kuno, selain itu, akan di kemukan
beberapa manfaat menulis cerpen secara umum yang mungkin juga sudah pernah
kalian rasakan.
Menentukan topik tentang kehidupan orang lain dalam
mengarang tersebut
-
Penokohan , konfilik , sudut pandadang, alur ,
tema , amanat
Ada dampak elemen
dalam mengarang
-
Menarik perhatian para pembaca
-
Pemilihan kosa kata dalam mengarang
-
Menggunakan bahasa baku baik dan benar mudah di
pahami para pembaca
Sinopsis – Cerpen
– Cerita Pendek
Sebuah desa di daerah kota lubuklinggau Provinsi Sumatra Selatan tinggal seorang gadis cantik
ayu jelita yang bernama Heni Puspita
dia tidak hanya cantik tapi juga memiliki hati yang mulia dan soleha
luar biasa.lelaki ini membuat hati Heni
terkesan kepada Andi
Pada saat itu awal
dari pertemuan nya yaitu padangan
pertama melihat Andi, Sosok lelaki yang
sederhana dan mandiri yang berasal dari sebuah
Desa Karang Dapo Musi Rawas ilir, Namun hati Heni berkata
dia la orang yang ku cari selama ini Lelaki imipian nya.
Saat itu Andi berkata
berlahan – lahan dan sambil bercanda pada Heni pada sebuah tempat untuk mengadu
isi hati nya kepada Heni.
Heni - Andi berusahan
mencari Heni. tapi Heni tidak menjadi
batas waktu. saat itu setiap kali Andi
merindukan Heni dia datang di sebuah
tempat di mana kali dia bertemu lalu membicarakan dengan Heni
ada sebuah Kesan – Pesan sebuah
cinta Heni kepada Andi tersebut. Andi berkata kepada Heni Seluruh Raga jiwa
nya menyerahkan hanya untuk Heni sampai akhir hayat nya hidup bersama heni
sampai waktu nya tiba nanti.
Namun ada lelaki Asing ingin masuk ke hati Heni yang ingin mengodah hati nya Heni tapi hati Heni tidak bergoyang sedikit pun pada lelaki tersebut karena hati Heni hanya
untuk Andi Seorang tak ada yang lain Selain Andi di Lubuk hati kecil Heni
yang paling dalam
Terseyum la di saat kau mengiatkan ku karena di saat itu aku tak ada di sampingmu dan aku
saat merindukanmu dan menangislah disaat kau merindukan ku di saat itu aku tak ada di sampingmu tetapi pejamkan la
matamu yang saat indah kamu itu
karena di saat itu aku ada rasa di
dekatmu karena aku ada berada di
hati aku untuk
selamanya tak ada
Lagi tersisah lagi
untukmu selain kenangan indah bersama
mu mata indah dengan mu dan
ku merasa biasa melihatmu dan mata indah dahulu jadi milikku kini merasa
jauh meninggalkan ku hidupan merasa kosong
tampahmu keindahan mu hatimu,
jiwa, raga ,ku hanya untuk kamu sosok orang
yang aku cintai sekarang yaitu
kamu karena kamu adalah
Segalanya bagiku dan sebagian dalam hidup dan cinta mu tak akan pernah membebaskan
ku bagaimana mungkin aku bisa terbang mencari cinta yang lain saat
sayap-sayap ku patah karena mu dan cinta
mu akan tinggal bersama ku hingga akhir hayatku hanya untuk bersama mu
Kau tak akan pernah terganti di dalam hidupku ibaratkan kau bagaikan logam dan emas
permata bagi ku, kenanganmu selalu
ku kenangan di dalam hidupku untuk selamanya, karena kau wanita
yang bisa membangunkan ku disaat
aku ada masalah dan kamu memberi semangatku dan selalu mengiatku,kamu adalah segalanya
bagi ku yang tak pernah ku lupakan untuk selamanya dalam hidupku di mana kali
kita bertemu,
cintamu tak akan pernah hilang dalam hidupku yang selalu ada
di hatiku, karena sosok dirimu saat
berarti dalam kehidupan ku , karena kamu adalah segalanya bagiku dan sebagian
dalam hidup hanya untuk kamu, dan kamu
tak bisa tergantikan dalam hidupku hanya untuk bersama mu sampai akhir riwayat
ku hanya untuk bersama mu.satu perminta”an ku kepada dirimu jangan pernah
kecewakan hati orang lain. Orang yang ingin berlindung kepada dirimu
Kau Bagikan Bintang
Aku
adalah Bumi
Dalam gelap
aku terang
Jadikan’’
lah kau
senjah
Karena gelap
kau selalu ada
Karena gelap
Kau selalu bersinar
Aku hanya’’ lah
Bintang
Kau hanya
Bumi dalam gelap
Kita berbagi
dalam gelap
Kita abadi
untuk selama’’nya
Mungkin banyak
orang berkata ini adalah
kisah cinta Andi
dan Heni Puspita
Hal
ini untuk menjaga kesetiaan cintanya selamanya
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan
pengalaman dalam cerita pendek
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah
dibaca
|
Penulisan cerpen
|
o
Membaca cerita pendek
o
Bertanya jawab untuk menentukan ide-ide pokok cerpen
sesuai dengan alur cerpen
o
Mengembangkan ide-ide
pokok dengan kalimat sendiri
menjadi cerpen kembali
o
Menyunting cerpen yang sudah ditulis.
|
·
Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur
dalam cerpen
·
Mampu mengembangkan
ide-ide pokok menjadi cerpen
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
§ Tulislah ide-ide pokok
cerpen yang sudah kau baca sesuai dengan alurnya.
§ Kembangkanlah ide-ide
pokok itu menjadi cerpen lagi dengan kalimatmu sendiri!lah
§ Suntinglah cerpenmu
itu!
|
4 X 40’
|
Media cetak
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
|||
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Penulisan cerpen
|
o
Mendata peristiwa yang mengesankan yang pernah dialami
o
Memilih peristiwa yang paling mengesankan
o
Menentukan konflik cerita
o
Merangkai peristiwa menjadi alur/kerangka cerita
o
Mengembangkan alur/kerangka cerita menjai cerpen
o
Menyunting cerpen karya sendiri dan teman
|
·
Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
·
Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih
·
Menentukan alur cerita
· Mampu menulis cerita
pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah cerpen
berdasarkan peristiwa yang pernah kamu alami dengan langkah: datalah
peristiwa yang pernah kamu alami, pilihlah satu peristiwa yang berkonflik,
tentukan alur cerita, kembangkan menjadi sebuah cerpen, dan suntinglah cerpen
itu!
|
6 X 40’
|
Pengalaman pribadi
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sesuai dengan standar
proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup.
Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan
pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
..........., ......................20 ...
Mengetahui, Guru
mata pelajaran
Kepala ...................
............................................ ..................................................
NIP/NIK
NIP/NIK
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negri 2 Lubuklinggau
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi Waktu : 6 x 40 ( 3x pertemuan )
Standar Kompetensi : 8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan
pengalaman
dalam cerita pendek
Kompetensi Dasar : 8.2.Menulis cerita pendek bertolak dari
peristiwa yang pernah dialami
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
- menentukan tema cerita;
- menentukan tokoh dan penokohan;
- menentukan alur dan latar cerita;
- menulis cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh, alur,
dan latar.
- menggunakan tanda petik dan petik tunggal.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
II. Materi Ajar
- Cerpen yang bertolak dari peristiwa yang dialami
III. Metode Pembelajaran
- Contoh - Latihan
- Tanya jawab - Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
A. Kegiatan Awal
Apersepsi :
- Bertanya jawab tentang pengalaman menulis cerpen
- Bertanya jawab tentang tema cerita yang disukai
Memotivasi :
- Salah satu siswa diminta menceritakan pengalamannya ketika menulis
cerpen. Siswa lain menyimak dan
menanggapi dengan pertanyaan atau pernyataan.
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu
bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat menentukan tema cerita;
F memfasilitasi Peserta didik dapat
menentukan tokoh dan penokohan;
F memfasilitasi Peserta didik dapat
menentukan alur dan latar cerita;
F memfasilitasi Peserta didik dapat menulis
cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh, alur, dan latar.
F
memfasilitasi
Peserta didik dapat menggunakan tanda petik dan petik tunggal.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
Merumuskan tema, tokoh, latar, dan alur cerita.
Kemudian, siswa mendiskusikannya dalam diskusi kelas.
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Ide untuk menulis cerpen
- Nara sumber Buku Bahasa Indonesie.
VI. Penilaian
·
Penilaian
proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Menentukan bagian-bagian cerita dengan
panduan tahap-tahap dalam alur
· Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
sesuai dengan alur aslinya.
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Ceritakan kembali isi cerpen sesuai
dengan alur aslinya!
|
Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
|
Aspek
Penilaian
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
Mengidentifikasi tema, tokoh, latar, alur untuk pedoman
menyusun cerpen dengan memerhatikan keaslian ide
dan kreativitas
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
|
5
|
|
2
|
Mengembangkan tema, tokoh, latar, dan alur dalam sebuah
cerpen dengan memerhatikan gaya bahasa yang menarik
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
|
5
|
|
3
|
Membacakan cerpen dengan memerhatikan lafal, intonasi,
dan ekspresi
a. Menarik (3)
b. Kurang menarik (2)
c. Tidak menarik (1)
|
5
|
|
Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45
Perhitungan nilai akhir
Nilai akhir : Skor
yang diperoleh X 100
Skor maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 2016
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 komentar:
Posting Komentar