RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMP...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII / 1(Ganjil)
Alokasi Waktu/ Tatap muka : 2x40 menit
Standar
Kompetensi :
Menulis
8.
Mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
Kompetensi Dasar : 8.1. Menulis pantun
yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
Indikator :
1. Mampu mendeskripsikan
hakikat pantun
2. Mampu menentukan syarat-syarat pantun
3. Mampu menulis pantun
1.
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah mendengarkan
dan diberikan gambaran siswa mampu mendeskripsikan hakikat pantun dengan benar.
·
Setelah melakukan
kegiatan tanya jawab siswa mampu menentukan syarat-syarat pantun dengan tepat.
·
Setelah melewati
beberapa rangkain kegiatan yang telah dilalui siswa mampu membuat minimal dua
contoh pantun sesui dangan syarat-syarat pantun.
v Karakter
siswa yang diharapkan:
§ Kreatif
§ Ingin
tau
§ Berfikir
logis
§ Tanggung
jawab
§ Berani
2 . Materi Pembelajaran
penulisan
pantun
a. Menjelaskan
hahikat pantun
b. Mengetahui
syarat-syarat pantun
c. Membuat
contoh pantun dengan syarat-syarat pantun yang ada.
d. Melalui
sebuah gambar siswa dapat membuat contoh pantun sesuai dengan syarat-syaratnya
serta dapat mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman melalui pantun.
3. Metode pembelajaran
a.
Desain/model pembelajar:
1. Model pembelajaran kontekstual
2. Model pembelajaran
mandiri
b.
Metode pembelajaran :
1.Ceramah
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan awal
(20 menit)
1. Apersepsi
1. Guru menciptakan lingkungan dalam
kelas, seperti mengucapkan salam pembuka, sapaan, pengabsenan.
2. Motivasi
§ Guru
menjelaskan secara singkat materi pokok yang akan dibelajarkan.
§ Guru
menjelaskan secara singkat tujuan pembelajaran dan kegunaan materi tersebut di
lingkungan msyarakat.
b. Kegiatan Inti (45 menit)
1. Eksplorasi
a.
Guru melibatkan siswa
mencari pengertian tentang tema materi yang akan dipelajari dengan menggunakan
pendekatan berbagai pelajaran,media pembelajaran,dan sumber belajar lain.
b.
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lain.
c.
Melibatkan siswa secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
d.
Memfasilitasi siswa untuk
menyimpulkan pikiran, pendapat dan
gagasan narasumber.
2. Elaborasi
a. Guru
melakukan tanya jawab agar siswa mampu mendeskripsikan pengertian pantun
b. Guru
menyampaikan syarat-syarat pantun dan siswa mampu merespon
c. Siswa
mampu memberikan timbal balik dan siswa mampu membuat conth pantun sesuai
dengan syarat-syarat pantun yang telah disampaikan
3. Konfirmasi
a. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan siswa.
b. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi siswa melalui berbagai sumber, siswa diberiakan tugas menulis pantun
sesuai dengan syarat pantun
c. Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan.
d. Memfasilitas
siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar, setelah siswa bisa menulis pantun sesuai dengan syarat pantun, berikan
tanggapan yang membangun.
c.
Kegiatan
akhir (15 menit)
Dalam
kegiatan penutup, guru:
a. Bersama-sama
dengan siswa atau sendiri dalam membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b. Melakukan
penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten
c. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pelajaran
d. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam memberikan tugas dengan hasil belajar peserta
didik.
5.Media/Alat/Sumber Belajar
1. Buku
teks bahasa indonesia.
2. Contoh-contoh
pantun
6. Penilaian
a. penilaian proses
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu menulis pantun sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Buatlah minimal 2 contoh pantun sesuai
dengan ketentun syarat pantun yang ada!
|
Pedoman Penskoran penulisan pantun
No.
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
|
1.1 Siswa dapat menuliskan sekurang-kurangnya dua contoh pantun, sesuai dengan syarat pantun1.2 Siswa menuliskan dua pantun, tetapi tidak memenuhi syarat pantun1.3 Siswa tidak dapat menuliskan pantun |
3
2
0
|
b. penilaian sikap
No.
|
Partisipasi siswa
|
Skor
|
1
2
3
|
Apakah siswa merespon terhadap pertanyaan guru
Bagaimana
sikap terdadap guru dan teman sebaya
Bagaimana sikap bekerjasama antara siswa
dengan guru dan siswa lain
|
ABCD
ABCD
ABCD
|
Skor Perolehan
NILAI
= ------------------------------------
x 100
Skor Maksimum
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
Lubuklinggau, April 2016
Mahasiswa Bahasa
Indonesia
……………………………......
|
Lembar
soal
1. Sebutkan
dan jelaskan syarat-syarat pantun !
2. Buatlah
minimal tiga contoh pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun yang ada!
0 komentar:
Posting Komentar