Lampiran atau pembuatan latihan peneraqpan metode Cerpengram disusun oleh Bustomi Ariyanto di Bimbing oleh Bunda. Rusmana Dewi



CERPEN





Disusun oleh  :
Bustomi  Ariyanto
Npm  2013073

Tugas ini ditulis untuk melengkapi persyaratan mata kuliah  Sanggar sastra
 Dosen Pengampu Dr. Rusmana Dewi.Mpd.MM

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN  BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(STKIP-PGRI) LUBUKLINGGAU
2016 / 2017





Lampiran – latihan peneraqpan metode Cerpengram

Cerpengram 1: Membuat daftar nama fiktif dan profil para tokoh.
NAMA  PRIA
NAMA  WANITA
PROFIL
Guntoro           (Guntoro Sayekti)
Suti      (Suti purwati)
Guru
Bagus                (Bagus Agung)
Nora    (Nora Agustin)
Anak
Rudy                  (Rudy Sanjaya)
Lina          (Karlina)
Pedagang
Tio                      (Tio  Dimas )
Caca          (Chicah)
Pengamen
Inung                 (Nur  Amin )
Aad        (adawiyah)
Pelajar
Berikut ini cara menggunakan cerpengram 1, dalam hal ini kita menggunakan tokoh, Guntoro untuk berbagai macam  profil.
v                                 Guntoro adalah seorang penjual bakso yang memilki  puluhan anak buah nama lengkap adalaha Guntoro Sayekti, yang tertera di dinding gerobaknya profensi yang cukup membanggakan bagi seorang  yang   hanya   lulusan   SD seperti hari melayani pembeli, sampai – sampai ia tidak sempat lagi untuk  bergaul  dengan   sahabat   di  ekitar rumahnya, usahanya sebagai penjual bakso telah membuat kehidupan  Guntoro   menjadi   jauh lebih makmur di bandingkan beberapa tahun yang lalu. Sayangnya. Kebersamaannya   bersama   sahabat - sahabatnya.
Buatlah  profil Guntoro dalam versi dan profil  yang  lain.
                                 Dalam usia mudah, masa muda darah muda mengalir sangat deras dalam   kehidupannya dalam   jiwa   dan   khayalan   serta    sentimennya   masih  memenuhi      jiwa,      raga    di   waktu itu la ilham menceritakan,  ini  aku mulai menyusun kisahku yang tak pernah hilang di dalam hidupku sampai akhir hayat 
       ku  selalu   ku   kenang  selamanya, mungkin orang berkata seakan – akan tua nanti menceritakan nasibnya  sendiri  dalam   penulis.  Menulis   atau   sebuah  karangan  dan  hikayat .

Cerpengram 2 : Berikut cara menggunakan cerpengram 2 menggambarkan penampilan fisik tokoh
Kulit
Rambut
Mata
Hidung
Alis
Dagu
Mulut
Bibir
Kumis
Wajah
Badan
Pucat
Hitam
Cipit
Pesek
Tebal
Lancip
Lebar
Tebal
Tipis
Pucat
Kekar
Putih
Pirang
Tajam
Mancung
Tipis
Lebar
Kecil
Merah
Putih
Tampan
Tegap
Hitam
Cepak
Merah
Bangir
Runcing
Kecil
Manis
Tipis
Hitam
Tirus
Langsing

contoh menggambarkan penampilan fisik tokoh yang bernama Guntoro.
 
                         Guntoro berkulit hitam , berambut sedikit cepak. Kumis tipis menghiasi bibirnya. Badanya    sedikit    tegap   di   bandingkan      dengan    anak         buah.    Matanya   yang cekung, menggambarkan   kalau   ia  sering kurang tidur, sesekali bibirnya yang tipis menyanyikan lagu kesayangnya”Rindu”-nya Farid Hardja.


Buatlah penggambaran penampilan fisik tokoh Guntoro dalam versi yang lain.
                            Guntoro, berkulit putih dan gaya rambutnya bela pinggir, tinggi Badannya sekitar 160 Cm. Badanya tegap, ideal.


Cerpengram 3. Anatomi Cerpen (tubuh cerpen)
Pada   cerpengram   3  ini, kita mengisi kolom pembukaan , narasi dan penutup dari kalimat atau paragraf yang kita kutip dari karya fisik yang menarik perhatian kita. Berikut cara membuat cerpengram 3, dengan memulai kalimat pembuka , narasi ,dan penutup (anantomi cerpen).

1.      Pembuka
                   Putih   itu   mekar  !  Setelah  mengedap  dua  puluh  enam   tahun,  tepatnya  sejak  tahun 1988, Cukup  lama,  Aku  masih tercengang dengan sepuluh jari mengembangkan, menghitungkan terakhir  kali  bertemu dengannya, Guntoro lelaki pertama mengisi hati ku. Rasanya baru kemarin sore aku merasakan bibirnya mendarat lembut di pipiku, Ciuman pertama, setelah lima tahun aku menjadi pacarnya, Yaa sabib  !!!

                  Begetar tangan ku ketika saya mulai menulis untukmu tetapi hatiku memaksa  ku  untuk  menulis,  tetapi  banyak  yang ku rasakan kepadamu, setelah aku pegang penaku,   hilang   akal   ku   tak    tentu    dari   mana ka  aku  hendak  menulis,  tetapi  buruk    pada   pandangan  orang lain dalam perbuatan saya untuk mengirim surat ini  kepada  diri mu.

2.      Narasi
                  Aku   tidak   percaya   kalau   hadapanku   adalah Guntoro, senyumnya masih seperti dulu Lembut,  mempesona.  Kurasakan getaran rindu, hangat dan dalam , pada pelukannya yang sekilas

               “apa kabar, sayang ….??” Sapaan itu seakan menyeretku pada masa kanak-kanak dulu, Gila Dadaku  bergetar  hebat,  Aku   seperti putri cantik yang menarik – nari di hadapan sang pangeran pujaan.   Lama  ku   amati  sinar  matanya, Sinar mata yang sangat kukagumi dulu, Sinar mata yang mengisyaratkan  sejutah  cinta   dan   ketulusan   dan  aku kecewakan Dua puluh enam tahun telah membuat   sinar   itu  redup.  Tidak   bening  seperti dulu, Aku merasa bersalah, Harusnya mata itu terus cerlang untukku.



                 Kau memberikan harapanku kepadamu sehingga aku telah di berikan kekuatan kepada  ku   untuk   memberanikan  atau   menyatakan  hal yang sebenarnya di dalam isi hatiku kepada  mu, ini la kejujuran ku untuk memberanikan diri untuk menyatakan aku mencintaimu, saya  berharap   kamu   akan  sudi menjadi kawan di dalam hidupku untuk selamanya aku telah jatuh  cinta  kepada  dirimu, mudah – mudahan kamu mau  jadi pasangan ku dunia dan akhirat.



3.      Penutup
        Ah, aku salah, Aku lupa jika Guntoro bukanlah, Guntoro yang dulu, dia adalah bapak dari   empat   anak    orang   anak , suami dari seorang istri yang sangat menyayangai, mana mungkin “ia” bisa  berbagai   sepunuhnya   denganku  ?   Aku   terlalu   jauh   bermimpi,   Rasa   cinta membuatku lupa siapa dirinya, lalu aku pun menyalahkan waktu Oh,  Bukan waktu yang harus disalahkan , tapi ini, takdir, Aku mulai menyesali diri, menyesali hidup sekaligus takdir yang tak berpihak kepadaku Untuk   kesekian  kalinya   aku   menanggung   kecewa : kehilangan perhatian dan kasih sayangnya, kehilangan  mimpi   mimpi  indah  untuk  bersamanya. Akhirnya aku pasrah, Jika saja takdir yang memanggang. Di jalan kering aku kembali melangkah sendiri tanpa mimpi””””””……….
v                 Kebanyakkan orang bergagalan dalam bercinta”an banyak mengambil sebuah  jalan, versi  seperti mengarang sebuah buku atau karangan dan hikayat contohnya  Cerpen, Novel dan sebagai lain nya.



Cerpengram 4: isi cerpen
Berikut cara membuat cerpengram 4: Dialog, deskripsi , konflik, Dialog
Dialog
     “Demi Allah, Aku tidak mengerti, Aku benar – benar tidak paham Dinda, memangnya aku salah apa? Kenapa si ? Kalau memang aku salah , aku minta maaf, Aku benar – benar tidak tahu mengapa Dinda marah seperti ini ?”
“Apa ? Tidak paham ? Aku yang sudah blingsatan seperti orang gila, ngamuk ke sana ke mari, dengan entengnya kau katakana tidak paham? Masya Allah…..Jadi, selama ini aku anggap apa ? Ahh….sudahlah, anggap saja selama ini kau sedang berbicara dengan orang gila “ Aku menangis sejadinya.
           “Banar , aku tidak paham mengapa Dinda marah, Jika ada sedikit saja tersisa maafmu, maafkanlah aku, Adapun yang terjadi , aku tidak akan berubah Dinda. Aku tetap mencintaimmu……………..”””

             Kamu hancurkan harapan saya selamanya ini orang yang ingin berlindung kepada  diri mu dan   kita  sama   sama orang miskin kamu bila kepada saya kalau tidak punya uang tidak bisa hidup  dan   tidak  bisa  membahagiakan  anak – anak   kita    pada    suatu  saat nanti, dan kamu mengirim   surat   kepada   saya   agar   melupakan   dirimu  untuk selamanya di dalam hidupku mengapa kamu sekarang minta maaf kepada diri ku ? tidak , Tak pantas nya kamu menumpang hidup kepada saya orang yang  tak punya segalanya dan orang miskin dari anak seorang petani beberapa lama saya menunggu  kedatangan suamimu kini datang surat dari pengadilan sebuah surat keputusan Tolak atau cerah ? Tidak kau bayangkan, maafkan aku. ? tak akan pisang berbuah kedua kali nya…………………..”””””””

Deskrip
              Air mata meleleh tanpa, mampu kudendung, Aku gumpulan hitam yang menyesak dalam dada   Sejak   menunggu   hari   pernikahan   anaknya,  aku  mencoba untuk menahan agar tidak cemburu, Kubuang segala bayangan tentangnya, Tentang  Guntoro   yang sumringah di sebelah wanita – istrinya.  Di   tengah   rasa   galauku,  aku berharap Guntoro masih menyampaikan diri untuk   memberikan   perhatian   sedikit   saja   padaku.  Apalagi  dia tahu aku akan menghadapi ujian,  bersama   dengan   hari “H”  resepsi   pernikahan   anaknya :  Ternyata tidak , Aku seperti punggu, merindukan bulan , Hingga kemarahanku sampai puncaknya ,Guntoro tetap diam , dan tetap tidak paham.

                 Selagi aku masih hidup aku akan bertanggung jawab atas kehidupanmu dan kamu saya pulangkan    ke    kampung   halaman mu, tak akan pisang berbuah dua kali nya, lelaki mana tak akan sentuh wanita yang tersisah dari orang lain pantang bagiku, kamu mestinya balik ke kampung   halaman    biarlah    aku    begini    jangan    hendak  menumpang hidup saya yang tak keturunan   orang   kaya  dan  terpadang dan  dari  anak  seorang  petani.

Konfilik
v                                      Ku puncu kencang motorku di tengah hujan dengan perasaan tidak menentu , perasaanku benar-benar luka,   Guntoro   memang   kejam,   atau   tidak  punya perasaan sama sekali. Gila !! Dia benar – benar   telah   kehilangan  kepekaannya. Jadi selama ini aku hanya di jadikan tumpuan kelu – kesahanya   saja   ?  aku hanya jadikannya seperti bak penampung, mejadi pendengar setia segala hal yang berhubungan dengan hidupnya. Dia lupa kalau aku perempuan. Aku juga butuh perhatian : Bukan   rayuan – rayuan kosong yang membuatku setengah bermimpi. Kusumpahi diriku sendiri. Aku  telah   kehilangan     akal     dan    logikaku.  Persis   seperti kerbau. Dungu Brak !!! Motor yang kukendarai  menghatam   mobil    yang  melintas   tiba – tiba. Tubuhku terpental ke belakang. Aku melihat   orang  ramai berkerumuan cepat  sekali. Mengapa aku tidak mati saja ? Mati pun Guntoro juga tidak akan perduli ! Aku menyesali diri.

v                             Hampir lima bulan aku terlantar dan melewatkan masa -  masa kritis.  Saya sakit dan tunjukan inai  di tangan mu kepada diriku. Kamu sekarang bukan jadi milik orang lain siapa antara kita   yang   paling  kejam, saya menulis surat kepada dirimu meratap kesedihan dan merendahkan diri untuk  memohon    kepada   dirimu   untuk  di kasihani mu dan juga kamu berkata kepada saya hidup   tak   bahagia   kau  tak punya uang, siapa yang menghalangkan seseorang anak mudah yang bercita – cita tinggi untuk menambangkan ilmu dan mencari kebahagian di luar sana.

Cerpengram 5: Beranda Fhoto dan Gambar
            Cerpengram 5: berbeda dengan cerpengram 1-4 Cerpengram 5 merupakan laman untuk memancingkan imajinasi kita sendiri dari fhoto / gambar.

Tuangkanlah imanjinasi  Anda beberapa paragraf sesuai dengan fhoto / gambar di atas.
v                 Dalam usia mudah, masa muda darah muda mengalir sangat deras dalam kehidupannya dalam jiwa dan   khayalan   serta   sentimennya masih memenuhi  jiwa, raga di waktu itu la ilham menceritakan, ini aku mulai menyusun kisahku yang  tak  pernah hilang di dalam hidupku sampai akhir hayat ku selalu ku kenang selamanya,  mungkin  orang  berkata seakan – akan tua nanti menceritakan nasibnya sendiri dalam penulis. Menulis atau sebuah karangan dan hikayat .

              Begetar   tangan   ku   ketika saya mulai menulis untukmu, tetapi hatiku memaksa  ku untuk menulis,   banyak   yang  ku   rasakan kepadamu, setelah aku pegang penaku, hilang akal ku tak tentu dari mana ka aku hendak menulis, tetapi buruk pada pandangan orang dalam perbuatan saya untuk mengirim surat ini kepada diri mu.
               Kau memberikan harapanku kepadamu sehingga aku telah di berikan kekuatan kepada ku untuk memberanikan atau  menyatakan hal yang sebenarnya di dalam isi hatiku kepada mu ini    la    kejujuran    ku    untuk   memberanikan diri untuk menyatakan aku mencintaimu, saya berharap   kamu   akan sudi menjadi kawan di dalam hidupku, untuk selamanya aku telah jatuh cinta kepada dirimu, mudah – mudahan kamu mau  jadi pasangan ku, dunia dan akhirat.

Awak   hancurkan  semua  harapan saya , awak patahkan  sekarang awak minta maaf   wanita      memang     begitu,       dia      Cuma    Ingat kekejaman yang orang lakukan padanya  walaupun   dan   lupa     kekejamannya    pada    orang lain sedangkan la begitu besar,   awak  lupa   siapa   antara    yang kejam , bukanlah  awak  yang berjanji, ketika  saya    diusir    oleh   ketua    adat,    karena      keturunan      saya     tidak     jelas,  orang hina , bukan   darah  tulen  tajung   imin,    awak      menghantarkan      saya      kesimpang    jalan , awak    berjanji    akan  menunggu    saya  tak  kira  berapa lama , namun  kemudian awak   memilih  lelaki lain yang perkawinan    itu,    bukan   dipaksa tapi atas kerelaan  awak     sendiri, saya     hampir    mati  menanggung    cinta,   hampir dua bulan  saya terlantar ,  awak  melewat saya - saya  semasa , saya  sakit   tunjukan   inai  di tangan  awak,    yang     awak     istri  orang lain , siapa  antara kita  yang   paling   kejam ,   saya   menulis     surat     meratap  kesedihan , merendahkan diri , memohoni   dikasihanni , kemudian     awak     balas   surat itu  dengan isi yang amat kejam , awak   kata  lain  sama – sama      miskin,     hidup     tak      bahagia jika tiada uang jadi awak memilih  kehidupan  yang lebih senang yang berlimpah  uang dan emas dan permata , siapa yang menghalang      seseorang     anak    muda,  yang bercita – cita  tinggi untuk

      menambahkan     ilmu ,    tetapi     akhirnya    terbuang  jauh  ketanah jawa , hilang kampung     halaman ,      sehingga     dia    akhirnya     Cuma    ketawa  di hadapan umum dan menangis    di    sebalik    tirai ,   saya tak kejam , saya Cuma ikat permintaan awak, bukanlah awak     yang    menulis     dalam     surat    awak,    agar  cinta awak dihapuskan  dan lupakan    digantikan    dengan      persahabatan     yang    kekal   abadi  untuk   selamanya , permintaan     itulah     yang      saya       pegang   teguh, awak bukan kekasihmu  sayah tunangan  saya,  istri   orang    lain  tapi   janda   kawan saya , jadi  sebagai  kawan saya akan   berpegang    tegu nya  saya    memegang     cinta     saya    seperti    dulunya   keapada  awak,  oleh    itulah     dengan    segenap   kerendahan    hati   saya      saya     bawak   awak    tinggal   di    rumah     ini , untuk    menuggu  kepulangan  suami awak , namun  dia  tidak     pulang ,     sebaliknya     surat  cerai   dan     keluar   negeri   yang sampai , jadi sebagai     sahabat     juga     saya    akan   hantarkan awak   kekampung  halamanmu  tempat  kelahiran  kamu.


                                 
                                                                TULISLAH  CERPEN,  TEMA  BEBAS

                                  Terseyum la di saat kau mengiatkan ku karena di saat itu aku tak ada di sampingmu dan aku saat merindukanmu   dan    menangislah    disaat  kau merindukan ku    di   saat   itu aku  tak ada di sampingmu tetapi   pejamkan  la   matamu   yang    saat   indah kamu itu karena  di saat itu aku ada rasa di dekatmu karena aku   ada   berada   di   hati      aku  untuk  selamanya  tak ada lagi tersisah  lagi untukmu selain kenangan indah   bersama mu mata  indah dengan  mu dan  ku merasa biasa melihatmu dan mata indah dahulu jadi milikku kini merasa jauh meninggalkan ku hidupan merasa kosong  tampahmu  keindahan mu hatimu, jiwa, raga ,ku hanya untuk kamu sosok orang  yang  aku cintai sekarang yaitu kamu karena kamu adalah segalanya bagiku dan  sebagian   dalam    hidup    dan    cinta mu tak akan pernah membebaskan ku bagaimana   mungkin   aku  bisa  terbang mencari cinta yang lain saat sayap-sayap ku   patah  karena mu dan cinta mu akan tinggal bersama ku 

                           hingga akhir hayatku hanya     untuk     bersama    mu     dan     setelah    kematian   ku     karena    tuhan akan    menyatuhkan    lagi   betapa pun hati terasah sosok terang- menerang  rasa kegelapan   yang tengah menghidupkan sinar namun tak dapat mensinari lagi  dan menghangatkan    perasaan ku sesunggunya aku tak bisa menemukan cinta  selain cinta   mu    kepada    ku , karena     sosok    dirimu  la aku bisa bangkit lagi dan bisa semangat    lagi    dalam     kehidupan    ku karena kamu selalu memberi semangat hidupku   lagi    yang   seperti    dulu    lagi,    kau    tak     akan    pernah   terganti di dalam    hidupku    ibaratkan   kau   bagaikan  logam  dan  emas  permata  bagi  ku, kenanganmu   selalu ku kenangan di dalam hidupku untuk selamanya , karena kau wanita   yang  bisa membangunkan ku disaat aku ada masalah dan kamu memberi semangatku    dan    selalu    mengiatku,    kamu     adalah    segalanya bagi ku yang tak pernah ku lupakan untuk selamanya dalam hidupku di mana kali kita bertemu, cintamu    tak  akan pernah hilang dalam hidupku yang selalu ada di hatiku, karena sosok    dirimu    saat  berarti dalam kehidupan ku , karena kamu adalah segalanya bagiku    dan    sebagian    dalam    hidup    hanya    untuk kamu, dan kamu tak bisa tergantikan    dalam    hidupku    hanya     untuk  bersama mu sampai akhir riwayat ku hanya untuk bersama mu.satu perminta”an ku kepada dirimu jangan pernah kecewakan hati orang lain. Orang yang ingin berlindung kepada dirimu 

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar