EVALUASI PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                                         : .........................................
Mata Pelajaran                                      : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester                                       : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9.  Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1 Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara


Penyimpulan pikiran, penda­pat, dan gagas­an dalam wa­wan­cara
o Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara
·   Mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber
o Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan narasumber
o  
·     Mampu mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber

·     Mampu menyimpulkan pikiran, pen­dapat, dan gagasan nara­sumber
·     Mampu menuliskan informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam bebe­rapa kalimat singkat

Tes tulis




 Uraian




·    Datalah berbagai pikiran, penda­pat, dan gagasan narasumber  dalam wawancara yang kamu de­ngar­kan!
·    Simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber!

·    Tulislah informasi yang terdapat dalam wawancara yang kamu dengarkan!
4 X 40”
Rekaman wawancara  dari  televisi/radio
Narasumber
v  Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
o Rasa hormat informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat singkat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )





9.2 Menuliskan dengan sing­kat hal-hal pen­ting yang dikemukakan narasumber dalam wa­wan­cara

Penulisan hal-hal penting/ isi wawancara
·   Mendengarkan wawancara
·   Tanya jawab hal-hal penting yang dikemukakan oleh  nara­sumber
·   Menuliskan hal-hal  penting dari wa­wancara yang didengarkan de­ngan bahasa yang komunikatif
·     Mampu mendata hal-hal penting dari narasumber yang diwawan­carai
·     Mampu menuliskan hal-hal  pen­ting yang dikemukakan narasumber dari suatu wawancara
Tes tulis



 Uraian



·    Datalah berbagai hal-hal penting dari narasumber  dari wawancara yang kamu de­ngar­kan!
·    Tuliskan hal-hal penting yang terdapat di dalam wawan­cara yang kamu dengarkan!
4 X 40”
Rekaman wawancara  dari  televisi/radio
Narasumber
v  Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )















 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





 

 


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                                         : .........................................
Mata Pelajaran                                      : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester                                       : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi:  Berbicara
   10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1 Mencerita-kan tokoh idola de­ngan mengemu-kakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai

Penceritaan  tokoh idola
o Membaca artikel tentang tokoh yang diidolakan
o Tanya jawab yang berhubungan dengan identitas tokoh
o Menentukan keunggulan tokoh de­ngan alasan yang argu­men­tatif
o Berlatih menceritakan tokoh
o Mencermati model
o Bertanya jawab tentang penampilan model
o Menceritakan tokoh dengan berpe­doman kelengkapan identitas tokoh

·     Mampu mengemukakan identitas tokoh
·     Mampu menentukan keunggulan tokoh dengan argumen yang tepat
·     Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh

Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja


·     Ceritakan tokoh idola de­ngan menge­mukakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai!

6 X 40’
Media cetak (artikel tentang tokoh)
Buku teks
Rekaman yang berisi tentang tokoh
v  Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )





10.2  Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun

Bertelepon dan etikanya
o Mencermati model-model bertele­pon kemudian disdiskusikan tata cara bertelepon
o Mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Mendiskusikan pembetulan kesalahan kalimat dalam bertelepon
o Menyimpulkan tata cara bertelepon
o Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks

·     Mampu menulis materi bertelepon sesui konteks

·     Mampu bertelepon dengan ber­bagai mitra bicara sesuai dengan konteks

Tes praktik/kinerja
Tes simu­lasi
·     Berteleponlah dengan temanmu sesuai dengan konteks!
4 X 40”
Buku Petunjuk Penggunaan Telepon
v  Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )






























































FORMAT KISI- KISI PENULISAN SOAL OBJEKTIF

Jenis sekolah     :SMP/tsanawiyah/paket B                                           Jumlah soal         :20 soal
Mata pelajaran :Bahasa  Indonesia                                                          Bentuk soal        :Pilihan ganda
Kurikulum           :KTSP                                                                                     Penyusun            : 1. Kelompok II
Alokasi waktu    :60 menit                                                                                                               2.
               
Nomor Urut
Tujuan

Pembelajaran

Bahan Kelas/ Semester
PB/SB Tema/ Sub Tema
Materi

Indikator

Nomor Soal

1
2
3
4
5
6
7
8
KARTU SOAL
Jenis sekolah                         : SMP/tsanawiyah/paket B                          Penyusun              : 1.Kelompok  II                                     
Mata pelajaran                     :Bahasa Indonesia                                                                                 2.           
Bahan/kelas/semester        :1/2                                                                                                         3.
Bentuk soal                           :Pilihan ganda                                                       Tahun ajaran         : 2000/2000
Aspek yang diukur               :Pemilihan


TUJUAN : Siswa mampu mengukapkan pemikiran narasumber
BUKU SUMBER : Kurikulum Ktsp

RUMUSAN BUTIR SOAL
Dalam sebuah wawancara hal pertama yang perlu di perhatiakan adalah:
a.tempat wawacara
b.orang yang di wawancara
c.pewawancara
d.pakaian pewawancara
e.orang yang mereka wawacara
NO. SOAL
1

KUNCI
A







o PEMBELAJARAN : Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara

PB/SD. TEMA/SUB TEMA : Kegiatan berbicara

·    MATERI : Mampu mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber

o INDIKATOR : Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara


KETERANGAN SOAL

NO
DIGUNAKAN UNTUK
TANGGAL
JUMLAH SISWA
TK
DP
PROPORSI PEMILIHAN
KET.

A
B
C
D
LIMIT
















1.
Mampu mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber

Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara

1/2
Kegiatan berbicara
Mampu mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber

Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara

1
















FORMAT KISI- KISI PENULISAN SOAL URAIAN
Jenis sekolah     : SMP/tsanawiyah/paket B                                          Jumlah soal         :5 Soal
Mata pelajaran :Bahasa Indonesia                                                           Bentuk soal        :Uraian
Kurikulum           :KTSP                                                                                     Penyusun            : 1.Kelompok II
Alokasi waktu    :60 menit                                                                                                               2.

Nomor Urut
Tujuan

Pembelajaran

Bahan Kelas/ Semester
PB/SB Tema/ Sub Tema
Materi

Indikator

Bobot
soal
Nomor Soal

1
2
3
4
5
6
7
8
9
1.
Mampu mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber

Mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber

1/2
Lingkungan
mencari pendapat narasumber
Siswa dapat menceritakan pendapat narasumber dari rumus 4W1H
20
1
KARTU SOAL
Jenis sekolah                         : SMP/tsanawiyah/paket B          Penyusun              : 1. Kelompok II                                    
Mata pelajaran                     :bahasa indonesia                                                                  2.          
Bahan/kelas/semester        :1/2                                                                                          3.
Bentuk soal                           :uraian                                                   Tahun ajaran         : 2000/2000
Aspek yang diukur               :menulis kembali pendapat narasumber


TUJUAN : Mampu mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber
BUKU SUMBER : KurikuluM KTSP

RUMUSAN BUTIR SOAL
Apa yang harus dipersiapkan saat melakukan wawancara?


NO. SOAL
 1






PEMBELAJARAN : Mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber

PB/SD. TEMA/SUB TEMA : lingkungan

MATERI : mencari pendapat narasumber

INDIKATOR : Siswa dapat menceritakan pendapat narasumber dari rumus 4W1H

KETERANGAN SOAL

NO
DIGUNAKAN UNTUK
TANGGAL
JUMLAH SISWA
TK
DP
PROPORSI PEMILIHAN
KET.

A
B
C
D
LIMIT
















PEDOMAN PENSKORAN












                         



FORMAT KISI- KISI PENULISAN SOAL OBJEKTIF

Jenis sekolah     :SMP/tsanawiyah/paket B                                           Jumlah soal         :20 soal
Mata pelajaran :Bahasa  Indonesia                                                          Bentuk soal        :Pilihan ganda
Kurikulum           :KTSP                                                                                     Penyusun            : 1. Kelompok II
Alokasi waktu    :60 menit                                                                                                               2.
               
Nomor Urut
Tujuan

Pembelajaran

Bahan Kelas/ Semester
PB/SB Tema/ Sub Tema
Materi

Indikator

Nomor Soal

1
2
3
4
5
6
7
8
1.
Mampu menyimpulkan pikiran, pen­dapat, dan gagasan nara­sumber

Mampu menyimpulkan pikiran, pen­dapat, dan gagasan nara­sumber


½
Kegiatan mengerjakan PR
Kegiatan berbicara
Mampu menyimpulkan pikiran, pen­dapat, dan gagasan nara­sumber

2

KARTU SOAL
Jenis sekolah                         : SMP/tsanawiyah/paket B          Penyusun              : 1. Kelompok II                                    
Mata pelajaran                     : Bahasa  Indonesia                                                           2.          
Bahan/kelas/semester        :1/2                                                                                          3.
Bentuk soal                           :uraian                                                   Tahun ajaran         : 2000/2000
Aspek yang diukur               : 60 menit


·    TUJUAN : Mampu menyimpulkan pikiran, pen­dapat, dan gagasan nara­sumber
BUKU SUMBER : Kurikulum KTSP

RUMUSAN BUTIR SOAL
Kebehasilan wawacara ditentukan oleh beberapa persyaratan  diantaranya…??
a.ketersediaan informasi
b.pemahaman responden terhadap dirinya
c.motivasi para responden
d.interellasi responden menrima peran
e.pertanyaan yang disampaikan
NO. SOAL
2

KUNCI
B






PEMBELAJARAN :
Mampu menyimpulkan pikiran, pen­dapat, dan gagasan nara­sumber

PB/SD. TEMA/SUB TEMA : Kegiatan mengerjakan PR


MATERI : Kegiatan berbicara


INDIKATOR :

KETERANGAN SOAL

NO
DIGUNAKAN UNTUK
TANGGAL
JUMLAH SISWA
TK
DP
PROPORSI PEMILIHAN
KET.

A
B
C
D
LIMIT
















PEDOMAN PENSKORAN

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar