Download contoh silabus pembelajaran fdf



                                                         SILABUS PEMBELAJARAN

                                                                                                                                          
Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
                                     2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun

Cara mengkritik karya dan implementasi- nya
o Mengamati karya seni/produk
o Mendata kekurangan dan keunggulan karya seni/produk
o Mendiskusikan kekurangan dan keunggulan karya seni
o Mengamati pemodelan dalam mengkritik dan memuji karya seni/produk
o Mendiskusikan kelugasan bahasa dan kesantunan pengungkapan yang dilakukan oleh model
o Mengkritik dan memuji karya seni/produk dengan bahasa yang lugas dan santun
·         Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
·         Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun

Observasi



Lembar observasi



·  Bahasa yang digunakan untuk mengunkapakn kekurangan karya: lugas, berbelit-belit
·  Bahasa yang digunakan untuk mengungkapan keunggulan karya: lugas, berbelit-belit.
4 X 40’
Karya seni atau produk
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Ketulusan ( Honesty )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )





2.2 Melaporkan  secara lisan berbagai peristiwa dengan mengguna-kan kalimat yang jelas
Pelaporan berbagai peristiwa
o Mencermati beberapa laporan peristiwa
o Menentukan sistematika laporan peristiwa
o Menentukan peristiwa yang terjadi di sekeliling yang akan dilaporkan
o Menentukan pokok-pokok peristiwa sebagai dasar penyusunan  kerangka laporan
o Menyusun  pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan
o Melaporkan secara lisan peristiwa yang  terjadi di lingkungan siswa dengan kalimat yang jelas.

·         Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci
·         Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang jelas

Tes praktik/kinerja
Uji petik
kerja 
·    Laporkanlah peristiwa yang ada di lingkunganmu secara lisan!
6 X 40’
Media cetak
Fenomena alam
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )







SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
                                    3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Membeda-kan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif

Cara membedakan  fakta dan opini serta implementasi- nya
o Mengkliping satu iklan yang memuat fakta dan opini
o Mencermati  iklan
o Mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam iklan
o Mendiskusikan pengungkapan yang berupa fakta dan pengungkapan yang berupa opini dalam iklan
o Membedakan fakta dan opini dalam teks iklan
·         Mampu mendata fakta yang ada dalam teks
·         Mampu mendata opini yang ada dalam teks
·          Mampu membedakan fakta dan opini

Penugasan individual/ke-lompok
Pekerjaan rumah (PR)
§ Tulislah pernyataan yang merupakan fakta  dan  opini!
§ Bedakan antara fakta dan  opini dalam suatu teks!
2 X 40’
Media cetak
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai

Cara menemukan informasi secara cepat dan implementasi- nya
o Membaca sekilas sebuah buku yang berindeks
o Membaca indeks  buku yang dibaca
o Bertanya jawab secara kelompok untuk menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks secara cepat dan tepat
o Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari kata-kata yang dirujuk dalam indeks

·            Mampu menemukan kata  dalam buku yang dirujuk dalam  indeks
·            Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks

Observasi



Tes tulis
Lembar observasi


Uraian
§ Temukan secara cepat dan tepat  kata X dalam buku ....! Teman dalam satu kelompok harus menulis jumlah waktu yang diperlukan temanmu untuk menemukan kata itu!
§ Tuliskanlah informasi mengenai kata itu dalam kertas kosong yang tersedia di di kelompokmu!
2 X 40’
Stopwatch
Buku yang berindeks
Buku Teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )







SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
                                   4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas


Penulisan iklan baris
o Mencermati iklam baris
o Mebahasakan secara lengkap iklan baris
o Mendiskusikan model-model penyingkatan dalam iklan baris
o Menentukan objek yang akan diiklankan
o Menulis iklan baris suatu objek dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
o Menyunting iklan baris
·            Mampu menentukan objek yang akan diiklankan
·            Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan  iklan baris
·            Mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·    Tulislah objek yang akan kamu iklankan berikut dengan ciri-cirinya!
·    Tulislah iklan baris  sesuai objek yang kamu identifikasi!
4 X 40’
Media cetak
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





4.2 Meresensi buku pengetahuan

Cara meresensi buku pengetahuan dan implemenasinya
o Menentukan buku pengetahuan yang akan dibaca
o Mencermati dan membaca buku pengetahuan
o Mengidentifikasi  bentuk fisik dan isi buku
o Berdiskusi untuk menentukan  kelebihan dan kekurangan buku
o Menyusun rangkuman isi buku
o Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan terhadap buku
o Meresensi buku
o Menyunting resensi buku

·            Mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan serta kekurangannya
·            Mampu merangkum isi buku
·            Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku
·            Mampu meresensi buku pengetahuan
·            Mampu menyunting resensi

Penugasan individual/kelompok








Proyek







·    Bacalah  buku pengetahuan, kemudian tentukanlah satu buku untuk diresensi! Perhatikanlah langkah-langkah penulisan resensi buku! Waktu: 2 minggu



6 X 40’
Perpustaka-an
Buku Teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana

Penyuntingan  karangan
o Membaca teks karangan
o Mendiskusikan teks  untuk menandai kesalahan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
o Menentukan bentuk yang benar
o Memperbaiki kesalahan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpadiuan paragraf, dan kebulatan wacana dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar.
·            Mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
·            Mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana

Penugasan individual/ke-lompok






Pekerjaan rumah (PR)





·    Suntinglah teks berikut dengan memperhatikan kaidah-kaidah penyuntingan! 
(pilih teks yang menarik)
·    Kumpulkan suntinganmu pada pertemuan berikutnya!
6 X 40’
Media cetak
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )










SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
                                    5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair                                  


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan

Cara menemukan tema dan pesan syair serta implementasi- nya
o Mendengarkan pembacaan syair dari narasumber
o Mendiskusikan tema dan pesan syair
o Menyimpulkan  tema syair
o Menyimpulkan pesan syair

·    Mampu menemukan tema syair berdasarkan inti pengungkapan syair
·    Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang meyakinkan

Tes tulis
Uraian
·    Tulislah tema dan pesan syair yang  diperdengarkan!
2 X 40’
Buku teks, Buku referensi
Narasumber
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan

Penganalisisan unsur-unsur syair
o Mendengarkan pembacaan beberapa syair  dari narasumber
o Mengidentifikasi syarat-syarat syair
o Menganalisis syair berdasarkan unsur-unsur syair
·    Mampu menyimpulkan syarat-syarat syair
·    Mampu menganalisis syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur syair
Tes tulis


Uraian


·  Tulislah sayarat-syarat syair berdasarkan syair terjasi!

·  Analisislah syair X yang  kamu dengarkan berdasarkan unsur-unsur syair!
2 X 40’
Buku kumpulan syair
Buku referensi
Buku Teks
Narasumber
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )







SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
                                    6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain
                                 

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen

Penceritaan cerpen
o Memilih cerpen yang disukai
o Membaca cerpen
o Mendiskusikan bagian-bagian alur
o Mendiskusikan isi cerita  yang merupakan bagian alur
o Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai  dengan  alur aslinya
·   Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam  alur
·   Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·    Ceritakan kembali isi cerpen sesuai dengan alur aslinya!
4 X 40’
Buku teks, media cetak, perpustakaan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun
Musikalisasi Puisi
o Mencermati beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi
o Berdiskusi untuk menentukan puisi yang akan dinyanyikan
o Menentukan suasana puisi lewat diskusi
o Menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan
o Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun
·   Mampu menentukan suasana puisi

·   Mampu menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi

·    Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun
Tes praktik/kinerja
Tes identifikasi

Uji petik kerja
§ Identifikasilah suasana puisi yang akan dinyanyikan!

§ Praktikkanlah beberapa nada dalam musikalisasi puisi sekaligus dengan penjiwaan suasana puisinya!
§ Nyanyikanlah secara utuh puisi yang sudah dimusikalisasi!
6 X 40’
Buku Teks
Buku Puisi
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )







SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
                                    7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
                                 

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Menemukan tema, latar,  dan penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen

Cara menemukan unsur-unsur cerpen dan implementasi- nya
o Membaca buku kumpulan  cerpen
o Berdiskusi untuk menentukan  tema, latar, dan penokohan dalam tiap-tiap cerpen
o Menunjukkan keterkaitan antarunsur cerpen sebagai dasar pembulatcermatan makna cerpen secara utuh.
·        Mampu menyimpulkan tema cerpen
·        Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual
·        Mampu menemukan karakter tokoh cerpen  dengan bukti yang meyakinkan

Penugasan individual/ke-lompok
Proyek
·    Bacalah buku kumpulan cerpen  yang terdapat di perpustakaan kemudian tentukanlah  tema, latar, dan penokohan dalam cerpen-cerpennya dengan bukti-bukti pendukungnya! 
·    Analisislah keterkaitan antarunsur (tema, latar, dan penokohan) untuk memaknai cerpen-cerpen itu! (Waktu: 2 minggu).
4 X 40’
Perpustakaan
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )





7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen

Penganalisisan nilai-nilai kehidupan pada cerpen
·  Membaca buku kumpulan cerpen
·  Berdiskusi untuk menemukan  nilai kehidupan yang positif dan negatif dalam kumpulan cerpen
·  Membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
·  menyimpulkan  nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan  siswa
·            Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen
·            Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
·            Mampu menyimpulkan  nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan  siswa
Penugasan individual/ke-lompok
Proyek
·    Bacalah sebuah buku kumpulan cerpen kemudian analisislah nilai kehidupan yang ada dalam kumpulan cerpen tersebut,  bandingkan dengan nilai kehidupan siswa, dan tentukan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa! Waktu: 2 minggu.
4 X 40’
Perpustakan, Buku kumpulan cerpen
Buku Teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )








SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : ................................
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
                                     8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek
                                 


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca

Penulisan cerpen
o Membaca cerita pendek
o Bertanya jawab untuk menentukan ide-ide pokok cerpen sesuai  dengan alur cerpen
o Mengembangkan ide-ide  pokok dengan kalimat sendiri  menjadi cerpen kembali
o Menyunting cerpen yang sudah ditulis.
·         Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur dalam cerpen

·        Mampu mengembangkan  ide-ide pokok menjadi cerpen


Penugasan individual/ke-lompok








Pekerjaan rumah (PR)







§ Tulislah ide-ide pokok cerpen yang sudah kau baca sesuai dengan alurnya.
§ Kembangkanlah ide-ide pokok itu menjadi cerpen lagi dengan kalimatmu sendiri!lah
§ Suntinglah cerpenmu itu!
4 X 40’
Media cetak
Buku teks


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

Penulisan cerpen
o Mendata peristiwa yang mengesankan yang pernah dialami
o Memilih peristiwa yang paling mengesankan
o Menentukan konflik cerita
o Merangkai peristiwa menjadi alur/kerangka cerita
o Mengembangkan alur/kerangka cerita menjai cerpen
o Menyunting cerpen karya sendiri dan teman
·   Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
·   Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih
·   Menentukan alur cerita
·   Mampu menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

Tes praktik/kinerja








Uji petik kerja






·    Tulislah cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah kamu alami dengan langkah: datalah peristiwa yang pernah kamu alami, pilihlah satu peristiwa yang berkonflik, tentukan alur cerita, kembangkan menjadi sebuah cerpen, dan suntinglah cerpen itu!
6 X 40’
Pengalaman pribadi
Buku teks
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )






Keterangan :
Sesuai dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.                                                   
    Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.

..........., ......................20 ...
Mengetahui,                                                                                                     Guru mata pelajaran
Kepala ...................                                                                                                                       



............................................                                                                                                                        ..................................................
NIP/NIK                                                                                                          NIP/NIK


Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar