Download RPP K-13 Pdf.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                    :  SMA Negeri 3 Lubuklinggau
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                        :  XI/1
Materi Pokok                           :  Teks Cerita Pendek
Alokasi Waktu                          :  4 JP


A.     KOMPETENSI INTI
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
2.2    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.1    Mengevaluasi teks cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik lisan maupun tulisan.
4.1    Mengonversi teks cerita pendek  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

C.     INDIKATOR
a.     Mengevaluasi struktur isi  teks cerita pendek.
b.     Mengevaluasi bahasa teks cerita pendek.
c.      Menentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks monolog.
d.     Mengonversi teks cerita pendek  menjadi teks monolog.
e.     Menentukan lanngkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek.
f.      Mengonversi teks cerita pendek  menjadi teks drama pendek.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran ini diharapkan:
1.     Peserta didik dapat mengevaluasi struktur isi teks cerita pendek.
2.     Peserta didik dapat mengevaluasi bahasa teks cerita pendek.
3.     Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks monolog.
4.     Peserta didik dapat mengonversi teks cerita pendek  menjadi teks monolog.
5.     Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek.
6.     Peserta didik dapat mengonversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita pendek.
2.     Langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks monolog.
3.     Langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek.

F.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.     Pendekatan: Scientific.
2.     Model Pembelajaran : Discovery Learning
3.     Metode:  Diskusi, pemberian tugas, dan presentasi.

G.    MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media:     
1.     Contoh-contoh cerita ulang teks cerita pendek.
2.     Contoh hasil evaluasi (kelebihan/kekurangan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek.

Sumber belajar:
1.     Buku bahasa Indonesia kelas XI SMA Semester 1 ekspredisi diri dan akademik.
2.     Buku bahasa Indonesia kelas XI SMA kreatif berbahasa Indonesia.
3.     Buku Kumpulan Cerpen.
4.     Buku yang berkaitan dengan genre teks.
5.     Kamus Besar Bahasa Indonesia dan media massa.
H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
1.       Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan.
2.       Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan.
3.       Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.       Peserta didik menerima pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerja sama, tanggung jawab, dan cinta damai.



10  menit





Inti





Mengamati
5.       Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur isi dan bahasa teks  teks cerita pendek.
6.       Peserta didik membaca contoh cerita ulang teks cerita pendek.
Mempertanyakan
7.       Peserta didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/ kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek yang dibaca.
8.       Peserta didik mempertanyakan contoh cerita ulang teks cerita pendek  yang dibaca.
Mengeksplorasi (menalar)
9.       Peserta didik membaca contoh teks cerita pendek yang lain
10.    Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek  dengan cermat.
11.    Peserta didik menulis ulang teks cerita pendek  dalam bentuk drama.

Mengasosiasi (mencoba)
12.    Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks cerita pendek dari aspek struktur isi dan bahasa.
13.    Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita pendek yang ditulis ulang.
Mengomunikasikan
14.     Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi terhadap teks cerita pendek dengan rasa percaya diri.
15.    Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
25 menit






30 menit







40 menit









35 menit









30 menit

Penutup
16.    Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
17.    Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
18.    Peserta didik menerima tugas dari guru.
19.    Peserta didik menerima informasi tentang materi yang akan datang.




10    Menit


I.   Penilaian
  Teknik penilaian:
a.    Penilaian proses/ pengamatan.
b.   Tertulis.
c.    Lisan.
d.   Pemberian tugas

Penilaian Proses
Lembar Pengamaan Siswa


NO


NAMA
PERILAKU YANG DIAMATI SAAT PROSES PEMBELAJARAN
Kerjasama
Tanggung Jawab
Santun
Disiplin
Menghargai Orang Lain
1






2






3






4






5






6






7








       Bentuk Instrumen:                  
Tes lisan:
1)     Ceritakan isi cerita ulang teks cerita pendek yang sudah dibaca!
2)     Ceritakan kelebihan dan kekurangan struktur isi  teks cerita pendek yang telah dibaca!
3)     Ceritakan kelebihan dan kekurangan bahasa dalam teks cerita pendek yang telah dibaca1

Tes tertulis:
1)   Tentukanlah kelebihan dan kekurangan struktur isi teks cerita pendek!
2)   Tentukanlah kelebihan dan kekurangan bahasa teks cerita pendek!
3)   Tentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks monolog!
4)   Ubahlah teks cerita pendek  menjadi teks monolog!
5)   Tentukan langkah-langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek!
6)   Ubahlah teks cerita pendek menjadi teks drama pendek!

Tugas:
1)     Ubahlah teks cerita pendek yang telah dibaca menjadi teks monolog!
2)    Ubahlah teks cerita pendek yang telah dibaca menjadi teks drama pendek!

Teknik  dan Bentuk Intrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Observasi
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes tulis
Tes uraian , menuliskan isi cerpen sesuai dengan struktur cerpen
Tes Praktik
Berdrama sesuai  cerita pendek yang telah  dirubah menjadi teks drama pendek.

Contoh instrument
Instrumen Sikap
Lembar Pengamatan Sikap Siswa
No
Aspek yang diamati
4
3
2
1
1
Selalu menggunakan bahasa Indonesia sesuai kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar




2
Lebih memilih kata atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan gagasan berbahasa Indonesia baik lisan maupun tulis




3
Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis struktur teks cerpen




4
Menunjukkan rasa peduli dengan mengajukan pertanyaa-pertanyaan kritis terhadap masalah-masalah yang dikemukakan saat teman menyampaikan hasil analisis di depan kelas.




5
Menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain saat menyampaikan pendapat




6
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas





Nilai   : Skor perolehan
           …………………………… X  4 =
                       24



Skor
Indikator
4
Selalu berperilaku sesuai yang diharapkan
3
Sering berperilaku sesuai yang diharapkan
2
Kadang-kadang berperilaku sesuai yang diharapkan
1
Tidak pernah sesuai yang diharapkan

No
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
11.
Isi
·    Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·    Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·    Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·    Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

27 – 30

22 – 26

17 – 21

13 – 16
2.
Organisasi
·    Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·    Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·    Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·    Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 – 9
3.
Kosakata dan Diksi
·    Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·    Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·    Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·    Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.
Amat baik

Baik

Sedang

Kurang
    18 –20

14 – 17

10 – 13

7 – 9
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·     Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·     Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·     Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·     Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.
Amatbaik

Baik

Sedang

Kurang
22 – 25

18 – 21

11 – 17

5 – 10
5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·     Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·     Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·     Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·     Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.


Amat baik

Baik
Sedang

Kurang



5

     4
   3

2
6.
Kerapian
·     Terbaca, bersih dan rapi.
·     Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·     Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·     Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
kurang

5
4
3
2

HAL-HAL YANG DIAMATI

Kesesuaian
5… Sesuai dengan kaidah dan struktur
3… Sebagian sesuai dengan kaidah dan struktur
1… Tidak sesuai dengan kaidah dan struktur
Kelengkapan (ada bagian awal-tengah-akhir)
5… ada bagian awal-tengah- akhir
3 … Ada bagian awal-tengah atau tengah-akhir
Kelogisan
5……alasan mendukung pernyataan
3……alasan kurang mendukung pernyataan
1……alasan tidak mendukung pernyataan
Kelancaran dan Keruntutan
5… Tidak tersendat-sendat sehingga  mudah diikuti
3… Beberapa kali tersendat-sendat/ berhenti untuk berpikir
1… Selalu berhenti untuk mengingat-ingat
Penggunaan Bahasa
5… Bahasa komunikatif dan sederhana, tidak menghafal
3… Struktur kalimat terlalu panjang sehingga sukar dipahami
1… Kalimat rumit dan tidak logis
Pelafalan dan Intonasi
5… Pelafalan jelas dan tepat, intonasi bervariasi
3… Pelafalan jelas dan tepat tetapi intonasi monoton
1… Pelafalan tidak jelas dan tepat, intonasi monoton
Penampilan
3… Gerakan tubuh bermakna dan mendukung isi
2… Beberapa gerakan kurang sesuai dengan isi
1… Banyak gerakan yang tidak wajar dan tidak sesuai dengan isi  
Artikel
                                                           
  Lubuklinggau 1.agustus 2016
Mengetahui                                                         Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




Siti Dahniar,S.pd                                             Susilazuardi,S.pd
                                                                      NIP 196910061994121002         

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar