Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Sekolah
: SMP …………… Lubuklinggau
Matapelajaran
: IPS Terpadu
Kelas/Semester
: VII
Topik/Tema
: Potensi dan Pemanfaatan Sumber
Daya Alam
Sub
Tema : A. Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam
Alokasi
Waktu : 8 JP ( 8 x 40 Menit )
A.Pembelajaran
1.
KompetensiI Inti dan Kompetensi Dasar
a.KompetensiI inti (KI)
1)Menghargai
dan menghayati ajaranaga mayang di anutnya
2)Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial danalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
3)Memahamipengetahuan(faktual,konseptual,danprosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait
fenomenadan kejadian
tampak mata
4)Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,dan membuat)danranahabstrak(menulis,membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/ teori.(KI4)
b.Kompetensi Dasar (KD)
1.1menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1menunjukkanperilakurasaingintahu,peduli,menghargai,
dan bertanggungjawab terhadap
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik
3.1memahamiaspekkeruangandankonektivitasantarruang
dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia ( ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik )
4.1menyajikanhasiltelaahaspekkeruangandankonektivitas
antarruangdanwaktudalamlingkupregionalsertaperubahan dan keberlanjutan
kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
2.TujuanPembelajaran
Tujuan
Pembelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran ini adalah
Mendeskripsikanpengertiandan pengelompokkansumber daya alam.
3.MateriPembelajaran
Pengertian
dan Pengelompokan sumber daya alam.
4.PendekatandanModelPembelajaran
Pendekatan
danModelpembelajaran yangdigunakandalam pembelajaran sub tema pengertian dan
pengelompokkan sumber daya alam adalah :
a.Pendekatan saintifik
b.Modelpembelajarankooperatif(cooperativelearning)
5.Langkah-LangkahKegiatanPembelajaran
a.Pendahuluan
1)Salam,doa,danmemeriksakehadiranpesertadidik.
2)Apersepsi:
Gurumengajakpeserta didik memerhatikan SDA yang ada di sekitar lingkungan
masing-masing. Apakah SDA yang tersedia di daerah kalain mampu memenuhi
kebutuhan daerahkalain?Kegiataninimerupakanajakankepadapeserta didik untuk berpikir tentang
ketersediaan sumber daya alam dalam kaitannya dengan
pemenuhan kebutuhan manusia. Peserta
didikharus mampu
mensyukuri anugerah tersedianya
sumberdayauntukmemenuhikebutuhan
3)Menyampaikantopikdan
tujuanpembelajaran.
b.KegiatanInti
1)Mengamati
Peserta didik mengamati gambar
pemandangan alam salah satu daerah diIndonesia.
2)Menanya
Peserta didik menanyakan atau
mempertanyakan tentang ketersediaansumber daya alam yang ada. Ketersediaan
sumber daya alam tersebut mampu memenuhi kebutuhan
manusia.Sumberdayaalamtersebutdapatdikelompokkan ke dalam
beberapa jenis sesuai
kategorinya. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada
pertanyaan-pertanyaan pencapaian kompetensi dasar.
3)Mengumpulkandata/informasi
a. Pesertadidikmembacabukutekspelajaran/referensi
lain yang relevan tentang pengertian dan pengelompokan sumber daya alam.
b. Pesertadidikmenelaahtentangpotensisumberdayaalam
daerah masing-masing dan
manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
4)Mengasosiasi
a. Pesertadidikmelakukankegiatancurahpendapatuntuk
menganalisis potensi sumber daya alam daerah masing- masing dan manfaatnya bagi
kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
b. Peserta
didik merumuskan simpulan dari hasil curah
pendapat tentang keterkaitan potensi
sumber daya alam daerah masing-masing dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi,
sosial, dan budaya.
5)Mengomunikasikan
a)Pesertadidikmempresentasikanhasilanalisisdatadidepan kelas
yang diwakili
oleh salah
satu anggota
kelompok masing-masing, anggota kelompok lain
memberikan tanggapan.
b)Pesertadidikmenyajikanhasilsimpulanpadamedia:majalah
dindingkelas/sekolah,majalahsekolah,mengunggahnya
diblogmasing-masing.
c.Penutup
1)Kesimpulan:
Pesertadidikbersamagurumembuatkesimpulan hasil pembelajaran.
2)Evaluasi:
Tuliskan contoh potensi sumber daya alam.
3)Refleksi:
a. Peserta
didik diminta
menjawab pertanyaan
reflektif
misalnya:
apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
b.Pengetahuanberharga/baruapayangkamuperolehpada
pembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap kita kalau memperoleh
sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
4)Menyampaikanmateriyangakandatang
B.PenilaiandanTindakLanjut
1.Penilaian
Penilaian dilakukan
menggunakan teknik penilaian
autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik observasi dengan menggunakan rubrik,
aspek pengetahuan dengan tes lisan
berbentukuraiandanaspekketerampilandenganobservasiseperti tampak pada contoh
berikut :
a.PenilaianSikap
Rubrik Penilaian Sikap
No Nama
|
Sikap
Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Total
Nilai
|
|||
Menghayati karunia Tuhan
|
Tanggung
Jawab
|
Rasa
Ingin
Tahu
|
Peduli
|
|||
1 – 4
|
1 - 4
|
1 - 4
|
1 – 4
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Nilai
sikap siswa : Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 4
b.PenilaianPengetahuan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Jelaskan pengertian sumber daya
alam!
|
2
|
Uraikan macam-macam sumber daya alam menurut kemungkinan pemu- lihannya!
|
3
|
Uraikan macam-macam sumber daya
alam menurut materinya!
|
4
|
Uraikan macam-macam sumber daya
alam menurut habitatnya!
|
5
|
Upaya apakah yang dilakukan agar sumber daya alam yang tidak
diperbarui dapat bertahan lama?
|
Keterangan
:
Tiap
nomor diberi nilai 2 maka nilai pengetahuan adalah 5 x 2
c.PenilaianKeterampilan
Rubrik
Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama
Pe- serta
Didik
|
Kemampuan
Presentasi
1 – 4
|
Kemampuan
Berargumen- tasi
1 - 4
|
Kemam-
puan men- jawab
1 - 4
|
Pengua-
saan
Materi
1 – 4
|
Jumlah
Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1) Skor rentang antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2) Nilai = jumlah nilai dibagi 4
Rubrik
Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Pemaha- man materi
1 – 4
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
1 – 4
|
Berkon- tribusi
1 - 4
|
Kemampuan
menerima pendapat teman
1 – 4
|
Jumlah
Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1) Skor rentang antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2) Nilai = Jumlah nilai dibagi 4
2.Tindaklanjut
Hasil penilaian oleh pendidik
dianalisa lebih lanjut untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar,
dikembalikan kepada peserta didik dengan disertai feedback berupa komentar yang mendidik (penguatan). Laporan hasil
penilaian oleh pendidik disampaikan kepada kepala sekolah dan pihak lain yang
terkait, misal : wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling, dan orang tua/ wali
pada periode yang ditentukan dan dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik
dalam bentuk buku rapor. Sebelum hasil penilaian dimasukkan dalam buku rapor,
perlu dilakukan analisis
terlebihdahuluapakahnilaipesertadidiksudahmemenuhiKriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yang telah ditentukan sekolah. Apabila nilai peserta didik belum memenuhi
KKM, maka perlu dilakukan remedial sampai nilai mencapai KKM. Untuk peserta
didik yang telah mencapai atau melebihi KKM perlu dilakukan pengayaan, agar
peserta didik memiliki wawasan yang lebih luas.
C.Remedial
Program
remedial dilaksanakan juga sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian.
Bentuk dan layanan program remedial berbeda antara pencapaian kompetensi sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Bentuk layanan
remedial untuk kompetensi sikap dapat
dilakukan melalui kegiatan bimbingan konseling, pembiasaan terprogram,
maupun cara yang lain. Kegiatan
layanan ini dapat melibatkan guru bimbingan konseling, wali kelas, atau guru
lain yang sesuai. Remedial untuk
kompetensi pengetahuan dapat dilakukan dengan
cara mengulang
kembali pembelajaran dari materiyangdianggap sulit, atau dengan penugasan.Remedialdapatdilakukandenganalternatifsebagaiberikut:
1.Pemberianbimbingansecarakhususbagipesertayangmengalami
kesulitan,danyangbelummencapaiKKM.
2.Pemberiantugas-tugasatauperlakuan(treatment)secarakhusus, baik dipandu
langsung oleh guru atau tutor sebaya oleh kelompok yang terlebih dahulu
mencapai ketuntasan belajar (learning
mastery) yangsifatnyapenyederhanaandaripelaksanaanpembelajaran.
3.Pemberiantesulangdenganpenyederhanaan.
D.
Pengayaan
Pengayaandilaksanakansebagaitindaklanjutanalisishasilpenilaian.
Pengayaan dilakukan dengan cara peserta didik dapat membaca buku teks
lain atau browsing internet terkait dengan materi pengertian dan pengelompokansumberdayaalam.
KekayaanalamdiIndonesiayangmelimpahterbentukolehbeberapa
faktor,antaralainsepertiberikut.
1.Dilihatdarisisiastronomi,Indonesiaterletakpadadaerahtropisyang
memilikicurah hujanyang tinggi sehinggabanyakjenistumbuhan yang dapat hidup dan
tumbuh dengan cepat.
2.Dilihat dari sisi geologi, Indonesia terletak pada titik
pergerakan
lempengtektoniksehinggabanyakterbentukpegununganyangkaya
akan mineral.
3.DaerahperairandiIndonesiakayasumbermakananbagiberbagai
jenistanamandanhewanlaut,sertamengandungberbagaijenis
sumber mineral.
Sumber daya alam
di Indonesia
tidak terbatas pada kekayaan
hayatinya saja. Berbagai daerah di
Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang,
seperti petroleum, timah, gas alam,
nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak.
Di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baik digunakan
untuk berbagaijenis tanaman. Wilayah perairan yang mencapai7,9juta km2juga
menyediakanpotensi alam yang sangat besar.
Sumber
daya alam memiliki peranan dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Untuk memudahkan
pengkajian, pemanfaatan SDA dibagi
berdasarkansifatnya,yaituSDAhayatidannonhayati.
1.SumberDayaAlamHayati
Sumberdayaalamhayatiadalahsumberdayaalamyanghidup.
Yangtermasuksumberdayaalamhayatiantaralainsepertiberikut. a. Tumbuhan
Tumbuhan
merupakan sumber daya alam yang sangat beragam dan melimpah. Organisme ini
memiliki kemampuan untukmenghasilkanoksigendanpatimelaluiprosesfotosintesis.
Olehkarenaitu,tumbuhanmerupakanprodusenataupenyusun dasar rantai makanan.
Eksploitasi tumbuhan yang berlebihan
dapatmengakibatkankerusakanbahkankepunahandanhal iniakan
berdampakpadarusaknyarantaimakanan.Kerusakan yang terjadi karena punahnya salah
satu faktor dari rantai makanan akan berakibat punahnya konsumen tingkat di
atasnya. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia di antaranya seperti berikut.
1)Bahanmakanan:padi,jagung,gandum,tebu
2)Bahanbangunan:kayujati,kayumahoni
3)Bahanbakar(biosolar):kelapasawit
4)Obat:jahe,daunbinahong,kina,mahkotadewa
5)Pupukkompos.
b.PertaniandanPerkebunan
Indonesia dikenal sebagai negara
agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di
bidang pertanian atau bercocok tanam. Data statistik pada tahun 2001
menunjukkanbahwa45%pendudukIndonesiabekerjadibidang
agrikultur. Hal ini didasarkan
pada kenyataan bahwa negara ini
memilikilahanseluaslebihdari31jutahayangtelahsiaptanam, di mana sebagian
besarnyadapat ditemukandi Pulau Jawa.
PertaniandiIndonesiamenghasilkanberbagaimacamtumbuhan
komoditiekspor,antaralainpadi,jagung,kedelai,sayur-sayuran, cabai, ubi, dan
singkong. Di samping itu, Indonesia juga dikenal
denganhasilperkebunannya,antaralainkaret(bahanbakuban), kelapa sawit (bahan
baku minyak goreng), tembakau (bahan baku obat dan rokok), kapas (bahan baku
tekstil), kopi (bahan minuman), dan tebu (bahan baku gula pasir).
c.Hewan:PeternakandanPerikanan
Sumber
daya alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan.
Pemanfaatannya dapat sebagai
pembantu pekerjaan berat
manusia, seperti kerbau dan kuda atau sebagai sumber bahan
pangan, seperti unggas dan sapi. Untuk menjaga keberlanjutannya, terutama untuk
satwa langka, pelestarian secara in situ dan
ex situ terkadang harus dilaksanakan.
Pelestarian in situ adalah
pelestarian yang dilakukan di habitat asalnya, sedangkan pelestarian ex situ adalah pelestarian dengan
memindahkan hewan tersebut dari habitatnya ke tempat lain. Untuk memaksimalkan
potensinya, manusia membangun sistem peternakan, dan juga perikanan, untuk
lebih memberdayakan sumber daya hewan.
2.SumberDayaAlamNonhayati
a.HasilTambang
Sumber daya alam hasil penambangan
memiliki beragam fungsibagikehidupanmanusia,sepertibahandasarinfrastruktur,
kendaraanbermotor,sumberenergi,maupunsebagaiperhiasan. Berbagai jenis
bahan hasil galain
memiliki nilai ekonomi yang besar dan hal ini memicu
eksploitasi sumber daya alam tersebut. Beberapa negara, seperti Indonesia dan
Arab, memiliki pendapatanyangsangatbesardarisektorini.Jumlahnyasangat terbatas. Oleh
karena itu, penggunaannya
harus dilakukan secaraefisein.
1)MinyakBumi
Minyak
bumi merupakan
salah satu bahan bakar
dan sumber energi yang sangat penting
kegunaannya, terutama untuk kendaraan. Bahan
bakar minyak bumi relatif lebih
mudah penanganannya dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Pada
kegiatan eksplorasi minyak bumi di Indonesia, umumnya
ditemukan cadangan-cadangan gas bumi. Gas
bumi ini disebut “Associated gas”
karena terdapat dalam satu reservoir dan dihasilkan bersama
minyak.
Jika
dihasilkan dari cadangan yang hanya
menghasilkan gas tanpa minyak, disebut “non-associated
gas”. Kedua macam gas tersebut ditemukan
dalam jumlah yang cukup besar.
Dewasa ini cadangan gas bumi Indonesia kira-kira 26,3 triliun kaki kubik
non associated gas dan 4,0 triliun
kaki kubik associated gas.
Nilaicadangangasbumimakinpentingterutamakarenasaat ini energi makin mahal dan
teknologi telah semakin maju. Melalui teknologi, gas bumi dapat dicairkan
secara ekonomis dan kemudian diangkut
ke tempat
konsumen yang jauh letaknya
maupun diekspor. Gas ini dijadikan bahan bakar
langsunguntukberbagaikeperluanataubahanbaku industri kimia. Endapan minyak bumi
di Indonesia berhubungan erat dengan cekungan-cekungan sedimen tersier. Formasi
batu pasir yang bersifat serpihan dan gampingan serta batuan vulkanik
berfungsi sebagai batuan
waduk atau penjebak. Dari cekungan-cekungandiIndonesia(60cekungan),diperkirakan jumlah minyak yang dapat dimanfaatkan dari potensi
yang ada mencakup 50 milyar barrel dan merupakan 25% dari
seluruhcadanganyangdiperkirakan.
Cekungan
sedimentersierdiIndonesia dapatdibagi menjadi dua sub cekungan, yaitu
Cekungan Sedimen Tersier WilayahBaratdanCekunganSedimenTersierWilayahTimur. Batas antara dua wilayah tersebut
adalah garis isobat (garis yangmenghubungkankedalamanlautyangsama)200meter.
Garis tersebut memanjang arah utara-selatan mulai lepas pantai Kalimantan Timur
(Selat Makassar) ke arah selatan
hinggaSelatLombok.CekunganSedimenTersierWilayah
BaratantaralaintersebardisekitarPulauSumatra,Jawa,
dan Kalimantan. Cekungan Sedimen
Tersier Wilayah Timur terdapat diSulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Prosesterbentuknyaminyakbumidapatdiikhtisarkansebagai berikut.
a)Proses pengendapan batuan
induk pembentuk minyak (source rock). Pada tahap ini batuan yang
mengendap mengandung sisa-sisa organisme hewan atau tumbuhan yang merupakan
unsur karbon. Proses ini berlangsung jutaan
tahun. Pengendapan terjadi di daerah-
daerah cekungan(geosinklinal)didaratanataudidasarlaut.
b)
Prosespematanganbatuaninduk(maturity).Konsentrasi
endapan sisa organisme terdapat di lapis dalam endapan, sementara lapis-lapis di atasnya
yang menimbuninya makin menebal sehingga terjadi pemadatan (compaction), pembatuan (litification),dan pematangan (maturity). Temperatur bumi yang
meningkat menyebabkan batuan induk yang mengandung
karbon
(C) bereaksi
dengan hidrogen (H) dan membentuk
senyawa baru hidrokarbon yang banyakmengandungminyak dan gas. Bakal minyak yang terdapat
pada batuan induk tersebut dinamakan
kerogen,yangakanberubahwujudmenjadicair.
c)Proses
migrasi minyak dari batuan induk ke batuan sara (reservoir).Akibat tekanan yang tinggi, minyak akan keluar
daribatuaninduknyakebatuansarang.
d)Prosespemerangkapan(trapping).Minyakcairterperangkap
padabatuanberpori(reservoir)yangmemilikidayaalirbaik.
Selanjutnya,jikagejala-gejala geologisdidaerah cekungan
yang terisi penuh oleh
lapisan-lapisan endapan
terus berlangsung dalam perimbangan gaya, dalam proses pemadatan,cairanminyakakanmenyusupdanberkonsentrasi di bagian-bagian pelapisan yang
mencembung (bentuk tektogen antiklin), sementara orogen antiklin muka
diratakan olehgayaeksogen.Cairanminyakdiantiklinituterpisah-pisah,
gas yang berat jenisnya terendah terkumpul di atas, air tanah dan air
garam-garaman di lapisan bawah, sedangkan minyak berada di antara keduanya.
Pada umumnya, endapan minyak
dijumpaididaerahgeosinklinyangtelahmengalamiperubahan
diformasiantiklin.Olehsebabitu,penambanganminyakbumi
banyak diusahakan orang di bentang dataran rendah atau reliefdangkal.
Dataran ini terbentuk dari perubahan cekungan yang
menjadi relief datar karena terisi
endapan-endapan dalam masa geologi
yang sangat panjang. Eksplorasi minyak dilakukanoleh ahli-ahligeologiteknikyang
ahli mengenai formasi cekungan dan struktur pelapisan batuan sehingga dalam
pencarian endapan minyak bumi tidak dilakukan di sembarang tempat. Penambangan minyak bumi dilakukan denganduacarasebagaiberikut.
a)Pengeboran
di daratan. Pengeboran ini menghasilkan
minyak bumi mentah yang dialirkan melalui pipa menuju
kilang-kilangpenyulinganminyakbumiuntukdiolah.
b)Pengeboran
lepas pantai (off shore). Minyak bumi
mentah dipompa dan ditampung dalam tangki-tangki
terapung, kemudian diangkut dengan
kapal menuju kilang-kilang penyulinganminyakbumiuntukdiolah.
2)BatuBara
Batubara merupakansalahsatusumber
energiutama, selain minyak dan gas bumi, yang banyak digunakan untuk keperluan
industri secara langsung. Misalnya: sebagai bahan
bakardalamindustrisemendanpembangkitlistriktenaga uap (PLTU), pembakaran batu
kapur dan genteng, pereduksi proses metalurgi (pengolahan bijih logam menjadi
logam berguna), sebagai kokas (arang sisa) konvensional, dan sebagaibahanbakar
padat (briket).Batubara merupakan bahanbakar tidak
berasap.Dalambatuansedimentersier di Indonesia, ditemukan
pulabatubara.Batubaramerupakan persenyawaan karbon (C), hidrogen (H), dan
oksigen (O). Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang sudah
menjadifosildanmengendapselamajutaantahun.Ketika
sisatetumbuhanmengalamiprosespembusukan(misalnya di rawa-rawa), tidak semuanya
luluh karena di bagian dalam kekurangan oksigen. Sisa tumbuhan yang tidak luluh
itu berubah manjadi humus. Proses pembatubaraan terjadi
melalui:massaendapanlapis-lapishumustertimbunlapis-lapis
tanah di bagian atasnya, kemudian terjadi proses pemadatan
dengantekanantinggibaikdarilapisbawahmaupundarilapis atas yang menimbuninya
sehingga bersuhu tinggi.
Kejadian
tersebut berlangsung lama (ratusan ribu bahkan jutaan tahun). Selanjutnya humus
berubah menjadi batu bara muda, baru kemudian menjadi batu bara. Selama proses
pembatubaraan berlangsung, kadar oksigen dan hidrogennya berangsur-angsur
berkurang, sedangkan kadar karbonnya (C)-nya makin tinggi. Jika kadar C-nya
mencapai 94% serta kadar O dan H-nya 6%, terjadilah batu bara berkadar panas
tinggi yang disebut anthrasit.
3)
Bijih Besi
Bijihbesimerupakanminerallogamterpenting.Besidisebut
jugalogamtulangpunggung(backbonemetal)danmempunyai
kegunaan yang sangat luas, seperti sebagai bahan dalam pembuatan alat transportasi,
alat berat, persenjataan berat,
dansebagainya.Logammurnibajaadalahbesiyangditambah
dengankarbon(kurangdari1%)untukmemberikekuatan dan kekerasan. Beberapa logam
seperti nikel, chromium, dan mangan dapat ditambahkan pula pada campuran baja
untuk menciptakan sifat-sifat tertentu.
4)
Nikel
Sebagai
unsur alloy, nikel digunakan dalam baja tahan
karatdandalampipatekanantinggiuntukbagianotomotifdan mesin. Bijih nikel telah
ditemukan di Pulau Gak, Pulau Gebe, Pegunungan Cyclop di Irian Jaya (Papua),
dan semenanjung tenggara Sulawesi. Indonesia merupakan salah satu negara yang
berpotensi besar dalam produk dari bijih nikel laterit, tetapi produksi
besar-besaran logam serta
produksi nikel lain
terpaksaditunda karena keadaan pasaran yangkurang menguntungkan.
5)
Mangan
Mangan termasuk unsur alloy yang
penting dalam pembuatan baja, terutama untuk mengeluarkan belerang dalam tanur
tinggi baja. Bahan pengganti mangan belum
ditemukan. Kira-kira 90% dari
konsumsi mangan ialah untuk keperluanmetalurgi.Mangandalamjumlahkecilditemukandi
PulauJawadandiPulauTernatesertaNusaTenggaraTimur.
6)
Tembaga
Mineral
ini merupakan salah satumetal dasar (base
metal) yang penting. Penggunaan terbesar ialah dalam alat listrik. Dalam
industri bangunan, tembaga juga diperlukan untuk
kawat,pipa,danlain-lain.DiIndonesia,posisitembagacukup
pentingdalammemberikandevisabaginegaradandiproduksi
diIrianJaya.EksplorasiintensifsedangdilakukandiSulawesi Utara dan Selatanyang diduga mengandung tembagaporfir seperti di Pilipina.
7)
Timah
Sebagai
logam dasar, timah mempunyai berbagai macam kegunaan, seperti sebagai lempengan
dicampur timbal digunakan untuk menyolder, dicampur tembaga sebagai brass.
Dalam industri elektronik, timah cukup penting, tetapi sekarang kegunaannya
tersaingi oleh barang-barang yang menggunakan bahan plastik dan aluminium.
Sebaran utama timah terdapat di Bangka-Belitung, Singkep, dan Kepulauan Riau.
Cadangan timah di Indonesia diperkirakan 1 juta ton, sebagian besar terdapat di
lepas pantai. Saat ini pabrik baja Krakatau memproduksi kebutuhan timah dalam
negeri.
8)
Aluminium dan Bauksit
Aluminium
digolongkan ke dalam logam ringan dan
memilikikegunaanyangluassekalidalambidangindustri dan konstruksi, serta alat
transportasi seperti kapal terbang, bus, kereta api, dan lain-lain. Bahan dasar
aluminium adalah bauksit.Bauksitbanyak ditemukandiKalimantanBaratdan Riau.
Pabrik alumina didirikan di P. Bintan dengan memakai biji bauksit berkadar
rendah, sedangkan di Asahan Sumatra Utara mereduksi alumina menjadi logam
aluminium. Potensi yang ada memungkinkan dapat diekspor.
9)
Belerang
Belerang merupakan bahanbaku
terpenting dalam industri kimia.Sebagianbesarbeleranginidijadikanasambelerang
yang merupakan bahan penting dalam
pembuatan pupuk serta dalam industri kimia lainnya. Sebagian lagi digunakan
dalam pengolahan mineral seperti nikel. Belerang ditemukan sebagai
endapanvulkanikdiSumatra,Jawa,NusaTenggara Timur, dan Sulawesi Utara.
10)
Batu kapur atau gamping
Batuaninimempunyaikegunaanyangsangatluas.Batuan
ini terdapat dalam
jumlah yang sangat
banyak di bumi. Dalampembuatan
jalan,konstruksibangunan,danlain-lain bangunan, bahan ini berfungsi sebagai
agregat dalam beton dankontruksijalan.Batukapurataugampingterdapathampir disemuapulaudiIndonesia.Bersamalempung,batugamping
merupakan bahan baku penting dalam pembuatan semen.
Pabrik-pabriksemenbermunculandiSumatraUtara,Sumatra Tengah, Sumatra Selatan,
Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Selanjutnya,
bermunculan pula di Timor, Sulawesi Selatan, dan Irian Jaya.
11)
Kaolin
Kaolin juga tergolong bahan galain
industri yang penggunaannya sangat luas dalam industri keramik dan
bahantahanapi.EndapankaolinterdapatantaralaindiJawa, Sumatra, Bangka, Belitung,
Kalimantan, dan Sulawesi. Dilihat dari segi geologi, Indonesia memiliki potensi
berbagai mineral yangsangatberagamdantersediabanyak.Beberapamineral tersebutantaralain:molibdeniumdiSulawesi,tembagaporfir di Sulawesi, Irian Jaya (Papua), Sumatra, dan Kalimantan,
mineralchromit dan kobalt di Sulawesi,Irian Jaya, dan sebagainya.Endapanporfir
tembaga banyakditemukandi pegunungantengahPapuaNugini.Karenakesamaangeologi,
diyakinidipegunungantengahIrianJayapunbanyakterdapat porfirtembaga,sepertiyang
saatini penambangannya dilakukan di
Tembagapura oleh perusahaan asing Free Port (Amerika Serikat).
E.Interaksidenganorangtua
Agar orang tua memahami tentang
hasil pembelajaran putra putrinya, makadiperlukanadanya
interaksidenganorangtua.Halinidilakukanjuga dalam rangka agar orang tua ikut
terlibat membantu proses pembelajaran
putra-putrinya,sehinggaantarasekolahdenganorangtuaterjadihubungan yang
harmonis, saling membantu dalam proses pembelajaran. Dengan demikian akan dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Contoh Lembar Monitoring Orang Tua
No
|
Hari dan Tanggal
|
Tema,
subtema
atau sub-sub tema
|
Judul tugas
|
Tandatangan
|
|
Orang tua
|
Guru
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Lubuklinggau, ……………..
Kepala
Sekolah
Guru
Mata Pelajaran IPS
..................................... .......................................
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar