RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP NEGERI O.MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi waktu : 4x 40 menit
( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi :
1. Mengungkapkan pikiran dan
pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Kompetensi Dasar
:
4.1 Menulis
buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan
dan bahasa yang baik dan benar
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama:
·
Peserta didik dapat Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan
harian
·
Peserta didik dapat Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi
sehari sebelumnya
Pertemuan kedua:
·
Peserta didik dapat Mengembangkan
pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan
menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku
harian
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty
)
B.Materi Pembelajaran
·
Buku harian
Buku harian adalah
buku yang berisi catatan penting tentang pengalaman,pemikiran,dan perasaan yang
ditulis setiap hari oleh seseorang.
·
Unsur-unsur buku harian yaitu :
è Tempat
è Waktu
è Peristiwa
·
Manfaat buku harian yaitu :
è Menjadi kenangan yang indah
untuk diceritakan dimasa depan
è Menjadi pengingat tentang
informasi dan peristiwa penting
è Melatih kemampuan menulis
è Melatih kemampuan berfikir
è Menjadi motivasi untuk meraih
cita-cita dan hidup lebih baik dengan bercermin pada catatan masa lalu
C.Metode Pembelajaran
1.
Pemodelan
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
D.Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2 x 40’
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan Awal
Orientasi:
·
Mengucapkan Salam
·
Berdo’a
·
Mengecek Kehadiran Siswa
Apersepsi :
·
Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang buku harian/catatan
·
Peserta didik mengungkakan kebermaknaan pembelajaran kan pengalaman dalam buku harian
Motivasi :
·
Mengamati
dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
·
Membentuk kelompok terdiri atas 5 orang
kemudian memilih nama kelompok dengan nama-nama yang berhubungan
dengan unsur-unsur yang ada dalam buku harian.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjelaskan tentang pengertian
buku harian
·
Menjelaskan unsur-unsur buku
harian
·
Peserta didik dapat Mengamati
dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
·
Peserta didik dapat Menulis
pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Perwakilan kelompok mengambil
buku harian/catatan harian yang dipersiapkan guru secara bergantian dalam
waktu yang ditentukan (5, 7, atau 9 menit) atau melalui permainan
·
Setiap kelompok mendiskusikan
isi buku harian/catatan harian yang berisi contoh buku harian/catatan harian
·
Peserta didik Menulis
pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya dengan alasan
yang logis melalui kegiatan berdiskusi
·
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya, kelompok yang tidak tampil menanggapinya
·
membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
·
memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik
untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
·
memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Ø Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
|
10
menit
30
menit
30
menit
10
menit
|
Pertemuan Kedua: 2 x 40’
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan Awal
Apersepsi :
a. Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang Menulis buku harian atau
pengalaman pribadi
Motivasi :
a. Menginformasikan tentang
pembelajaran yang akan dicapai
Ø Guru memberikan gambaran
manfaat mempelajari tentang buku harian
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,guru:
·
Menjelaskan pengertian tentang buku harian
·
Menjelaskan unsure-unsur buku harian
·
Peserta didik dapat Mengamati
dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
·
Peserta didik dapat Menulis
pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Perwakilan kelompok mengambil
buku harian/catatan harian yang dipersiapkan guru secara bergantian dalam
waktu yang ditentukan (5, 7, atau 9 menit) atau melalui permainan
·
Setiap kelompok mendiskusikan
isi buku harian/catatan harian yang berisi contoh buku harian/catatan harian
·
Peserta didik Menulis
pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya dengan alasan
yang logis melalui kegiatan berdiskusi
·
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya, kelompok yang tidak tampil menanggapinya
·
membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
·
memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Penutup
·
Peserta didik Mengembangkan
pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif
dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam
buku harian
·
Peserta didik dan guru menyimpulkan catatan harian/ pengalaman pribadi. kegiatan untuk perbaikan
kegiatan berikutnya
·
Peserta didik menerima tugas berupa memperbaiki surat pribadi yang telah
dikritisi oleh kelompok lain secara individu
|
10
menit
30
menit
30
menit
10
menit
|
E.Sumber Belajar
a.
LKS
b.
Buku Pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia
F.Media Pembelajaran
Alat dan bahan : Buku
bahasa Indonesia ,Spidol, LKS
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu
hari!
· Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa
yang ekspresif!
|
Tes
Penugasan individual/kelompok
|
Uraian
Proyek
|
· Tulislah pokok-pokok pengalaman
pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
· Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara
rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif
untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu!
Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf!
|
Mangunharjo,
Agustus 2016
Mengetahui Mahasiswa
P3,
Guru
Pamong,
RINA
AGUSTININGSIH,S.Pd. BUSTOMI ARIYANTO
NIP:
19700828 199802 2 001 NPM : 2013073
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N
O Mangunharjo
SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
NIP :
19670907 199703 1 003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP NEGERI O.MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang
diperdengarkan
Kopetensi Dasar : 5.1
Menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang
diperdengarkan
Alokasi waktu : 2x 40 menit
( 2x Pertemuan )
A.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama:
1.
Peserta didik dapat menemukan
hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
Pertemuan kedua:
1. Peserta didik dapat menunjukkan relevansi isi dongeng yang
diperdengarkan dengan situasi sekarang
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty
)
B.
Materi Pembelajaran
·
Pengertian Dongeng
Dongeng adalah Bentuk sastra lama yang
menceritakan tentang sesuatu kejadian yang belum tentu benar keberadaannya .
Misalnya : tempat,waktu,pelaku,kejadian yang
belum tentu ada.
·
Struktur
dalam dongeng ada 3 yaitu :
è
Pendahuluan
adalah Kalimat pengantar tentang mulainya dongeng
è
Isi adalah
inti dari dongeng yang akan diceritakan
è
Penutup adalah
Akhir dari dongeng tersebut
·
Jenis-jenis
dongeng
è
Mite
adalah Menceritakan tentang hal-hal yang gaib. Contoh :penyembahan dewa
è
Sage
adalah Menceritakan tentang kepahlawanan.
è
Fabel
adalah Menceritakan tentang binatang yang bisa berbicara dan bertingkah laku.
Seperti :Manusia
è
Legenda
adalah Menceritakan mengenai asal usul suatu peristiwa/benda.
è
Jenaka
adalah Menceritakan perkembangan dalam masyarakat yang bersifat menghibur .
C.
Metode Pembelajaran
Pemodelan, Tanya jawab, inkuiri dan demonstrasi
D. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan Awal
Orientasi:
·
Mengucapkan
Salam
·
Berdo’a
·
Mengecek
Kehadiran Siswa
Apersepsi :
·
Peserta didik mendengarkan
penyajian dongeng.
Motivasi :
·
Menemukan ide-ide yang menarik
dari dongeng
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjelaskan tentang pengertian
dongeng
·
Menjelaskan jenis-jenis dongeng
·
Peserta didik menemukan ide-ide
menarik dari dongeng
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
·
memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik
untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
·
memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10
menit
30
menit
30
menit
10
menit
|
Pertemuan Kedua
:
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan Awal
Apersepsi :
Peserta didik dan guru bertanya jawab untuk menemukan relevansi
isi dongeng dengan situasi sekarang
Motivasi :
Peserta didik Mengadakan pementasan dongeng Tunjukkan relevansi isi dongeng Tersebut.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik dapat menunjukkan
relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
·
memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·
memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
·
Peserta didik mencermati
relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
·
Peserta didik menunjukkan relevansi isi dongeng
dengan situasi sekarang
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik
untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
·
memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
10
menit
30
menit
30
menit
10
menit
|
E.
Sumber belajar
1.
Kaset/CD dongeng
2.
Buku teks bahasa Indonesia
3.
Buku LKS
F . Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng
· Mampu merangkai ide-ide menarik
menjadi hal-hal menarik dari dongeng
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Identifikasilah ide-ide menarik yang
terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
· Rangkaikanlah ide-ide menarik yang
berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi hal-hal menarik dari dongeng!
|
· Mampu menemukan isi dongeng yang
diperdengarkan
· Mampu merelevansikan isi dongeng dengan
situasi sekarang
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah isi dongeng yang kamu dengarkan secara lisan!
· Bagaimanakah relevansi isi dongeng yang
kamu dengarkan dengan situasi sekarang? Jelaskan!
|
Mangunharjo,
Agustus 2016
Mengetahui Mahasiswa P3,
Guru
Pamong,
RINA AGUSTININGSIH,S.Pd. BUSTOMI ARIYANTO
NIP:
19700828 199802 2 001
NPM : 2013073
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N
O Mangunharjo
SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
NIP :
19670907 199703 1 003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
NEGERI O.MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : 3. Membaca (
Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca).
Kopetensi dasar : 3.1 Membacakan
berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
Alokasi waktu : 2 x 40
menit ( 1 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat membacakan teks perangkat upacara dengan baik
2.Peserta didik dapat
memberikan tanda jeda yang tepat pada teks perangkat upacara
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B.Materi Pembelajaran
a. Membacakan Teks Perangkat Upacara
Membaca teks perangkat upacara tersebut
termasuk membaca nyaring,artinya membaca dengan mengeluarkan suara
jelas.Mengapa dengan suara yang jelas? Karena membaca teks jenis ini tidak
ditujukan untuk diri sendiri melainkan untuk orang lain.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam
membacakan teks perangkat upacara seperti berikut:
1. Penempatan Jeda
Jeda adalah waktu penghentian sebentar dalam kalimat atau ujaran .
Contoh:
a. Bahwa /sesungguhnya kemerdekaan itu/ialah hak segala bangsa//
b. Seluruh peserta upacara/segera menyiapkan barisannya/di halaman depan sekolah//
Jeda adalah waktu penghentian sebentar dalam kalimat atau ujaran .
Contoh:
a. Bahwa /sesungguhnya kemerdekaan itu/ialah hak segala bangsa//
b. Seluruh peserta upacara/segera menyiapkan barisannya/di halaman depan sekolah//
2. Intonasi
Intonasi adalah perubahan nada sewaktu mengucapkan ujaran atau bagian-bagiannya.Tanda ( / ) berarti intonasi naik,maka membacanya harus bernada naik juga,kalau tanda ( \ ) berati intonasi turun,maka membacanya hurus bernada turun.
Intonasi adalah perubahan nada sewaktu mengucapkan ujaran atau bagian-bagiannya.Tanda ( / ) berarti intonasi naik,maka membacanya harus bernada naik juga,kalau tanda ( \ ) berati intonasi turun,maka membacanya hurus bernada turun.
3. Lafal
Lafal adalah Cara kita/orang,mengucapkan bunyi bahasa
Berikut contoh pelafalan yang benar :
a.pantai dilafalkan pantay bukan panta-i
b. apel dilafalkan apel bukan apel
c.MTQ dilafalkan em te ki bukan me ti kyu
Lafal adalah Cara kita/orang,mengucapkan bunyi bahasa
Berikut contoh pelafalan yang benar :
a.pantai dilafalkan pantay bukan panta-i
b. apel dilafalkan apel bukan apel
c.MTQ dilafalkan em te ki bukan me ti kyu
4. Sikap percaya diri
Sikap percaya diri itu sangat penting, ketika kita ingin membacakan teks perangkat upacara harus mempunyai percaya diri yang kuat.Karena dengan adanya sikap tersebut maka pembacaan teks akan lancar.
Sikap percaya diri itu sangat penting, ketika kita ingin membacakan teks perangkat upacara harus mempunyai percaya diri yang kuat.Karena dengan adanya sikap tersebut maka pembacaan teks akan lancar.
C.Metode Pembelajaran
1. Pemodelan
2. Tanya jawab/ diskusi kelompok
3. Penugasan
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan Awal
Orientasi :
o
Mengucapkan
Salam
o
Berdo’a
o
Mengecek
kehadiran siswa
Apersepsi :
o
Guru
menjelaskan pentingnya membaca.
o
Peserta didik mendengarkan teks perangkat upacara yang dibacakan
o
Peserta didik diminta bertanya tentang
manfaat membaca teks perangkat
upacarab
Motivasi :
o
Menjelaskan
membaca teks perangkat upacara dengan baik
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjelaskan pengertian tentang membaca teks perangkat upacara
·
Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam
membacakan teks perangkat upacara
·
Memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru
,lingkungan ,dan sumber belajar lainnya.
·
Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis materi yang telah di jelaskan oleh guru
·
Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas,diskusi,dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik
·
secara lisan maupun tertulis.
·
Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta
didik.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
·
memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
·
Guru bertanya tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam
membacakan teks perangkat upacara yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa tentang materi yang belum jelas
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·
Memberikan
tugas dirumah agar siswa tetap belajar
|
10
menit
30
menit
30
menit
10
menit
|
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan : Spidol ,
Infokus , buku bahasa Indonesia dan LKS
F.
Sumber Pembelajaran
·
Buku
bahasa Indonesia
·
LKS
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu membaca teks perangkat upacara
dengan baik
· Mampu menemukan hal-hal yang harus
diperhatikan dalam membacakan teks perangkat upacara
|
Tes lisan
|
Tes
|
· Carilah teks perangkat upacara yang
lain!kemudian berilah tanda jeda .
· Tulislah teks perangkat upacara yang
lain,kemudian berilah tanda jeda .
|
Mangunharjo,10
September 2015
Mengetahui Mahasiswa
P3,
Guru pamong,
RINA AGUSTININGSIH,S.Pd.
BUSTOMI
ARIYANTO
NIP: 19700828 199802 2 001
NPM :
2013073
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N O
Mangunharjo
SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
NIP : 19670907 199703 1 003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
NEGERI O.MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester :
VII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. ( memahami wacana lisan melalui
kegiatan mendengarkan -berita)
Kopetensi dasar :
1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Indikator :1.1.1.Mampu
menulis isi / sari berita yang didengarkan / dibicarakan
1.1.2. Mampu menyimpulkan isi / sari berita
dalam satu alenia
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
1.Peserta didik dapat menentukan pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
2.Peserta didik dapat menulis berita yang pernah dialami atau di
lihat
3.Peserta didik dapat
menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.
Materi Pembelajaran
·
Menjelaskan
tentang pengertian berita
Berita adalah informasi tentang sesuatu
peristiwa/kejadian,melalui media cetak : majalah,Koran dan media elektronik:
radio,televise,internet
·
Unsur-unsur
dalam berita ada 5W+1H sebagai berikut :
a.
What :Apa
yang terjadi dalam berita tersebut?
b.
Who:Siapa
yang terlibat dalam berita ?
c.
Why:Mengapa
berita itu bisa terjadi?
d.
When
:Kapan peristiwa tersebut terjadi?
e.
Where:Dimanakah
peristiwa itu terjadi?
f.
How:Bagaimana
peristiwa itu terjadi?
C.
Metode Pembelajaran
Tanya
jawab, diskusi dan penugasan
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan
Awal
Orientasi :
·
Menyampaikan salam
·
Doa
·
Mengecek kehadiran siswa
Apersepsi :
·
Memberikan
persepsi awal kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan
Ø Apa yang dimaksud dengan berita
Motivasi :
·
Mengimformasikan
tentang pembelajaran yang ingin dicapai
Ø Guru memberikan gambaran manfaat
mempelajari tentang suatu berita
Memberi Acuan :
·
Berkaitan dengan kajian ilmu
yang akan dipelajari, acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian
materi pembelajaran.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa, kemudian menyampaikan materi yang
akan dijelaskan yaitu kita akan mempelajari tentang berita dan unsure-unsur dalam berita
Kegitan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam kegiatan pembelajaran
·
Siswa diminta untuk membaca berita,kemudian siswa dapat
menentukan pokok-pokok berita
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Guru dan peserta didik lainnya
menyimak, ada kesalahan atau tidak.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya tentang
pokok-pokok berita, pengertian berita yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa tentang materi yang belum jelas
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
memberikan
tugas dirumah
·
Dengan
bantuan guru,siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
·
memberikan
umpan balik kepada siswa terhadap proses dan hasil belajar
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
·
Guru
mengakhiri dengan mengucapkan Wassalamu’alaikumWr.Wb.
|
10
menit
30
menit
30
menit
10
menit
|
E.
Media pembelajaran
Alat
dan bahan: Spidol , buku bahasa Indonesia , LKS
F.
Sumber Pembelajaran
·
Buku
bahasa Indonesia
·
LKS
G.
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal/Instrumen
|
|
· Mampu menulis isi/sari berita yang
didengarkan/dibacakan
· Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam
satu alinea
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah minimal lima isi/sari berita
dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
· Tulislah simpulan isi berita yang kamu
dengarkan ke dalam satu alinea!
|
Mangunharjo, Agustus 2015
Mengetahui
Mahasiswa P3,
Guru Pamong,
RINA AGUSTININGSIH,S.Pd. BUSTOMI ARIYANTO
NIP: 19700828 199802 2 001 NPM : 2013073
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N O
Mangunharjo
SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
NIP : 19670907 199703 1 003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
NEGERI O.MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi :
1. Mendengarkan ( memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengar
berita )
Kopetensi dasar :
1.1. Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu : 2 x 40
menit
A.Tujuan Pembelajaran
1.Peserta didik dapat menemukann pokok-pokok
berita yang didengarkan melalui radio/TV
2.Peserta didik dapat menuliskan isi berita
ke dalam beberapa kalimat
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
Rasa hormat dan perhatian( respect )
B.Materi Pembelajaran
·
Menuliskan
berita yang pernah siswa dengarkan melalui TV/Radio
Simaklah berita berikut ini yang akan dibacakan temanmu !
Festival Musik Solo Merayakan
Keragaman Etnis
Bagaimanakah
tradisi menghadipi modernitas global? Pertanyaan itu terjawab secara kongret
dalam festival music etnis di Benteng Vasternbung,solo,jawa tengah. Perhelatan
yang berlangsung 1-5 september itu resminya bernama solo international Ethenis music festival and Conforence (SIEM).
Benteng
vantenbrug, yang letaknya tak jauh dari kraton Surakarta hadiningrat, pekan
lalu benar-benar menjadi arena pesta rakyat. Sekitar 8.000 warga selama lima
malam berturut-turut tumplek blek memedati
arena benteng yang dibangun pada era
1700-an itu. Mereka menikmati gurihnya sega
(nasi) liwet dan hangatnya wedang jahe yang dijajakan diluar
benteng.
Semalam tampil
grup dari Bengali, disusul sejumlah nomor dari grand gamelan Event dari ISI Surakarta dan bintang tamu waljinah.
Minggu pagi ini kegiatan akan dimulai pukul 06.00 dengan sejumlah workshop dan pertunjukan hingga pukul
23.00.
Sebelumnya,
para peserta SIEM mengrlar kirab budaya disepanjang jalan slamet riyadi solo,
pukul 15.00-17.00. para pserta SIEM dari delapan Negara dan 10 daerah ditanah
air diarak dengan sejumlah gerobak sapi.
Mereka mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat solo yang memadati jalan
slamet riyadi sejak pukul 13.00.
Saat diarak
dengan gerobak sapi, peserta dari luar negeri, seperti BELANDA, YUNANI,
AUSTRALIA, FILIPINA, dan dalam negeri disambut hangat oleh penonton disepanjang
jalan slamet riyadi.
Sumber
: kompas, 6 september 2007.
·
Siswa
dapat menentukan pokok-pokok berita diatas seperti :
Ø What : Apa yang terjadi dalam berita
tersebut?
Ø Who : Siapa yang terlibat dalam berita
diatas?
Ø Why: Mengapa berita itu bisa terjadi?
Ø When: Dimanakah berita itu terjadi?
Ø How: Bagaimana berita itu terjadi?
C.Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan Awal
Orientasi :
·
Menyampaikan salam
·
Doa
·
Mengecek kehadiran siswa
Apersepsi :
·
Memberikan persepsi awal kepada
siswa tentang materi yang akan di ajarkan .
Ø apa yang dimaksud dengan
berita?
Motivasi :
·
Menginformasikan tentang
pembelajaran yang ingin dicapai.
Ø Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari tentang berita
Memberi Acuan:
·
Berkaitan dengan kajian ilmu
yang akan dipelajari, acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian
materi pembelajaran.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa,
kemudian menyampaikan materi yang akan dijelaskan yaitu kita akan mempelajari
tentang berita.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·
memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar;
·
memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik
·
memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10
menit
|
E. Median Pembelajaran
Alat dan bahan : Spidol ,buku bahasa Indonesia , LKS
F.Sumber Pembelajaran
·
Buku
bahasa Indonesia
·
LKS
G.Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal/Instrumen
|
|
· Mampu menemukan isi/sari berita yang
didengarkan
· Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa
kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
Penugasan
individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
· Tuliskan kembali berita yang kamu
dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi!
|
Mangunharjo, Agustus 201
Mengetahui
Mahasiswa P3,
Guru Pamong
RINA AGUSTININGSIH,S.Pd. BUSTOMI ARIYANTO
NIP:
19700828 199802 2 001
NPM : 2013073
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo
SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
NIP : 19670907
199703 1 003
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
NEGERI O MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi :
2. Berbicara (Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita
dan menyampaikan pengumuman.
Kopetensi dasar : 2.1.
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan
kalimat yang efektif.
Alokasi waktu : 4x 40 menit
( 2x Pertemuan )
A.Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
Ø Peserta didik dapat mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
Ø Peserta didik dapat menentukan pengalaman yang paling mengesankan dari
daftar pengalaman yang diidentifikasi
Ø Peserta didik dapat menyusun pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman
yang paling mengesankan
Pertemuan Kedua:
Ø Peserta didik dapat menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.Materi Pembelajaran
Penyampaian cerita
Agar dapat menceritakan pengalaman
dengan menarik maka lakukan langkah-langkah berikut ini :
Ø Langkah pertama
Mendata
beberapa pengalaman yang mengesankan
è Menang lomba balab sepeda
è Memakai baju terbalik
è Menjadi petugas upacara bendera
è Mendapat hukuman dari bapak
Ø Langkah kedua
Dari beberapa
pengalaman tersebut,tentukan pengalaman yang paling berharga.Misalnya
pengalaman memenangkan balab sepeda
Ø Langkah ketiga
Setelah
menentukan satu pengalaman ,kemudian kita buat kerangka seperti berikut:
è Ingin ikut lomba balap sepeda
è Peserta hanya sedikit
è Sepeda ku adalah sahabatku
è Suasana lomba
è Akhirnya aku menang
Ø Langkah keempat
Menceritakan
pengalaman
Seperti contoh
:
Menang Lomba Balap Sepada
Teman-teman,hari minggu kemarin ikut lomba
balap sepeda.Sebenarnnya sih lomba itu tidak begitu banyak diikuti
peserta.Maklum,akibat gempa setahun lalu,banyak teman-teman pindah dari desa
ini.Walau peserta hanya 6 orang aku tetap bersemangat.Mengapa?Karena sepeda ini
lah satu-satunya harta berharguku.Semua telah hancur luluh akibat gempa
itu.Sepeda itu seperti sahabatku.Setiap hari ku bersihkan,ku beri minyak agar
tidak perkarat dank u ajak pergi kemana-mana.
Hari
ini lah aku akan memberikan hadiah bagi sepedaku.Aku datang lebih awal.Kutepuk-tepuk
layaknya orang tua mengantar anaknya ke medan laga.Hingga tibalah waktu
berlomba Tit. . . . . . tit . . .tit . . . peluit tanda dimulai melengking
panjang.Aku sudah diatas sepeda.Tanganku sudah memegang stangnya,kakiku yang
satu sudah bersiap mengayuh pedalnya.Dan . . .wus . . wus . . wus kukayuh
sekuat tenaga ku.Terus . . . terus dan terus.Dan akhirnya aku memasuki garis
final itu.Aku bersorak dan berteriak . . . Hore . . .Aku menang!Inilah hadiah
untuk sepedaku yang senantiasa mengantarku kemana pun aku pergi.
C.Metode Pembelajaran
Bercerita,Tanya
jawab,Tes unjuk kerja
D.Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2 X 40’
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan Awal
Orientasi :
§ Mengucapkan Salam
§ Berdo’a
§ Mengecek Kehadiran Siswa
Apersepsi :
§ Peserta didik dapat mencermati cerita pengalaman
§ Peserta didik dan guru bertanya jawab
tentang isi cerita pengalaman
§ Peserta didik mengidentifikasi
kebermaknaan bercerita pengalaman
§ Peserta didik
menyepakati tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Motivasi :
§ Menyusun tentang
pentingnya pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman
yang paling mengesankan
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
§ menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,
dan sumber belajar lain;
§ memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta
antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§ melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
lapangan dan di tempat lain yang memungkinkan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
§ memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
§ memfasilitasi peserta didik
untuk meningkatkan prestasi belajar
§ memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individu
§ memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
§ memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan,maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§ memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh
pengalaman belajar yang telah dilakukan,
§ memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
§ memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
§ memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§ menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10
menit
30
menit
|
Pertemuan Kedua: 2 X 40’
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan Awal
Orientasi :
·
Menyampaikan salam
·
Doa
·
Mengecek kehadiran siswa
Apersepsi :
§ Peserta didik dan guru bertanya jawab
tentang kegiatan berlatih bercerita pada kegiatan sebelumnya
§ Peserta didik menjelaskan tujuan
kegiatan bercerita
§ Peserta didik
berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
Motivasi :
§ Ceritakan tentang pentingnya pengalaman
yang paling mengesankan
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·
Peserta didik menceritakan
pengalaman secara individu
F Beberapa Peserta didik lain dan guru menilai Peserta didik yang
tampil
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
§ Peserta didik dan guru menentukan tiga pencerita terbaik
·
Tiga pencerita terbaik mendapatkan
penghargaan dari guru dan teman-teman
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik
·
memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik
untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
·
memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
·
menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
E.Sumber Belajar
a.
Bagan identifikasi pengalaman
b.
LKS
c.
Buku Pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia
F.Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
1.
Mampu mengidentifikasi
pengalaman yang mengesankan
2.
Mampu menentukan pengalaman
yang paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
3.
Mampu menyusun pokok-pokok
cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
4.
Mampu menceritakan pengalaman
yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok cerita yang disusun dengan
menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
1.
Identifikasilah minimal tiga
pengalamanmu yang paling mengesankan!
2.
Tentukan satu pengalaman yang
kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk
diceritakan!
3.
Susunlah pokok-pokok cerita pengalaman yang paling
mengesankan itu dengan runtut!
4.
Ceritakanlah secara lisan
pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita yang telah
kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!
|
Mangunharjo, Agustus 2016
Mengetahui
Mahasiswa P3,
Guru Pamong,
RINA AGUSTININGSIH,S.Pd. BUSTOMI ARIYANTO
NIP: 19700828 199802 2 001
NPM : 2013073
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo
SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
NIP : 19670907
199703 1 003
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI O
MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana
lisan melalui kegiatan mendengarkan
berita
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.
1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan
dalam beberapa kalimat
|
Penyimpulan berita
|
o
Mendengarkan
isi/sari berita yang dibacakan
o
Menuliskan
isi/sari berita yang dibacakan
o
Mendiskusikan
isi berita yang ditulis
o
Memberikan
tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
o
Menyimpulkan
isi berita dalam satu alinea.
|
·
Mampu
menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
·
Mampu
menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah minimal lima isi/sari berita
dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
· Tulislah simpulan isi berita yang kamu
dengarkan ke dalam satu alinea!
|
2 X 40’
|
Teks berita dari media massa maupun elektronik
Isi/sari berita
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
||||||||
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
|
Penulisan kembali berita (yang didengarkan)
|
o Mendengarkan berita yang dibacakan
o Mendiskusikan isi/sari berita
o Mengembangkan isi/sari berita menjadi
berita dengan susunan yang bervariasi
|
·
Mampu
menemukan isi/sari berita yang didengarkan
·
Mampu
menuliskan kembali berita yang
didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
·
Tuliskan
kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan
yang bervariasi!
|
2 X 40’
|
Teks
berita dari media massa maupun elektronik
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI O
MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2.
Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan
menyampaikan pengumuman
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
Cara menceritakan pengalaman yang mengesankan dan implementasi- nya
|
o Mendengarkan cerita dari narasumber
mengenai pengalaman yang mengesankan dengan dukungan gambar seri
o Bertanya jawab tentang gaya bercerita
narasumber
o Memilih pengalaman yang paling
mengesankan
o Menyusun kerangka cerita pengalaman
o Berlatih bercerita
o Bercerita berdasarkan kerangka cerita
dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
·
Mampu
menulis kerangka cerita pengalaman
·
Mampu
menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan kerangka
cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah kerangka cerita pengalamanmu!
· Ceritakanlah pengalamanmu yang paling
mengesankan itu berdasarkan kerangka yang kamu tulis dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!
|
4X40’
|
Pengalaman pribadi yang mengesan-kan
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
||||||||
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan
intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan
sederhana
|
Penyampaian pengumuman
|
o Mencermati model penyampaian teks pengumuman
o Bertanya jawab tentang gaya
penyampaian pengumuman yang
disampaikan oleh model
o Menenentukan topik pengumuman
o Menyusun kerangka pengumuman
o Berlatih mengumumkan
o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang
tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
|
·
Mampu
menulis kerangka pengumuman
·
Mampu
mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas
dan sederhana
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
·
Tulislah kerangka pengumuman!
· Umumkanlah secara lisan
dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah ... berdasarkan kerangka
pengumuman yang telah kamu tulis!
|
6X40’
|
Selebaran Pengumum-an
Lingkungan
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI O
MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3.
Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan
konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
|
Cara menemukan makna kata secara cepat dan implementasi-nya
|
o Membaca teks nonsastra
o Menandai kata-kata baru dan menentukan
kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
o Berpasangan untuk menemukan lema secara
cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema,
siswa yang lain menghitung waktu)
o Berpasangan untuk menemukan makna kata
(lema) secara cepat dan tepat sesuai
dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti
lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)
|
·
Mampu
menemukan lema secara cepat dan tepat
·
Mampu
menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
·
Siswa
dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu
yang ditentukan): ya/ tidak
·
Siswa
dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/
tidak
|
2 X 40’
|
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Teks nonsastra
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
||||||||
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca
cepat 200 kata per menit
|
Penyimpulan isi bacaan
|
o Membaca bacaan yang terdiri atas 200
kata atau kelipatannya.
o Menghitung waktu membaca
o Menjawab pertanyaan yang berhubungan
dengan bacaan
o Menghitung Kecepatan Efektif Membaca
(KEM)
o Menentukan pokok-pokok bacaan
o Merangkai pokok-pokok bacaan
o Menyimpulkan isi bacaan
|
·
Mampu
membaca cepat 200 kata per menit
·
Mampu
menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
·
Mampu
menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
·
Buka
dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu
kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah
terdengar bel 2 kali!
·
Jawablah
beberapa pertanyaan berikut!
1. ...
2. ... dst.
Hitunglah KEM kamu
·
Tuliskan
pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok
bacaan itu!
|
2X40’
|
Stopwatch,
Teks bacaan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
||||||||
3.3 Membacakan
berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
Pembacaan teks perangkat upacara
|
o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat
upacara
o Membaca dan mencermati teks perangkat
upacara
o Menandai teks dengan tanda-tanda
intonasi
o Berlatih membacakan teks perangkat
upacara
o Membacakan teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
·
Mampu
memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
·
Mampu
membacakan berbagai teks untuk upacara
dengan intonasi yang tepat
|
Tes tulis
Tes praktik/kinerja
|
Uraian
Uji petik kerja produk
|
· Berilah tanda jeda pada berbagai teks perangka upacara yang
terdapat di sekolahmu!
· Bacakanlah minimal dua teks perangkat upacara dengan intonasi yang
tepat!
|
6 X 40’
|
Teks perangkat upacara
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI O
MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan
pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan
dan bahasa yang baik dan benar
|
Penulisan catatan harian/ pengalaman pribadi
|
o Mengamati dan mencermati contoh buku
harian/catatan harian
o Mendiskusikan unsur-unsur yang ada dalam buku harian
o Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi
yang terjadi sehari sebelumnya
o Mengembangkan pokok-pokok pengalaman
pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu
kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian.
|
·
Mampu
menulis pokok-pokok pengalaman pribadi
yang terjadi dalam suatu hari!
·
Mampu
secara rutin menulis kan pengalaman dalam
buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
|
Tes
Penugasan individual/kelompok
|
Uraian
Proyek
|
·
Tulislah
pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
·
Tuliskanlah
pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini!
Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran
dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk
diparaf!
|
4 X 40’
|
Pengalaman pribadi siswa
Lingkungan
Buku teks
Buku harian/ Catatan harian
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
||||||||
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi, dan bahasa
|
Penulisan surat pribadi
|
o Mengamati dan mencermati beberapa contoh
surat pribadi dan surat resmi
o Berdiskusi untuk menentukan komposisi
surat pribadi
o Menentukan topik surat pribadi dan
alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa
Indonesianya)
o Menulis surat pribadi dengan
memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif
o Menyunting surat
o Mengirim surat pribadi ke alamat yang
dituju
|
·
Mampu
menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·
Mampu
menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
|
Tes
Tes praktik/kinerja
|
Uraian
Tes keterampilan
|
·
Tulislah perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi berdasarkan
surat terasji!
·
Tulislah
surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa
Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan
surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif.
|
4 X 40’
|
Berbagai surat pribadi dan surat resmi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
|
||||||||
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik, dan benar
|
Penulisan pengumuman
|
o Mengamati dan mencermati teks pengumuman
o Berdiskusi untuk menentukan topik
pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan kelas/sekolah dan menentukan pokok-pokoknya
o menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
o menyunting teks pengumuman
o memajang pengumuman di papan pamer
kelas/sekolah
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok pengumuman
·
Mampu
menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Tulislah pokok-pokok pengumuman kegiatan
sekolah
· Tulislah teks pengumuman sesuai dengan
pokok-pokok pengumuman yang kamu tulis!
|
4X40’
|
Selebaran Peng-umuman
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI O
MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng
yang diperdengar kan
|
Cara menemukan hal menarik dari dongeng dan implementasi- nya
|
o Mendengarkan penyajian dongeng
o Bertanya jawab untuk menemukan
ide-ide yang menarik dari dongeng
o Merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng
|
·
Mampu
menemukan ide-ide menarik dalam
dongeng
·
Mampu
merangkai ide-ide menarik menjadi
hal-hal menarik dari dongeng
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Identifikasilah
ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
·
Rangkaikanlah
ide-ide menarik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga
menjadi hal-hal menarik dari dongeng!
|
2X40’
|
Kaset /CD dongeng
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
||||||||
5.2
Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan
situasi sekarang
|
Cara menunjukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang dan
implementasi- nya
|
o Mendengarkan dongeng
o Mendiskusikan isi dongeng
o Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan
situasi sekarang
|
·
Mampu
menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
·
Mampu
merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Tulislah
isi dongeng yang kamu dengarkan secara lisan!
·
Bagaimanakah
relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi sekarang? Jelaskan!
|
2 X 40’
|
Kaset /CD dongeng
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :SMP NEGERI O
MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan
melalui kegiatan bercerita
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara,
lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
Penyampaian cerita
|
o Menentukan buku cerita yang menarik
berdasarkan persediaan buku di
perpustakaan.
o Membaca buku cerita yang menarik
itu.
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok
cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi
urutan cerita yang baik dan menarik
o Berlatih bercerita
o Bercerita dengan urutan yang baik,
lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
·
Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
·
Mampu
bercerita dengan urutan yang baik,
suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
Tes tertulis
Tes praktik/kinerja
|
Uraian
Uji petik kerja
|
· Tulislah pokok-pokok cerita yang terdapat
di dalam buku cerita yang kamu baca!
· Rangkailah pokok-pokok cerita itu
menjadi urutan cerita!
· Berceritalah dengan urutan yang baik
serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat!
|
6 X 40’
|
Perpusta-
kaan
Buku
cerita
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
||||||||
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
Penyampaian cerita dengan alat peraga
|
o Mencermati model bercerita
o Mendiskuskan suara, lafal, intonasi,
gestur, dan mimik model
o Membaca teks cerita yang menarik.
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok
cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi
kerangka cerita yang baik dan menarik
o Menyiapkan alat peraga untuk mendukung cerita
o Berlatih bercerita dengan alat peraga
o Bercerita dengan alat peraga
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok cerita
·
Mampu
merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
·
Mampu
bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan kerangka cerita
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· Tulislah pokok-pokok cerita yang terdapat di dalam teks cerita yang kamu baca!
· Rangkailah pokok-pokok cerita itu
menjadi kerangka cerita!
· Berceritalah dengan dukungan alat
peraga!
|
4 X 40’
|
Alat peraga
Buku teks
Buku cerita
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI O
MANGUNHARO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
7.
Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang
dibaca
|
Penceritaan kembali
|
o Membaca cerita anak
o Berdiskusi untuk menentukan
pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
o Menceritakan kembali cerita dengan
bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·
Mampu
merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·
Mampu
menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.
|
Penugasan individual/kelompok
Tes praktik/kinerja
|
Proyek
Uji petik kerja
|
·
Tentukan
pokok-pokok cerita anak yang kamu baca!
·
Rangkailah
pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·
Ceritakanlah
secara tertulis dan/atau lisan dengan bahasamu sendiri cerita anak yang kamu
baca!
|
6 X 40’
|
Perpusta-
kaan
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage
)
|
||||||||
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
Cara berkomentar terhadap buku
cerita dan implementasi- nya
|
o Membaca cerita anak
o Menandai hal-hal yang akan dikomentari
o Berdiskusi untuk menentukan bagian/unsur
yang perlu dikomentari dari buku cerita
o Mengomentari buku cerita yang dibaca
dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
·
Mampu
menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
·
Mampu
mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
Penugasan individual/kelompok
|
Proyek
|
· Tentukanlah bagian/unsur buku cerita ... yang perlu
dikomentari
· Bagaimakah komentarmu mengenai buku
cerita yang baru saja kamu baca?
· Kemukakan hal itu dengan alasan yang
logis dan bahasa yang santun!
|
4 X 40’
|
Perpus-takaan
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI O
MANGUNHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan
pengalaman melalui pantun dan dongeng
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
Penulisan pantun
|
o Membaca contoh-contoh pantun
o
Berdiskusi
untuk menentukan syarat-syarat pantun
o
Menulis
materi/bahan konteks pantun
o
Menulis
pantun yang memenuhi syarat-syarat
pantun
o
Menyunting
pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
·
Mampu
menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
·
Mampu
menulis pantun
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Tulislah
materi pantun sesuai konteks (narasi nasihat, narasi agama, atau yang lain)!
·
Tulislah
sebuah pantun sesuai konteks yang kamu tulis
|
2 X 40”
|
Perpusta-
kaan
Buku teks
Berbagai jenis pantun
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
||||||||
8.2 Menulis
kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
|
Penulisan kembali dongeng
|
o Membaca/mendengarkan dongeng
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok
dongeng dan urutannya
o Menulis kembali dongeng berdasarkan
urutan pokok-pokok dongeng yang sudah disimpulkan
|
·
Mampu
menentukan pokok-pokok dongeng
·
Mampu
menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng
|
Tes tulis
Tes praktik/kinerja
|
Uraian
Uji petik kerja
|
· Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu
baca/dengar!
· Tuliskanlah dengan bahasamu sendiri
dongeng yang baru kamu baca/dengar!
|
4 x 40’
|
Perpusta-
kaan
Buku/rekaman dongeng
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
|
Keterangan :
Sesuai dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam model silabus ini pada kolom
kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti
Mangunharjo, Agustus 2016
Mengetahui
Mahasiswa
PPL II,
Guru Pamong,
RINA AGUSTININGSIH,S.Pd.
Bustomi Ariyanto
NIP : 19700828 199802 2 001
NPM : 2012073
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo
SUNARNO,S.Pd.,M.Pd.
NIP : 19670907 199703 1 003
0 komentar:
Posting Komentar