RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(10)


Satuan Pendidikan    
:
.......................................................
Kelas/Semester
:
X/1
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Topik
:
Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
Teks Eksposisi
Jumlah Pertemuan
:
1 Pertemuan

A
Kompetensi Inti

1.
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.
Memahami,  menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.
Kompetensi Dasar

1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat eksposisi mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan.
3.5
Mengevaluasi teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.5
Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

C.
Indikator Pencapaian Kompetensi

a.
Memahami isi teks eksposisi.

b.
Memahami struktur teks eksposisi.

c.
Memahami kaidah teks eksposisi.

d.
Menuliskan kembali  teks eksposisi yang telah dibaca dengan kata-kata sendiri.

e.
Mengonversi (mengalihwahana) teks eksposisi ke dalam bentuk dialog drama.

f.
Mengonversi (mengalihwahana) teks eksposisi ke dalam bentuk puisi.

D.
Tujuan Pembelajaran

Setelah membaca beberapa contoh teks eksposisi, mendiskusikannya, dan berlatih siswa dapat :

a.
Memahami isi teks eksposisi yang diba-canya.

b.
Memahami struktur teks eksposisi.

c.
Memahami kaidah teks eksposisi.

d.
Menuliskan kembali teks eksposisi dengan kata-kata sendiri.

e.
Mengoversi (mengalihwahana) teks eksposisi ke dalam bentuk dialog drama.

f.
Mengoversi (mengalihwahana) teks eksposisi ke dalam bentuk puisi.

E.
Materi Pembelajaran

a.
Pemahaman isi teks eksposisi.

b.
Pemahaman struktur teks eksposisi.

c.
Pemahaman kaidah teks eksposisi.

d.
Menuliskan ulang teks eksposisi dengan kata-kata sendiri.

e.
Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk dialog drama.

f.
Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk puisi.

F.
Alokasi Waktu

4 x 45 Menit

G.
Metode Pembelajaran

Metode diskusi kelompok dan Penugasan

H.
Kegiatan Pembelajaran



Tahapan
Kegiatan
Waktu

Pendahuluan

10’


1.
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.

2.
Siswa menerima informasi  tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang  akan dilaksanakan.

4.
Siswa menerima pengarahan bahwa melalui tema pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerjasama, tanggung jawab, dan cinta damai.



Kegiatan Inti

150’




Mengamati
20’
5.
Siswa membaca contoh teks eksposisi dan memahami isinya.

6.
Siswa membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksposisi.
Mempertanyakan
25’
9.
Siswa mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksposisi.

10.
Siswa mempertanyakan isi teks eksposisi yang dibaca.
11.
Siswa mempertanyakan tatacara mengonversi teks eksposisi.

Mengeksplorasi
35’
12.
Siswa membaca contoh  teks eksposisi.



13.
Siswa mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.

14.
Siswa menulis ulang teks  eksposisi dalam bentuk uraian monolog.
15.
Siswa membuat  naskah drama pendek (untuk 10 menit) yang berisi kritik sosial dengan memperhatikan  struktur teks eksposisi: abstraksi^orientasi^ krisis^reaksi^koda.
Mengasosiasikan
30’

16.
Siswa mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks eksposisi dengan teman atau kelompok lain.


17.
Siswa mencari kesesuaian antara teks eksposisi dengan tulisan cerita ulang teks eksposisi.

Mengomunikasikan
40’
18.
Siswa mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks eksposisi dengan rasa percaya diri.

19.
Siswa menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
20.
Siswa memeragakan /mementaskan hasil konversi teks eksposisi
21.
Siswa mengomentari pementasan teks eksposisi



Penutup

20’


22.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran terkait dengan teks eksposisi.

23.
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
24.
Siswa menjawab pertanyaan tentang teks eksposisi yang diberikan oleh guru.
25.
Siswa mengerjakan tugas-tugas tambahan terkait dengan teks eksposisi yang diberikan oleh guru. (Pekerjaan Rumah)
26.
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.




I.
Penilaian

1.
Penilaian Proses


Lembar Pengamatan Sikap





No
Nama
Perilaku yang diamati pada proses pembelajaran
Kerjasama
Tanggung jawab
Santun
Disiplin
Menghargai orang lain
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






10.











Pedoman Penilaian:


Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka : 1. sangat kurang, 2. kurang, 3. cukup, 4. baik, 5. amat baik




Nilai Akhir Siswa:






2.
Penilaian Hasil



Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Mengonversi teks eksposisi (tulis)
Tertulis
Laporan
1. Bacalah teks eksposisi yang berjudul “ Ekonomi Indonesia” dalam Buku Paket Bahasa Indonesia kelas X, kemudian carilah kekurangan/ kejanggalan dalam teks tersebut!
2. Ubahlah teks eksposisi “Ekonomi Indonesia” tersebut dalam bentuk dialog drama dengan mengubah semua kalimat tidak langsung pada dialog menjadi kalimat langsung!
3. Bandingkan teks yang kalian buat dengan milik teman kalian . Setelah itu, perbaikilah pekerjaan kalian agar menjadi sempurna dalam hal struktur dan ragam bahasa yang diisyaratkan.
Mengonversi teks eksposisi (lisan)
Unjuk kerja
Keterampilan berbicara
4.  Presentasikan di depan kelas, hasil diskusi kelompok terkait ciri dan struktur teks eksposisi!
5.  Komentarilah hasil penampilan temanmu secara santun, kritis, dan bertanggung jawab!







Pedoman  Penilaian:

1.
Mengonversi Teks Eksposisi


Nama
Kelas
Judul
: Susilazuardi,S.pd.
:X
:Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
 Teks Eksposisi



Skor
Kriteria
Komentar
Isi
27-30
Sangat baik-sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda;relevan dengan topik yang dibahas




22-26
Cukup-baik:cukup menguasai permasalahan; cukup memadai;pengembangan tesis terbatas;relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci




17-21
Sedang-cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai

13- 16
Sangat kurang-kurang:tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai

Struktur  Teks
27-30
Sangat baik-sempurna: ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; uritan logis(abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda) kohesif

22-26
Cukup-baik:kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis; tetapi tidak lengkap

17-21
Sedang-cukup:tidak lancar; gagasan kacau atau ytidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

13- 16
Sangat kurang-kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

Kosa Kata
18-20
Sangat baik-sempurna: penguasaan kata canggih;pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan register tepat

14-17
Cukup-baik: penguasaan kata memadai;pilihan, bentuk,dan penggunaan kata /ungkapan kadang-kadang salah; tetapi tidak mengganggu

10-13
Sedang-cukup: penguasaannkata terbatas sering terjadi kesalahan bentuk pilihan dan penggunaan kosa kata/ungkapan makna membingungkan atau tidaj jelas

7-9
Sangat kurang-kurang:pengetahuan tentang kosakata/ungkapan dan pembentukan kata rendah; tidak layak dinilai

Mekanik
18-20
Sangat baik-sempurna:menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf

14-17
Cukup-baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna

10-13
Sedang-cukup:sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur

7-9
Sangat kurang-kurang:tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan; tanda baca; penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak dinilai





Nilai Akhir Siswa:






2.
Presentasi Kelompok



Skor
Kriteria
Komentar
Argumen
27-30
Sangat baik-sempurna:menguasai topik tulisan; substantif; abstraksi^orientasi^krisis^ reaksi^koda;relevan dengan topik yang dibahas.



22-26
Cukup-baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai;pengembangan tesis terbatas;relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci.




17-21
Sedang-cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai.

13- 16
Sangat kurang-kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai.

Penampilan
27-30
Sangat baik-sempurna: ekspresi lancar; gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; uritan logis(abstraksi^orientasi^krisis ^reaksi^koda) kohesif.

22-26
Cukup-baik: cukup lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis; tetapi tidak lengkap

17-21
Sedang-cukup: tidak lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

13- 16
Sangat kurang-kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

Bahasa
18-20
Sangat baik-sempurna: penguasaan kata canggih;pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan diksi tepat.

14-17
Cukup-baik: penguasaan kata memadai;pilihan, bentuk,dan penggunaan kata /ungkapan kadang-kadang salah tetapi tidak mengganggu, cukup cermat dalam memilih diksi dan kosa kata.

10-13
Sedang-cukup: penguasaan kata terbatas sering terjadi kesalahan bentuk pilihan dan penggunaan kosa kata/ungkapan makna membingungkan atau tidak jelas, kurang cermat memilih diksi dan kosa kata.

7-9
Sangat kurang-kurang: pengetahuan tentang kosakata/ungkapan dan pembentukan kata rendah; tidak cermat memilih diksi dan kosa kata.

Isi
18-20
Sangat baik-sempurna: sangat  menguasai materi penulisan; sudah menunjukkan kemampuan berpikir logis yang baik, sudah mencantumkan pendapat narasumber secara benar, terhindar cari unsur plagiat.

14-17
Cukup-baik: cukup  menguasai materi penulisan; sudah menunjukkan kemampuan berpikir logis, sudah mencantumkan pendapat narasumber, terhindar cari unsur plagiat.

10-13
Sedang-cukup: kurang  menguasai materi penulisan; terdapat kesalahan berpikir, sumber bacaan kurang lengkap, logika kadang-kadang  kurang dapat dipertanggungjawabkan.

7-9
Sangat kurang-kurang: tidak menguasai materi penulisan; terdapat banyak kesalahan berpikir, tidak mencantumkan sumber bacaan, logika membingungkan.






Nilai Akhir Siswa:



J.
Sumber Belajar:

1.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

2.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

3.
Media Elektronik (internet).

4.
Media cetak lainnya.

Mengetahui                          Lubuklinggau, 03 September 2016                                                                                                                          
Kepala Sekolah                             Guru Mata Pelajaran


………………………             ………………………


Google t-okes https://t-okes.blogspot.com  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia  Format RPP K-13. Potral  News Info Sumatra Selatan













Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar