Komunikasi
pada dasarnya adalah penyampaian pesan untuk membangun interaksi antara pemberi
pesan dengan penerima pesan melalui media dan metode tertentu.Unsur – unsur dasar dan struktur
komunikasiagar tujuan komunikasi tercapai harus diperhatikan sasaran – sasaran
pokok berkomunikasi.
1. Membuat
pendengar mendengar ( melihat)
Tantangan yang dihadapi adalah
. pendengar sulit memusatkan perhatian untuk waktu
yang lama
Pengdengar kurang memiliki perhatian pada apa yang
bagi mereka tampak kurang penting
2. Membuat
pendengar memahami apa yang didengar (ditunjukkan)
Tantangan yang dihadapi adalah
. pengdengar memiliki asumsi sndiri berdasarkan
pengalamanya
.pendengar tidak memahami jenis bahasa
pembicara
Stratgi elektifitas komunikasi
a. Persiapan
diri
b. Kumpulan
jumlah serta kualitas informas
c. Kenali
perilaku diri sendiri dan juga mitra kpmunikasi anda
d. Kuasai
metode dan teknik yang paling mungkir
e. Menguasai
situasi dan perubahannya untuk dijadikan daya dukung
f. Memahami
aspek kelemahan diri dari kelemahan orang lain
g. Selalu
‘’up to date’’ terhadap penampilan dan
perubahan
3. Beberapa
hambatan dalam proses komunikasi
1. Penerima
cenderung hanya mendengar apa yang ingin ia dengar
2. Penerima
dan pengirim menpunyai persepsi yang berlainan
3. Penerima
menilai siapa sumber berita
4. Penerima
tidak menghiraukan informasi yang bertentangan
5. Kata-kata
yang sama mempunyai arti yang berbeda-beda
6. Tidak
menghiraukan tanda-tnda non verbal
4. Kesalahan
(perilaku) umum komunikasi
1. Memiliki
sikap apriori
2. Terlalu
/ kurang percaya diri
3. Memberikan
dokrin dari pada kesadaran muatan psikologi yang tidak sepadan
4. Keterbatasan
informasi
5. Kesan
awal yang buruk
6. Penampilan
dan atau ucapan yang tidak konsisten
7. Berbicara
di luar konteks dan konten yang di kuasainya
8. Jarang
menyentuh lataran kesadaran
5.
Kesalahan (perilaku) umum pendengar
/penerima
1.
Terlau / kurang menaruh perhatian
2.
Mengutamakan penampilan dari pada isi
3. Lebih
menyukai yang ringan dari pada berat
4. Lebih
mengerti tuturan dari pada aturan
5. Lebih
mudah menerima kesan emosional dari pada kesan rasional
6. Tidak
berlahan lama untuk mendengar
7. Jarang
melakukan koreksi informasi yang rumit
8. Lebih
suka dipuju dari pada kritik
A.
ALASAN - ALASAN MENGGUNAKAN TELEPON
Manajemen
waktu dan koordinasi adalah keenam yang mendorong anak muda menggunakan
ponsel.di erat kini lokasi rapat tak lagi harus di dalam sebuah gedung tapi
bisa dipindahkan kedalam kotak kecil bernama ponsel.koordinasidan diskusi
semakin lazin di lakukan dengan komunikasi via ponsel jika waktu yang ada tidak
menghadirkan banyak pilihan.Efisiensi waktu adalah salah satu alas an dibalik
itu.Meski untuk beberapa keperluan koordinasi melalui ponsel kurang mendukung,
namun jika dilakkukan secara sistematis dan bijak,ponsel memang membuat
komunikasi menjadi lebih efisien.
Motivasi kelima yang mendorong anak muda
menggunakan ponsel adalah orang tua.ini
adalah bagian dari alas an mendasar tentang kebutuhan menggunakan ponsel
sebagai alat komunikasi. Dari sekian banyak kegunakan ponsel di zaman dulu
maupun sekarang. Hampir semua orang menggunakan agar tetapbisa keep and toch
dengan keluarga di manapun barada.dan orang tua adalah salah satu alas an
trkuat mengapa kalangan muda selalu membawa dan menggunakan ponsel kemanapun
pergi.
Manajeman waktu dan koordinasi adalah
koordinasi adalah hal keenamyang mendorong anak muda menggunakan ponsel.di
ketiga,kebutuhan akan akses informasi mendorong orang terutama kalangan muda
menggunakan ponsel.dengan ponsel orang bisa menyimpan banyak nomor telepon
penting yang bisa menjadi sumber informasi. Ponsel bukan sekedar alat
komunikasi tapi juga media informasi.kini orang bahkan dengan mudah mencari dan
mendapatkan beragam informasi dengan mengakses internet via ponsel menjadi
salah satu barang yang semakin penting untuk dimiliki dan digunakan.
Hal keempat yang mendorong anak muda
menggunakan ponsel adalah untuk menujang interaksi sosial.Ponsel membuat orang
bisa berbincang lama tanpa harus bertemu dan bertahap muka secara langsung.
Hadirnya ponsel yang membawa teknologi bernama sms telah menciptakan gaya baru
dalam berinteraksi sosial.orang bisa memperbincangan banyak hal dan membahas
banyak topic melalui ponsel.kemajuan teknologi yang terus berkrmbang akhirnya
menghadirkan loncatan baru.kini bukan lag isms yang menjadi tumpuan interaksi
sosial melalui ponsel.hadirnya perangkat chatting dan jejaring sosial membuat
adalah alas an kesembilan seseorang mnggunakan ponsel.
Kini ponsel tidak lagi digunakan karena
keperluannya tapi karena keharusnnya. Berbagai kemudahan yang dihindarikan dari
keberadaan ponsel membuat orang semakin bergantung padanya.banyak oarng seperti
memindahkan sebagaian hidupnya ke dalam ponsel.tak heran jika sebagaian di
antara kita akan langsung merasa dunia ini berakhir jika pulsa di dalaam ponsel
abis. Banyak di antara muda yang seolah waktu dan akalnya berhenti jika ponsel
mati. Bagi anak muda banyak kepastian dalai hidup yang kini menjadi ditentukan
oleh dering ponsel. Tapi kepastian itu bukanlah keadaan sebenarnya, hanya kesan
yang timbul karena mereka semakin tergantung pada ponsel,menggunakan ponsel.
Ponsel dipandang menghadirkan keamanan
secara psikologi jika seseorang sedang berada dalam perjalanan atau jauh dari
keluarga.Dalam keadaan darurat ponsel juga mempermudah orang untuk mengatasi
kesulitan. Dalam kondisi trtentu memperhatikan diri seolah-olah sibuk menlepon
dianggap dapat menurunkan kerentanan sebagai target kejahatan. Meski keadaan
sebaliknya bisa terjadi namun membawa ponsel ketika beprgian memang
menghandirkan rasa aman.
Kedua,orang menggunakan ponsel karena
murah dan praktis. Alas an inin tidak serta merta menunjukan jika motivasi
kedeelepan adalah pencitraan. Alas an ini kelap tidak diakui disamarkan banyak
pengguna ponsel. Tapi perkembang zaman disertai hadirnya beragam jenis ponsel
yang menawarkan sarana penunjang eksistensi diri telah menghandirkan sebuah
pandangan bahwa seseorang perlu menggunakan ponsel dan memilih jenis
tertentukan demi membentuk atau menjaga image dirinya. Alas an pencitraan
sebenarnya tidaklah buruk karena bagaimanapun orang perlu untuk menjaga dan
menunjukkan eksistensinya. Orang apalagi kalangan muda juga perlu menyesuaikan
perkembangan zaman. Tapi alas an pencitraan kian bergeser karena faktor
‘’kebutuan ‘’ sering digantikan oleh ‘’ keinginan ‘’ dan ‘’gaya-gayaan’’.
B. HAL-HAL
YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM BERTELEPON
Ingatlah
bahwa saat menelepon anda hanya mengandalkan suara dan tata – karma saja untuk
membangun suatu ‘’kesan’’. Saran yang perlu diperhatikan adalah:
a. Berbicara
sedikit lebih lambat dari pada biasanya
b. Tersemyumlah,gunakan
nada suara yang bersahabat
c. Pastikan
bahwa maksud anda jelas
d. Selalu
bersikap positif
e. Tidak
bertele-tele
f. Hindari
istilah khusus atau jargon
g. Bersikan
deskriptif
h. Gunakan
sikap bicara
i.
Bersikap wajar
Adapun
cara untuk memperoleh dan menggunakan umpan balik ketika berkomunikasi melalui
telepon adalah :
a. Berbicaralah
dengan ‘’seseorang’’,bukan dengan benda mati.
b. Menjelaskan
konteks pembicaraan,sehingga tidak melebar dan menghindari kesalahan menangkap
maksud.
c. Langsung,
singkat dan padat tetapi tidak tergesa-gesa,apalagi kasar
d. Antisipasi
pertanyaan dan siapkan jawabannya
e. Terimalah
kritik dengan tenang
f. Terimalah
pujian dengan baik
g. Memuji
tapi tidak menjilat
h. Jangan
berjanji hanya untuk menyenangkan/menenangkan
Berkomunikasi adalah masalah persepsi,persepsi bisa
disesuaikan dengan cara berinteraksi secara baik dan mendengar aktif. Agar
seseoarng mampu membiasakan diri mendengarkan secara aktif, perlu memperbaiki
keterampilan mendengarkan dengan panduan berikut:
a. Lakukan
kontak mata
b. Peragakan
anggukan kepala dan air muka yang sesuai
c. Hindari
tindakan atau gerak tubuk/mata
d. Berbicaralah
dengan ‘’seseorang ‘’,bukan dengan benda mati
e. Bertanyalah
jika kurang jelas
f. Jangan
lupa untuk mendengarkan
g. Mencatat
hal-hal yang penting
h. Jagalah
agar pembicaraan berlangsung dua arah
i.
Pusatkan perhatian anda
j.
Jangan bereaksi berlebihan
k. Simaklah
yang tersirat
C. KEAHLIAN
MENDENGARKAN DALAM BERTELEPON
a. Beberapa
hal yang perlu diperhatikan u / dapat mendapat aktif
*
perlu pratek dan berlatih u/mendengar dengan baik
D. Hal yang harus
dihindari pada saat bertelepon
ETIKA BERTELOPON
Suatu tatakarama/sopan
satun/etika dalam bertelepon baik iti menerima telepon baik itu menerima atau
menelpon seorang
ETIKA PEMAKAIAN TELOPON
1. Berbicara
dengan sopan
2. Berbicara
harus singkat padat dan jelas
3. Telopon
digunakan apabila penyampaian informasi membutuhkan waktu yang segeradan
penting
4. Tidak
menempelkan mulut pada gagang telepon ketika pembicaraan berlangsung
HAL –HAL YANG HARUS
DIHINDARI PAD SAAT BERTELPON
1. Hindari
penggunaan kata ‘’hallo’’
2. Jangan
berbicara terlalu keras
3. Hindari
dan batasi pembicaraan telepon yang bersifat pribadi
4. Hindari
apabila sedang bertelepon jangan berbicara dengan oaring ketiga
KESIMPULAN
Pengoprasian telepon
akan berjalin efektif dan efesien dengan kita melakukan hal-hal sebagai
berikut:
1. Jawablah
dengan segera,apa bila telepon bordering
2. Segerlah
berbicara dengan singkat tetapi mudah di mengerti
3. Berbicara
dengan jelas dan sopan
4. Catat
pesan
5. Tutuplah
hubungan telepon apabila telah selesai
0 komentar:
Posting Komentar