SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
.........................................
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas /Semester :
VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9.
Memahami wacana lisan
dalam kegiatan wawancara
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat,
dan gagasan seorang tokoh/narasum-ber yang disampaikan dalam wawancara
|
Penyimpulan pikiran, pendapat, dan gagasan dalam wawancara
|
o Mendengarkan wawancara
narasumber atau rekaman wawancara
· Mendata pikiran, pendapat,
dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
o Mendiskusikan ketepatan
data pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan narasumber
o
|
·
Mampu mendata pikiran, pendapat, dan gagasan yang dikemukakan narasumber
·
Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber
·
Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari
wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat singkat
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Datalah berbagai pikiran, pendapat, dan gagasan
narasumber dalam wawancara yang kamu
dengarkan!
·
Simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber!
·
Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang
kamu dengarkan!
|
4 X 40”
|
Rekaman wawancara
dari televisi/radio
Narasumber
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
o Rasa hormat informasi yang didengar
melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat
dan perhatian (
respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Berani ( courage )
|
|||||||||
9.2 Menuliskan dengan singkat
hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
Penulisan hal-hal penting/ isi wawancara
|
· Mendengarkan wawancara
· Tanya jawab hal-hal
penting yang dikemukakan oleh narasumber
·
Menuliskan hal-hal
penting dari wawancara yang didengarkan dengan bahasa yang
komunikatif
|
· Mampu mendata hal-hal
penting dari narasumber yang diwawancarai
· Mampu menuliskan
hal-hal penting yang dikemukakan
narasumber dari suatu wawancara
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Datalah berbagai hal-hal penting dari narasumber dari wawancara yang kamu dengarkan!
·
Tuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam wawancara
yang kamu dengarkan!
|
4 X 40”
|
Rekaman wawancara
dari televisi/radio
Narasumber
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Berani ( courage )
|
|||||||||
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
.........................................
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas /Semester :
VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
10.1 Mencerita-kan tokoh idola
dengan mengemu-kakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya
dengan pilihan kata yang sesuai
|
Penceritaan
tokoh idola
|
o Membaca artikel tentang
tokoh yang diidolakan
o Tanya jawab yang
berhubungan dengan identitas tokoh
o Menentukan keunggulan
tokoh dengan alasan yang argumentatif
o Berlatih menceritakan
tokoh
o Mencermati model
o Bertanya jawab tentang
penampilan model
o Menceritakan tokoh
dengan berpedoman kelengkapan identitas tokoh
|
· Mampu mengemukakan identitas tokoh
·
Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang
tepat
·
Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan
identitas tokoh
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Ceritakan tokoh idola dengan
mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya
dengan pilihan kata yang sesuai!
|
6 X 40’
|
Media cetak (artikel tentang tokoh)
Buku teks
Rekaman yang berisi tentang tokoh
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Berani (
courage )
Ketulusan (
Honesty )
|
|||||||||
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan
bahasa yang santun
|
Bertelepon dan etikanya
|
o Mencermati model-model
bertelepon kemudian disdiskusikan tata cara bertelepon
o Mendata
kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Mendiskusikan pembetulan
kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Menyimpulkan tata cara
bertelepon
o Bertelepon dengan berbagai mitra
bicara sesuai dengan konteks
|
· Mampu menulis
materi bertelepon sesui konteks
· Mampu bertelepon dengan berbagai mitra
bicara sesuai dengan konteks
|
Tes praktik/kinerja
|
Tes simulasi
|
· Berteleponlah dengan
temanmu sesuai dengan konteks!
|
4 X 40”
|
Buku Petunjuk Penggunaan Telepon
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Berani (
courage )
|
FORMAT KISI- KISI
PENULISAN SOAL OBJEKTIF
Jenis sekolah : SMP/tsanawiyah/paket B Jumlah
soal :20 soal
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia Bentuk
soal :Pilihan ganda
Kurikulum : KTSP Penyusun : 1. Kelompok II
Alokasi waktu :60 menit 2.
Nomor Urut
|
Tujuan
|
Pembelajaran
|
Bahan
Kelas/ Semester
|
PB/SB
Tema/ Sub Tema
|
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Mampu mendata pikiran,
pendapat, dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
|
Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman
wawancara
|
1/2
|
Kegiatan berbicara
|
Mampu mendata pikiran,
pendapat, dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
|
Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman
wawancara
|
1
|
FORMAT KISI- KISI PENULISAN SOAL URAIAN
Jenis sekolah : SMP/tsanawiyah/paket B Jumlah
soal :5 Soal
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia Bentuk
soal :Uraian
Kurikulum :KTSP Penyusun : 1.Kelompok II
Alokasi waktu :60 menit 2.
Nomor Urut
|
Tujuan
|
Pembelajaran
|
Bahan
Kelas/ Semester
|
PB/SB
Tema/ Sub Tema
|
Materi
|
Indikator
|
Bobot
soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1.
|
Mampu mendata pikiran, pendapat, dan
gagasan yang dikemukakan narasumber
|
Mendata pikiran, pendapat,
dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
|
1/2
|
Lingkungan
|
mencari pendapat narasumber
|
Siswa dapat menceritakan pendapat narasumber dari
rumus 4W1H
|
20
|
1
|
PEDOMAN PENSKORAN
|
0 komentar:
Posting Komentar