HAL - HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM BERTELEPON - Tomy Okes Putra Linggau



                          


                          Komunikasi pada dasarnya adalah penyampaian pesan untuk membangun interaksi antara pemberi pesan dengan penerima pesan melalui media dan metode tertentu.Unsur – unsur dasar dan struktur komunikasiagar tujuan komunikasi tercapai harus diperhatikan sasaran – sasaran pokok berkomunikasi.

1.      Membuat pendengar mendengar ( melihat)
Tantangan yang dihadapi adalah
. pendengar sulit memusatkan perhatian untuk waktu yang lama
Pengdengar kurang memiliki perhatian pada apa yang bagi mereka tampak kurang penting

2.      Membuat pendengar memahami apa yang didengar (ditunjukkan)
Tantangan yang dihadapi adalah
. pengdengar memiliki asumsi sndiri berdasarkan pengalamanya
.pendengar tidak memahami jenis bahasa pembicara 
                
 Stratgi elektifitas komunikasi
a.   Persiapan diri
b.   Kumpulan jumlah serta kualitas informas
c.    Kenali perilaku diri sendiri dan juga mitra kpmunikasi anda
d.   Kuasai metode dan teknik yang paling mungkir
e.   Menguasai situasi dan perubahannya untuk dijadikan daya dukung
f.     Memahami aspek kelemahan diri dari kelemahan orang lain
g.   Selalu ‘’up to date’’  terhadap penampilan dan perubahan

3.      Beberapa hambatan dalam proses komunikasi
1.      Penerima cenderung hanya mendengar apa yang ingin ia dengar
2.      Penerima dan pengirim menpunyai persepsi yang berlainan
3.      Penerima menilai siapa sumber berita
4.      Penerima tidak menghiraukan informasi yang bertentangan
5.      Kata-kata yang sama mempunyai arti yang berbeda-beda
6.      Tidak menghiraukan tanda-tnda non verbal

4.      Kesalahan (perilaku) umum komunikasi
1.      Memiliki sikap apriori
2.      Terlalu / kurang percaya diri
3.      Memberikan dokrin dari pada kesadaran muatan psikologi yang tidak sepadan
4.      Keterbatasan informasi
5.      Kesan awal yang buruk
6.      Penampilan dan atau ucapan yang tidak konsisten
7.      Berbicara di luar konteks dan konten yang di kuasainya
8.      Jarang menyentuh lataran kesadaran

5.        Kesalahan (perilaku) umum pendengar /penerima
1.      Terlau / kurang menaruh perhatian
2.      Mengutamakan penampilan dari pada isi
3.      Lebih menyukai yang ringan dari pada berat
4.      Lebih mengerti tuturan dari pada aturan
5.      Lebih mudah menerima kesan emosional dari pada kesan rasional
6.      Tidak berlahan lama untuk mendengar
7.      Jarang melakukan koreksi informasi yang rumit
8.      Lebih suka dipuju dari pada kritik

A.    ALASAN - ALASAN MENGGUNAKAN TELEPON

Manajemen waktu dan koordinasi adalah keenam yang mendorong anak muda menggunakan ponsel.di erat kini lokasi rapat tak lagi harus di dalam sebuah gedung tapi bisa dipindahkan kedalam kotak kecil bernama ponsel.koordinasidan diskusi semakin lazin di lakukan dengan komunikasi via ponsel jika waktu yang ada tidak menghadirkan banyak pilihan.Efisiensi waktu adalah salah satu alas an dibalik itu.Meski untuk beberapa keperluan koordinasi melalui ponsel kurang mendukung, namun jika dilakkukan secara sistematis dan bijak,ponsel memang membuat komunikasi menjadi lebih efisien.


                     Motivasi kelima yang mendorong anak muda menggunakan  ponsel adalah orang tua.ini adalah bagian dari alas an mendasar tentang kebutuhan menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi. Dari sekian banyak kegunakan ponsel di zaman dulu maupun sekarang. Hampir semua orang menggunakan agar tetapbisa keep and toch dengan keluarga di manapun barada.dan orang tua adalah salah satu alas an trkuat mengapa kalangan muda selalu membawa dan menggunakan ponsel kemanapun pergi.


                    Manajeman waktu dan koordinasi adalah koordinasi adalah hal keenamyang mendorong anak muda menggunakan ponsel.di ketiga,kebutuhan akan akses informasi mendorong orang terutama kalangan muda menggunakan ponsel.dengan ponsel orang bisa menyimpan banyak nomor telepon penting yang bisa menjadi sumber informasi. Ponsel bukan sekedar alat komunikasi tapi juga media informasi.kini orang bahkan dengan mudah mencari dan mendapatkan beragam informasi dengan mengakses internet via ponsel menjadi salah satu barang yang semakin penting untuk dimiliki dan digunakan.



                    Hal keempat yang mendorong anak muda menggunakan ponsel adalah untuk menujang interaksi sosial.Ponsel membuat orang bisa berbincang lama tanpa harus bertemu dan bertahap muka secara langsung. Hadirnya ponsel yang membawa teknologi bernama sms telah menciptakan gaya baru dalam berinteraksi sosial.orang bisa memperbincangan banyak hal dan membahas banyak topic melalui ponsel.kemajuan teknologi yang terus berkrmbang akhirnya menghadirkan loncatan baru.kini bukan lag isms yang menjadi tumpuan interaksi sosial melalui ponsel.hadirnya perangkat chatting dan jejaring sosial membuat adalah alas an kesembilan seseorang mnggunakan ponsel.


                 Kini ponsel tidak lagi digunakan karena keperluannya tapi karena keharusnnya. Berbagai kemudahan yang dihindarikan dari keberadaan ponsel membuat orang semakin bergantung padanya.banyak oarng seperti memindahkan sebagaian hidupnya ke dalam ponsel.tak heran jika sebagaian di antara kita akan langsung merasa dunia ini berakhir jika pulsa di dalaam ponsel abis. Banyak di antara muda yang seolah waktu dan akalnya berhenti jika ponsel mati. Bagi anak muda banyak kepastian dalai hidup yang kini menjadi ditentukan oleh dering ponsel. Tapi kepastian itu bukanlah keadaan sebenarnya, hanya kesan yang timbul karena mereka semakin tergantung pada ponsel,menggunakan ponsel.


                 Ponsel dipandang menghadirkan keamanan secara psikologi jika seseorang sedang berada dalam perjalanan atau jauh dari keluarga.Dalam keadaan darurat ponsel juga mempermudah orang untuk mengatasi kesulitan. Dalam kondisi trtentu memperhatikan diri seolah-olah sibuk menlepon dianggap dapat menurunkan kerentanan sebagai target kejahatan. Meski keadaan sebaliknya bisa terjadi namun membawa ponsel ketika beprgian memang menghandirkan rasa aman.


                   Kedua,orang menggunakan ponsel karena murah dan praktis. Alas an inin tidak serta merta menunjukan jika motivasi kedeelepan adalah pencitraan. Alas an ini kelap tidak diakui disamarkan banyak pengguna ponsel. Tapi perkembang zaman disertai hadirnya beragam jenis ponsel yang menawarkan sarana penunjang eksistensi diri telah menghandirkan sebuah pandangan bahwa seseorang perlu menggunakan ponsel dan memilih jenis tertentukan demi membentuk atau menjaga image dirinya. Alas an pencitraan sebenarnya tidaklah buruk karena bagaimanapun orang perlu untuk menjaga dan menunjukkan eksistensinya. Orang apalagi kalangan muda juga perlu menyesuaikan perkembangan zaman. Tapi alas an pencitraan kian bergeser karena faktor ‘’kebutuan ‘’ sering digantikan oleh ‘’ keinginan ‘’ dan ‘’gaya-gayaan’’.


B.     HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM BERTELEPON

Ingatlah bahwa saat menelepon anda hanya mengandalkan suara dan tata – karma saja untuk membangun suatu ‘’kesan’’. Saran yang perlu diperhatikan adalah:

a.       Berbicara sedikit lebih lambat dari pada biasanya
b.      Tersemyumlah,gunakan nada suara yang bersahabat
c.       Pastikan bahwa maksud anda jelas
d.      Selalu bersikap positif
e.       Tidak bertele-tele
f.       Hindari istilah khusus atau jargon
g.      Bersikan deskriptif
h.      Gunakan sikap bicara
i.        Bersikap wajar

Adapun cara untuk memperoleh dan menggunakan umpan balik ketika berkomunikasi melalui telepon adalah :

a.       Berbicaralah dengan ‘’seseorang’’,bukan dengan benda mati.
b.      Menjelaskan konteks pembicaraan,sehingga tidak melebar dan menghindari kesalahan menangkap maksud.
c.       Langsung, singkat dan padat tetapi tidak tergesa-gesa,apalagi kasar
d.      Antisipasi pertanyaan dan siapkan jawabannya
e.       Terimalah kritik dengan tenang
f.       Terimalah pujian dengan baik
g.      Memuji tapi tidak menjilat
h.      Jangan berjanji hanya untuk menyenangkan/menenangkan

             Berkomunikasi adalah masalah persepsi,persepsi bisa disesuaikan dengan cara berinteraksi secara baik dan mendengar aktif. Agar seseoarng mampu membiasakan diri mendengarkan secara aktif, perlu memperbaiki keterampilan mendengarkan dengan panduan berikut:

a.       Lakukan kontak mata
b.      Peragakan anggukan kepala dan air muka yang sesuai
c.       Hindari tindakan atau gerak tubuk/mata
d.      Berbicaralah dengan ‘’seseorang ‘’,bukan dengan benda mati
e.       Bertanyalah jika kurang jelas
f.       Jangan lupa untuk mendengarkan
g.      Mencatat hal-hal yang penting
h.      Jagalah agar pembicaraan berlangsung dua arah
i.        Pusatkan perhatian anda
j.        Jangan bereaksi berlebihan
k.      Simaklah yang tersirat




C.     KEAHLIAN MENDENGARKAN DALAM BERTELEPON

a.       Beberapa hal yang perlu diperhatikan u / dapat mendapat aktif
* perlu pratek dan berlatih u/mendengar dengan baik

D. Hal yang harus dihindari pada saat bertelepon
 ETIKA BERTELOPON


Suatu tatakarama/sopan satun/etika dalam bertelepon baik iti menerima telepon baik itu menerima atau menelpon seorang
ETIKA PEMAKAIAN TELOPON

1.      Berbicara dengan sopan
2.      Berbicara harus singkat padat dan jelas
3.      Telopon digunakan apabila penyampaian informasi membutuhkan waktu yang segeradan penting
4.      Tidak menempelkan mulut pada gagang telepon ketika pembicaraan berlangsung


HAL –HAL YANG HARUS DIHINDARI PAD SAAT BERTELPON
1.      Hindari penggunaan kata ‘’hallo’’
2.      Jangan berbicara terlalu keras
3.      Hindari dan batasi pembicaraan telepon yang bersifat pribadi
4.      Hindari apabila sedang bertelepon jangan berbicara dengan oaring ketiga

KESIMPULAN
Pengoprasian telepon akan berjalin efektif dan efesien dengan kita melakukan hal-hal sebagai berikut:
1.      Jawablah dengan segera,apa bila telepon bordering
2.      Segerlah berbicara dengan singkat tetapi mudah di mengerti
3.      Berbicara dengan jelas dan sopan
4.      Catat pesan
5.      Tutuplah hubungan telepon apabila telah selesai

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar