Download rpp - smp di tulis Oleh Eti Irwanti



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                         : SMP...
Mata  Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : VII / 1(Ganjil)
Alokasi Waktu/ Tatap muka   : 2x40 menit
Standar Kompetensi               : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman melalui      pantun dan dongeng
Kompetensi Dasar                   : 8.1. Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
Indikator                                   : 1. Mampu mendeskripsikan hakikat pantun
  2. Mampu menentukan syarat-syarat pantun
  3. Mampu menulis pantun
1. Tujuan Pembelajaran :
·         Setelah mendengarkan dan diberikan gambaran siswa mampu mendeskripsikan hakikat pantun dengan benar.
·         Setelah melakukan kegiatan tanya jawab siswa mampu menentukan syarat-syarat pantun dengan tepat.
·         Setelah melewati beberapa rangkain kegiatan yang telah dilalui siswa mampu membuat minimal dua contoh pantun sesui dangan syarat-syarat pantun.

v  Karakter siswa yang diharapkan:
§  Kreatif
§  Ingin tau
§  Berfikir logis
§  Tanggung jawab
§  Berani
2 . Materi  Pembelajaran
penulisan pantun
a.       Menjelaskan hahikat pantun
b.      Mengetahui syarat-syarat pantun
c.       Membuat contoh pantun dengan syarat-syarat pantun yang ada.
d.      Melalui sebuah gambar siswa dapat membuat contoh pantun sesuai dengan syarat-syaratnya serta dapat mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman melalui pantun.
 
3. Metode pembelajaran
a. Desain/model pembelajar:
            1. Model pembelajaran kontekstual
2. Model pembelajaran mandiri         
b. Metode pembelajaran :
1.Ceramah
2. Tanya jawab
3. Latihan
4. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.  Kegiatan awal        (20 menit)
1. Apersepsi
1. Guru menciptakan lingkungan dalam kelas, seperti mengucapkan salam pembuka, sapaan, pengabsenan.
          2. Motivasi       
§  Guru menjelaskan secara singkat materi pokok yang akan dibelajarkan.
§  Guru menjelaskan secara singkat tujuan pembelajaran dan kegunaan materi tersebut di lingkungan msyarakat.

b. Kegiatan Inti            (45 menit)
1. Eksplorasi
a.       Guru melibatkan siswa mencari pengertian tentang tema materi yang akan dipelajari dengan menggunakan pendekatan berbagai pelajaran,media pembelajaran,dan sumber belajar lain.
b.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lain.
c.       Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
d.      Memfasilitasi siswa untuk menyimpulkan pikiran, pendapat dan  gagasan narasumber.
2.      Elaborasi
a.       Guru melakukan tanya jawab agar siswa mampu mendeskripsikan pengertian pantun
b.      Guru menyampaikan syarat-syarat pantun dan siswa mampu merespon
c.       Siswa mampu memberikan timbal balik dan siswa mampu membuat conth pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun yang telah disampaikan
3.      Konfirmasi
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
b.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi  dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber, siswa diberiakan tugas menulis pantun sesuai dengan syarat pantun
c.       Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
d.      Memfasilitas siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, setelah siswa bisa menulis pantun sesuai dengan syarat pantun, berikan tanggapan yang membangun.
c.                   Kegiatan akhir          (15 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Bersama-sama dengan siswa atau sendiri dalam membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.      Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pelajaran
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam memberikan tugas dengan hasil belajar peserta didik.
5.Media/Alat/Sumber Belajar
1.      Buku teks bahasa indonesia.
2.      Contoh-contoh pantun
6. Penilaian
a. penilaian proses
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menulis pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun
Tes tulis




 Uraian




·   Buatlah minimal 2 contoh pantun sesuai dengan ketentun syarat pantun yang ada!

Pedoman Penskoran penulisan pantun
No.
Kegiatan
Skor
1

1.1     Siswa dapat menuliskan sekurang-kurangnya dua contoh pantun, sesuai dengan syarat pantun

1.2     Siswa menuliskan dua pantun, tetapi tidak memenuhi syarat pantun

1.3     Siswa tidak dapat menuliskan pantun

3
2
0



     b. penilaian sikap   
No.
Partisipasi siswa
Skor
1
2
3

Apakah siswa merespon terhadap pertanyaan guru

                                                                                                                            Bagaimana sikap terdadap guru dan teman sebaya
Bagaimana sikap bekerjasama antara siswa dengan guru dan siswa lain
ABCD
ABCD
ABCD





            
                          Skor Perolehan
NILAI =   ------------------------------------ x 100
                    Skor Maksimum


Mengetahui,
Kepala Sekolah




Lubuklinggau,   April 2016
Mahasiswa Bahasa Indonesia

……………………………......

Lembar soal
1.      Sebutkan dan jelaskan syarat-syarat pantun !
2.      Buatlah minimal tiga contoh pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun yang ada!

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar