Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Google News Tomy Putra Linggau



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMP Negri 2 Lubuklinggau
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : IX/1
Alokasi Waktu          : 6 x 40 ( 3x pertemuan )
Standar Kompetensi : 8.   Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman
dalam cerita pendek
Kompetensi Dasar    : 8.2.Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
- menentukan tema cerita;
- menentukan tokoh dan penokohan;
- menentukan alur dan latar cerita;
- menulis cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh, alur, dan latar.
- menggunakan tanda petik dan petik tunggal.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

II. Materi Ajar
- Cerpen yang bertolak dari peristiwa yang dialami

III. Metode Pembelajaran
- Contoh - Latihan
- Tanya jawab - Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
A. Kegiatan Awal
    Apersepsi :
- Bertanya jawab tentang pengalaman menulis cerpen
- Bertanya jawab tentang tema cerita yang disukai
    Memotivasi :
- Salah satu siswa diminta menceritakan pengalamannya ketika menulis
   cerpen. Siswa lain menyimak dan menanggapi dengan pertanyaan atau pernyataan.

B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat  menentukan tema cerita;
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menentukan tokoh dan penokohan;
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menentukan alur dan latar cerita;
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menulis cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh, alur, dan latar.
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menggunakan tanda petik dan petik tunggal.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Merumuskan tema, tokoh, latar, dan alur cerita. Kemudian, siswa mendiskusikannya dalam diskusi kelas.
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

V. Sumber/Bahan/Alat
- Ide untuk menulis cerpen
- Nara sumber Buku Bahasa Indonesie.

VI. Penilaian
·     Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam  alur
·  Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya.

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·    Ceritakan kembali isi cerpen sesuai dengan alur aslinya!

Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
Mengidentifikasi tema, tokoh, latar, alur untuk pedoman
menyusun cerpen dengan memerhatikan keaslian ide
dan kreativitas
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
5

2
Mengembangkan tema, tokoh, latar, dan alur dalam sebuah
cerpen dengan memerhatikan gaya bahasa yang menarik
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
5

3
Membacakan cerpen dengan memerhatikan lafal, intonasi,
dan ekspresi
a. Menarik (3)
b. Kurang menarik (2)
c. Tidak menarik (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Perhitungan nilai akhir
Nilai akhir :     Skor yang diperoleh       X   100  
                                    Skor maksimak


Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  2016
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar