Sekolah : SMP .....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : Vll
(tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kopetensi
|
Kopetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.Memahami wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam
beberapa kalimat
1.2 Menuliskan
kembali berita yang dibacakan kedalam beberapa kalimat
|
Berbicara
2.Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui
kegiatan bercerita dan menyimpulkan pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
dengan menggunakan pilihan dan kata kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang
tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
|
Membaca
3.Memahami ragam teks non sastra dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu dengan kamus secara cepat dan tepat
dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca menandai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata/menit
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang
tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat
pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan
cara pengungkapan dan bahasa yang eksprisif
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi,Isi dan
bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif,baik,dan benar
|
Mendengarkan
5. Mengaprisiasi dongeng yang diperdengarkan
|
5.1 Menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
5.2 Menunjukan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan
situasi sekarang
|
Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal,intonasi,gesture dan
mimic yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat praga
|
Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
Menulis
8. Mengekspresikan pikiran,perasaan,dan pengalaman melalui pantun dan
dongeng
|
8.1 Menulis pantun sesuai dengan syarat pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca
atau didengar
|
|
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Semester Gasal
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
1.
Minggu
Efektif
a. Juli
:
5minggu
b. Agustus
:
4minggu
c. September
:
5minggu
d. Oktober
:
4 minggu
e. November
:
4minggu
f. Desember
:
5minggu
+
Jumlah : 27minggu
2.
Minggu
Tidak Efektif
a. Juli
( MOS ) + LiburIdulFitri : 4
minggu
b. September ( Mid SemesterGasal ) : 1 minggu
c. Desember
(Semester + Natal) : 5 minggu
+
Jumlah : 10
minggu
3.Jumlah
Minggu Efektif
(1) – (2) :27
– 10 :17 Minggu
4.
Perhitungan jam Efektif
a. Jumlah jam pelajaran 1 minggu : 5 jam (i)
b. Jumlahseluruh jam dalam semester : 17 x 5 jam = 85 jam (ii)
c. Jumlah jam tidakefektifdalam I semester
3.1.UlanganHarian : 4 jam
3.2.Cadangan :
5 jam
+
Jumlah : 9 jam (iii)
d. Jumlah jam efektif dalam 1 semester : (ii) – (iii) = 85 jam -9 jam = 76 jam
Mengetahui,
Mahasiswa Bahasa Indonesia
Kepala Sekolah
PEMETAAN SK DAN KD MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Sekolah :
SMP…..
Kelas/Semester :
VII/1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
KKM
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
Aspek : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkanisiberita yang
d 40ibacakan dalambeberapakalimat
|
·
Mampu menulis isi/sari berita yang
didengarkan/dibacakan
|
75
|
3x 40 ’
|
|
·
Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
|
|
|
|
||
1.2 Menuliskankembaliberita
yang dibacakankedalambeberapakalimat
|
·
Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan
|
75
|
5 x 40’
|
|
|
·
Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa
kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
|
|
|
||
Aspek : Berbicara
2.
Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan
menyampaikan pengumuman
|
2.1
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan
pilihan kata dan kalimat efektif
|
·
Mampu menulis kerangka
cerita pengalaman
|
75
|
3 x 40’
|
|
·
Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan
kalimat efektif
|
|
|
|
||
2.2
Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat
yang lugas dan sederhana
|
·
Mampu menulis kerangka pengumuman
|
76
|
4 x 40’
|
|
|
·
Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta
menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
|
|
|
|
||
Aspek : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemu-kanmakna
kata tertentudalamkamussecaracepatdantepatdengankonteks yang diinginkanmelaluikegiatanmembacamemindai
|
·
Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
|
75
|
2 x 40 ‘
|
|
·
Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat
sesuai dengan konteks yang diinginkan
|
|
|
|
||
3.2
Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
·
Mampu membaca cepat 200 kata per menit
|
75
|
5 x 40 ‘
|
|
|
·
Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan
yang disediakan
|
|
|
|
||
·
Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai
pokok-pokok bacaan
|
|
|
|
||
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat
upacara dengan intonasi yang tepat
|
·
Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat
upacara
|
75
|
5 x 40 ‘
|
|
|
·
Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat
|
|
|
|
||
Aspek : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam
buku harian dan surat pribadi
|
4.1
Menulisbukuharianataupengalamanpribadidenganmemperhatikancarapengungkapandanbahasa
yang baikdanbenar
|
·
Mampu menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu
hari!
|
74
|
5 x 40 ‘
|
|
·
Mampu secara rutin menulis kan
pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
|
|
|
|
||
4.2
Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
|
·
Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi
dengan surat resmi
·
Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang
komunikatif
|
76
|
5 x 40 ‘
|
|
|
4.3
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
|
74
|
5 x 40 ‘
|
|
|
·
Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif
|
|
|
|
||
Aspek : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengar-
kan
|
5.1
Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengar kan
|
·
Mampu menemukan ide-ide
menarik dalam dongeng
|
76
|
3 x 40 ‘
|
|
·
Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng
|
|
|
|
||
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang
diperdengarkan dengan situasi sekarang
|
·
Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
|
75
|
3 x 40 ‘
|
|
|
·
Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi
sekarang
|
|
|
|
||
Aspek : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui
kegiatan bercerita
|
6.1
Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik
yang tepat
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok cerita
|
76
|
5 x 40
‘
|
|
·
Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan
cerita yang baik dan menarik
|
|
|
|
||
·
Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik
yang tepat
|
|
|
|
||
|
6.2
Bercerita dengan alat peraga
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok cerita
|
76
|
5 x 40’
|
|
·
Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka
cerita yang menarik
|
|
|
|
||
·
Mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga
berdasarkan kerangka cerita
|
|
|
|
||
Aspek : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan
membaca
|
7.1
Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
|
75
|
5 x 40’
|
|
·
Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
|
|
|
|
||
·
Mampu menceritakan kembali
cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.
|
|
|
|
||
7.2
Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
·
Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan
dikomentari
|
75
|
3 x 40 ‘
|
|
|
·
Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan
bahasa yang santun
|
|
|
|
||
Aspek : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman
melalui pantun dan dongeng
|
8.1
Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
·
Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai
konteks
|
74
|
5 x 40’
|
|
·
Mampu menulis pantun
|
|
|
|
||
8.2
Menulis kembali dengan bahasa
sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
|
74
|
5 x 40 ‘
|
|
|
·
Mampu menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok
dongeng
|
|
|
|
||
Ulanganharian
|
|
4
|
|
||
Cadangan
|
|
5
|
|
||
Total
|
|
85
|
|
Mengetahui,
Kepalah Sekolah
|
|
Lubuklinggau, Juni 2016
Guru Mapel Bahasa Indonesia
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Sekolah :
SMP ……
Kelas/Semester :
VII/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
|
Aspek : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang d 40ibacakan dalam
beberapa kalimat
|
·
Mampu menulis isi/sari berita yang
didengarkan/dibacakan
|
3 x 40 ’
|
|
|
·
Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
|
|
|
|||
1.2 Menuliskan
kembali berita yang dibacakan ke
dalam beberapa kalimat
|
·
Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan
|
5 x 40’
|
|
||
·
Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa
kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
|
|
|||
Aspek : Berbicara
2.
Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan
menyampaikan pengumuman
|
2.1
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan
pilihan kata dan kalimat efektif
|
·
Mampu menulis kerangka
cerita pengalaman
|
3 x 40’
|
|
|
·
Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan
kalimat efektif
|
|
|
|||
2.2
Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat
yang lugas dan sederhana
|
·
Mampu menulis kerangka pengumuman
|
4 x 40’
|
|
||
·
Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta
menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
|
|
|
|||
Aspek : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemu-kan makna
kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang
diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
|
·
Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
|
2 x 40 ‘
|
|
|
·
Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat
sesuai dengan konteks yang diinginkan
|
|
|
|||
3.2
Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
·
Mampu membaca cepat 200 kata per menit
|
5 x 40 ‘
|
|
||
·
Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan
yang disediakan
|
|
|
|||
·
Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok
bacaan
|
|
|
|||
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat
upacara dengan intonasi yang tepat
|
·
Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat
upacara
|
5 x 40 ‘
|
|
||
·
Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat
|
|
|
|||
Aspek : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam
buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian
atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa
yang baik dan benar
|
·
Mampu menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu
hari!
|
5 x 40 ‘
|
|
|
·
Mampu secara rutin menulis kan
pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
|
|
|
|||
4.2
Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
|
·
Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi
dengan surat resmi
·
Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang
komunikatif
|
5 x 40 ‘
|
|
||
4.3
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
|
5 x 40 ‘
|
|
||
·
Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif
|
|
|
|||
Aspek : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengar-
Kan
|
5.1
Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengar kan
|
·
Mampu menemukan ide-ide
menarik dalam dongeng
|
3 x 40 ‘
|
|
|
·
Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng
|
|
|
|||
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang
diperdengarkan dengan situasi sekarang
|
·
Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
|
3 x 40 ‘
|
|
||
·
Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi
sekarang
|
|
|
|||
Aspek : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui
kegiatan bercerita
|
6.1
Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik
yang tepat
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok cerita
|
5 x 40
‘
|
|
|
·
Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan
cerita yang baik dan menarik
|
|
|
|||
·
Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik
yang tepat
|
|
|
|||
|
6.2
Bercerita dengan alat peraga
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok cerita
|
5 x 40’
|
|
|
·
Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka
cerita yang menarik
|
|
|
|||
·
Mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga
berdasarkan kerangka cerita
|
|
|
|||
Aspek : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan
membaca
|
7.1
Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
|
5 x 40’
|
|
|
·
Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan
cerita
|
|
|
|||
·
Mampu menceritakan
kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun
tulis.
|
|
|
|||
7.2
Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
·
Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan
dikomentari
|
3 x 40 ‘
|
|
||
·
Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan
bahasa yang santun
|
|
|
|||
Aspek : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman
melalui pantun dan dongeng
|
8.1
Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
·
Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai
konteks
|
5 x 40’
|
|
|
·
Mampu menulis pantun
|
|
|
|||
8.2
Menulis kembali dengan bahasa
sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
|
·
Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
|
5 x 40 ‘
|
|
||
·
Mampu menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok
dongeng
|
|
|
|||
Ulangan harian
|
4
|
|
|||
Cadangan
|
5
|
|
|||
Total
|
85
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
|
Lubuklinggau, Juni 2016
Mahasiswa Bahasa Indonesia
|
0 komentar:
Posting Komentar