SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
........................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX
(Sembilan) / 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
9.
Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1 Menyimpulkan pesan
pidato/ceramah/ khotbah yang didengar
|
Penyimpulan pidato/khotbah/ceramah
|
o
Mendengarkan pidato/ceramah/khotbah
o
Mendiskusikan hal-hal pokok dalam
pidato/ceramah/khotbah
o
Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah dalam
beberapan kalimat
|
· Mampu menemukan hal-hal
pokok dalam pidato/ceramah/khotbah
· Mampu menyimpulkan
pesan pidato/ceramah/khotbah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah hal-hal pokok
dari pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan!
· Simpulkanlah pesan
pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan
ke dalam beberapa kalimat!
|
2 X 40’
|
Rekaman pidato/
ceramah/
khotbah
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
9.2 Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/
khotbah
|
Cara memberi komentar tehadap
pidato/ceramah/khotbah dan implementasi- nya
|
o
Mendengarkan pidato/ceramah/khotbah
o
Mencermati simpulan pidato /ceramah/khotbah yang telah
didengarkan
o
Berdiskusi untuk menentukan isi pidato/ceramah/khotbah
o
Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah
dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
· Mampu menentukan isi
pidato/ceramah/khotbah
· Mempu memberi
komentar dengan alasan logis dan
bahasa yang santun tentang isi pidato/ceramah/khotbah
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
· Penentuan isi
pidiato/ceramah/khotbah: tepat/kurang tepat/tidak tepat
· Komentar terhadap isi
pidato alasan: logis/kurang
logis/tidak logis bahasa:
santun/kurang santun/tidak santun
|
2 X 40’
|
Rekaman pidato/
cera-mah/
khotbah
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
........................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX
(Sembilan) / 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Berbicara
10.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1 Berpidato/
berceramah/ber-khotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta
volume suara yang jelas
|
Cara berpidato/
berceramah/
berkhotbah dan implementasi- nya
|
o Mengamati dan
mencermati pidato/ceramah/khotbah
o Berdiskusi untuk
menyusun garis besar kerangka pidato/ceramah/khotbah dengan topik lain
o Berlatih
berpidato/berceramah/
berkhotbah
o Berpidato/berceramah/berkhotbah
dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas!
|
· Mampu menyusun garis
besar kerangka pidato/ceramah/khotbah
· Mampu berpidato/
berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta
volume suara yang jelas
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
|
§ Susunlah garis besar
kerangka pidato dengan topik tertentu!
§ Berpidatolah berdasarkan kerangka yang sudah kamu buat
dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas!
|
4 X 40’
|
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility
)
|
|
|
|
|
|
|||
10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi
|
Penerapan prinsip-prinsip diskusi
|
o
Mengamati diskusi yang diperankan oleh
narasumber/menonton tayangan diskusi
o
Bertanya jawab untuk menyimpulkan mekanisme diskusi
o
Menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi
o
Menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas
yang membahas tentang lingkungan sekolah
|
· Mampu menyimpulkan
mekanisme diskusi
· Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi
· Mampu menerapkan
prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Penyimpulan mekanisme
diskusi: tepat/kurang tepat/tidak tepat
§ Penyimpulan
prinsip-prinsip diskusi:
Tepat/kurang tepat/tidak tepat
§ Penerapan
prinsip-prinsip diksusi:
saling menghargai: ada/tidak ada
§ 2 ...
|
4 X 40’
|
Lingkungan
Narasumber/
rekaman diskusi
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
........................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX
(Sembilan) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Membaca
11.
Memahami ragam wacana tulis engan membaca ekstensif, membaca intensif, dan
membaca cepat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan
membaca ekstensif
|
Cara menemukan gagasan dalam bacaan dan implementasi- nya
|
o
Membaca artikel dan buku untuk menemukan berbagai
gagasan yang terdapat di dalamnya.
o
Membaca artikel dan/atau buku dengan cara mengutip
pernyataan-pernyataan yang terdapat di dalamnya dan memanfaatkannya dalam
penulisan karya tulis
|
· Menemukan gagasan dari
artikel
· Menemukan gagasan dari
buku
· Mengutip pernyataan
dari arikel atau buku sebagai referensi
dalam penulisan karya tulis
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
§ Tunjukkan gagasan
penulis yang terdapat di dalam suatu artikel/buku!
§ Tulislah sebuah
paragraf mengenai ... yang berisi kutipan/pendapat dari seorang ahli!
|
2 X 40’
|
Teks artikel dan/atau buku
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui
kegiatan membaca intensif
|
Cara mengubah grafik/bagan/
tabel menjadi uraian dan implementasi- nya.
|
o
Membaca insentif
grafik/ tabel/ bagan.
o
Berdiskusi untuk menentukan isi grafik/tabel/bagan
o
Memaparkan isi grafik/tabel/bagan ke dalam beberapa
kalimat.
|
· Mengidentifikasi isi
grafik, tabel, atau bagan
· Memaparkan isi grafik,
tabel, atau bagan ke dalam beberapa kalimat.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Identifikasilah isi
grafik, tabel, atau bagan berikut ini!
§ Ubahlah sajian
grafik/tabel/bagan berikut ini ke dalam beberapa kalimat!
|
2 X 40’
|
Media cetak
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
|
|
|
|
|
|
|||
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ± 300
kata per menit
|
Penyimpulan teks bacaan dengan membaca cepat 300 kata per menit
|
o
Menyiapkan stopwatch
dan teks bacaan yang terdiri atas 300 kata atau kelipatannya
o
Secara berpasangan siswa bergantian membaca teks bacaan
dan yang lain mengukur kecepatan membacanya
o
Menghitung waktu membaca
o
Menjawab pertanyaan bacaan yang sudah disiapkan
o
Menghitung KEM
o
Menyimpulkan gagasan utama bacaan
|
·
Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan
teman
·
Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
·
Mampu
menyimpulkan gagasan utama suatu teks
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Ukurlah kecepatan
membaca temanmu!
§ Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut ini!
§ Apakah gagasan utama
bacaan ...?
|
2 X 40’
|
Stopwatch
Bacaan
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
........................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX
(Sembilan) / 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1 menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
|
Penulisan karya tulis
|
o
Mengamati dan mencermati karya tulis
o
Berdiskusi untuk menentukan sistematika karya tulis,
o
Menentukan sebuah
topik untuk karya tulis
o
Menyusun kerangka karya tulis
o
Menemukan sumber-sumber untuk bahan penulisan karya
tulis,
o
Menyusun karya tulis
dengan sistematika yang baik
o
Menyunting karya tulis
|
·
Mampu menentukan sistematika karya tulis
·
Mampu menuliskan catatan pustaka dan daftar
pustaka sebagai rujukan.
·
Mampu menulis
karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
·
Mampu menyunting karya tulis
|
Penugasan individual/kelompok
|
Proyek
|
Susunlah suatu karya tulis dengan topik ‘pendidikan di suatu sekolah’
Buatlah catatan pustaka dan daftar pustaka yang merujuk pada sumber-sumber
referensi yang kamu gunakan! Waktu: 2 minggu.
|
4 X 40’
|
Buku-buku untuk panduan penulisan karya tulis; Lingkungan alam sekitar
Buku referensi
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
|||
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa
yang efektif
|
Penulisan teks pidato/ceramah/khotbah
|
o
Mencermati teks pidato/ceramah/khotbah
o
Berdiskusi untuk menentukan sistematika pidato/ceramah/
khotbah
o
Menentukan tema pidato/ceramah/khotbah yang akan akan disampaikan
o
Menyusun kerangka pidato
o
Mengembangkan kerangka pidato menjadi pidato dengan
sistematika yang baik dan bahasa yang efektif
o
Menyunting pidato
|
· Mampu menentukan tema pidato/ceramah/khotbah
· Mampu menyusun kerangka
pidato/ceramah/khotbah
· Mampu mengembangkan
kerangka menjadi teks pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan sistematika
yang baik
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
Susunlah teks pidato/ceramah/ khotbah melalui langkah-langkah: menentukan
tema, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka menjadi teks dengan
sistematika yang baik, dan menyuntingnya pada tahap akhir!
|
2 X 40’
|
Buku-buku pidato/ceramah/khotbah
Buku Teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
|||
12.3 Menulis surat pembaca tentang
lingkungan sekolah
|
Penulisan surat pembaca
|
o
Membaca dan mencermati surat pembaca yang diambil dari
media cetak
o
Berdiskusi untuk menentukan hal-hal pokok yang harus
ada dalam surat pembaca
o
Mengamati lingkungan sekolah untuk menentukan
permasalahan/usul/ saran yang akan disampaikan dalam surat pembaca
o
Menulis surat pembaca
o
Menyunting surat pembaca
o
Memilih tiga surat pembaca terbaik untuk ditempel di
majalah dinding sekolah
|
· Mampu menentukan
hal-hal pokok dalam surat pembaca
· Mampu menentukan
permasalahan/usulan/saran yang akan disampaikan dalam surat pembaca
· Mampu menulis surat
pembaca
· Mampu menyunting surat
pembaca
|
Tes tulis
Portofolio
|
Uraian
Lembar penilaian portofolio
|
§ Tulislah hal-hal pokok
yang harus ada dalam surat pembaca!
§ Tulislah surat pembaca
yang berisi permasalahan/usulan/saran yang berhubungan dengan lingkungan
sekolah!
§ Suntinglah surat
pembaca yang sudah kamu tulis!
|
2 X 40’
|
Media cetak
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
........................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX
(Sembilan) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
13.
Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis
novel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
|
Cara menerangkan sifat tokoh dan implementasi- nya
|
o
Mendengarkan pembacaan kutipan novel
o
Menentukan tokoh-tokoh yang terdapat di dalam
kutipan novel
o
Menentukan sifat/watak tokoh.
|
·
Mampu menentukan tokoh-tokoh
·
Mampu menentukan sifat tokoh dengan alasan yang
menyakinkan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Siapa yang dapat
dipandang tokoh sentral dan tokoh antagonis yang terdapat di dalam rekaman
...?
§ Bagaimakanakah watak/sifat
tokoh-tokoh yang terdapat di dalam rekaman kutipan novel ...? Berilah bukti
yang mendukung simpulan watak tersebut
|
2 X 40’
|
Rekaman kutipan novel/roman
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
|||
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan
|
Cara menjelaskan alur novel dan implemenatsi-nya
|
o
Mendengarkan pembacaan sinopsis novel
o
Berdiskusi untuk menentukan tahap-tahap alur
o
Mengidentifikasi peristiwa berdasarkan alurnya
|
·
Mampu menentukan tahap-tahap alur
· Mampu mengidentifikasi
peristiwa dari sinopsis yang didengar berdasarkan alurnya
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Bagaimanakah
tahap-tahap alur yang terdapat dalam sinopsisi novel X?
§ Identifikasilah
peristiwa apa saja yang terjadi dalam novel X berdasarkan tahapan alurnya?
|
2 X 40’
|
Rekaman sinopsis novel
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
........................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX
(Sembilan) / 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Berbicara
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan naskah drama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
14.1 Membahas pementasan drama yang
naskahnya ditulis oleh siswa
|
Pembahasan pementasan drama
|
o
Mendiskusikan unsur-unsur drama sebagai kerangka
pembahasan pementasan drama
o
Menonton pementasan drama teman (karya siswa)
o
Membahas pementasan drama teman (karya siswa)
|
·
Mampu menentukan unsur-unsur drama
·
Mampu membahas pementasan drama melalui kegiatan diskusi
|
Observasi
|
Lembanr observasi
|
§ Penentuan unsur-unsur
yang dibahas dalam pementasan drama: tepat/kurang tepat/tidak tepat
§ Pembahasan pementasan
drama:
Intonasi : amat baik/ baik/ ckup/kurang
Mimik : amat baik/ baik/ ckup/kurang
dst
|
2 X 40’
|
Drama siswa
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
·
Ketulusan ( Honesty
)
|
|
|
|
|
|
|||
14.2 Menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa
|
Penilaian pementasan drama
|
o
Mendiskusikan kriteria penilaian pementasan drama
o
Menyusun rubrik penilaian
o
Menonton pementasan drama yang dilakukan oleh teman
(karya siswa)
o
Melakukan penilaian pementasan drama teman (karya siswa) berdasarkan rubrik
penilaian yang telah disepakati bersama.
|
· Mampu menentukan
unsur-unsur yang akan dinilai
· Mampu menilai
pementasan drama teman (karya siswa)
melalui kegiatan diskusi
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Penentuan unsur-unsur
yang akan dinilai dalam pementasan drama: lengkap/kurang lengkap/tidak
lengkap
§ Penilaian pementasan
drama siswa
Kesesuaian penilaian dengan rubrik yang disepakati : sangat
sesuai/sesuai/cukup sesuai/kurang sesuai
Ketepatan argumentasi yang dikemukakan : sangat tepat/tepat/cukup
tepat/kurang tepat
dst
|
2 X 40’
|
Drama siswa
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
........................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX
(Sembilan) / 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Membaca
15.Memahami
novel dari berbagai angkatan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
15.1 Mengiidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel
angkatan 20-30 an
|
Cara mengidentifika-si novel dan
implementasi- nya
|
o
Membaca novel angkatan 20—30-an
o
Berdiskusi untuk menentukan kebiasaan, adat, dan etika
yang terdapat di dalam novel,
o
Mengaitkan isi novel
dengan kehidupan nyata masa kini
|
· Mampu mendata
kebiahasaan, adat, etika yang terdapat dalam novel
· Mampu mengaitkan isi
novel dengan kehidupan masa kini
|
Penugasan individual/kelompok
|
Proyek
|
Bacalah novel angkatan 20—30-an
kemudian buatlah laporan yang memuat kebiasaan, adat, dan etika yang terdapat
di dalam novel dan kaitkan isi novel
dengan kehidupan nyata sekarang. (dikerjakan dalam dua minggu)
|
4 X 40’
|
Novel
Buku referensi-
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
|
|
|
|||
15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an
|
Cara membanding-
kan karakteristik novel 20-30an dengan novel sekarang dan implementasi-
nya
|
o
Membaca novel angkatan 20—30-an Mengidentifikasi
karakteristik novel angkatan 20-30-an
o
Mengidentifikasi karaketristik novel masa kini yang
pernah dibaca di kelas VII dan VIII
o
Membandingkan karakteristik novel angkatan 20—30-an
dengan novel masa kini.
|
§ Mampu mengadentifikasi
karakteristik (kebiasaan, adat, etika,
dll) novel 20-30 an
· Mampu membandingkan
karakteristik novel angkatan 20-30 an dengan novel masa kini.
|
Penugasan individual/kelompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
§ Identifikasilah
karakteristik novel yang kamu baca!
§ Tulislah perbedaan atau
persamaan karakteristik novel angkatan 20—30-an dengan novel masa kini yang
pernah kamu baca!
|
2 X 40’
|
Novel
Buku teks
Buku referensi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
........................................
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX
(Sembilan) / 2 (Dua)
Standar
Kompetensi : Menulis
16. Menulis
naskah drama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
|
Penulisan naskah drama berdasarkan cerpen
|
o
Membaca cerpen dan naskah drama
o
Berdiskusi untuk
mengidentifikasi perbedaan cerpen dan drama
o
Mengidentifikasi pokok-pokok cerita dalam cerpen
o
Mengubah cerpen menjadi naskah drama dengan
memperhatikan kesamaan pokok-pokok cerita
o
Menyunting naskah drama yang ditulisnya.
|
·
Mampu mengidentifikasi pokok-pokok cerita dalam cerpen
·
Mampu menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang
dibaca
|
Penugasan individual/kelompok
|
Proyek
|
· Susunlah suatu naskah
drama berdasarkan cerita pendek yang sudah kamu baca, kemudian suntinglah
naskah drama itu! (dikerjakan dalam waktu satu minggu)
|
4 X 40’
|
Cerita pendek
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
|||
16.2 Menulis naskah drama berasarkan peristiwa nyata
|
Penulisan naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
|
o
Membaca naskah drama
o
Berdiskusi untuk menentukan cara-cara penulisan naskah
drama
o
Mengidentifikasi peristiwa nyata yang ada di sekitar
siswa/dialami siswa
o
Memilih satu peristiwa sebagai bahan tulisan naskah
drama
o
Menyusun rangkaian adegan untuk drama satu babak
o
Mengembangkan urutan adegan-adegan menjadi naskah drama
satu babak
o
Menyunting naskah drama.
|
· Mampu memilih peristiwa nyata yang akan didramakan
· Mampu menyusun urutan
adegan untuk satu babak
· Mampu mengembangkan
urutan adegan menjadi naskah drama
satu babak
|
Portofolio
|
Lembar penilaian portofolio
|
· Tulislah naskah drama
berdasarkan peristiwa nyata yang ada di sekitarmu/ kamu alami dengan
langkah-langkah: pilihlah satu
peristiwa nyata, susunlah urutan peristiwa untuk satu babak, kembangkan
urutan peristiwa itu menjadi naskah drama satu babak, kemudian suntinglah
naskah itu! Waktu satu minggu.
· Perbaikilah naskah
drama yang kamu tulis berdasarkan saran teman/gurumu!
|
4 X 40’
|
Lingkungan
Buku teks
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sesuai dengan standar
proses, pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup.
Dalam model silabus ini pada kolom kegiatan
pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
..........., .........................
Mengetahui, Guru
mata pelajaran
Kepala ...................
............................................ ..................................................
NIP/NIK
NIP/NIK
0 komentar:
Posting Komentar