Download rpp - smp - Standar Isi, panduan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran

Sekolah                         : SMP .....
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : Vll (tujuh)/ 1 (satu)


Standar Kopetensi
Kopetensi Dasar
Mendengarkan
1.Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan kedalam beberapa kalimat
Berbicara
2.Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyimpulkan pengumuman
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan dan kata kalimat efektif
2.2  Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana

Membaca
3.Memahami ragam teks non sastra dengan berbagai cara membaca
3.1 Menemukan makna kata tertentu dengan kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca menandai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata/menit
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang eksprisif
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi,Isi dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif,baik,dan benar
Mendengarkan
5. Mengaprisiasi dongeng yang diperdengarkan
5.1 Menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
5.2 Menunjukan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal,intonasi,gesture dan mimic yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat praga
Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
Menulis
8. Mengekspresikan pikiran,perasaan,dan pengalaman melalui pantun dan dongeng

8.1 Menulis pantun sesuai dengan syarat pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar










RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Semester Gasal
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

1.      Minggu Efektif
a.       Juli                                                             : 5minggu
b.      Agustus                                                     : 4minggu
c.       September                                                 : 5minggu
d.      Oktober                                                     : 4 minggu
e.       November                                                             : 4minggu
f.       Desember                                                  : 5minggu
                                                                                                    +
                                                      Jumlah             : 27minggu

2. Minggu Tidak Efektif
a.       Juli  ( MOS ) + LiburIdulFitri                   : 4 minggu
b.      September  ( Mid SemesterGasal )           : 1 minggu
c.       Desember  (Semester + Natal)                  : 5 minggu
                                                                                                       +        
         Jumlah                                                    : 10 minggu
3.Jumlah Minggu Efektif
(1) – (2)                                                                             :27 – 10                       :17 Minggu
4. Perhitungan jam Efektif
a.       Jumlah jam pelajaran 1 minggu                       : 5 jam (i)
b.      Jumlahseluruh jam dalam semester                 : 17 x 5 jam =  85 jam (ii)
c.       Jumlah jam tidakefektifdalam I semester      
3.1.UlanganHarian                                          :  4 jam
3.2.Cadangan                                                  : 5 jam
                                                     +
                                                    Jumlah               : 9 jam                      (iii)
d.      Jumlah jam efektif dalam 1 semester              : (ii) – (iii) =  85 jam -9 jam =  76 jam
                                                   
















                                                                                                                     Lubuklinggau, Juni 2016
Mengetahui,                                                                                   Mahasiswa Bahasa Indonesia
Kepala Sekolah    

PEMETAAN SK DAN KD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Nama Sekolah       : SMP…..
Kelas/Semester     : VII/1

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KKM
ALOKASI
WAKTU
KET
Aspek : Mendengarkan

1.   Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1 Menyimpul­kanisiberita yang d 40iba­cakan dalambeberapakalimat


·    Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
75
3x 40 ’

·    Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea




1.2 Menuliskankembalibe­rita yang di­bacakankedalambebe­rapakalimat
·    Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan
75
5 x 40’

·    Mampu menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi



Aspek : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman



2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

·    Mampu menulis kerangka  cerita  pengalaman
75
 3 x 40’

·    Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif




2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

·    Mampu menulis kerangka pengumuman
76
 4 x 40’

·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana



Aspek : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1 Menemu-kanmakna kata tertentuda­lamkamussecaracepatdantepatde­ngankonteks yang diingin­kanmelaluikegiatanmem­bacamemindai
·    Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
75
 2 x 40 ‘

·    Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan




3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

·    Mampu membaca cepat 200 kata per menit
75
 5 x 40 ‘

·    Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan



·    Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan



3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

·    Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
75
 5 x 40 ‘

·    Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara  dengan intonasi yang tepat



Aspek : Menulis
4.  Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1 Menulisbukuharianataupengalamanpribadide­nganmem­perhatikancarapeng­ungkapandanbahasa yang baikdanbenar

·    Mampu menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!
74
 5 x 40 ‘

·    Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!




4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

·    Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·    Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
76
 5 x 40 ‘

4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

·    Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
74
 5 x 40 ‘

·    Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif




Aspek : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengar-
kan
5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
·    Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng
76
 3 x 40 ‘

·    Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng



5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

·    Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
75
 3 x 40 ‘

·    Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang




Aspek : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
76
5 x 40 ‘

·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik



·    Mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat





6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
76
 5 x 40’

·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik



·    Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita








Aspek : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
75
 5 x 40’

·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita



·    Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.



7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

·    Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
75
 3 x 40 ‘

·    Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun




Aspek : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

·    Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
74
 5 x 40’

·    Mampu menulis pantun




8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
·    Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
74
 5 x 40 ‘

·    Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng



Ulanganharian

4

Cadangan

5

Total

85

















Mengetahui,
Kepalah Sekolah
























Lubuklinggau,    Juni 2016
Guru Mapel Bahasa Indonesia


PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Nama Sekolah       : SMP ……
Kelas/Semester     : VII/1
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
ALOKASI
WAKTU
KETERANGAN
Aspek : Mendengarkan

1.   Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1 Menyimpul­kan  isi berita yang d 40iba­cakan dalam beberapa kalimat


·    Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
3 x 40 ’

·    Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea



1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat
·    Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan
5 x 40’

·    Mampu menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi


Aspek : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman



2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

·    Mampu menulis kerangka  cerita  pengalaman
 3 x 40’

·    Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif



2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

·    Mampu menulis kerangka pengumuman
 4 x 40’

·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana


Aspek : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai
·    Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
 2 x 40 ‘

·    Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan



3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

·    Mampu membaca cepat 200 kata per menit
 5 x 40 ‘

·    Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan


·    Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan


3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

·    Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
 5 x 40 ‘

·    Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara  dengan intonasi yang tepat


Aspek : Menulis
4.  Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar

·    Mampu menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!
 5 x 40 ‘

·    Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!



4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

·    Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·    Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
 5 x 40 ‘

4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

·    Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
 5 x 40 ‘

·    Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif



Aspek : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengar-
      Kan
5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
·    Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng
 3 x 40 ‘

·    Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng


5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

·    Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
 3 x 40 ‘

·    Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang



Aspek : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
5 x 40 ‘

·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik


·    Mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat




6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
 5 x 40’

·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik


·    Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita







Aspek : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
 5 x 40’

·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita


·    Mampu menceritakan  kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.


7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

·    Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
 3 x 40 ‘

·    Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun



Aspek : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

·    Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
 5 x 40’

·    Mampu menulis pantun



8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
·    Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
 5 x 40 ‘

·    Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng


Ulangan harian
4

Cadangan
5

Total
85



Mengetahui,
Kepala Sekolah




Lubuklinggau,    Juni 2016
Mahasiswa Bahasa Indonesia








Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar