Download Contoh Silabus Pembelajaran Serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Smp Negeri 0 Mangun Harjo kelas VII Satu Semester Di Tulis Oleh Eti irwanti




                                          Situs online Selamat Berkujung

 

SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                        : SMP....
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi  : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat




·         Penyimpulan berita
·         Cara menaggapi berita yang disampaikn

·   Mendengarkan isi/sari berita yang dibacakan
·   Menuliskan isi/sari berita yang dibacakan
·   Mendiskusikan isi berita yang ditulis
·   Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
·   Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.
·    Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
·    Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea



Tes tulis



Uraian
·  Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
·  Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
 2 X 40’
Teks berita dari media massa maupun elektronik
Isi/sari berita

1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

·         Penulisan kembali berita (yang didengarkan)
·         Teknik penulisan berita yang di kembangkan kedalam kalimat
·   Mendengarkan berita yang dibacakan
·   Mendiskusikan isi/sari berita
·   Mengembangkan isi/sari berita menjadi berita dengan susunan yang bervariasi
·    Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan 
·    Mampu menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
Penugasan individual/ke-lompok
Pekerjaan rumah (PR)
·  Tuliskan kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi!
2 X 40’
 Teks berita dari media massa maupun elektronik



SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                        : SMP....
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi   : Berbicara
   2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
BentukInstrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

·         Cara menceritakan pengalaman yang menge­sankan dan implementasi- nya

·   Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan du­kungan gambar seri
·   Bertanya jawab tentang gaya bercerita narasumber
·  Memilih pengalaman yang paling mengesankan
·  Menyusun kerangka cerita pengalaman
·  Berlatih bercerita
·   Bercerita berdasarkan kerangka cerita dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
·    Mampu menulis kerangka  cerita  pengalaman
·    Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

Tes praktik
Uji petik kerja
·  Tulislah kerangka cerita pengalamanmu!
·  Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu berdasarkan kerangka yang kamu tulis dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!


    4X40’
Pengalaman pribadi yang mengesan-kan
Buku Teks
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

·         Penyampaian pengu­muman
·         Teknik menyampaikan pengumuman

·  Mencermati  model penyampaian teks pengumuman
·  Bertanya jawab tentang gaya penyampaian  pengumuman yang disampaikan oleh model
·  Menenentukan topik pengumuman
·  Menyusun kerangka pengumuman
·  Berlatih mengumumkan
·  Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

·    Mampu menulis kerangka pengumuman
·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

Tes praktik
Uji petik kerja
·   Tulislah kerangka pengumuman!

·  Umumkanlah secara lisan dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah ... berdasarkan kerangka pengumuman yang telah kamu tulis!
    6X40’
Selebaran Pengumumn
Lingkungan
Buku teks












SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                        : SMP....
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi   : Membaca
                                        3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
BentukInstrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai

·         Cara menemukan  makna kata  secara cepat dan implementasi-nya
·         Teknik membaca cepat
·   Membaca teks nonsastra
·   Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
·   Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)
·   Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema)  secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)
·    Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat


·    Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

Observasi
 Lembar observasi
·   Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
·   Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak


2 X 40’
Kamus Besar Ba­ha­sa Indonesia
Teks nonsastra
3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

·         Penyimpulan isi bacaan
·         Meneukan pokok-pokok bacaan secara cepat dan tepat
·         Teknik membaca cepat
·   Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
·   Menghitung waktu  membaca
·   Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
·   Menghitung Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
·   Menentukan pokok-pokok bacaan
·   Merangkai pokok-pokok bacaan
·   Menyimpulkan isi bacaan
·    Mampu membaca cepat 200 kata per menit




·    Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan



·    Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
Tes praktik
Uji petik kerja

·  Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!
·  Jawablah beberapa pertanyaan berikut!
   1. ...
   2. ...  dst.

·  Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu!  
    2X40’
Stopwatch,
Teks bacaan
3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

·         Pembacaan teks perangkat upacara
·         Teknik membaca teks upcara dengan intonasi yang tepat
o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara
o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi
o Berlatih membacakan teks perangkat upacara
o Membacakan teks perangkat upacara  dengan intonasi yang tepat
·    Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara



·    Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara  dengan intonasi yang tepat
Tes tulis







Uraian





·  Berilah tanda jeda pada  berbagai teks perangka upacara yang terdapat di sekolahmu!


·  Bacakanlah minimal dua teks  perangkat upacara dengan intonasi yang tepat!
  6 X 40’
Teks perangkat  upacara
Buku teks

 

 

 

 



SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                        : SMP ....
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar

·         Penulisan catatan hari­an/ pengalaman pribadi
·         Cara menulis pengalaman pribadi dengan bahasa ekspesif
·   Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
·   Mendiskusikan unsur-unsur  yang ada dalam buku harian
·   Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
·   Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian.

·    Mampu menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!
·    Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!

Tes




Penugasan individual/kelompok

Uraian




Proyek
·  Tulislah pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
·  Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf!
  4 X 40’
Pengalaman pribadi siswa
Lingkungan
Buku teks
Buku harian/ Catatan harian
4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

·         Penulisan surat pribadi
·         Definisi surat pribadi
·         Ciri-ciri surat pribadi
·         Teknik penulisan surat pribadi
·   Mengamati dan mencermati beberapa contoh surat pribadi dan surat resmi
·   Berdiskusi untuk menentukan komposisi surat pribadi
·   Menentukan topik surat pribadi dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya)
·   Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif
·   Menyunting surat
·   Mengirim surat pribadi ke alamat yang dituju
·    Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·    Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif


Tes

Tes praktik


Uraian

Tes keterampiln

·  Tulislah perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi berdasarkan surat terasji!
·  Tulislah surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif.

   4 X 40’
Berbagai surat pribadi dan surat resmi
4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

·         Penulisan pengumuman
·         Hakikat pengumuman
·         Teknik penulisan pengumuman
·   Mengamati dan mencermati teks pengumuman
·   Berdiskusi untuk menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan  kelas/sekolah dan  menentukan pokok-pokoknya
·   menulis teks pengumuman dengan  bahasa yang efektif, baik, dan benar
·   menyunting teks pengumuman
·   memajang pengumuman di papan pamer kelas/sekolah
·    Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
·    Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif

Tes praktik/kinera
Uji petik kerja
·  Tulislah pokok-pokok pengumuman kegiatan sekolah
·  Tulislah teks pengumuman sesuai dengan pokok-pokok pengumuman yang kamu tulis!

   4X40’
Selebar­an Pengumumn
Buku Teks



SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                        : SMP...
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi   : Mendengarkan
                                        5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
BentukInstrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
·         Cara menemukan hal menarik dari dongeng dan implementasi- nya
·   Mendengarkan penyajian dongeng
·   Bertanya jawab untuk menemukan ide-ide  yang menarik dari dongeng
·   Merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
·    Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng
·    Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
Tes tulis




Uraian



·  Identifikasilah ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
·  Rangkaikanlah ide-ide me­narik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi  hal-hal menarik dari dongeng!
    2X40’
Kaset /CD  dongeng
Buku teks
5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

·         Cara menunjukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang dan implementasi- nya
·   Mendengarkan dongeng
·   Mendiskusikan isi  dongeng
·   Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
·    Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
·    Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang


  Tes tulis



   Uraian
·  Tulislah isi  dongeng yang kamu dengarkan  secara lisan!
·  Bagaimanakah relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi sekarang? Jelaskan!
   2 X 40’
 Kaset /CD  dongeng
Buku teks





                                                        



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                        : SMP...
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi   : Berbicara
                                        6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
BentukInstrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

·         Pengertian cerita
·         Penyampaian cerita
·         merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik

·   Menentukan buku cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku di  perpustakaan.
·   Membaca buku cerita yang menarik itu.
·   Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
·   Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
·   Berlatih bercerita
·   Bercerita dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik
·    Mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat


Tes tertulis


  Uraian




·  Tulislah pokok-pokok cerita yang ter­da­­pat di dalam buku cerita yang kamu baca!
·   Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·   Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat! 
   6 X 40’
Perpustakan
Buku  cerita
Buku teks
6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

·         Penyampaian cerita dengan alat peraga
·         Bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita
·   Mencermati model bercerita
·   Mendiskuskan suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik model
·   Membaca teks cerita yang menarik.
·   Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
·   Merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang baik dan menarik
·    Menyiapkan alat peraga  untuk mendukung cerita
·   Berlatih bercerita dengan alat peraga
·   Bercerita dengan alat peraga
·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
·    Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita
Tes tertulis

Uraian



·  Tulislah pokok-pokok cerita  yang ter­da­­pat di dalam teks cerita yang kamu baca!
·   Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi kerangka cerita!
·   Berceritalah dengan dukungan alat peraga!    
   4 X 40’
Alat peraga
Buku teks
Buku cerita

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 


 

SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                        : SMP.....
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi  : Membaca
  7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
BentukInstrumen
Contoh
Instrumen
7.1Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

·         Penceritaan kembali
·         merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·         menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.

·  Membaca cerita anak
·  Berdiskusi untuk me­nen­tukan pokok-pokok cerita
·  Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
·   Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis


·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·    Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupuntulis.

Penugasan individual/kelompok



Uji petik kerja

·  Tentukan pokok-pokok cerita anak yang kamu baca!
·  Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·  Ceritakanlah secara tertulis dan/atau lisan de­ngan bahasamu sendiri cerita anak yang kamu baca!

  6 X 40’
Perpustakan
Buku teks
7.2Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

·         Cara berkomentar  terhadap buku cerita dan implementasi- nya
·         mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

·  Membaca cerita anak
·   Menandai hal-hal yang akan dikomentari
·  Berdiskusi untuk menentukan bagian/unsur yang  perlu dikomentari  dari buku cerita
·   Mengomentari buku cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun


·    Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
·    Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

Penugasan individual/kelompok



Proyek



·  Tentukanlah  bagian/unsur buku cerita ... yang perlu dikomen­tari
·  Bagaimakah komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca? 
·  Kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!

   4 X 40’
Perpustakan
Buku teks 



SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                        : SMP....
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi   : Menulis
 8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1  Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

·         Hakikat pentun
·         Syarat-syarat pantun
·         Penulisan   pantun sesuai dengan syarat pantun yang ada
·  Membaca contoh-contoh pantun
·  Berdiskusi untuk menentukan syarat-syarat pantun
·  Menulis materi/bahan konteks pantun
·  Menulis pantun yang memenuhi  syarat-syarat pantun
·  Menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun

·    Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks


·    Mampu menulis pantun

Tes tulis









Uraian








·  Tulislah materi pantun sesuai konteks (narasi nasihat, narasi agama, atau yang lain)!
·   Tulislah sebuah pantun sesuai konteks yang kamu tulis
   2 X 40”
Perpusta-
kaan
Buku teks
Berbagai
jenis
pan­tun
8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
·         Penulisan kembali  dongeng
·  Membaca/mendengarkan dongeng
·  Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
·  Menulis kembali dongeng berda­sar­kan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah disimpulkan
·    Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
·    Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng
Tes tulis




Uraian




·  Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu baca/dengar!


·  Tuliskanlah de­ngan bahasamu sendiri dongeng yang baru kamu baca/dengar!

   4 x 40’
Perpusta-
kaan Buku/rekaman dongeng
Buku teks







Mengetahui,                                                                                                    mahasiswa bahasa indonesia
Kepala ...................                                                                                                                       



............................................                                                                                                     ..................................................
NIP/NIK                                                                                                        NIP/NIK 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                         : SMP...
Mata  Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : VII / 1(Ganjil)
Alokasi Waktu/ Tatap muka   : 2x40 menit
Standar Kompetensi               : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman melalui      pantun dan dongeng
Kompetensi Dasar                   : 8.1. Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
Indikator                                   : 1. Mampu mendeskripsikan hakikat pantun
  2. Mampu menentukan syarat-syarat pantun
  3. Mampu menulis pantun
1. Tujuan Pembelajaran :
·         Setelah mendengarkan dan diberikan gambaran siswa mampu mendeskripsikan hakikat pantun dengan benar.
·         Setelah melakukan kegiatan tanya jawab siswa mampu menentukan syarat-syarat pantun dengan tepat.
·         Setelah melewati beberapa rangkain kegiatan yang telah dilalui siswa mampu membuat minimal dua contoh pantun sesui dangan syarat-syarat pantun.

v  Karakter siswa yang diharapkan:
§  Kreatif
§  Ingin tau
§  Berfikir logis
§  Tanggung jawab
§  Berani
2 . Materi  Pembelajaran
penulisan pantun
a.       Menjelaskan hahikat pantun
b.      Mengetahui syarat-syarat pantun
c.       Membuat contoh pantun dengan syarat-syarat pantun yang ada.
d.      Melalui sebuah gambar siswa dapat membuat contoh pantun sesuai dengan syarat-syaratnya serta dapat mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman melalui pantun.
3. Metode pembelajaran
a. Desain/model pembelajar:
            1. Model pembelajaran kontekstual
2. Model pembelajaran mandiri         
b. Metode pembelajaran :
1.Ceramah
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan awal        (20 menit)
1. Apersepsi
1. Guru menciptakan lingkungan dalam kelas, seperti mengucapkan salam pembuka, sapaan, pengabsenan.
          2. Motivasi       
§  Guru menjelaskan secara singkat materi pokok yang akan dibelajarkan.
§  Guru menjelaskan secara singkat tujuan pembelajaran dan kegunaan materi tersebut di lingkungan msyarakat.

b. Kegiatan Inti            (45 menit)
1. Eksplorasi
a.       Guru melibatkan siswa mencari pengertian tentang tema materi yang akan dipelajari dengan menggunakan pendekatan berbagai pelajaran,media pembelajaran,dan sumber belajar lain.
b.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lain.
c.       Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
d.      Memfasilitasi siswa untuk menyimpulkan pikiran, pendapat dan  gagasan narasumber.
2.      Elaborasi
a.       Guru melakukan tanya jawab agar siswa mampu mendeskripsikan pengertian pantun
b.      Guru menyampaikan syarat-syarat pantun dan siswa mampu merespon
c.       Siswa mampu memberikan timbal balik dan siswa mampu membuat conth pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun yang telah disampaikan
3.      Konfirmasi
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
b.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi  dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber, siswa diberiakan tugas menulis pantun sesuai dengan syarat pantun
c.       Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
d.      Memfasilitas siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, setelah siswa bisa menulis pantun sesuai dengan syarat pantun, berikan tanggapan yang membangun.
c.                   Kegiatan akhir          (15 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Bersama-sama dengan siswa atau sendiri dalam membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.      Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pelajaran
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam memberikan tugas dengan hasil belajar peserta didik.
5.Media/Alat/Sumber Belajar
1.      Buku teks bahasa indonesia.
2.      Contoh-contoh pantun
6. Penilaian
a. penilaian proses
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menulis pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun
Tes tulis




 Uraian




·   Buatlah minimal 2 contoh pantun sesuai dengan ketentun syarat pantun yang ada!

Pedoman Penskoran penulisan pantun
No.
Kegiatan
Skor
1

1.1     Siswa dapat menuliskan sekurang-kurangnya dua contoh pantun, sesuai dengan syarat pantun

1.2     Siswa menuliskan dua pantun, tetapi tidak memenuhi syarat pantun

1.3     Siswa tidak dapat menuliskan pantun

3
2
0



     b. penilaian sikap   
No.
Partisipasi siswa
Skor
1
2
3

Apakah siswa merespon terhadap pertanyaan guru

                                                                                                                            Bagaimana sikap terdadap guru dan teman sebaya
Bagaimana sikap bekerjasama antara siswa dengan guru dan siswa lain
ABCD
ABCD
ABCD





            
                          Skor Perolehan
NILAI =   ------------------------------------ x 100
                    Skor Maksimum


Mengetahui,
Kepala Sekolah




Lubuklinggau,   April 2016
Mahasiswa Bahasa Indonesia

Eti Irwanti

Lembar soal
1.      Sebutkan dan jelaskan syarat-syarat pantun !
2.      Buatlah minimal tiga contoh pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun yang ada!


Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar