Situs online Selamat Berkujung
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui
kegiatan mendengarkan berita
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa
kalimat
|
·
Penyimpulan
berita
·
Cara menaggapi berita yang disampaikn
|
· Mendengarkan isi/sari berita yang
dibacakan
· Menuliskan isi/sari berita yang
dibacakan
· Mendiskusikan isi berita yang ditulis
· Memberikan tanggapan terhadap isi berita
lewat diskusi
· Menyimpulkan isi berita dalam satu
alinea.
|
·
Mampu
menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
·
Mampu
menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah minimal lima isi/sari berita
dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
· Tulislah simpulan isi berita yang kamu
dengarkan ke dalam satu alinea!
|
2 X 40’
|
Teks berita dari media massa maupun elektronik
Isi/sari berita
|
1.2 Menuliskan kembali berita
yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
|
·
Penulisan
kembali berita (yang didengarkan)
·
Teknik
penulisan berita yang di
kembangkan kedalam kalimat
|
·
Mendengarkan
berita yang dibacakan
·
Mendiskusikan
isi/sari berita
·
Mengembangkan
isi/sari berita menjadi berita dengan susunan yang bervariasi
|
·
Mampu
menemukan isi/sari berita yang didengarkan
·
Mampu
menuliskan kembali berita yang
didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
·
Tuliskan
kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan
yang bervariasi!
|
2 X 40’
|
Teks
berita dari media massa maupun elektronik
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi
melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
BentukInstrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan
pilihan kata dan kalimat efektif
|
·
Cara
menceritakan pengalaman yang mengesankan dan implementasi- nya
|
·
Mendengarkan
cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan dukungan
gambar seri
·
Bertanya
jawab tentang gaya bercerita narasumber
·
Memilih
pengalaman yang paling mengesankan
·
Menyusun
kerangka cerita pengalaman
·
Berlatih
bercerita
·
Bercerita
berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat
efektif
|
·
Mampu
menulis kerangka cerita pengalaman
·
Mampu
menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan kerangka
cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
|
Tes praktik
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah kerangka cerita pengalamanmu!
· Ceritakanlah pengalamanmu yang paling
mengesankan itu berdasarkan kerangka yang kamu tulis dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!
|
4X40’
|
Pengalaman
pribadi yang mengesan-kan
Buku
Teks
|
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan
kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
|
·
Penyampaian
pengumuman
·
Teknik
menyampaikan pengumuman
|
·
Mencermati model penyampaian teks pengumuman
·
Bertanya
jawab tentang gaya penyampaian
pengumuman yang disampaikan oleh model
·
Menenentukan
topik pengumuman
·
Menyusun
kerangka pengumuman
·
Berlatih
mengumumkan
·
Mengumumkan
dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan
sederhana
|
·
Mampu
menulis kerangka pengumuman
·
Mampu
mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas
dan sederhana
|
Tes praktik
|
Uji petik kerja
|
·
Tulislah kerangka pengumuman!
· Umumkanlah secara lisan
dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah ... berdasarkan kerangka
pengumuman yang telah kamu tulis!
|
6X40’
|
Selebaran Pengumumn
Lingkungan
Buku teks
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
BentukInstrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Menemu-kan makna kata
tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan
melalui kegiatan membaca memindai
|
·
Cara
menemukan makna kata secara cepat dan implementasi-nya
·
Teknik
membaca cepat
|
·
Membaca
teks nonsastra
·
Menandai
kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya
dari kamus
·
Berpasangan
untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan
(satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)
·
Berpasangan
untuk menemukan makna kata (lema)
secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam
teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain
menghitung waktunya)
|
·
Mampu
menemukan lema secara cepat dan tepat
·
Mampu
menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
·
Siswa
dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu
yang ditentukan): ya/ tidak
·
Siswa
dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/
tidak
|
2 X 40’
|
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Teks nonsastra
|
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
·
Penyimpulan
isi bacaan
·
Meneukan
pokok-pokok bacaan secara cepat dan tepat
·
Teknik
membaca cepat
|
·
Membaca
bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
·
Menghitung
waktu membaca
·
Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
·
Menghitung
Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
·
Menentukan
pokok-pokok bacaan
·
Merangkai
pokok-pokok bacaan
·
Menyimpulkan
isi bacaan
|
·
Mampu
membaca cepat 200 kata per menit
·
Mampu
menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
·
Mampu
menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
|
Tes praktik
|
Uji petik kerja
|
·
Buka
dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu
kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah
terdengar bel 2 kali!
·
Jawablah
beberapa pertanyaan berikut!
1. ...
2. ... dst.
·
Tuliskan
pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok
bacaan itu!
|
2X40’
|
Stopwatch,
Teks bacaan
|
3.3 Membacakan berbagai teks
perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
·
Pembacaan
teks perangkat upacara
·
Teknik
membaca teks upcara dengan intonasi yang tepat
|
o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat
upacara
o Membaca dan mencermati teks perangkat
upacara
o Menandai teks dengan tanda-tanda
intonasi
o Berlatih membacakan teks perangkat
upacara
o Membacakan teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
·
Mampu
memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
·
Mampu
membacakan berbagai teks untuk upacara
dengan intonasi yang tepat
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Berilah tanda jeda pada berbagai teks perangka upacara yang
terdapat di sekolahmu!
· Bacakanlah minimal dua teks perangkat upacara dengan intonasi yang
tepat!
|
6 X 40’
|
Teks
perangkat upacara
Buku
teks
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP ....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan
pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan
cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
·
Penulisan
catatan harian/ pengalaman pribadi
·
Cara
menulis pengalaman pribadi dengan bahasa ekspesif
|
·
Mengamati
dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
·
Mendiskusikan
unsur-unsur yang ada dalam buku harian
·
Menulis
pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
·
Mengembangkan
pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif
dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam
buku harian.
|
·
Mampu
menulis pokok-pokok pengalaman pribadi
yang terjadi dalam suatu hari!
·
Mampu
secara rutin menulis kan pengalaman dalam
buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
|
Tes
Penugasan individual/kelompok
|
Uraian
Proyek
|
·
Tulislah
pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
·
Tuliskanlah
pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini!
Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran
dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk
diparaf!
|
4 X 40’
|
Pengalaman
pribadi siswa
Lingkungan
Buku teks
Buku
harian/ Catatan harian
|
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan
bahasa
|
·
Penulisan
surat pribadi
·
Definisi
surat pribadi
·
Ciri-ciri
surat pribadi
·
Teknik
penulisan surat pribadi
|
·
Mengamati
dan mencermati beberapa contoh surat pribadi dan surat resmi
·
Berdiskusi
untuk menentukan komposisi surat pribadi
·
Menentukan
topik surat pribadi dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui
guru bahasa Indonesianya)
·
Menulis
surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang
komunikatif
·
Menyunting
surat
·
Mengirim
surat pribadi ke alamat yang dituju
|
·
Mampu
menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·
Mampu
menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
|
Tes
Tes praktik
|
Uraian
Tes keterampiln
|
·
Tulislah perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi berdasarkan
surat terasji!
·
Tulislah
surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa
Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan
surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif.
|
4 X 40’
|
Berbagai
surat pribadi dan surat resmi
|
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
|
·
Penulisan
pengumuman
·
Hakikat
pengumuman
·
Teknik
penulisan pengumuman
|
·
Mengamati
dan mencermati teks pengumuman
·
Berdiskusi
untuk menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks
kegiatan kelas/sekolah dan menentukan pokok-pokoknya
·
menulis
teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik, dan benar
·
menyunting
teks pengumuman
·
memajang
pengumuman di papan pamer kelas/sekolah
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok pengumuman
·
Mampu
menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
|
Tes praktik/kinera
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah pokok-pokok pengumuman kegiatan
sekolah
· Tulislah teks pengumuman sesuai dengan
pokok-pokok pengumuman yang kamu tulis!
|
4X40’
|
Selebaran
Pengumumn
Buku
Teks
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
BentukInstrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengar kan
|
·
Cara
menemukan hal menarik dari dongeng dan implementasi- nya
|
·
Mendengarkan
penyajian dongeng
·
Bertanya
jawab untuk menemukan ide-ide yang
menarik dari dongeng
·
Merangkai
ide-ide menarik menjadi hal-hal
menarik dari dongeng
|
·
Mampu
menemukan ide-ide menarik dalam
dongeng
·
Mampu
merangkai ide-ide menarik menjadi
hal-hal menarik dari dongeng
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Identifikasilah
ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
·
Rangkaikanlah
ide-ide menarik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga
menjadi hal-hal menarik dari dongeng!
|
2X40’
|
Kaset /CD dongeng
Buku teks
|
5.2 Menunjukkan relevansi isi
dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
|
·
Cara
menunjukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang dan implementasi-
nya
|
·
Mendengarkan
dongeng
·
Mendiskusikan
isi dongeng
·
Menunjukkan
relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
|
·
Mampu
menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
·
Mampu
merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Tulislah
isi dongeng yang kamu dengarkan secara lisan!
·
Bagaimanakah
relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi sekarang? Jelaskan!
|
2 X 40’
|
Kaset /CD
dongeng
Buku teks
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran
dan perasaan melalui kegiatan bercerita
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
BentukInstrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur,
dan mimik yang tepat
|
·
Pengertian
cerita
·
Penyampaian
cerita
·
merangkai
pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang
baik dan menarik
|
·
Menentukan
buku cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku di perpustakaan.
· Membaca buku cerita yang menarik
itu.
·
Berdiskusi
untuk menentukan pokok-pokok cerita
·
Merangkai
pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
·
Berlatih
bercerita
·
Bercerita
dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
·
Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
·
Mampu
bercerita dengan urutan yang baik,
suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
·
Tulislah
pokok-pokok cerita yang terdapat di dalam buku cerita yang kamu baca!
·
Rangkailah
pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·
Berceritalah
dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang
tepat!
|
6 X 40’
|
Perpustakan
Buku
cerita
Buku teks
|
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
·
Penyampaian
cerita dengan alat peraga
·
Bercerita dengan menggunakan alat
peraga berdasarkan kerangka cerita
|
·
Mencermati
model bercerita
·
Mendiskuskan
suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik model
· Membaca teks cerita yang menarik.
·
Berdiskusi
untuk menentukan pokok-pokok cerita
·
Merangkai
pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang baik dan menarik
·
Menyiapkan alat peraga untuk
mendukung cerita
·
Berlatih
bercerita dengan alat peraga
·
Bercerita
dengan alat peraga
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
·
Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
·
Mampu
bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan kerangka cerita
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Tulislah pokok-pokok cerita yang terdapat di dalam teks cerita yang kamu baca!
·
Rangkailah
pokok-pokok cerita itu menjadi kerangka cerita!
·
Berceritalah
dengan dukungan alat peraga!
|
4 X 40’
|
Alat peraga
Buku teks
Buku cerita
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP.....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra
dengan membaca
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
BentukInstrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
·
Penceritaan kembali
·
merangkai
pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·
menceritakan
kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.
|
·
Membaca
cerita anak
·
Berdiskusi
untuk menentukan pokok-pokok cerita
·
Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan
cerita
·
Menceritakan
kembali cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·
Mampu
merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·
Mampu
menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupuntulis.
|
Penugasan individual/kelompok
|
Uji petik kerja
|
·
Tentukan
pokok-pokok cerita anak yang kamu baca!
·
Rangkailah
pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·
Ceritakanlah
secara tertulis dan/atau lisan dengan bahasamu sendiri cerita anak yang kamu
baca!
|
6 X 40’
|
Perpustakan
Buku teks
|
7.2Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
·
Cara
berkomentar terhadap buku cerita dan
implementasi- nya
·
mengomentari
cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
·
Membaca
cerita anak
·
Menandai
hal-hal yang akan dikomentari
·
Berdiskusi
untuk menentukan bagian/unsur yang
perlu dikomentari dari buku
cerita
·
Mengomentari
buku cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
·
Mampu
menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
·
Mampu
mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
Penugasan individual/kelompok
|
Proyek
|
· Tentukanlah bagian/unsur buku cerita ... yang perlu
dikomentari
· Bagaimakah komentarmu mengenai buku
cerita yang baru saja kamu baca?
· Kemukakan hal itu dengan alasan yang
logis dan bahasa yang santun!
|
4 X 40’
|
Perpustakan
Buku teks
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan
pengalaman melalui pantun dan dongeng
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
·
Hakikat
pentun
·
Syarat-syarat
pantun
·
Penulisan
pantun sesuai dengan syarat
pantun yang ada
|
· Membaca
contoh-contoh pantun
· Berdiskusi untuk menentukan
syarat-syarat pantun
· Menulis materi/bahan konteks pantun
· Menulis pantun yang memenuhi syarat-syarat pantun
· Menyunting pantun sendiri sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
·
Mampu
menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
·
Mampu
menulis pantun
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Tulislah
materi pantun sesuai konteks (narasi nasihat, narasi agama, atau yang lain)!
·
Tulislah
sebuah pantun sesuai konteks yang kamu tulis
|
2 X 40”
|
Perpusta-
kaan
Buku teks
Berbagai
jenis
pantun
|
8.2 Menulis kembali dengan
bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
|
·
Penulisan
kembali dongeng
|
·
Membaca/mendengarkan
dongeng
·
Berdiskusi
untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
·
Menulis
kembali dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah
disimpulkan
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok dongeng
·
Mampu
menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu
baca/dengar!
· Tuliskanlah dengan bahasamu sendiri
dongeng yang baru kamu baca/dengar!
|
4 x 40’
|
Perpusta-
kaan Buku/rekaman dongeng
Buku teks
|
Mengetahui,
mahasiswa bahasa indonesia
Kepala
...................
............................................ ..................................................
NIP/NIK
NIP/NIK
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMP...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII / 1(Ganjil)
Alokasi Waktu/ Tatap muka : 2x40 menit
Standar
Kompetensi :
Menulis
8.
Mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
Kompetensi Dasar : 8.1. Menulis pantun
yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
Indikator :
1. Mampu mendeskripsikan
hakikat pantun
2. Mampu menentukan syarat-syarat pantun
3. Mampu menulis pantun
1.
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah mendengarkan
dan diberikan gambaran siswa mampu mendeskripsikan hakikat pantun dengan benar.
·
Setelah melakukan
kegiatan tanya jawab siswa mampu menentukan syarat-syarat pantun dengan tepat.
·
Setelah melewati
beberapa rangkain kegiatan yang telah dilalui siswa mampu membuat minimal dua
contoh pantun sesui dangan syarat-syarat pantun.
v Karakter
siswa yang diharapkan:
§ Kreatif
§ Ingin
tau
§ Berfikir
logis
§ Tanggung
jawab
§ Berani
2 . Materi Pembelajaran
penulisan
pantun
a. Menjelaskan
hahikat pantun
b. Mengetahui
syarat-syarat pantun
c. Membuat
contoh pantun dengan syarat-syarat pantun yang ada.
d. Melalui
sebuah gambar siswa dapat membuat contoh pantun sesuai dengan syarat-syaratnya
serta dapat mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman melalui pantun.
3. Metode pembelajaran
a.
Desain/model pembelajar:
1. Model pembelajaran kontekstual
2. Model pembelajaran
mandiri
b.
Metode pembelajaran :
1.Ceramah
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan awal
(20 menit)
1. Apersepsi
1. Guru menciptakan lingkungan dalam
kelas, seperti mengucapkan salam pembuka, sapaan, pengabsenan.
2. Motivasi
§ Guru
menjelaskan secara singkat materi pokok yang akan dibelajarkan.
§ Guru
menjelaskan secara singkat tujuan pembelajaran dan kegunaan materi tersebut di
lingkungan msyarakat.
b. Kegiatan Inti (45 menit)
1. Eksplorasi
a.
Guru melibatkan siswa
mencari pengertian tentang tema materi yang akan dipelajari dengan menggunakan
pendekatan berbagai pelajaran,media pembelajaran,dan sumber belajar lain.
b.
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lain.
c.
Melibatkan siswa secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
d.
Memfasilitasi siswa untuk
menyimpulkan pikiran, pendapat dan
gagasan narasumber.
2. Elaborasi
a. Guru
melakukan tanya jawab agar siswa mampu mendeskripsikan pengertian pantun
b. Guru
menyampaikan syarat-syarat pantun dan siswa mampu merespon
c. Siswa
mampu memberikan timbal balik dan siswa mampu membuat conth pantun sesuai
dengan syarat-syarat pantun yang telah disampaikan
3. Konfirmasi
a. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan siswa.
b. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi siswa melalui berbagai sumber, siswa diberiakan tugas menulis pantun
sesuai dengan syarat pantun
c. Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan.
d. Memfasilitas
siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar, setelah siswa bisa menulis pantun sesuai dengan syarat pantun, berikan
tanggapan yang membangun.
c.
Kegiatan
akhir (15 menit)
Dalam
kegiatan penutup, guru:
a. Bersama-sama
dengan siswa atau sendiri dalam membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b. Melakukan
penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten
c. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pelajaran
d. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam memberikan tugas dengan hasil belajar peserta
didik.
5.Media/Alat/Sumber Belajar
1. Buku
teks bahasa indonesia.
2. Contoh-contoh
pantun
6. Penilaian
a. penilaian proses
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu menulis pantun sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Buatlah minimal 2 contoh pantun sesuai
dengan ketentun syarat pantun yang ada!
|
Pedoman Penskoran penulisan pantun
No.
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
|
1.1 Siswa dapat menuliskan sekurang-kurangnya dua contoh pantun, sesuai dengan syarat pantun1.2 Siswa menuliskan dua pantun, tetapi tidak memenuhi syarat pantun1.3 Siswa tidak dapat menuliskan pantun |
3
2
0
|
b. penilaian sikap
No.
|
Partisipasi siswa
|
Skor
|
1
2
3
|
Apakah siswa merespon terhadap pertanyaan guru
Bagaimana
sikap terdadap guru dan teman sebaya
Bagaimana sikap bekerjasama antara siswa
dengan guru dan siswa lain
|
ABCD
ABCD
ABCD
|
Skor Perolehan
NILAI
= ------------------------------------
x 100
Skor Maksimum
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
Lubuklinggau, April 2016
Mahasiswa Bahasa
Indonesia
Eti Irwanti
|
Lembar
soal
1. Sebutkan
dan jelaskan syarat-syarat pantun !
2. Buatlah
minimal tiga contoh pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun yang ada!
0 komentar:
Posting Komentar