Silabus - Rpp Satu Tahun SMP NEGERI O.MANGUNHARJO



 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI O.MANGUNHARJO
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VII/1
Alokasi waktu            : 4x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi :
1.      Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Kompetensi Dasar     :
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama:
·         Peserta didik dapat Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
·         Peserta didik dapat Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
Pertemuan kedua:
·         Peserta didik dapat Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )



B.Materi Pembelajaran
·         Buku harian
Buku harian adalah buku yang berisi catatan penting tentang pengalaman,pemikiran,dan perasaan yang ditulis setiap hari oleh seseorang.
·         Unsur-unsur buku harian yaitu :
è Tempat
è Waktu
è Peristiwa
·         Manfaat buku harian yaitu :
è Menjadi kenangan yang indah untuk diceritakan dimasa  depan
è Menjadi pengingat tentang informasi dan peristiwa penting
è Melatih kemampuan menulis
è Melatih kemampuan berfikir
è Menjadi motivasi untuk meraih cita-cita dan hidup lebih baik dengan bercermin pada catatan masa lalu
C.Metode Pembelajaran
1.                   Pemodelan
2.                   Tanya jawab
3.                   Penugasan
D.Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2 x 40’
NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu


1.






























2.































































































































3.


 Kegiatan Awal
Orientasi:
·         Mengucapkan Salam
·         Berdo’a
·         Mengecek Kehadiran Siswa
Apersepsi :
·         Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang buku harian/catatan
·         Peserta didik mengungkakan kebermaknaan pembelajaran kan pengalaman dalam buku harian
Motivasi :
·         Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
·         Membentuk kelompok terdiri atas 5 orang  kemudian memilih nama kelompok dengan nama-nama yang berhubungan dengan unsur-unsur  yang ada dalam buku harian.
Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menjelaskan tentang pengertian buku harian
·         Menjelaskan unsur-unsur buku harian
·         Peserta didik dapat Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
·         Peserta didik dapat Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Perwakilan kelompok mengambil buku harian/catatan harian yang dipersiapkan guru secara bergantian dalam waktu yang ditentukan (5, 7, atau 9 menit) atau melalui permainan
·         Setiap kelompok mendiskusikan isi buku harian/catatan harian yang berisi contoh buku harian/catatan harian
·         Peserta didik Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya dengan alasan yang logis melalui kegiatan berdiskusi
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok yang tidak tampil menanggapinya
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
·         memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Ø  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



10 menit































30 menit































30 menit






























































































10 menit





Pertemuan Kedua: 2 x 40’
NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu

1.




















  2.






















































































3.


Kegiatan Awal
Apersepsi :
a.       Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang Menulis buku harian atau pengalaman pribadi
Motivasi :
a.       Menginformasikan tentang pembelajaran yang akan dicapai
Ø  Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari tentang buku harian


Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,guru:
·         Menjelaskan pengertian tentang buku harian
·         Menjelaskan unsure-unsur buku harian
·         Peserta didik dapat Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
·         Peserta didik dapat Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Perwakilan kelompok mengambil buku harian/catatan harian yang dipersiapkan guru secara bergantian dalam waktu yang ditentukan (5, 7, atau 9 menit) atau melalui permainan
·         Setiap kelompok mendiskusikan isi buku harian/catatan harian yang berisi contoh buku harian/catatan harian
·         Peserta didik Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya dengan alasan yang logis melalui kegiatan berdiskusi
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok yang tidak tampil menanggapinya
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Penutup
·         Peserta didik Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian
·         Peserta didik dan guru menyimpulkan catatan hari­an/ pengalaman pribadi. kegiatan untuk perbaikan kegiatan  berikutnya
·         Peserta didik menerima tugas berupa memperbaiki surat pribadi yang telah dikritisi oleh kelompok lain secara individu



10 menit





















30 menit































30 menit




















































10 menit










E.Sumber Belajar
a.        LKS
b.       Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
F.Media Pembelajaran
    Alat dan bahan : Buku bahasa Indonesia ,Spidol, LKS
H.    Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!
·    Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!

Tes



Penugasan individual/kelompok

 Uraian



Proyek
·  Tulislah pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
·  Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf!




Mangunharjo,  Agustus 2016                                         
       Mengetahui                                                                                  Mahasiswa P3,
      Guru Pamong,


      RINA AGUSTININGSIH,S.Pd.                                          BUSTOMI ARIYANTO
       NIP: 19700828 199802 2 001                                                     NPM : 2013073


                                              Mengetahui
                          Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo



                                        SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
                                    NIP : 19670907 199703 1 003



             


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI O.MANGUNHARJO
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VII/1
Standar Kompetensi :     Mendengarkan
5. Mengapresiasi  dongeng yang diperdengarkan
Kopetensi Dasar         : 5.1 Menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang   diperdengarkan
Alokasi waktu            : 2x 40 menit ( 2x Pertemuan )
A.          Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama:
1.            Peserta didik dapat menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
Pertemuan kedua:
1.  Peserta didik dapat menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
v  Karakter siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
B.           Materi Pembelajaran
·         Pengertian Dongeng
Dongeng adalah Bentuk sastra lama yang menceritakan tentang sesuatu kejadian yang belum tentu benar keberadaannya .
Misalnya : tempat,waktu,pelaku,kejadian yang belum tentu ada.
·         Struktur dalam dongeng ada 3 yaitu :
è Pendahuluan adalah Kalimat pengantar tentang mulainya dongeng
è Isi adalah inti dari dongeng yang akan diceritakan
è Penutup adalah Akhir dari dongeng tersebut
·         Jenis-jenis dongeng
è Mite adalah Menceritakan tentang hal-hal yang gaib. Contoh :penyembahan dewa
è Sage adalah Menceritakan tentang kepahlawanan.
è Fabel adalah Menceritakan tentang binatang yang bisa berbicara dan bertingkah laku. Seperti :Manusia
è Legenda adalah Menceritakan mengenai asal usul suatu peristiwa/benda.
è Jenaka adalah Menceritakan perkembangan dalam masyarakat yang bersifat menghibur .
C.          Metode Pembelajaran
Pemodelan, Tanya jawab, inkuiri dan demonstrasi
D.     Kegiatan Pembelajaran
         Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
         Pertemuan Pertama :
NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu

1.




















2.



















































































3.






















Kegiatan Awal
Orientasi:
·         Mengucapkan Salam
·         Berdo’a
·         Mengecek Kehadiran Siswa
              Apersepsi :
·         Peserta didik mendengarkan penyajian dongeng.
             Motivasi :
·         Menemukan ide-ide yang menarik dari dongeng


Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menjelaskan tentang pengertian dongeng
·         Menjelaskan jenis-jenis dongeng
·         Peserta didik menemukan ide-ide menarik dari dongeng
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
·         memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


10 menit






















30 menit

























30 menit























































10 menit























Pertemuan Kedua :
NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu

1.















2.








































































































3.










Kegiatan Awal
Apersepsi :
Peserta didik dan guru bertanya jawab untuk menemukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
Motivasi :
Peserta didik Mengadakan pementasan dongeng Tunjukkan relevansi isi dongeng Tersebut.

Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
·         Peserta didik mencermati relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
·         Peserta didik menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
Ø  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
·         memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya



10 menit
















30 menit




























30 menit









































































10 menit


     E.  Sumber belajar
1. Kaset/CD dongeng
2. Buku teks bahasa Indonesia
3. Buku LKS
     F . Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng
·    Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
Tes tulis




Uraian



·  Identifikasilah ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
·  Rangkaikanlah ide-ide me­narik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi  hal-hal menarik dari dongeng!
·    Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
·    Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang


Tes tulis



Uraian
·  Tulislah isi  dongeng yang kamu dengarkan  secara lisan!
·  Bagaimanakah relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi sekarang? Jelaskan!

                                                                                                     
                                                                                                Mangunharjo,  Agustus 2016                                         
                        Mengetahui                                                          Mahasiswa P3,
                        Guru Pamong,


         RINA AGUSTININGSIH,S.Pd.                                  BUSTOMI  ARIYANTO
        NIP: 19700828 199802 2 001                                              NPM : 2013073




                                                  Mengetahui
                           Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo



                                             SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
                                       NIP : 19670907 199703 1 003






  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI O.MANGUNHARJO
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VII/1
Standar Kompetensi : 3. Membaca ( Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca).
Kopetensi dasar         : 3.1 Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi  yang tepat
Alokasi waktu            : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
  1. Peserta didik dapat membacakan teks perangkat upacara dengan baik
2.Peserta didik dapat memberikan tanda jeda yang tepat pada teks perangkat upacara
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
B.Materi Pembelajaran
a. Membacakan Teks Perangkat Upacara
Membaca teks perangkat upacara tersebut termasuk membaca nyaring,artinya membaca dengan mengeluarkan suara jelas.Mengapa dengan suara yang jelas? Karena membaca teks jenis ini tidak ditujukan untuk diri sendiri melainkan untuk orang lain.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membacakan teks perangkat upacara seperti berikut:
1.   Penempatan Jeda
Jeda adalah waktu penghentian sebentar dalam kalimat atau ujaran .
Contoh:
a. Bahwa /sesungguhnya kemerdekaan itu/ialah hak segala bangsa//
b. Seluruh peserta upacara/segera menyiapkan barisannya/di halaman depan  sekolah//
2. Intonasi
Intonasi adalah perubahan nada sewaktu mengucapkan ujaran atau bagian-bagiannya.Tanda ( / ) berarti intonasi naik,maka membacanya harus bernada  naik juga,kalau tanda ( \ ) berati intonasi turun,maka membacanya hurus bernada turun.
3. Lafal
Lafal adalah Cara kita/orang,mengucapkan bunyi bahasa
Berikut contoh pelafalan yang benar :
a.pantai dilafalkan pantay bukan panta-i
b. apel dilafalkan apel bukan apel
c.MTQ dilafalkan em te ki bukan me ti kyu
4. Sikap percaya diri
Sikap percaya diri itu sangat penting, ketika kita ingin membacakan teks perangkat upacara harus mempunyai percaya diri yang kuat.Karena dengan adanya sikap tersebut maka pembacaan teks akan lancar.
C.Metode Pembelajaran
1.     Pemodelan
2.     Tanya jawab/ diskusi kelompok
3.     Penugasan
D.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu

1.
























2.

















































































3.






















Kegiatan Awal
         Orientasi :
o  Mengucapkan Salam
o  Berdo’a
o  Mengecek kehadiran siswa
          Apersepsi :
o  Guru menjelaskan pentingnya membaca.
o   Peserta didik mendengarkan teks perangkat upacara  yang dibacakan
o   Peserta didik diminta bertanya tentang manfaat membaca teks perangkat upacarab
Motivasi :
o   Menjelaskan membaca teks perangkat upacara dengan baik

     Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menjelaskan pengertian tentang membaca teks perangkat upacara
·         Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membacakan teks perangkat upacara  
·         Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru ,lingkungan ,dan sumber belajar lainnya.
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Membiasakan peserta didik membaca dan menulis materi yang telah di jelaskan oleh guru
·         Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,diskusi,dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
·         secara lisan maupun tertulis.
·         Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
·         Guru bertanya tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam membacakan teks perangkat upacara yang  belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa tentang materi yang belum jelas
Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·         Memberikan tugas dirumah agar siswa tetap belajar


10 menit


























30 menit






















30 menit
























































10 menit

            
   E. Media Pembelajaran
            Alat dan bahan : Spidol , Infokus , buku bahasa Indonesia dan LKS
    F. Sumber Pembelajaran
·         Buku bahasa Indonesia
·         LKS
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu membaca teks perangkat upacara dengan baik

·    Mampu menemukan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membacakan teks perangkat upacara
Tes lisan

  Tes

·  Carilah teks perangkat upacara yang lain!kemudian berilah tanda jeda .
·  Tulislah teks perangkat upacara yang lain,kemudian berilah tanda jeda .


                                                     

           
Mangunharjo,10 September 2015
               Mengetahui                                                                          Mahasiswa P3,
                Guru pamong,
                                                                                                        

                RINA AGUSTININGSIH,S.Pd.                                BUSTOMI ARIYANTO
                 NIP: 19700828 199802 2 001                                           NPM : 2013073




                                          Mengetahui
                 Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo



                                SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
                           NIP : 19670907 199703 1 003







                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI O.MANGUNHARJO
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. ( memahami   wacana lisan melalui kegiatan  mendengarkan -berita)               
Kopetensi dasar         : 1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Indikator                    :1.1.1.Mampu menulis isi / sari berita yang didengarkan / dibicarakan
                                     1.1.2. Mampu menyimpulkan isi / sari berita dalam satu alenia
Alokasi waktu            : 2 x 40 menit
A.          Tujuan Pembelajaran
1.Peserta didik dapat menentukan  pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
2.Peserta didik dapat menulis berita yang pernah dialami atau di lihat
3.Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.           Materi Pembelajaran
·         Menjelaskan tentang pengertian berita
Berita adalah informasi tentang sesuatu peristiwa/kejadian,melalui media cetak : majalah,Koran dan media elektronik: radio,televise,internet
·         Unsur-unsur dalam berita ada 5W+1H sebagai berikut :
a.       What :Apa yang terjadi dalam berita tersebut?
b.      Who:Siapa yang terlibat dalam berita ?
c.       Why:Mengapa berita itu bisa terjadi?
d.      When :Kapan peristiwa tersebut terjadi?
e.       Where:Dimanakah peristiwa itu terjadi?
f.       How:Bagaimana peristiwa itu terjadi?
C.          Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
D.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu

1.







































2.












































3.










Kegiatan Awal 
Orientasi :
·         Menyampaikan salam
·         Doa
·         Mengecek kehadiran siswa
Apersepsi :
·         Memberikan persepsi awal kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan
Ø  Apa yang dimaksud dengan berita
Motivasi :
·         Mengimformasikan tentang pembelajaran yang ingin dicapai
Ø  Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari tentang suatu berita
Memberi Acuan :
·         Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari, acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pembelajaran.
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa, kemudian menyampaikan materi yang akan dijelaskan yaitu kita akan mempelajari tentang berita dan unsure-unsur dalam berita

Kegitan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
·         Siswa diminta untuk membaca berita,kemudian siswa dapat menentukan pokok-pokok berita
Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Guru dan peserta didik lainnya menyimak, ada kesalahan atau tidak.
Ø  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya tentang pokok-pokok berita, pengertian berita yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa tentang materi yang belum jelas

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         memberikan tugas dirumah
·         Dengan bantuan guru,siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
·         memberikan umpan balik kepada siswa terhadap proses dan hasil belajar
·          Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·         Guru mengakhiri dengan mengucapkan Wassalamu’alaikumWr.Wb.



10 menit








































30 menit











30 menit































10 menit


E.     Media pembelajaran
Alat dan bahan: Spidol , buku bahasa Indonesia , LKS
F.     Sumber Pembelajaran
·         Buku bahasa Indonesia
·         LKS
G.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
Penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
·    Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
·    Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea

Tes tulis



Uraian 
·  Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
·  Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!


                                                                                                 Mangunharjo, Agustus 2015                                         
                       Mengetahui                                                                 Mahasiswa P3,
                       Guru Pamong,


RINA AGUSTININGSIH,S.Pd.                           BUSTOMI ARIYANTO
NIP: 19700828 199802 2 001                                        NPM : 2013073


                                         Mengetahui
               Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo



                                SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
                           NIP : 19670907 199703 1 003
                                       




           RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI O.MANGUNHARJO
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VII/1
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan ( memahami   wacana lisan melalui  kegiatan  mendengar  berita )
Kopetensi dasar         : 1.1. Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu            : 2 x 40 menit

A.Tujuan Pembelajaran
1.Peserta didik dapat menemukann pokok-pokok berita yang didengarkan  melalui radio/TV
2.Peserta didik dapat menuliskan isi berita ke dalam beberapa kalimat

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
Rasa hormat dan perhatian( respect )
B.Materi Pembelajaran
·         Menuliskan berita yang pernah siswa dengarkan melalui TV/Radio
            Simaklah berita berikut ini yang akan dibacakan temanmu !
                 Festival Musik Solo Merayakan Keragaman Etnis
Bagaimanakah tradisi menghadipi modernitas global? Pertanyaan itu terjawab secara kongret dalam festival music etnis di Benteng Vasternbung,solo,jawa tengah. Perhelatan yang berlangsung 1-5 september itu resminya bernama solo international Ethenis music festival and Conforence (SIEM).
Benteng vantenbrug, yang letaknya tak jauh dari kraton Surakarta hadiningrat, pekan lalu benar-benar menjadi arena pesta rakyat. Sekitar 8.000 warga selama lima malam berturut-turut tumplek blek memedati arena  benteng yang dibangun pada era 1700-an itu. Mereka menikmati gurihnya sega (nasi) liwet dan hangatnya wedang jahe yang dijajakan diluar benteng.
Semalam tampil grup dari Bengali, disusul sejumlah nomor dari grand gamelan Event dari ISI Surakarta dan bintang tamu waljinah. Minggu pagi ini kegiatan akan dimulai pukul 06.00 dengan sejumlah workshop dan pertunjukan hingga pukul 23.00.
Sebelumnya, para peserta SIEM mengrlar kirab budaya disepanjang jalan slamet riyadi solo, pukul 15.00-17.00. para pserta SIEM dari delapan Negara dan 10 daerah ditanah air  diarak dengan sejumlah gerobak sapi. Mereka mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat solo yang memadati jalan slamet riyadi sejak pukul 13.00.
Saat diarak dengan gerobak sapi, peserta dari luar negeri, seperti BELANDA, YUNANI, AUSTRALIA, FILIPINA, dan dalam negeri disambut hangat oleh penonton disepanjang jalan slamet riyadi.
                                                            Sumber : kompas, 6 september 2007.
·         Siswa dapat menentukan pokok-pokok berita diatas seperti :
Ø  What : Apa yang terjadi dalam berita tersebut?
Ø  Who : Siapa yang terlibat dalam berita diatas?
Ø  Why: Mengapa berita itu bisa terjadi?
Ø  When: Dimanakah berita itu terjadi?
Ø  How: Bagaimana berita itu terjadi?
C.Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu

1.



































2.























































3.










Kegiatan Awal
Orientasi :
·         Menyampaikan salam
·         Doa
·         Mengecek kehadiran siswa
Apersepsi :
·         Memberikan persepsi awal kepada siswa tentang materi yang akan di ajarkan .
Ø  apa yang dimaksud dengan berita?
Motivasi :
·         Menginformasikan tentang pembelajaran yang ingin dicapai.
Ø  Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari tentang berita
            Memberi Acuan:
·         Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari, acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pembelajaran.
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa, kemudian menyampaikan materi yang akan dijelaskan yaitu kita akan mempelajari tentang berita.

Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
·         memfasilitasi peserta didik  untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø  Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.              



10 menit















































E. Median Pembelajaran
Alat dan bahan : Spidol ,buku bahasa Indonesia , LKS
F.Sumber Pembelajaran
·         Buku bahasa Indonesia
·         LKS
G.Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Soal/Instrumen
·    Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan 
·    Mampu menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
Penugasan individual/ke-lompok
Pekerjaan rumah (PR)
·  Tuliskan kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi!
              


                     


                                                                                   
                                                                                                 Mangunharjo,  Agustus 201                                                                                                                                                                          
             Mengetahui                                                                     Mahasiswa P3,
             Guru Pamong


        RINA AGUSTININGSIH,S.Pd.                                    BUSTOMI ARIYANTO
        NIP: 19700828 199802 2 001                                               NPM : 2013073


                                        Mengetahui
                   Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo



                                   SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
                              NIP : 19670907 199703 1 003















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI O MANGUNHARJO
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VII/1
Standar Kompetensi : 2. Berbicara (Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman.
Kopetensi dasar         : 2.1. Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kata dan kalimat yang efektif.
Alokasi waktu            : 4x 40 menit ( 2x Pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
Ø  Peserta didik dapat mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
Ø  Peserta didik dapat menentukan pengalaman yang paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
Ø  Peserta didik dapat menyusun pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
Pertemuan Kedua:
Ø  Peserta didik dapat mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )




B.Materi Pembelajaran
Penyampaian cerita
Agar dapat menceritakan pengalaman dengan menarik maka lakukan langkah-langkah berikut ini :
Ø  Langkah pertama
Mendata beberapa pengalaman yang mengesankan
è Menang lomba balab sepeda
è Memakai baju terbalik
è Menjadi petugas upacara bendera
è Mendapat hukuman dari bapak
Ø  Langkah kedua
Dari beberapa pengalaman tersebut,tentukan pengalaman yang paling berharga.Misalnya pengalaman memenangkan balab sepeda
Ø  Langkah ketiga
Setelah menentukan satu pengalaman ,kemudian kita buat kerangka seperti berikut:
è Ingin ikut lomba balap sepeda
è Peserta hanya sedikit
è Sepeda ku adalah sahabatku
è Suasana lomba
è Akhirnya aku menang
Ø  Langkah keempat
Menceritakan pengalaman
Seperti contoh :
Menang Lomba Balap Sepada
Teman-teman,hari minggu kemarin ikut lomba balap sepeda.Sebenarnnya sih lomba itu tidak begitu banyak diikuti peserta.Maklum,akibat gempa setahun lalu,banyak teman-teman pindah dari desa ini.Walau peserta hanya 6 orang aku tetap bersemangat.Mengapa?Karena sepeda ini lah satu-satunya harta berharguku.Semua telah hancur luluh akibat gempa itu.Sepeda itu seperti sahabatku.Setiap hari ku bersihkan,ku beri minyak agar tidak perkarat dank u ajak pergi kemana-mana.
      Hari ini lah aku akan memberikan hadiah bagi sepedaku.Aku datang lebih awal.Kutepuk-tepuk layaknya orang tua mengantar anaknya ke medan laga.Hingga tibalah waktu berlomba Tit. . . . . . tit . . .tit . . . peluit tanda dimulai melengking panjang.Aku sudah diatas sepeda.Tanganku sudah memegang stangnya,kakiku yang satu sudah bersiap mengayuh pedalnya.Dan . . .wus . . wus . . wus kukayuh sekuat tenaga ku.Terus . . . terus dan terus.Dan akhirnya aku memasuki garis final itu.Aku bersorak dan berteriak . . . Hore . . .Aku menang!Inilah hadiah untuk sepedaku yang senantiasa mengantarku kemana pun aku pergi.
C.Metode Pembelajaran
Bercerita,Tanya jawab,Tes unjuk kerja
D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2 X 40’
NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu

1.























































2.



































































3.
















Kegiatan Awal
Orientasi :
§  Mengucapkan Salam
§  Berdo’a
§  Mengecek Kehadiran Siswa
  Apersepsi :
§ Peserta didik dapat  mencermati cerita pengalaman 
§ Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang isi cerita pengalaman
§ Peserta didik mengidentifikasi kebermaknaan bercerita pengalaman
§ Peserta didik menyepakati tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Motivasi :
§ Menyusun tentang pentingnya pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan

Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§   menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§   memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§   melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan dan di tempat lain yang memungkinkan
§   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§   membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
§   memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
§   memfasilitasi peserta didik  untuk meningkatkan prestasi belajar
§   memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individu
§   memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø  Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§   memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
§   memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
§   memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
§  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


10 menit































30 menit






































Pertemuan Kedua: 2 X 40’

NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu

1.






















































2.
















































3.

Kegiatan Awal
Orientasi :
·         Menyampaikan salam
·         Doa
·         Mengecek kehadiran siswa
  Apersepsi :
§ Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kegiatan berlatih bercerita pada kegiatan sebelumnya
§ Peserta didik menjelaskan tujuan kegiatan bercerita
§ Peserta didik berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya

Motivasi :
§ Ceritakan  tentang pentingnya pengalaman yang paling mengesankan

Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         Peserta didik menceritakan pengalaman secara individu
F Beberapa Peserta didik lain dan guru menilai Peserta didik yang tampil
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik  untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Peserta didik dan guru menentukan tiga pencerita terbaik
·         Tiga pencerita terbaik mendapatkan penghargaan dari guru dan teman-teman
Ø  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
·         memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
·         menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
























E.Sumber Belajar
a.       Bagan identifikasi pengalaman
b.      LKS
c.       Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
F.Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.      Mampu mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
2.      Mampu menentukan pengalaman yang paling mengesankan dari daftar pengalaman yang diidentifikasi
3.      Mampu menyusun pokok-pokok cerita berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan
4.      Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok cerita yang disusun dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
1.      Identifikasilah minimal tiga pengalamanmu yang paling mengesankan!
2.      Tentukan satu pengalaman yang kamu anggap paling mengesankan dari daftar yang telah kamu buat untuk diceritakan!
3.      Susunlah   pokok-pokok cerita pengalaman yang paling mengesankan itu dengan runtut!
4.      Ceritakanlah secara lisan pengalaman yang mengesankan itu berdasarkan pokok-pokok cerita yang telah kamu susun dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!
                                                                                                 
                                                                                                  Mangunharjo, Agustus 2016                           
                         Mengetahui                                                            Mahasiswa P3,
                         Guru Pamong,


             RINA AGUSTININGSIH,S.Pd.                                   BUSTOMI ARIYANTO
             NIP: 19700828 199802 2 001                                             NPM : 2013073


                                           Mengetahui
                   Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo



                                    SUNARNO,S.Pd.M,Pd.
                                NIP : 19670907 199703 1 003


 

 

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                        : SMP NEGERI O MANGUNHARJO
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. 1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat




Penyimpulan berita
o Mendengarkan isi/sari berita yang dibacakan
o Menuliskan isi/sari berita yang dibacakan
o Mendiskusikan isi berita yang ditulis
o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.
·    Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
·    Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea



Tes tulis



Uraian 
·  Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
·  Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
2 X 40’
Teks berita dari media massa maupun elektronik
Isi/sari berita

v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

Penulisan kembali berita (yang didengarkan)
o Mendengarkan berita yang dibacakan
o Mendiskusikan isi/sari berita
o Mengembangkan isi/sari berita menjadi berita dengan susunan yang bervariasi
·    Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan 
·    Mampu menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi
Penugasan individual/ke-lompok
Pekerjaan rumah (PR)
·  Tuliskan kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi!
2 X 40’
 Teks berita dari media massa maupun elektronik

v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )








                                                                              SILABUS PEMBELAJARAN  


Sekolah                        : SMP NEGERI O MANGUNHARJO
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
  2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

Cara menceritakan pengalaman yang menge­sankan dan implementasi- nya
o Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan du­kungan gambar seri
o Bertanya jawab tentang gaya bercerita narasumber
o Memilih pengalaman yang paling mengesankan
o Menyusun kerangka cerita pengalaman
o Berlatih bercerita
o Bercerita berdasarkan kerangka cerita dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
·    Mampu menulis kerangka  cerita  pengalaman
·    Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·  Tulislah kerangka cerita pengalamanmu!
·  Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu berdasarkan kerangka yang kamu tulis dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!


4X40’
Pengalaman pribadi yang mengesan-kan
Buku Teks
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )





2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

Penyampaian pengu­muman
o Mencermati  model penyampaian teks pengumuman
o Bertanya jawab tentang gaya penyampaian  pengumuman yang disampaikan oleh model
o Menenentukan topik pengumuman
o Menyusun kerangka pengumuman
o Berlatih mengumumkan
o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

·    Mampu menulis kerangka pengumuman
·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·   Tulislah kerangka pengumuman!

·  Umumkanlah secara lisan dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah ... berdasarkan kerangka pengumuman yang telah kamu tulis!
6X40’
Selebaran Pengumum-an
Lingkungan
Buku teks
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )











                                                                                   
                                                                                    SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                        : SMP NEGERI O MANGUNHARJO
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
  3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai

Cara menemukan  makna kata  secara cepat dan implementasi-nya
o Membaca teks nonsastra
o Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus
o Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)
o Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema)  secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)
·    Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat


·    Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

Observasi
Lembar observasi
·   Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
·   Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak


2 X 40’
Kamus Besar Ba­ha­sa Indonesia
Teks nonsastra
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

Penyimpulan isi bacaan
o Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.
o Menghitung waktu  membaca
o Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
o Menghitung Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
o Menentukan pokok-pokok bacaan
o Merangkai pokok-pokok bacaan
o Menyimpulkan isi bacaan
·    Mampu membaca cepat 200 kata per menit




·    Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan



·    Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
Tes praktik/kinerja

Uji petik kerja

·  Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!
·  Jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. ...
2. ...  dst.
Hitunglah KEM kamu

·  Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu!  
2X40’
Stopwatch,
Teks bacaan
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

Pembacaan teks perangkat upacara
o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara
o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi
o Berlatih membacakan teks perangkat upacara
o Membacakan teks perangkat upacara  dengan intonasi yang tepat
·    Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara



·    Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara  dengan intonasi yang tepat
Tes tulis




Tes praktik/kinerja


Uraian




Uji petik kerja produk
·  Berilah tanda jeda pada  berbagai teks perangka upacara yang terdapat di sekolahmu!


·  Bacakanlah minimal dua teks  perangkat upacara dengan intonasi yang tepat!
6 X 40’
Teks perangkat  upacara
Buku teks
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )






                                                                                               








                                                                                    SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                        :SMP NEGERI O MANGUNHARJO
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar

Penulisan catatan hari­an/ pengalaman pribadi
o Mengamati dan mencermati contoh buku harian/catatan harian
o Mendiskusikan unsur-unsur  yang ada dalam buku harian
o Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi sehari sebelumnya
o Mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran, dan perasaan ke dalam buku harian.

·    Mampu menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!
·    Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!

Tes




Penugasan individual/kelompok

 Uraian




Proyek
·   Tulislah pokok-pokok pengalaman pribadimu yang terjadi di kelas ini kemarin!
·   Tuliskanlah pengalaman pribadimu secara rutin ke dalam buku harian mulai hari ini! Gunakanlah bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan pemikiran dan perasaanmu! Kumpulkanlah buku harianmu setiap dua minggu untuk diparaf!
4 X 40’
Pengalaman pribadi siswa
Lingkungan
Buku teks
Buku harian/ Catatan harian
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )





4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

Penulisan surat pribadi
o Mengamati dan mencermati beberapa contoh surat pribadi dan surat resmi
o Berdiskusi untuk menentukan komposisi surat pribadi
o Menentukan topik surat pribadi dan alamat yang dituju (siswa SMP di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya)
o Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa yang komunikatif
o Menyunting surat
o Mengirim surat pribadi ke alamat yang dituju
·    Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·    Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif


Tes

Tes praktik/kinerja


Uraian

Tes keterampilan

·   Tulislah perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi berdasarkan surat terasji!
·   Tulislah surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain melalui guru bahasa Indonesianya, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini, dan mintalah balasan surat! Gunakanlah bahasa yang komunikatif.

4 X 40’
Berbagai surat pribadi dan surat resmi
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )





4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

Penulisan pengumuman
o Mengamati dan mencermati teks pengumuman
o Berdiskusi untuk menentukan topik pengumuman lain yang sesuai dengan konteks kegiatan  kelas/sekolah dan  menentukan pokok-pokoknya
o menulis teks pengumuman dengan  bahasa yang efektif, baik, dan benar
o menyunting teks pengumuman
o memajang pengumuman di papan pamer kelas/sekolah
·    Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
·    Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
·  Tulislah pokok-pokok pengumuman kegiatan sekolah
·  Tulislah teks pengumuman sesuai dengan pokok-pokok pengumuman yang kamu tulis!

4X40’
Selebar­an Peng-umuman
Buku Teks
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )





                                                                       



 



                                                                                                SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                        : SMP NEGERI O MANGUNHARJO
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
 5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
Cara menemukan hal menarik dari dongeng dan implementasi- nya
o Mendengarkan penyajian dongeng
o Bertanya jawab untuk menemukan ide-ide  yang menarik dari dongeng
o Merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
·    Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng
·    Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
Tes tulis




Uraian



·  Identifikasilah ide-ide menarik yang terdapat dalam dongeng yang disajikan secara lisan ini!
·  Rangkaikanlah ide-ide me­narik yang berasal dari dongeng yang kamu dengarkan sehingga menjadi  hal-hal menarik dari dongeng!
2X40’
Kaset /CD  dongeng
Buku teks
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )





5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

Cara menunjukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang dan implementasi- nya
o Mendengarkan dongeng
o Mendiskusikan isi  dongeng
o Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
·    Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
·    Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang


Tes tulis



Uraian
·  Tulislah isi  dongeng yang kamu dengarkan  secara lisan!
·  Bagaimanakah relevansi isi dongeng yang kamu dengarkan dengan situasi sekarang? Jelaskan!
2 X 40’
 Kaset /CD  dongeng
Buku teks
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )






SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                        :SMP NEGERI O MANGUNHARJO
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita


Kompetensi
       Dasar    
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

Penyampaian cerita
o Menentukan buku cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku di  perpustakaan.
o Membaca buku cerita yang menarik itu.
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
o Berlatih bercerita
o Bercerita dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik
·    Mampu bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat


Tes tertulis

Tes praktik/kinerja

Uraian

Uji petik kerja



·  Tulislah pokok-pokok cerita yang ter­da­­pat di dalam buku cerita yang kamu baca!
·   Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·   Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat! 
6 X 40’
Perpusta-
  kaan
Buku  cerita
Buku teks
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )





6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

Penyampaian cerita dengan alat peraga
o Mencermati model bercerita
o Mendiskuskan suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik model
o Membaca teks cerita yang menarik.
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang baik dan menarik
o  Menyiapkan alat peraga  untuk mendukung cerita
o Berlatih bercerita dengan alat peraga
o Bercerita dengan alat peraga
·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
·    Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita
Tes tertulis

Uraian



·  Tulislah pokok-pokok cerita  yang ter­da­­pat di dalam teks cerita yang kamu baca!
·   Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi kerangka cerita!
·   Berceritalah dengan dukungan alat peraga!    
4 X 40’
Alat peraga
Buku teks
Buku cerita

v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )






                                                                                    SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                        : SMP NEGERI O MANGUNHARO
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
 7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

Penceritaan kembali
o Membaca cerita anak
o Berdiskusi untuk me­nen­tukan pokok-pokok cerita
o Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
o Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis


·    Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·    Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·    Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.

Penugasan individual/kelompok


Tes praktik/kinerja
Proyek




Uji petik kerja

·  Tentukan pokok-pokok cerita anak yang kamu baca!
·  Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita!
·  Ceritakanlah secara tertulis dan/atau lisan de­ngan bahasamu sendiri cerita anak yang kamu baca!

6 X 40’
Perpusta-
  kaan
Buku teks
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

Cara berkomentar  terhadap buku cerita dan implementasi- nya
o Membaca cerita anak
o Menandai hal-hal yang akan dikomentari
o Berdiskusi untuk menentukan bagian/unsur yang  perlu dikomentari  dari buku cerita
o Mengomentari buku cerita yang dibaca dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun


·    Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
·    Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

Penugasan individual/kelompok



Proyek



·  Tentukanlah  bagian/unsur buku cerita ... yang perlu dikomen­tari
·  Bagaimakah komentarmu mengenai buku cerita yang baru saja kamu baca? 
·  Kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun!

4 X 40’
Perpus-takaan
Buku teks 
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )








 

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                        : SMP NEGERI O MANGUNHARJO
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

Penulisan   pantun
o Membaca contoh-contoh pantun
o Berdiskusi untuk menentukan syarat-syarat pantun
o Menulis materi/bahan konteks pantun
o Menulis pantun yang memenuhi  syarat-syarat pantun
o Menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun

·    Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks


·    Mampu menulis pantun

Tes tulis









Uraian








·  Tulislah materi pantun sesuai konteks (narasi nasihat, narasi agama, atau yang lain)!
·   Tulislah sebuah pantun sesuai konteks yang kamu tulis
2 X 40”
Perpusta-
   kaan
Buku teks
Ber­bagai jenis pan­tun
v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
Penulisan kembali  dongeng
o Membaca/mendengarkan dongeng
o Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
o Menulis kembali dongeng berda­sar­kan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah disimpulkan
·    Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
·    Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng
Tes tulis



Tes praktik/kinerja
Uraian



Uji petik kerja
·  Tentukan pokok-pokok dongeng yang kamu baca/dengar!


·  Tuliskanlah de­ngan bahasamu sendiri dongeng yang baru kamu baca/dengar!

   4 x 40’
Perpusta-
   kaan
Buku/rekaman dongeng
Buku teks

v    Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )







Keterangan :
Sesuai dengan standar proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.                                                             Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti

                                                                                                                                                              Mangunharjo, Agustus 2016   
              Mengetahui                                                                                                                                 Mahasiswa PPL II,  
             Guru Pamong,



          RINA AGUSTININGSIH,S.Pd.                                                                                                        Bustomi Ariyanto
         NIP : 19700828 199802  2 001                                                                                                            NPM : 2012073

                                                                                                       Mengetahui
                                                                                 Kepala Sekolah SMP N O Mangunharjo



                                                                                           SUNARNO,S.Pd.,M.Pd.
                                                                                            NIP : 19670907 199703 1 003



Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar