SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
.........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9.
Memahami wacana lisan
dalam kegiatan wawancara
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasum-ber
yang disampaikan dalam wawancara
|
Penyimpulan pikiran, pendapat, dan gagasan dalam wawancara
|
o Mendengarkan wawancara
narasumber atau rekaman wawancara
· Mendata pikiran, pendapat,
dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
o Mendiskusikan ketepatan
data pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan narasumber
o
|
· Mampu mendata pikiran,
pendapat, dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
· Mampu menyimpulkan
pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber
· Mampu menuliskan
informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa
kalimat singkat
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Datalah berbagai pikiran, pendapat, dan gagasan
narasumber dalam wawancara yang kamu
dengarkan!
·
Simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber!
·
Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang
kamu dengarkan!
|
4 X 40”
|
Rekaman wawancara
dari televisi/radio
Narasumber
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
o Rasa hormat informasi yang didengar
melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat
dan perhatian (
respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
||||
9.2 Menuliskan dengan singkat
hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
Penulisan hal-hal penting/ isi wawancara
|
· Mendengarkan wawancara
· Tanya jawab hal-hal
penting yang dikemukakan oleh narasumber
·
Menuliskan hal-hal
penting dari wawancara yang didengarkan dengan bahasa yang
komunikatif
|
· Mampu mendata hal-hal
penting dari narasumber yang diwawancarai
· Mampu menuliskan
hal-hal penting yang dikemukakan
narasumber dari suatu wawancara
|
Tes tulis
|
Uraian
|
·
Datalah berbagai hal-hal penting dari narasumber dari wawancara yang kamu dengarkan!
·
Tuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam wawancara
yang kamu dengarkan!
|
4 X 40”
|
Rekaman wawancara
dari televisi/radio
Narasumber
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
||||
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
.........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi: Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
10.1 Mencerita-kan tokoh idola
dengan mengemu-kakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya
dengan pilihan kata yang sesuai
|
Penceritaan
tokoh idola
|
o Membaca artikel tentang
tokoh yang diidolakan
o Tanya jawab yang
berhubungan dengan identitas tokoh
o Menentukan keunggulan
tokoh dengan alasan yang argumentatif
o Berlatih menceritakan
tokoh
o Mencermati model
o Bertanya jawab tentang
penampilan model
o Menceritakan tokoh
dengan berpedoman kelengkapan identitas tokoh
|
·
Mampu
mengemukakan identitas tokoh
· Mampu menentukan
keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat
· Mampu menceritakan tokoh
dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Ceritakan tokoh idola dengan
mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya
dengan pilihan kata yang sesuai!
|
6 X 40’
|
Media cetak (artikel tentang tokoh)
Buku teks
Rekaman yang berisi tentang tokoh
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Berani (
courage )
Ketulusan (
Honesty )
|
|
|
|
|
|
||||
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan
bahasa yang santun
|
Bertelepon dan etikanya
|
o Mencermati model-model
bertelepon kemudian disdiskusikan tata cara bertelepon
o Mendata
kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Mendiskusikan pembetulan
kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Menyimpulkan tata cara
bertelepon
o Bertelepon dengan berbagai mitra
bicara sesuai dengan konteks
|
· Mampu menulis
materi bertelepon sesui konteks
· Mampu bertelepon dengan berbagai mitra
bicara sesuai dengan konteks
|
Tes praktik/kinerja
|
Tes simulasi
|
· Berteleponlah dengan
temanmu sesuai dengan konteks!
|
4 X 40”
|
Buku Petunjuk Penggunaan Telepon
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Berani (
courage )
|
|
|
|
|
|
FORMAT KISI- KISI
PENULISAN SOAL OBJEKTIF
Jenis sekolah :SMP/tsanawiyah/paket
B Jumlah
soal :20 soal
Mata pelajaran :Bahasa Indonesia Bentuk
soal :Pilihan ganda
Kurikulum :KTSP Penyusun : 1. Kelompok II
Alokasi waktu :60
menit 2.
Nomor Urut
|
Tujuan
|
Pembelajaran
|
Bahan Kelas/
Semester
|
PB/SB Tema/
Sub Tema
|
Materi
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Mampu mendata pikiran, pendapat,
dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
|
Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman
wawancara
|
1/2
|
Kegiatan berbicara
|
Mampu mendata pikiran, pendapat,
dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
|
Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman
wawancara
|
1
|
FORMAT KISI- KISI PENULISAN SOAL URAIAN
Jenis sekolah :
SMP/tsanawiyah/paket B Jumlah
soal :5 Soal
Mata pelajaran :Bahasa
Indonesia Bentuk
soal :Uraian
Kurikulum :KTSP Penyusun : 1.Kelompok II
Alokasi waktu :60
menit 2.
Nomor Urut
|
Tujuan
|
Pembelajaran
|
Bahan Kelas/
Semester
|
PB/SB Tema/
Sub Tema
|
Materi
|
Indikator
|
Bobot
soal
|
Nomor Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1.
|
Mampu mendata pikiran, pendapat, dan
gagasan yang dikemukakan narasumber
|
Mendata pikiran, pendapat,
dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
|
1/2
|
Lingkungan
|
mencari pendapat narasumber
|
Siswa dapat menceritakan pendapat narasumber dari rumus 4W1H
|
20
|
1
|
PEDOMAN PENSKORAN
|
FORMAT KISI- KISI
PENULISAN SOAL OBJEKTIF
Jenis sekolah :SMP/tsanawiyah/paket
B Jumlah
soal :20 soal
Mata pelajaran :Bahasa Indonesia Bentuk
soal :Pilihan ganda
Kurikulum :KTSP Penyusun : 1. Kelompok II
Alokasi waktu :60
menit 2.
Nomor Urut
|
Tujuan
|
Pembelajaran
|
Bahan Kelas/
Semester
|
PB/SB Tema/
Sub Tema
|
Materi
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1.
|
Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan
gagasan narasumber
|
Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan
narasumber
|
½
|
Kegiatan mengerjakan PR
|
Kegiatan berbicara
|
Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan
gagasan narasumber
|
2
|
KARTU SOAL
Jenis sekolah :
SMP/tsanawiyah/paket B Penyusun : 1. Kelompok II
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia 2.
Bahan/kelas/semester :1/2 3.
Bentuk soal :uraian Tahun
ajaran : 2000/2000
Aspek yang diukur : 60 menit
|
|||||||||||||
· TUJUAN : Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan
narasumber
|
BUKU SUMBER : Kurikulum KTSP
|
||||||||||||
RUMUSAN
BUTIR SOAL
Kebehasilan wawacara ditentukan oleh
beberapa persyaratan diantaranya…??
a.ketersediaan informasi
b.pemahaman responden terhadap dirinya
c.motivasi para responden
d.interellasi responden menrima peran
e.pertanyaan yang disampaikan
|
|||||||||||||
PEMBELAJARAN :
Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan
gagasan narasumber
|
|||||||||||||
PB/SD. TEMA/SUB TEMA : Kegiatan
mengerjakan PR
|
|||||||||||||
MATERI : Kegiatan berbicara
|
|||||||||||||
INDIKATOR :
|
|||||||||||||
KETERANGAN
SOAL
|
|||||||||||||
NO
|
DIGUNAKAN
UNTUK
|
TANGGAL
|
JUMLAH
SISWA
|
TK
|
DP
|
PROPORSI
PEMILIHAN
|
KET.
|
||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
LIMIT
|
|||||||||
PEDOMAN PENSKORAN
0 komentar:
Posting Komentar