Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Google New Portal Tomy Okes Putra Linggau



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )

Sekolah                 : SMP …………… Lubuklinggau
Matapelajaran       : IPS Terpadu
Kelas/Semester     : VII
Topik/Tema          : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Sub Tema             : A. Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam
Alokasi Waktu     : 8 JP ( 8 x 40 Menit )


                                    
A.Pembelajaran

1.    KompetensiI Inti dan Kompetensi Dasar

a.KompetensiI  inti (KI)
1)Menghargai dan menghayati ajaranaga mayang di anutnya

2)Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial danalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya

3)Memahamipengetahuan(faktual,konseptual,danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata

4)Mencoba,  mengolah,  dan menyaji dalam  ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi,dan membuat)danranahabstrak(menulis,membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.(KI4)

b.Kompetensi Dasar (KD)
1.1menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1menunjukkanperilakurasaingintahu,peduli,menghargai,
dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik
3.1memahamiaspekkeruangandankonektivitasantarruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia ( ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik )


4.1menyajikanhasiltelaahaspekkeruangandankonektivitas antarruangdanwaktudalamlingkupregionalsertaperubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

2.TujuanPembelajaran
Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran ini adalah Mendeskripsikanpengertiandan pengelompokkansumber daya alam.

3.MateriPembelajaran
Pengertian dan Pengelompokan sumber daya alam.

4.PendekatandanModelPembelajaran
Pendekatan danModelpembelajaran yangdigunakandalam pembelajaran sub tema pengertian dan pengelompokkan sumber daya alam adalah :
a.Pendekatan saintifik
b.Modelpembelajarankooperatif(cooperativelearning)

5.Langkah-LangkahKegiatanPembelajaran
a.Pendahuluan
1)Salam,doa,danmemeriksakehadiranpesertadidik.
2)Apersepsi: Gurumengajakpeserta didik memerhatikan SDA yang ada di sekitar lingkungan masing-masing. Apakah SDA yang tersedia di daerah kalain mampu memenuhi kebutuhan daerahkalain?Kegiataninimerupakanajakankepadapeserta didik untuk berpikir tentang ketersediaan sumber daya alam dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan manusia. Peserta didikharus mampu mensyukuri anugerah tersedianya sumberdayauntukmemenuhikebutuhan
3)Menyampaikantopikdan tujuanpembelajaran.

b.KegiatanInti
1)Mengamati
Peserta didik mengamati gambar pemandangan alam salah satu daerah diIndonesia.


2)Menanya
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang ketersediaansumber daya alam yang ada. Ketersediaan sumber daya alam tersebut mampu memenuhi kebutuhan manusia.Sumberdayaalamtersebutdapatdikelompokkan ke  dalam  beberapa  jenis sesuai kategorinya.  Pada  saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan pencapaian kompetensi dasar.

3)Mengumpulkandata/informasi
a.  Pesertadidikmembacabukutekspelajaran/referensi lain yang relevan tentang pengertian dan pengelompokan sumber daya alam.
b.   Pesertadidikmenelaahtentangpotensisumberdayaalam
daerah masing-masing dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.

4)Mengasosiasi
a.   Pesertadidikmelakukankegiatancurahpendapatuntuk menganalisis potensi sumber daya alam daerah masing- masing dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
b.   Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah
pendapat tentang keterkaitan potensi sumber daya alam daerah masing-masing dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.

5)Mengomunikasikan
a)Pesertadidikmempresentasikanhasilanalisisdatadidepan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
b)Pesertadidikmenyajikanhasilsimpulanpadamedia:majalah dindingkelas/sekolah,majalahsekolah,mengunggahnya
diblogmasing-masing.


c.Penutup
1)Kesimpulan:
Pesertadidikbersamagurumembuatkesimpulan  hasil pembelajaran.
2)Evaluasi:
Tuliskan contoh potensi sumber daya alam.
3)Refleksi:
a. Peserta  didik  diminta   menjawab  pertanyaan  reflektif
misalnya: apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
b.Pengetahuanberharga/baruapayangkamuperolehpada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
4)Menyampaikanmateriyangakandatang

B.PenilaiandanTindakLanjut

1.Penilaian
Penilaian  dilakukan  menggunakan  teknik  penilaian  autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk menilai aspek sikap digunakan teknik observasi dengan menggunakan rubrik, aspek pengetahuan dengan tes lisan berbentukuraiandanaspekketerampilandenganobservasiseperti tampak pada contoh berikut :

a.PenilaianSikap

Rubrik Penilaian Sikap





No    Nama
Sikap
Spiritual

Sikap Sosial


Total
Nilai

Menghayati karunia Tuhan

Tanggung
Jawab
Rasa
Ingin
Tahu

Peduli
1 – 4
1 - 4
1 - 4
1 – 4

1






2






3






4






5






Dst








Keterangan :
Nilai sikap siswa : Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 4

b.PenilaianPengetahuan


No
Butir Pertanyaan
1
Jelaskan pengertian sumber daya alam!

2
Uraikan macam-macam sumber daya alam menurut kemungkinan pemu- lihannya!
3
Uraikan macam-macam sumber daya alam menurut materinya!
4
Uraikan macam-macam sumber daya alam menurut habitatnya!

5
Upaya apakah yang dilakukan agar sumber daya alam yang tidak diperbarui dapat bertahan lama?

Keterangan :
Tiap nomor diberi nilai 2 maka nilai pengetahuan adalah 5 x 2


c.PenilaianKeterampilan

Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)



No
Nama
Pe- serta Didik

Kemampuan
Presentasi
1 – 4
Kemampuan
Berargumen- tasi
1 - 4
Kemam-
puan men- jawab
1 - 4
Pengua-
saan
Materi
1 – 4

Jumlah
Nilai
1






2






3






4






5






Dst








Keterangan :
1) Skor rentang antara 1 – 4
1    = kurang
2    = cukup
3    = baik
4    = amat baik
2) Nilai = jumlah nilai dibagi 4


Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)




No

Nama Peserta Didik

Pemaha- man materi
1 – 4

Kemampuan mengemukakan pendapat
1 – 4

Berkon- tribusi
1 - 4
Kemampuan
menerima pendapat teman
1 – 4


Jumlah
Nilai
1






2






3






4






5






Dst







Keterangan :
1) Skor rentang antara 1 – 4
1    = kurang
2    = cukup
3    = baik
4    = amat baik
2) Nilai = Jumlah nilai dibagi 4

2.Tindaklanjut
Hasil penilaian oleh pendidik dianalisa lebih lanjut untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar, dikembalikan kepada peserta didik dengan disertai feedback berupa komentar yang mendidik (penguatan). Laporan hasil penilaian oleh pendidik disampaikan kepada kepala sekolah dan pihak lain yang terkait, misal : wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling, dan orang tua/ wali pada periode yang ditentukan dan dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku rapor. Sebelum hasil penilaian dimasukkan dalam buku rapor, perlu dilakukan analisis terlebihdahuluapakahnilaipesertadidiksudahmemenuhiKriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah. Apabila nilai peserta didik belum memenuhi KKM, maka perlu dilakukan remedial sampai nilai mencapai KKM. Untuk peserta didik yang telah mencapai atau melebihi KKM perlu dilakukan pengayaan, agar peserta didik memiliki wawasan yang lebih luas.


C.Remedial

Program remedial dilaksanakan juga sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian. Bentuk dan layanan program remedial berbeda antara pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Bentuk layanan remedial untuk kompetensi sikap dapat dilakukan melalui kegiatan bimbingan konseling, pembiasaan terprogram, maupun cara yang lain. Kegiatan layanan ini dapat melibatkan guru bimbingan konseling, wali kelas, atau guru lain yang sesuai. Remedial untuk kompetensi pengetahuan dapat dilakukan dengan cara mengulang kembali pembelajaran dari materiyangdianggap sulit, atau dengan penugasan.Remedialdapatdilakukandenganalternatifsebagaiberikut:
1.Pemberianbimbingansecarakhususbagipesertayangmengalami kesulitan,danyangbelummencapaiKKM.
2.Pemberiantugas-tugasatauperlakuan(treatment)secarakhusus, baik dipandu langsung oleh guru atau tutor sebaya oleh kelompok yang terlebih dahulu mencapai ketuntasan belajar (learning mastery) yangsifatnyapenyederhanaandaripelaksanaanpembelajaran.
3.Pemberiantesulangdenganpenyederhanaan.

D. Pengayaan

Pengayaandilaksanakansebagaitindaklanjutanalisishasilpenilaian. Pengayaan dilakukan dengan cara peserta didik dapat membaca buku teks lain atau browsing internet terkait dengan materi pengertian dan pengelompokansumberdayaalam.
KekayaanalamdiIndonesiayangmelimpahterbentukolehbeberapa faktor,antaralainsepertiberikut.
1.Dilihatdarisisiastronomi,Indonesiaterletakpadadaerahtropisyang memilikicurah hujanyang tinggi sehinggabanyakjenistumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan cepat.
2.Dilihat dari sisi geologi, Indonesia terletak pada titik pergerakan
lempengtektoniksehinggabanyakterbentukpegununganyangkaya akan mineral.
3.DaerahperairandiIndonesiakayasumbermakananbagiberbagai
jenistanamandanhewanlaut,sertamengandungberbagaijenis sumber mineral.
Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan


hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil  berbagai  jenis  bahan  tambang,  seperti  petroleum,  timah, gas  alam,  nikel,  tembaga,  bauksit,  timah,  batu  bara,  emas,  dan perak. Di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baik digunakan untuk berbagaijenis tanaman. Wilayah perairan yang mencapai7,9juta km2juga menyediakanpotensi alam yang sangat besar.
Sumber daya alam memiliki peranan dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Untuk memudahkan pengkajian, pemanfaatan SDA dibagi berdasarkansifatnya,yaituSDAhayatidannonhayati.

1.SumberDayaAlamHayati
Sumberdayaalamhayatiadalahsumberdayaalamyanghidup. Yangtermasuksumberdayaalamhayatiantaralainsepertiberikut. a. Tumbuhan
Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang sangat beragam dan melimpah. Organisme ini memiliki kemampuan untukmenghasilkanoksigendanpatimelaluiprosesfotosintesis. Olehkarenaitu,tumbuhanmerupakanprodusenataupenyusun dasar rantai makanan. Eksploitasi tumbuhan yang berlebihan dapatmengakibatkankerusakanbahkankepunahandanhal iniakan berdampakpadarusaknyarantaimakanan.Kerusakan yang terjadi karena punahnya salah satu faktor dari rantai makanan akan berakibat punahnya konsumen tingkat di atasnya. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia di antaranya seperti berikut.
1)Bahanmakanan:padi,jagung,gandum,tebu
2)Bahanbangunan:kayujati,kayumahoni
3)Bahanbakar(biosolar):kelapasawit
4)Obat:jahe,daunbinahong,kina,mahkotadewa
5)Pupukkompos.

b.PertaniandanPerkebunan
Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Data statistik pada tahun 2001 menunjukkanbahwa45%pendudukIndonesiabekerjadibidang


agrikultur. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa negara ini memilikilahanseluaslebihdari31jutahayangtelahsiaptanam, di mana sebagian besarnyadapat ditemukandi Pulau Jawa. PertaniandiIndonesiamenghasilkanberbagaimacamtumbuhan komoditiekspor,antaralainpadi,jagung,kedelai,sayur-sayuran, cabai, ubi, dan singkong. Di samping itu, Indonesia juga dikenal denganhasilperkebunannya,antaralainkaret(bahanbakuban), kelapa sawit (bahan baku minyak goreng), tembakau (bahan baku obat dan rokok), kapas (bahan baku tekstil), kopi (bahan minuman), dan tebu (bahan baku gula pasir).

