RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 3
Lubuklinggau
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : XI/1
Materi
Pokok : Teks Cerita Pendek
Alokasi
Waktu : 4 JP
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di
sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama.
2.2
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.1 Mengevaluasi teks cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik lisan maupun tulisan.
4.1 Mengonversi teks cerita pendek
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
C.
INDIKATOR
a. Mengevaluasi struktur isi
teks cerita pendek.
b. Mengevaluasi bahasa teks cerita pendek.
c. Menentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi
teks monolog.
d. Mengonversi teks cerita pendek
menjadi teks monolog.
e. Menentukan lanngkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi
teks drama pendek.
f. Mengonversi teks cerita pendek
menjadi teks drama pendek.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1. Peserta didik dapat mengevaluasi struktur isi teks cerita
pendek.
2. Peserta didik dapat mengevaluasi bahasa teks cerita pendek.
3. Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah konversi teks
cerita pendek menjadi teks monolog.
4. Peserta didik dapat mengonversi teks cerita pendek menjadi teks monolog.
5. Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah konversi teks
cerita pendek menjadi teks drama pendek.
6. Peserta didik dapat mengonversi teks cerita pendek menjadi teks
drama pendek.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Evaluasi struktur isi dan
bahasa teks cerita pendek.
2. Langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks
monolog.
3. Langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama
pendek.
F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan:
Scientific.
2.
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
3.
Metode: Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.
G.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:
1. Contoh-contoh cerita ulang teks cerita pendek.
2. Contoh hasil evaluasi (kelebihan/kekurangan) struktur isi dan
bahasa teks cerita pendek.
Sumber belajar:
1.
Buku bahasa Indonesia kelas XI SMA Semester 1 ekspredisi
diri dan akademik.
2.
Buku bahasa Indonesia kelas XI SMA kreatif berbahasa
Indonesia.
3. Buku Kumpulan Cerpen.
4. Buku yang berkaitan dengan genre teks.
5. Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik merespon salam dan pertanyaan guru
yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.
Peserta
didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan
dilaksanakan.
3.
Peserta
didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta
didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat
mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta
damai.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
5.
Peserta
didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur isi dan
bahasa teks teks cerita pendek.
6.
Peserta
didik membaca contoh cerita ulang teks cerita pendek.
Mempertanyakan
7.
Peserta
didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur
isi dan bahasa teks cerita pendek yang dibaca.
8.
Peserta
didik mempertanyakan contoh cerita ulang teks cerita pendek yang dibaca.
Mengeksplorasi (menalar)
9.
Peserta
didik membaca contoh teks cerita pendek yang lain
10.
Peserta
didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita
pendek dengan cermat.
11.
Peserta
didik menulis ulang teks cerita pendek
dalam bentuk drama.
Mengasosiasi (mencoba)
12.
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan)
terhadap teks cerita pendek dari aspek struktur isi dan bahasa.
13.
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita pendek yang ditulis ulang.
Mengomunikasikan
14. Peserta didik mempresentasikan
hasil evaluasi terhadap teks cerita pendek dengan rasa percaya diri.
15. Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun
|
25
menit
30
menit
40
menit
35
menit
30
menit
|
Penutup
|
16.
Peserta
didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
17.
Refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
18.
Peserta
didik menerima tugas dari guru.
19.
Peserta didik menerima informasi tentang materi yang akan datang.
|
10
Menit
|
I.
Penilaian
Teknik penilaian:
a. Penilaian proses/ pengamatan.
b. Tertulis.
c. Lisan.
d. Pemberian tugas
Penilaian Proses
Lembar Pengamaan Siswa
NO
|
NAMA
|
PERILAKU YANG DIAMATI SAAT PROSES PEMBELAJARAN
|
||||
Kerjasama
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Disiplin
|
Menghargai Orang Lain
|
||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
Bentuk
Instrumen:
Tes
lisan:
1) Ceritakan isi cerita ulang teks cerita pendek yang sudah dibaca!
2) Ceritakan kelebihan dan kekurangan struktur isi teks cerita pendek yang telah dibaca!
3) Ceritakan kelebihan dan kekurangan bahasa dalam teks cerita
pendek yang telah dibaca1
Tes tertulis:
1)
Tentukanlah
kelebihan dan kekurangan struktur isi teks cerita pendek!
2)
Tentukanlah
kelebihan dan kekurangan bahasa teks cerita pendek!
3)
Tentukan
langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks monolog!
4)
Ubahlah
teks cerita pendek menjadi teks monolog!
5)
Tentukan
langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek!
6)
Ubahlah
teks cerita pendek menjadi teks drama pendek!
Tugas:
1) Ubahlah teks cerita pendek yang telah dibaca menjadi teks monolog!
2) Ubahlah teks cerita pendek yang telah dibaca menjadi teks drama
pendek!
Teknik dan Bentuk Intrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes tulis
|
Tes uraian , menuliskan isi cerpen
sesuai dengan struktur cerpen
|
Tes Praktik
|
Berdrama sesuai cerita pendek yang telah dirubah menjadi teks drama pendek.
|
Contoh instrument
Instrumen Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
Siswa
No
|
Aspek
yang diamati
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Selalu menggunakan bahasa
Indonesia sesuai kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
||||
2
|
Lebih memilih kata atau ungkapan
bahasa Indonesia dalam mengekspresikan gagasan berbahasa Indonesia baik lisan
maupun tulis
|
||||
3
|
Menunjukkan perilaku tidak
menjiplak pada kegiatan menulis struktur teks cerpen
|
||||
4
|
Menunjukkan rasa peduli dengan
mengajukan pertanyaa-pertanyaan kritis terhadap masalah-masalah yang
dikemukakan saat teman menyampaikan hasil analisis di depan kelas.
|
||||
5
|
Menggunakan kata-kata yang tidak
menyinggung perasaan orang lain saat menyampaikan pendapat
|
||||
6
|
Selalu tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas
|
Nilai :
Skor perolehan
……………………………
X 4 =
24
Skor
|
Indikator
|
4
|
Selalu berperilaku sesuai yang
diharapkan
|
3
|
Sering berperilaku sesuai yang
diharapkan
|
2
|
Kadang-kadang berperilaku sesuai yang
diharapkan
|
1
|
Tidak
pernah sesuai yang diharapkan
|
No
|
Kunci/Kriteria
jawaban/Aspek yang dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
11.
|
Isi
·
Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan
kutipan.
·
Memahami; luas dan lengkap;
terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·
Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang
terinci.
·
Tidak memahami isi; tidak mengena.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
27 – 30
22 – 26
17 – 21
13 – 16
|
2.
|
Organisasi
·
Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis;
kohesi amat tinggi.
·
Teratur dan rapi; jelas;
banyak gagasan; urutan logis; kohesi tinggi.
·
Kurang teratur dan rapi; kurang
jelas; kurang gagasan; urutan kurang
logis; kohesi kurang tinggi.
·
Tidak teratur; tidak jelas; miskin gagasan; urutan tidak logis; tidak ada
kohesi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18 –20
14 – 17
10 – 13
7 – 9
|
3.
|
Kosakata dan
Diksi
·
Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata;
pemilihan kata amat tepat.
·
Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang
tepat.
·
Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan
kata kurang tepat.
·
Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai
kata-kata.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18 –20
14 – 17
10 – 13
7 – 9
|
4.
|
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·
Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan
penyusunan kalimat dan kata-kata.
·
Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata
bahasa tanpa mengaburkan makna.
·
Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan
tata bahasa yang mengaburkan makna.
·
Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.
|
Amatbaik
Baik
Sedang
Kurang
|
22 – 25
18 – 21
11 – 17
5 – 10
|
5.
|
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·
Amat menguasai kaidah penulisan
kata dan ejaan.
·
Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·
Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak
kesalahan.
·
Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
6.
|
Kerapian
·
Terbaca, bersih dan
rapi.
·
Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
·
Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·
Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
kurang
|
5
4
3
2
|
HAL-HAL
YANG DIAMATI
|
Kesesuaian
5… Sesuai dengan kaidah
dan struktur
3… Sebagian sesuai dengan kaidah
dan struktur
1… Tidak sesuai dengan kaidah
dan struktur
|
Kelengkapan (ada bagian
awal-tengah-akhir)
5… ada bagian awal-tengah-
akhir
3 … Ada bagian awal-tengah
atau tengah-akhir
|
Kelogisan
5……alasan
mendukung pernyataan
3……alasan kurang mendukung pernyataan
1……alasan tidak mendukung pernyataan
|
Kelancaran dan Keruntutan
5… Tidak tersendat-sendat
sehingga mudah diikuti
3… Beberapa kali
tersendat-sendat/ berhenti untuk berpikir
1… Selalu berhenti untuk
mengingat-ingat
|
Penggunaan Bahasa
5… Bahasa komunikatif dan
sederhana, tidak menghafal
3… Struktur kalimat terlalu
panjang sehingga sukar dipahami
1… Kalimat rumit dan tidak
logis
|
Pelafalan dan Intonasi
5… Pelafalan jelas dan tepat,
intonasi bervariasi
3… Pelafalan jelas dan tepat
tetapi intonasi monoton
1… Pelafalan tidak jelas dan
tepat, intonasi monoton
|
Penampilan
3… Gerakan tubuh bermakna dan
mendukung isi
2… Beberapa gerakan kurang
sesuai dengan isi
1… Banyak gerakan yang tidak
wajar dan tidak sesuai dengan isi
Artikel
|
Lubuklinggau
1.agustus 2016
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Siti
Dahniar,S.pd Susilazuardi,S.pd
NIP
196910061994121002
0 komentar:
Posting Komentar