Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman
dalam cerita pendek / cerpen
Cerpen merupakan jenis karya sastra yang cukup diminati
oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan mudahnya kita menemukan cerpen di
kalangan Koran atau majalah maupun di perpustakaan, miskipun tempat yang lain.
Minat masyarakat cerpen yang begitu banyak, termasuk manfaat menulis cerpen.
Kisah atau perjalanan hidup seseorang atau kisah si pengarang sendiri mau pun
kisah orang lain. Termasuk manfaat menulis cerpen atau Novel.
Manfaat cerpen
Banyak ahli yang
mengeutarakan berbagikan manfaat cerpen,
berikut ini pembahasan mengenaikan manfaat karya sastra, termasuk cerpen atau
novel, menurut beberapa FiLsuf yunani kuno, selain itu, akan di kemukan
beberapa manfaat menulis cerpen secara umum yang mungkin juga sudah pernah
kalian rasakan.
Menentukan topik tentang kehidupan orang lain dalam
mengarang tersebut
-
Penokohan , konfilik , sudut pandadang, alur ,
tema , amanat
Ada dampak elemen
dalam mengarang
-
Menarik perhatian para pembaca
-
Pemilihan kosa kata dalam mengarang
-
Menggunakan bahasa baku baik dan benar mudah di
pahami para pembaca
Cerpen - Novel
Sebuah desa di daerah kota lubuklinggau
Provinsi Sumatra Selatan tinggal seorang
gadis cantik ayu jelita yang
bernama Heni Puspita dia tidak hanya cantik tapi juga memiliki
hati yang mulia dan soleha luar biasa.lelaki ini membuat hati Heni terkesan kepada Andi
Pada saat itu awal dari pertemuan nya yaitu padangan pertama melihat Andi, Sosok lelaki yang sederhana dan mandiri yang berasal dari sebuah Desa Karang Dapo Musi Rawas ilir, Namun hati Heni berkata dia la orang yang ku cari selama ini Lelaki imipian nya.
Saat itu Andi berkata berlahan – lahan dan sambil
bercanda pada Heni pada sebuah tempat untuk mengadu isi hati nya kepada Heni.
Heni - Andi berusahan mencari Heni. tapi Heni tidak menjadi batas waktu. saat itu setiap kali Andi merindukan Heni dia datang di sebuah tempat di mana kali dia bertemu lalu
membicarakan dengan
Heni ada sebuah Kesan – Pesan sebuah cinta Heni kepada Andi tersebut. Andi berkata kepada Heni Seluruh Raga jiwa
nya menyerahkan hanya untuk Heni sampai akhir hayat nya hidup bersama heni
sampai waktu nya tiba nanti.
Namun ada lelaki Asing ingin masuk ke hati Heni yang ingin mengodah hati nya Heni tapi hati Heni tidak bergoyang sedikit pun pada lelaki tersebut karena hati Heni hanya untuk Andi Seorang tak ada yang lain Selain Andi di Lubuk hati kecil Heni yang paling dalam
Terseyum la di saat kau mengiatkan ku karena di saat itu aku tak ada di sampingmu dan aku saat merindukanmu dan menangislah disaat kau merindukan ku di saat itu aku tak ada di sampingmu tetapi pejamkan la matamu yang saat indah kamu itu karena di saat itu aku ada rasa di dekatmu karena aku ada berada di hati aku untuk selamanya tak ada
Lagi tersisah lagi untukmu selain kenangan indah bersama mu mata indah dengan mu dan ku merasa biasa melihatmu dan mata indah dahulu jadi milikku kini merasa jauh meninggalkan ku hidupan merasa kosong tampahmu keindahan mu hatimu, jiwa, raga ,ku hanya untuk kamu sosok orang yang aku cintai sekarang yaitu kamu karena kamu adalah
Segalanya bagiku dan sebagian dalam hidup dan cinta mu tak akan pernah membebaskan ku bagaimana mungkin aku bisa terbang mencari cinta yang lain saat sayap-sayap ku patah karena mu dan cinta mu akan tinggal bersama ku hingga akhir hayatku hanya untuk bersama mu
Kau tak akan pernah terganti di dalam hidupku ibaratkan kau bagaikan logam dan emas permata bagi ku, kenanganmu selalu ku kenangan di dalam hidupku untuk selamanya, karena kau wanita yang bisa membangunkan ku disaat aku ada masalah dan kamu memberi semangatku dan selalu mengiatku,kamu adalah segalanya bagi ku yang tak pernah ku lupakan
untuk selamanya dalam hidupku di mana kali kita bertemu,
cintamu tak akan pernah hilang dalam hidupku yang selalu ada di hatiku, karena sosok dirimu saat berarti dalam kehidupan ku , karena kamu adalah segalanya bagiku dan sebagian dalam hidup hanya untuk kamu, dan kamu tak bisa tergantikan dalam hidupku hanya untuk bersama mu sampai akhir riwayat ku hanya untuk bersama mu.satu perminta”an ku kepada dirimu jangan pernah kecewakan hati orang lain. Orang yang ingin berlindung kepada dirimu
Kau Bagikan Bintang
Aku
adalah Bumi
Dalam gelap
aku terang
Jadikan’’
lah kau
senjah
Karena gelap
kau selalu ada
Karena gelap
Kau selalu bersinar
Aku hanya’’ lah
Bintang
Kau hanya
Bumi dalam gelap
Kita berbagi
dalam gelap
Kita abadi
untuk selama’’nya
Mungkin banyak orang berkata ini adalah kisah cinta Andi dan Heni Puspita
Hal
ini untuk menjaga kesetiaan cintanya selamanya
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negri 2 Lubuklinggau
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
IX/1
Alokasi Waktu :
6 x 40 ( 3x pertemuan )
Standar Kompetensi : 8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan
pengalaman
dalam cerita pendek
Kompetensi Dasar :
8.2.Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
I. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
- menentukan
tema cerita;
- menentukan
tokoh dan penokohan;
- menentukan
alur dan latar cerita;
- menulis
cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh, alur, dan latar.
- menggunakan
tanda petik dan petik tunggal.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
II. Materi Ajar
- Cerpen yang
bertolak dari peristiwa yang dialami
III. Metode
Pembelajaran
- Contoh -
Latihan
- Tanya jawab
- Penugasan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
pertama, kedua dan ketiga :
A. Kegiatan Awal
Apersepsi :
- Bertanya
jawab tentang pengalaman menulis cerpen
- Bertanya
jawab tentang tema cerita yang disukai
Memotivasi :
- Salah satu
siswa diminta menceritakan pengalamannya ketika menulis
cerpen. Siswa lain menyimak dan menanggapi
dengan pertanyaan atau pernyataan.
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta
didik dapat menentukan tema cerita;
F memfasilitasi Peserta
didik dapat menentukan tokoh dan penokohan;
F memfasilitasi Peserta
didik dapat menentukan alur dan latar cerita;
F memfasilitasi Peserta
didik dapat menulis cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh,
alur, dan latar.
F memfasilitasi Peserta
didik dapat menggunakan tanda petik dan petik tunggal.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Merumuskan tema, tokoh, latar, dan alur
cerita. Kemudian, siswa mendiskusikannya dalam diskusi kelas.
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik.
V.
Sumber/Bahan/Alat
- Ide untuk
menulis cerpen
- Nara sumber
Buku Bahasa Indonesie.
VI. Penilaian
·
Penilaian
proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan
tahap-tahap dalam alur
·
Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai
dengan alur aslinya.
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
·
Ceritakan kembali isi cerpen sesuai dengan alur
aslinya!
|
Bentuk
tes: lisan dan tertulis
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
Mengidentifikasi
tema, tokoh, latar, alur untuk pedoman
menyusun cerpen
dengan memerhatikan keaslian ide
dan kreativitas
a. Baik (3)
b. Kurang baik
(2)
c. Tidak baik (1)
|
5
|
|
2
|
Mengembangkan
tema, tokoh, latar, dan alur dalam sebuah
cerpen dengan
memerhatikan gaya bahasa yang menarik
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
|
5
|
|
3
|
Membacakan cerpen
dengan memerhatikan lafal, intonasi,
dan ekspresi
a. Menarik (3)
b. Kurang menarik
(2)
c. Tidak menarik
(1)
|
5
|
Keterangan
Skor
maksimum 3 (3 × 5) = 45
Perhitungan nilai akhir
Nilai
akhir : Skor yang diperoleh X
100
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
…..,………………… 2016
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 komentar:
Posting Komentar