SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk komentar dan laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Mengkritik/ memuji berbagai
karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
|
Cara mengkritik karya dan implementasi- nya
|
o
Mengamati karya seni/produk
o
Mendata kekurangan dan keunggulan karya seni/produk
o
Mendiskusikan kekurangan dan keunggulan karya seni
o
Mengamati pemodelan dalam mengkritik dan memuji karya
seni/produk
o
Mendiskusikan kelugasan bahasa dan kesantunan
pengungkapan yang dilakukan oleh model
o
Mengkritik dan memuji karya seni/produk dengan bahasa
yang lugas dan santun
|
·
Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
·
Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas
dan santun
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
· Bahasa yang
digunakan untuk mengunkapakn kekurangan karya: lugas, berbelit-belit
· Bahasa yang
digunakan untuk mengungkapan keunggulan karya: lugas, berbelit-belit.
|
4 X 40’
|
Karya seni atau produk
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Ketulusan ( Honesty )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
|
|
|
|
|
|
|||
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan
mengguna-kan kalimat yang jelas
|
Pelaporan berbagai peristiwa
|
o
Mencermati beberapa laporan peristiwa
o
Menentukan sistematika laporan peristiwa
o
Menentukan peristiwa yang terjadi di sekeliling yang
akan dilaporkan
o
Menentukan pokok-pokok peristiwa sebagai dasar
penyusunan kerangka laporan
o
Menyusun
pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan
o
Melaporkan secara lisan peristiwa yang terjadi di lingkungan siswa dengan kalimat
yang jelas.
|
·
Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci
·
Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang
jelas
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik
kerja
|
· Laporkanlah peristiwa
yang ada di lingkunganmu secara lisan!
|
6 X 40’
|
Media cetak
Fenomena alam
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan
membaca memindai
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Membeda-kan antara fakta
dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
|
Cara membedakan fakta dan opini
serta implementasi- nya
|
o
Mengkliping satu iklan yang memuat fakta dan opini
o
Mencermati iklan
o
Mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam iklan
o
Mendiskusikan pengungkapan yang berupa fakta dan
pengungkapan yang berupa opini dalam iklan
o
Membedakan fakta dan opini dalam teks iklan
|
·
Mampu mendata fakta yang ada dalam teks
·
Mampu mendata opini yang ada dalam teks
·
Mampu membedakan
fakta dan opini
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
§ Tulislah pernyataan
yang merupakan fakta dan opini!
§ Bedakan antara fakta
dan opini dalam suatu teks!
|
2 X 40’
|
Media cetak
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
3.2 Menemukan informasi yang
diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca
memindai
|
Cara menemukan informasi secara cepat dan implementasi- nya
|
o
Membaca sekilas sebuah buku yang berindeks
o
Membaca indeks
buku yang dibaca
o
Bertanya jawab secara kelompok untuk menemukan kata
dalam buku yang dirujuk dalam indeks secara cepat dan tepat
o
Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari
kata-kata yang dirujuk dalam indeks
|
·
Mampu menemukan kata
dalam buku yang dirujuk dalam
indeks
·
Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks
|
Observasi
Tes tulis
|
Lembar observasi
Uraian
|
§ Temukan secara cepat dan
tepat kata X dalam buku ....! Teman dalam satu
kelompok harus menulis jumlah waktu yang diperlukan temanmu untuk menemukan
kata itu!
§ Tuliskanlah informasi
mengenai kata itu dalam kertas kosong yang tersedia di di kelompokmu!
|
2 X 40’
|
Stopwatch
Buku yang berindeks
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,
resensi, dan karangan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Menulis iklan baris dengan
bahasa yang sigkat, padat dan jelas
|
Penulisan iklan baris
|
o
Mencermati iklam baris
o
Mebahasakan secara lengkap iklan baris
o
Mendiskusikan model-model penyingkatan dalam iklan
baris
o
Menentukan objek yang akan diiklankan
o
Menulis iklan baris suatu objek dengan bahasa yang
singkat, padat, dan jelas
o
Menyunting iklan baris
|
·
Mampu menentukan objek yang akan diiklankan
·
Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris
·
Mampu menulis iiklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat
dan jelas
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah
objek yang akan kamu iklankan berikut dengan ciri-cirinya!
· Tulislah
iklan baris sesuai objek yang kamu
identifikasi!
|
4 X 40’
|
Media cetak
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
4.2 Meresensi buku pengetahuan
|
Cara meresensi buku pengetahuan dan implemenasinya
|
o
Menentukan buku pengetahuan yang akan dibaca
o
Mencermati dan membaca buku pengetahuan
o
Mengidentifikasi
bentuk fisik dan isi buku
o
Berdiskusi untuk menentukan kelebihan dan kekurangan buku
o
Menyusun rangkuman isi buku
o
Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan terhadap
buku
o
Meresensi buku
o
Menyunting resensi buku
|
·
Mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta
menunjukkan kelebihan serta kekurangannya
·
Mampu merangkum isi buku
·
Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan
atas isi buku
·
Mampu meresensi buku pengetahuan
·
Mampu menyunting resensi
|
Penugasan individual/kelompok
|
Proyek
|
· Bacalah buku pengetahuan, kemudian tentukanlah satu
buku untuk diresensi! Perhatikanlah langkah-langkah penulisan resensi buku!
Waktu: 2 minggu
|
6 X 40’
|
Perpustaka-an
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
|
|
|
|
|
|||
4.3 Menyunting karangan dengan
berpedoman pada ketepatan ejaan,
pilihan kata, keefektifan kalimat,
keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
Penyuntingan karangan
|
o
Membaca teks karangan
o
Mendiskusikan teks
untuk menandai kesalahan ejaan,
pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan
wacana
o
Menentukan bentuk yang benar
o
Memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpadiuan paragraf, dan kebulatan wacana
dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar.
|
·
Mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan
paragraf, dan kebulatan wacana
·
Mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan
paragraf, dan kebulatan wacana
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
· Suntinglah teks berikut
dengan memperhatikan kaidah-kaidah penyuntingan!
(pilih teks yang menarik)
· Kumpulkan suntinganmu
pada pertemuan berikutnya!
|
6 X 40’
|
Media cetak
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan
mendengarkan syair
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
|
Cara menemukan tema dan pesan syair serta implementasi- nya
|
o
Mendengarkan pembacaan syair dari narasumber
o
Mendiskusikan tema dan pesan syair
o
Menyimpulkan
tema syair
o
Menyimpulkan pesan syair
|
· Mampu menemukan tema
syair berdasarkan inti pengungkapan syair
· Mampu menangkap pesan
syair dengan bukti yang meyakinkan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah
tema dan pesan syair yang
diperdengarkan!
|
2 X 40’
|
Buku teks, Buku referensi
Narasumber
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
|
Penganalisisan unsur-unsur syair
|
o
Mendengarkan pembacaan beberapa syair dari narasumber
o
Mengidentifikasi syarat-syarat syair
o
Menganalisis syair berdasarkan unsur-unsur syair
|
· Mampu menyimpulkan
syarat-syarat syair
· Mampu menganalisis
syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur syair
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah
sayarat-syarat syair berdasarkan syair terjasi!
· Analisislah
syair X yang kamu dengarkan
berdasarkan unsur-unsur syair!
|
2 X 40’
|
Buku kumpulan syair
Buku referensi
Buku Teks
Narasumber
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
6.
Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
|
Penceritaan cerpen
|
o
Memilih cerpen yang disukai
o
Membaca cerpen
o
Mendiskusikan bagian-bagian alur
o
Mendiskusikan isi cerita yang merupakan bagian alur
o
Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
sesuai dengan alur aslinya
|
·
Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan
tahap-tahap dalam alur
·
Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai
dengan alur aslinya
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Ceritakan kembali isi
cerpen sesuai dengan alur aslinya!
|
4 X 40’
|
Buku teks, media cetak, perpustakaan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
|||
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
suasana/irima yang dibangun
|
Musikalisasi Puisi
|
o
Mencermati beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi
o
Berdiskusi untuk menentukan puisi yang akan dinyanyikan
o
Menentukan suasana puisi lewat diskusi
o
Menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi yang akan
dinyanyikan
o
Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
suasana/irima yang dibangun
|
·
Mampu menentukan suasana puisi
·
Mampu menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi
·
Mampu menyanyikan puisi
yang sudah dimusikalisasi dengan
berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun
|
Tes praktik/kinerja
|
Tes identifikasi
Uji petik kerja
|
§ Identifikasilah
suasana
puisi yang akan dinyanyikan!
§ Praktikkanlah beberapa
nada dalam musikalisasi puisi sekaligus dengan penjiwaan suasana puisinya!
§ Nyanyikanlah secara
utuh puisi yang sudah dimusikalisasi!
|
6 X 40’
|
Buku Teks
Buku Puisi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita
pendek (cerpen)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Menemukan tema, latar, dan
penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen
|
Cara menemukan unsur-unsur cerpen dan implementasi- nya
|
o
Membaca buku kumpulan
cerpen
o
Berdiskusi untuk menentukan tema, latar, dan penokohan dalam tiap-tiap
cerpen
o
Menunjukkan keterkaitan antarunsur cerpen sebagai dasar
pembulatcermatan makna cerpen secara utuh.
|
·
Mampu menyimpulkan tema cerpen
·
Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual
·
Mampu menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Proyek
|
· Bacalah buku kumpulan
cerpen yang terdapat di perpustakaan
kemudian tentukanlah tema, latar, dan
penokohan dalam cerpen-cerpennya dengan bukti-bukti pendukungnya!
· Analisislah keterkaitan
antarunsur (tema, latar, dan penokohan) untuk memaknai cerpen-cerpen itu!
(Waktu: 2 minggu).
|
4 X 40’
|
Perpustakaan
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
|||
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen
|
Penganalisisan nilai-nilai kehidupan pada cerpen
|
· Membaca buku kumpulan
cerpen
· Berdiskusi untuk
menemukan nilai kehidupan yang positif
dan negatif dalam kumpulan cerpen
· Membandingkan nilai
kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
· menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat
menjadi teladan siswa
|
·
Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif
maupun negatif dalam kumpulan cerpen
·
Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan
nilai kehidupan siswa
·
Mampu menyimpulkan
nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Proyek
|
· Bacalah sebuah buku
kumpulan cerpen kemudian analisislah nilai kehidupan yang ada dalam kumpulan
cerpen tersebut, bandingkan dengan
nilai kehidupan siswa, dan tentukan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat
menjadi teladan siswa! Waktu: 2 minggu.
|
4 X 40’
|
Perpustakan, Buku kumpulan cerpen
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
................................
Mata Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan
pengalaman dalam cerita pendek
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah
dibaca
|
Penulisan cerpen
|
o
Membaca cerita pendek
o
Bertanya jawab untuk menentukan ide-ide pokok cerpen
sesuai dengan alur cerpen
o
Mengembangkan ide-ide
pokok dengan kalimat sendiri
menjadi cerpen kembali
o
Menyunting cerpen yang sudah ditulis.
|
·
Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur
dalam cerpen
·
Mampu mengembangkan
ide-ide pokok menjadi cerpen
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
§ Tulislah ide-ide pokok
cerpen yang sudah kau baca sesuai dengan alurnya.
§ Kembangkanlah ide-ide
pokok itu menjadi cerpen lagi dengan kalimatmu sendiri!lah
§ Suntinglah cerpenmu
itu!
|
4 X 40’
|
Media cetak
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
|||
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Penulisan cerpen
|
o
Mendata peristiwa yang mengesankan yang pernah dialami
o
Memilih peristiwa yang paling mengesankan
o
Menentukan konflik cerita
o
Merangkai peristiwa menjadi alur/kerangka cerita
o
Mengembangkan alur/kerangka cerita menjai cerpen
o
Menyunting cerpen karya sendiri dan teman
|
·
Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami
·
Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih
·
Menentukan alur cerita
· Mampu menulis cerita
pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah cerpen
berdasarkan peristiwa yang pernah kamu alami dengan langkah: datalah
peristiwa yang pernah kamu alami, pilihlah satu peristiwa yang berkonflik,
tentukan alur cerita, kembangkan menjadi sebuah cerpen, dan suntinglah cerpen
itu!
|
6 X 40’
|
Pengalaman pribadi
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sesuai dengan standar
proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup.
Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan
pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
..........., ......................20 ...
Mengetahui, Guru
mata pelajaran
Kepala ...................
............................................ ..................................................
NIP/NIK
NIP/NIK
0 komentar:
Posting Komentar