c.Hewan:PeternakandanPerikanan
Sumber daya alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan. Pemanfaatannya dapat sebagai  pembantu  pekerjaan  berat  manusia,  seperti  kerbau dan kuda atau sebagai sumber bahan pangan, seperti unggas dan sapi. Untuk menjaga keberlanjutannya, terutama untuk satwa langka, pelestarian secara in situ dan ex situ terkadang harus dilaksanakan. Pelestarian in situ adalah pelestarian yang dilakukan di habitat asalnya, sedangkan pelestarian ex situ adalah pelestarian dengan memindahkan hewan tersebut dari habitatnya ke tempat lain. Untuk memaksimalkan potensinya, manusia membangun sistem peternakan, dan juga perikanan, untuk lebih memberdayakan sumber daya hewan.

2.SumberDayaAlamNonhayati

a.HasilTambang
Sumber daya alam hasil penambangan memiliki beragam fungsibagikehidupanmanusia,sepertibahandasarinfrastruktur, kendaraanbermotor,sumberenergi,maupunsebagaiperhiasan. Berbagai   jenis   bahan   hasil   galain   memiliki   nilai   ekonomi yang besar dan hal ini memicu eksploitasi sumber daya alam tersebut. Beberapa negara, seperti Indonesia dan Arab, memiliki pendapatanyangsangatbesardarisektorini.Jumlahnyasangat terbatas.  Oleh  karena  itu,  penggunaannya  harus  dilakukan secaraefisein.


1)MinyakBumi

Minyak bumi merupakan salah satu bahan bakar dan sumber energi yang sangat penting kegunaannya, terutama untuk kendaraan. Bahan bakar minyak bumi relatif lebih mudah penanganannya dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Pada kegiatan eksplorasi minyak bumi di Indonesia, umumnya ditemukan cadangan-cadangan gas bumi. Gas bumi ini disebut “Associated gas” karena terdapat dalam satu reservoir  dan  dihasilkan  bersama  minyak.  Jika  dihasilkan dari cadangan yang hanya menghasilkan gas tanpa minyak, disebut “non-associated gas”. Kedua macam gas tersebut ditemukan dalam jumlah yang cukup besar. Dewasa ini cadangan gas bumi Indonesia kira-kira 26,3 triliun kaki kubik non associated gas dan 4,0 triliun kaki kubik associated gas. Nilaicadangangasbumimakinpentingterutamakarenasaat ini energi makin mahal dan teknologi telah semakin maju. Melalui teknologi, gas bumi dapat dicairkan secara ekonomis dan kemudian diangkut ke tempat konsumen yang jauh letaknya maupun diekspor. Gas ini dijadikan bahan bakar langsunguntukberbagaikeperluanataubahanbaku industri kimia. Endapan minyak bumi di Indonesia berhubungan erat dengan cekungan-cekungan sedimen tersier. Formasi batu pasir yang bersifat serpihan dan gampingan serta batuan vulkanik berfungsi sebagai batuan waduk atau penjebak. Dari cekungan-cekungandiIndonesia(60cekungan),diperkirakan jumlah minyak yang dapat dimanfaatkan dari potensi yang ada mencakup 50 milyar barrel dan merupakan 25% dari seluruhcadanganyangdiperkirakan.
Cekungan sedimentersierdiIndonesia dapatdibagi menjadi dua sub cekungan, yaitu Cekungan Sedimen Tersier WilayahBaratdanCekunganSedimenTersierWilayahTimur. Batas antara dua wilayah tersebut adalah garis isobat (garis yangmenghubungkankedalamanlautyangsama)200meter. Garis tersebut memanjang arah utara-selatan mulai lepas pantai Kalimantan Timur (Selat Makassar) ke arah selatan hinggaSelatLombok.CekunganSedimenTersierWilayah
BaratantaralaintersebardisekitarPulauSumatra,Jawa,


dan Kalimantan. Cekungan Sedimen Tersier Wilayah Timur terdapat diSulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Prosesterbentuknyaminyakbumidapatdiikhtisarkansebagai berikut.
a)Proses pengendapan  batuan induk pembentuk minyak (source rock). Pada tahap ini batuan yang mengendap mengandung sisa-sisa organisme hewan atau tumbuhan yang merupakan unsur karbon. Proses ini berlangsung jutaan tahun. Pengendapan terjadi di daerah- daerah cekungan(geosinklinal)didaratanataudidasarlaut.
b) Prosespematanganbatuaninduk(maturity).Konsentrasi endapan sisa organisme terdapat di lapis dalam endapan, sementara lapis-lapis di atasnya yang menimbuninya makin menebal sehingga terjadi pemadatan (compaction), pembatuan  (litification),dan  pematangan  (maturity). Temperatur bumi yang meningkat menyebabkan batuan induk yang mengandung karbon (C) bereaksi dengan hidrogen (H) dan membentuk senyawa baru hidrokarbon yang banyakmengandungminyak dan gas. Bakal minyak yang terdapat pada batuan induk tersebut dinamakan kerogen,yangakanberubahwujudmenjadicair.
c)Proses migrasi minyak dari batuan induk ke batuan sara (reservoir).Akibat tekanan yang tinggi, minyak akan keluar daribatuaninduknyakebatuansarang.
d)Prosespemerangkapan(trapping).Minyakcairterperangkap padabatuanberpori(reservoir)yangmemilikidayaalirbaik.

Selanjutnya,jikagejala-gejala geologisdidaerah cekungan yang terisi penuh oleh lapisan-lapisan endapan terus berlangsung dalam perimbangan gaya, dalam proses pemadatan,cairanminyakakanmenyusupdanberkonsentrasi di bagian-bagian pelapisan yang mencembung (bentuk tektogen antiklin), sementara orogen antiklin muka diratakan olehgayaeksogen.Cairanminyakdiantiklinituterpisah-pisah, gas yang berat jenisnya terendah terkumpul di atas, air tanah dan air garam-garaman di lapisan bawah, sedangkan minyak berada di antara keduanya. Pada umumnya, endapan minyak


dijumpaididaerahgeosinklinyangtelahmengalamiperubahan diformasiantiklin.Olehsebabitu,penambanganminyakbumi banyak diusahakan orang di bentang dataran rendah atau reliefdangkal. Dataran ini terbentuk dari perubahan cekungan yang menjadi relief datar karena terisi endapan-endapan dalam masa geologi yang sangat panjang. Eksplorasi minyak dilakukanoleh ahli-ahligeologiteknikyang ahli mengenai formasi cekungan dan struktur pelapisan batuan sehingga dalam pencarian endapan minyak bumi tidak dilakukan di sembarang tempat. Penambangan minyak bumi dilakukan denganduacarasebagaiberikut.
a)Pengeboran  di  daratan.  Pengeboran  ini  menghasilkan minyak bumi mentah yang dialirkan melalui pipa menuju kilang-kilangpenyulinganminyakbumiuntukdiolah.
b)Pengeboran lepas pantai (off shore). Minyak bumi mentah dipompa dan ditampung dalam tangki-tangki terapung, kemudian diangkut dengan kapal menuju kilang-kilang penyulinganminyakbumiuntukdiolah.

2)BatuBara
Batubara merupakansalahsatusumber energiutama, selain minyak dan gas bumi, yang banyak digunakan untuk keperluan industri secara langsung. Misalnya: sebagai bahan bakardalamindustrisemendanpembangkitlistriktenaga uap (PLTU), pembakaran batu kapur dan genteng, pereduksi proses metalurgi (pengolahan bijih logam menjadi logam berguna), sebagai kokas (arang sisa) konvensional, dan sebagaibahanbakar padat (briket).Batubara merupakan bahanbakar tidak berasap.Dalambatuansedimentersier di Indonesia, ditemukan pulabatubara.Batubaramerupakan persenyawaan karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang sudah menjadifosildanmengendapselamajutaantahun.Ketika sisatetumbuhanmengalamiprosespembusukan(misalnya di rawa-rawa), tidak semuanya luluh karena di bagian dalam kekurangan oksigen. Sisa tumbuhan yang tidak luluh itu berubah manjadi humus. Proses pembatubaraan terjadi


melalui:massaendapanlapis-lapishumustertimbunlapis-lapis tanah di bagian atasnya, kemudian terjadi proses pemadatan dengantekanantinggibaikdarilapisbawahmaupundarilapis atas yang menimbuninya sehingga bersuhu tinggi.
Kejadian tersebut berlangsung lama (ratusan ribu bahkan jutaan tahun). Selanjutnya humus berubah menjadi batu bara muda, baru kemudian menjadi batu bara. Selama proses pembatubaraan berlangsung, kadar oksigen dan hidrogennya berangsur-angsur berkurang, sedangkan kadar karbonnya (C)-nya makin tinggi. Jika kadar C-nya mencapai 94% serta kadar O dan H-nya 6%, terjadilah batu bara berkadar panas tinggi yang disebut anthrasit.

3) Bijih Besi
Bijihbesimerupakanminerallogamterpenting.Besidisebut jugalogamtulangpunggung(backbonemetal)danmempunyai kegunaan yang sangat luas, seperti sebagai bahan dalam pembuatan alat transportasi, alat berat, persenjataan berat, dansebagainya.Logammurnibajaadalahbesiyangditambah dengankarbon(kurangdari1%)untukmemberikekuatan dan kekerasan. Beberapa logam seperti nikel, chromium, dan mangan dapat ditambahkan pula pada campuran baja untuk menciptakan sifat-sifat tertentu.

4) Nikel
Sebagai unsur alloy, nikel digunakan dalam baja tahan karatdandalampipatekanantinggiuntukbagianotomotifdan mesin. Bijih nikel telah ditemukan di Pulau Gak, Pulau Gebe, Pegunungan Cyclop di Irian Jaya (Papua), dan semenanjung tenggara Sulawesi. Indonesia merupakan salah satu negara yang berpotensi besar dalam produk dari bijih nikel laterit, tetapi  produksi  besar-besaran  logam  serta  produksi  nikel lain terpaksaditunda karena keadaan pasaran yangkurang menguntungkan.

5) Mangan
Mangan termasuk unsur alloy yang penting dalam pembuatan baja, terutama untuk mengeluarkan belerang dalam tanur tinggi baja. Bahan pengganti mangan belum


ditemukan. Kira-kira 90% dari konsumsi mangan ialah untuk keperluanmetalurgi.Mangandalamjumlahkecilditemukandi PulauJawadandiPulauTernatesertaNusaTenggaraTimur.

6) Tembaga
Mineral ini merupakan salah satumetal dasar (base metal) yang penting. Penggunaan terbesar ialah dalam alat listrik. Dalam industri bangunan, tembaga juga diperlukan untuk kawat,pipa,danlain-lain.DiIndonesia,posisitembagacukup pentingdalammemberikandevisabaginegaradandiproduksi diIrianJaya.EksplorasiintensifsedangdilakukandiSulawesi Utara dan Selatanyang diduga mengandung tembagaporfir seperti di Pilipina.

7) Timah
Sebagai logam dasar, timah mempunyai berbagai macam kegunaan, seperti sebagai lempengan dicampur timbal digunakan untuk menyolder, dicampur tembaga sebagai brass. Dalam industri elektronik, timah cukup penting, tetapi sekarang kegunaannya tersaingi oleh barang-barang yang menggunakan bahan plastik dan aluminium. Sebaran utama timah terdapat di Bangka-Belitung, Singkep, dan Kepulauan Riau. Cadangan timah di Indonesia diperkirakan 1 juta ton, sebagian besar terdapat di lepas pantai. Saat ini pabrik baja Krakatau memproduksi kebutuhan timah dalam negeri.

8) Aluminium dan Bauksit
Aluminium digolongkan ke dalam logam ringan dan memilikikegunaanyangluassekalidalambidangindustri dan konstruksi, serta alat transportasi seperti kapal terbang, bus, kereta api, dan lain-lain. Bahan dasar aluminium adalah bauksit.Bauksitbanyak ditemukandiKalimantanBaratdan Riau. Pabrik alumina didirikan di P. Bintan dengan memakai biji bauksit berkadar rendah, sedangkan di Asahan Sumatra Utara mereduksi alumina menjadi logam aluminium. Potensi yang ada memungkinkan dapat diekspor.

9) Belerang
Belerang merupakan bahanbaku terpenting dalam industri kimia.Sebagianbesarbeleranginidijadikanasambelerang


yang merupakan bahan penting dalam pembuatan pupuk serta dalam industri kimia lainnya. Sebagian lagi digunakan dalam pengolahan mineral seperti nikel. Belerang ditemukan sebagai endapanvulkanikdiSumatra,Jawa,NusaTenggara Timur, dan Sulawesi Utara.

10) Batu kapur atau gamping
Batuaninimempunyaikegunaanyangsangatluas.Batuan ini  terdapat  dalam  jumlah  yang  sangat  banyak  di  bumi. Dalampembuatan jalan,konstruksibangunan,danlain-lain bangunan, bahan ini berfungsi sebagai agregat dalam beton dankontruksijalan.Batukapurataugampingterdapathampir disemuapulaudiIndonesia.Bersamalempung,batugamping merupakan bahan baku penting dalam pembuatan semen. Pabrik-pabriksemenbermunculandiSumatraUtara,Sumatra Tengah, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Selanjutnya, bermunculan pula di Timor, Sulawesi Selatan, dan Irian Jaya.

11) Kaolin
Kaolin juga tergolong bahan galain industri yang penggunaannya sangat luas dalam industri keramik dan bahantahanapi.EndapankaolinterdapatantaralaindiJawa, Sumatra, Bangka, Belitung, Kalimantan, dan Sulawesi. Dilihat dari segi geologi, Indonesia memiliki potensi berbagai mineral yangsangatberagamdantersediabanyak.Beberapamineral tersebutantaralain:molibdeniumdiSulawesi,tembagaporfir di Sulawesi, Irian Jaya (Papua), Sumatra, dan Kalimantan, mineralchromit dan kobalt di Sulawesi,Irian Jaya, dan sebagainya.Endapanporfir  tembaga banyakditemukandi pegunungantengahPapuaNugini.Karenakesamaangeologi, diyakinidipegunungantengahIrianJayapunbanyakterdapat porfirtembaga,sepertiyang saatini penambangannya dilakukan di Tembagapura oleh perusahaan asing Free Port (Amerika Serikat).


E.Interaksidenganorangtua

Agar orang tua memahami tentang hasil pembelajaran putra putrinya, makadiperlukanadanya interaksidenganorangtua.Halinidilakukanjuga dalam rangka agar orang tua ikut terlibat membantu proses pembelajaran putra-putrinya,sehinggaantarasekolahdenganorangtuaterjadihubungan yang harmonis, saling membantu dalam proses pembelajaran. Dengan demikian akan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Contoh Lembar Monitoring Orang Tua



No

Hari dan Tanggal
Tema, subtema
atau sub-sub tema

Judul tugas
Tandatangan

Orang tua

Guru
1





2





3





4






                               



                                Mengetahui,                Lubuklinggau, ……………..
                            Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran IPS


   .....................................                                                                               .......................................
        NIP.                                                                                        NIP.


Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar