RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negri 0 mangun harjo
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
IX/1
Alokasi Waktu :
6 x 40 ( 3x pertemuan )
Standar Kompetensi : 8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan
pengalaman
dalam cerita pendek
Kompetensi Dasar :
8.2.Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
I. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
- menentukan
tema cerita;
- menentukan
tokoh dan penokohan;
- menentukan
alur dan latar cerita;
- menulis
cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh, alur, dan latar.
- menggunakan
tanda petik dan petik tunggal.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
II. Materi Ajar
- Cerpen yang
bertolak dari peristiwa yang dialami
III. Metode
Pembelajaran
- Contoh -
Latihan
- Tanya jawab
- Penugasan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
pertama, kedua dan ketiga :
A. Kegiatan Awal
Apersepsi :
- Bertanya
jawab tentang pengalaman menulis cerpen
- Bertanya
jawab tentang tema cerita yang disukai
Memotivasi :
- Salah satu
siswa diminta menceritakan pengalamannya ketika menulis
cerpen. Siswa lain menyimak dan menanggapi
dengan pertanyaan atau pernyataan.
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta
didik dapat menentukan tema cerita;
F memfasilitasi Peserta
didik dapat menentukan tokoh dan penokohan;
F memfasilitasi Peserta
didik dapat menentukan alur dan latar cerita;
F memfasilitasi Peserta
didik dapat menulis cerita berdasarkan pengalaman sendiri sesuai tema, tokoh,
alur, dan latar.
F memfasilitasi Peserta
didik dapat menggunakan tanda petik dan petik tunggal.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Merumuskan tema, tokoh, latar, dan alur
cerita. Kemudian, siswa mendiskusikannya dalam diskusi kelas.
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik.
V.
Sumber/Bahan/Alat
- Ide untuk
menulis cerpen
- Nara sumber
Buku Bahasa Indonesie.
VI. Penilaian
·
Penilaian
proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan
tahap-tahap dalam alur
·
Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai
dengan alur aslinya.
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
·
Ceritakan kembali isi cerpen sesuai dengan alur
aslinya!
|
Bentuk
tes: lisan dan tertulis
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
Mengidentifikasi
tema, tokoh, latar, alur untuk pedoman
menyusun cerpen
dengan memerhatikan keaslian ide
dan kreativitas
a. Baik (3)
b. Kurang baik
(2)
c. Tidak baik (1)
|
5
|
|
2
|
Mengembangkan
tema, tokoh, latar, dan alur dalam sebuah
cerpen dengan
memerhatikan gaya bahasa yang menarik
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
|
5
|
|
3
|
Membacakan cerpen
dengan memerhatikan lafal, intonasi,
dan ekspresi
a. Menarik (3)
b. Kurang menarik
(2)
c. Tidak menarik
(1)
|
5
|
|
Keterangan
Skor
maksimum 3 (3 × 5) = 45
Perhitungan nilai akhir
Nilai
akhir : Skor yang diperoleh X
100
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(____________________)
NIP / NIK :
.....................
|
|
…..,………………… 2017
Guru Mapel Bhs Indonesia.
( Bustomi
Ariyanto)
NIP / NIK :
.................
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk komentar dan laporan
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan
membaca memindai
|
0 komentar:
Posting Komentar